Bank Kalsel Budayakan Olahraga Gelar ‘Bike To Work’ – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 IK-AN-1A

Banjarmasin

Bank Kalsel Budayakan Olahraga Gelar ‘Bike To Work’

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar pegawai dalam meningkatkan kinerja, salah satunya dalam bentuk penyaluran hobi olahraga, seni maupun minat otomotif.

Tidak terkecuali, bersepeda bersama alias gowes yang sedang digandrungi masyarakat urban saat ini. Bank Kalsel mengadakan ‘Bike To Work’ sebagai ajang silaturahmi antara manajemen dengan para pegawai serta sebagai kiat memacu kinerja perusahaan, Kamis (10/6/2021).

Start dari Gedung Bank Kalsel Kantor Pusat pada pukul 6 pagi, kegiatan ini diikuti oleh Komisaris Utama Ary Bastari, Plt. Direktur Utama IGK Prasetya, Direktur Operasional Ahmad Fatrya Putra, Head of Business Group Fachrudin, Head of Supporting Group Mitra Damayanti beserta seluruh Kepala Divisi dan para pegawai Bank Kalsel Kantor Pusat.

Mengambil rute dalam Kota Banjarmasin, setiap rombongan pesepeda diberi jeda 5 s.d. 10 menit selanjutnya untuk memulai bersepeda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan sehingga protokol kesehatan tetap dijalankan.

Hingga sekitar pukul 07.00, seluruh pesepeda telah tiba kembali di kantor. Komisaris Utama Bank Kalsel, Ary Bastari menyampaikan bahwa gowes bersama ini sebagai kegiatan olahraga para insan Bank Kalsel yang bertujuan untuk kesehatan jasmani sehingga diharapkan dapat memacu kinerja Bank Kalsel agar semakin lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, gowes ‘Bike To Work’ hari ini berjalan lancar, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Manajemen berinisiasi mengadakan kegiatan ini agar tumbuhnya budaya gemar berolahraga di semua insan Bank Kalsel, sehingga kondisi yang fit dan bugar tetap terjaga terlebih di masa pandemi sekarang, ‘Mens Sana In Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’,” tutur Ary

Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, IGK Prasetya menuturkan bahwa kegiatan gowes ini merupakan kegiatan perdana bagi insan Bank Kalsel dengan balutan GEN-K. GEN-K sendiri merupakan  singkatan dari Generasi Bank Kalsel yakni sebuah wadah bagi pegawai Bank Kalsel guna menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang olahraga, seni budaya dan sosial keagamaan.

“Saat ini karyawan Bank Kalsel terdiri dari berbagai generasi yang dinamis dan bersinergi untuk memberikan kinerja dan layanan terbaik bagi nasabah setia,” pungkas Prasetya. (adv/ad)

Banjarmasin

Mau BBM Bersubsidi, Ayo Buruan Daftar Ke subsiditepat.mypertmina.id

Published

on

Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pendaftaran mobil-mobil yang berhak mendapatkan BBM Bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar, dimulai 1 Juli 2022 dengan mendaftarkannya di subsiditepat.mypertmina.id.

Dalam kegiatan Jumpa Pers bersama Jajaran Pertamina Regional Kalimantan di Banjarmasin, Senin Malam (4/7/2022), Susanto August Satria, Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan menjelaskan, dengan aturan pendaftaran tersebut, pihaknya ingin menjaga agar subsidi tepat sasaran.

Dikatakan, kalau sudah ada yang mencoba subsiditepat.mypertamina.id, hanya 3 section cara pendaftarannya, seperti Nama, KTP, Alamat, Provinsi, Kelurahan, Kecamatan, semua itu diisi kemudian foto KTP dan foto diri.

“Kenapa ini perlu dilakukan? Ini buat memverifikasi Bahwa memang itu KTPnya punya dia. Sama saja saat kita ke Bandara. Saya kasih KTP tapi memakai masker, lalu disuruh membuka masker untuk menyamakan antara foto dengan dirinya. Lazim. Bukan berarti nanti akan kami ekspose foto itu ke luar. Kita jual data. Ngapain? Nggak ada untungnya bagi kami,” ujar Satria, memberi penjelasan.

Untuk data kendaraan, juga harus diisi dalam pendaftaran tersebut.

“Lalu kendaraan. Itu mesti harus disebutkan kendaraannya apa? Tipenya apa? Tahun pembuatannya berapa? Silendernya berapa? CCnya berapa? Foto copy STNK, tapi tidak BPKB,” ungkap Satria, sembari menambahkan, ini bukan di Pegadaian.

Selain itu foto mobil. Karena pihaknya ingin agar BBM bersubsidi tepat sasaran, adalah di mobilnya.

Disebutkan, untuk satu akun bisa mendaftarkan lebih dari satu kendaraan, karena semisal Pengusaha Bis Penumpang Umum, karena berdasarkan ketentuan, boleh menikmati BBM bersubsidi. Yang mendaftarkan bisnya adalah Direkturnya.

“Setelah diverifikasi. Pencocokan data. Ketika itu cocok, akan keluar satu barcod. Satu barcodnya itu bisa dilaminating, ditempel di dashboard mobil, taruh di kaca mobil yang kecil itu. Tempelkan. Jadi ketika akan membeli, petugas itu akan menscan,” pungkasnya. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

KPw BI Kalsel Gelar Festival Ekonomi Syariah, Sinergi Pulihkan Ekonomi Inklusif di Banua

Published

on

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah menghadiri kegiatan “Road to Fesyar KTI 2022” yang pada tahun ini bertemakan “Penguatan Ekosistem Halal Daerah dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Kegiatan “Road to Fesyar KTI 2022” pada pagi hari ini dilaksanakan secara hybrid baik online maupun offline dengan jumlah peserta terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19, Sabtu (3/7/2022).

Imam Subarkah menyampaikan panjang lebar mengenai berbagai kendala dan tantangan yang luar biasa bagi perekonomian Indonesia dan dunia hadir dalam bentuk geopolitik, ancaman krisis pangan dunia, dan stagflasi. Pandemi Covid 19 telah memaksa ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia tertahan serta mengganggu rantai pasok global. Hal ini mendorong kebutuhan transformasi ekonomi banyak negara meningkat untuk mengoptimalkan potensi ekonomi yang dimiliki.

“Transformasi ekonomi dimaksud dapat memperkuat struktur perekonomian nasional untuk tumbuh tinggi dan berkelanjutan melalui penguatan sektor unggulan dan menumbuhkan sumber pertumbuhan ekonomi baru salah satunya melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Menindaklanjuti hal tersebut, berbagai paket kebijakan telah dikeluarkan pemerintah sehingga diharapkan ekonomi tumbuh lebih baik dibandingkan tahun 2021,” ungkapnya.

Prinsip dasar ekonomi syariah menitikberatkan pada optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang berujung pada aktivitas ekonomi riil secara produktif dan seimbang. Ekonomi syariah mengedepankan kemitraan yang berkeadilan, mencegah spekulasi non-produktif yang dapat memicu ketidakstabilan, serta memandang kelestarian alam sebagai amanah yang harus dijaga.

Karena itu, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah menjadi bagian penting dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
Untuk mencapai tujuan dimaksud, perlu berbagai upaya salah satunya dalam mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan Selatan melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar). Implementasi dan penajaman pada Eksyar dapat dilakukan dengan mengembangkan ekosistem Halal Value Chain terutama sektor pertanian, makanan halal, fesyen muslim, dan pariwisata ramah muslim. Halal Value Chain tentunya memiliki potensi besar terhadap PDB Indonesia. Pada tahun 2021, Halal Value Chain Indonesia memiliki kontribusi sebesar 25% terhadap perekonomian nasional melanjutkan tren peningkatan sejak 2016.

Saat meninjau pameran pelaku UMKM. (Foto: Ist)

Selain itu, berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2021-2022, industri halal Indonesia berada di posisi empat di bawah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab (UEA). Adapun, pada sektor terkait industri manufaktur, Indonesia mencatatkan posisi 10 besar, antara lain makanan halal peringkat 4, fesyen peringkat 3, dan farmasi serta kosmetik di posisi 6.

“Tentunya dalam mendukung Halal Value Chain dibutuhkan akses permodalan baik melalui perbankan syariah maupun alternatif lainnya seperti wakaf produktif. Adapun kinerja perbankan syariah di Kalimatan Selatan hingga Mei 2022 menunjukkan bahwa pertumbuhan aset perbankan syariah di Kalimantan Selatan tercatat sebesar 16,17% (yoy) dengan nominal sebesar Rp6,8 triliun. Selain itu terdapat beberapa alternatif permodalan syariah, salah satunya wakaf produktif yang memiliki potensi tinggi dalam memberikan akses permodalan luas bagi pelaku usaha. Berdasarkan data terkini, hingga saat ini terdapat aset wakaf di Kalsel sebesar Rp79,6 triliun berbentuk tanah. Hal ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan memanfaatkan tanah wakaf serta mendorong wakaf tunai untuk permodalan dan aset usaha produktif,” tambahnya menjelaskan.

Selain aspek permodalan, pengembangan ekosistem Halal Value Chain harus memperhatikan sertifikasi halal produk UMKM agar terjamin kualitas halalnya. Sertifikat halal akan memberikan value added dalam ekosistem industri halal guna memberikan jaminan kepastian kehalalan produk dan meningkatkan daya saing di tingkat global. Untuk itu, KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan mendukung pengembangan ekosistem Halal Value Chain melalui Bakul Banua, sebagai sarana informasi, kurasi UMKM unggulan, pendampingan halal, pengembangan produk dan manajemen usaha. Proses pendampingan yang dilakukan meliputi pengembangan bisnis halal secara end-to-end dari sisi produksi, sampai dengan penjualan, serta menyediakan opsi kemitraan UMKM menggunakan prinsip bagi hasil.

Saat ini masih berbentuk aplikasi instagram dan akan terus dikembangkan dengan berbasis website. Pada akun IG, saat ini UMKM sudah dapat melakukan pendaftaran untuk bergabung dengan Bakul Banua dan UMKM yang telah terdaftar akan mendapatkan fasilitasi pendampingan (kurasi) halal, pengembangan produk, kemasan dan manajemen promosi melalui akun market place Bakul Banua di Shopee dan Tokopedia.

Selain itu, terdapat juga program percepatan inklusi keuangan untuk mendukung kemandirian pondok pesantren (ponpes) antara lain berbentuk edukasi keuangan bagi santri; pemberdayaan kemandirian pesantren dengan program Pesantren Go Digital; kemudian implementasi dan pemanfaatan Kartu Santri untuk keperluan edukasi serta transaksi dalam lingkungan pesantren juga identitas para santri; pendampingan pelatihan digital marketing; program One Pesantren One Product (OPOP) dan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren).

Fesyar adalah event syariah terbesar di Indonesia yang terdiri dari Sharia Economic Forum dan Sharia Fair dan diawali dengan kegiatan “Road to Fesyar KTI 2022”.

Dalam menyemarakkan kegiatan dimaksud, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan berbagai sharia economic forum secara virtual dan kegiatan edukasi ekonomi dan keuangan Syariah.

Selain itu, kami juga mengadakan sharia fair melalui pameran UMKM Syariah dan Talkshow yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2022 di Duta Mall, Banjarmasin.

Adapun pada Road to FESyar KTI 2022 dilakukan serangkaian lomba yaitu:
a. Lomba wirausaha muda syariah
b. Lomba pondok pesantren unggulan
c. Lomba kesenian tari daerah islami
d. Lomba dakwah ekonomi syariah
e. Lomba lembaga ZISWAF unggulan
f. Lomba desain busana muslimah dengan wastra local

Imam Subarkah sebelum mengakhiri dengan menyampaikan kondisi terkini terkait inflasi di Kalimantan Selatan. Sesuai Rilis BPS pada 1 Juli, secara nasional inflasi bulan Juni tercatat 0,61% dan secara YoY sebesar 4,35% serta YTD sebesar 3,19%. Sementara inflasi di Kalimantan Selatan pada bulan Juni 2022 tercatat 0,78% – lebih tinggi dari bulan Mei yang sebesar 0,65%. Secara YoY inflasi Kalimantan Selatan 5,95% dan YTD sebesar 4,15%.

“Komoditas penyumbang inflasi Kalimantan Selatan adalah : angkutan udara, rokok kretek filter, telur ayam ras, bawang merah dan cabai rawit. Beberapa faktor yang menjadi penyebab tingginya inflasi adalah faktor biaya produksi kenaikan harga energi dan harga bahan baku dampak dari gangguan rantai pasok global serta faktor gagal panen di beberapa daerah sentra produksi komoditi karena kemarau basah,” jelasnya.

Menyikapi hal ini tentunya perlu ada peningkatan langkah dari kita semua termasuk TPID untuk menjaga agar pasokan komoditas yang dibutuhkan masyarakat bisa tersedia. Peningkatan produksi maupun memastikan aliran pasokan dari daerah lain perlu segera dilakukan agar daya beli masyarakat dapat terjaga.

“Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur dan Bapak/Ibu hadirin dari berbagai instansi dan lembaga terkait yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ini. Selanjutnya kami mohon perkenan Bapak Gubernur untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Road to Fesyar KTI 2022” dengan thema “Penguatan Ekosistem Halal Daerah dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, pungkasnya. [ad-sb]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Penghargaan Di Ajang Infobank Award 2022

Published

on

Penghargaan secara langsung diterima oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel sebagai entisitas bisnis daerah yang berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah, Kembali meraih apresiasi membanggakan. Bank dengan tagline “Setia Melayani, Melaju Bersama” ini dianugerahi penghargaan pada ajang “19th INFOBANK BANKING SERVICE EXCELLENT AWARD 2022” atas pelayanan terbaik yang diberikan kepada nasabah di tahun 2021/2022, pada event yang digelar oleh Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (30/6).

Gelar 19th Infobank Banking Service Excellent Award 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada perbankan yang berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya. Adapun Penghargaan yang diterima oleh Bank Kalsel antara lain : 1st Best Convient Branch Experience Regional Development Bank, 2st Best Customer Service (CS), 2st Best Satpam dan 2st Best Mobile Banking.

Penghargaan secara langsung diterima oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya yang mana menyampaikan rasa syukur dan bangga serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Infobank atas apresiasi yang diberikan, serta kepada seluruh Insan Bank Kalsel yang telah konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama seluruh Insan Bank Kalsel sebagai bentuk komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik sekaligus pengingat agar kami dapat terus menjaga serta memperkuat kualitas layanan kepada nasabah, tentunya raihan ini tidak terlepas juga atas peran serta dan dukungan dari seluruh pemegang saham maupun nasabah setia kami,” jelas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Apresiasi Dari KPK RI

Published

on

Penyerahan apresiasi, Dian Widiarti selaku Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Muda kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya di damping Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, KGK Prasetya. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel mendapatkan Apresiasi Capaian Laporan 100% atas Laporan Harga Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Rapat Implementasi BUMD Tahun 2022 yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dian Widiarti selaku Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Muda kepada Hanawijaya, Direktur Utama Bank Kalsel yang di damping oleh IGK Prasetya selaku Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, Rabu (29/6).

Penyerahan apresiasi turut disaksikan oleh seluruh perwakilan Perusahaan BUMD dilingkup Wilayah Kalimanan Selatan. Mengawali sambutannya, Dian Widiarti selaku Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Muda mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya serta apresiasi kepada para peserta yang telah berhadir pada hari ini.

Kemudian Dian Widiarti mengungkapkan Ketika seseorang memilih karir sebagai pejabat negara, mereka harus menyadari dan memahami arti dari keterbukaan.

“Kami berharap kewajiban pelaporan LHKPN bukan hanya taat aturan dan kewajiban menyampaikan hartanya, tetapi lebih kepada komitmen dan rasa tanggung jawab moral dalam pencegahan perilaku koruptif untuk mewujudkan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi,” ungkap Dian.

Pada kesempatan yang sama, Hanawijaya selaku Direktur Utama Bank Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan KPK RI terhadap pelaporan LHKPN yang dilakukan Bank Kalsel. Hal ini tidak terlepas dari dukungan KPK RI yang telah mensosialisasikan kewajiban penyampaian pelaporan LHKPN kepada lingkup pejabat Bank Kalsel.

“Saya mewakili segenap jajaran manajemen Bank Kalsel mengucapkan terima kasih kepada KPK RI yang telah memberikan apresiasi capaian laporan 100% LHKPN. Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen Bank Kalsel dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik di setiap tingkatan organisasi dan pada setiap aktivitas perusahaan termasuk di antaranya penerapan program pengendalian gratifikasi,” pungkas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Walikota Bersama Dandim 1007/Bjm Teken MoU TMMD ke-114

Published

on

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun 2022 bersama Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Walikota Banjarmasin Ibnu Sina lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun 2022 bersama Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si. yang dilakukan di Ruang Rapat Baiman 2 Balai Kota Banjarmasin Jl. RE Martadinata Kel. Kertak Baru Ilir Kec. Banjarmasin tengah Kota Banjarmasin, Rabu (29/6/22).

Usai penandatanganan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan kegiatan TMMD  ke-114 Kodim 1007/Banjarmasin ini akan dilaksanakan di Banjarmasin Utara tepatnya di Kelurahan Sungai Jingah kampung Sungai Gampa.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk warga karena TMMD ini dalam bentuk fisik dan itu sangat diperlukan bagi warga,” ucapnya.

“Semoga kegiatan TMMD ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, sehingga hasilnya bisa di rasakan langsung oleh masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus mengucapkan terima kasih kepada walikota karna sudah berkolaborasi dan mendukung sepenuhnya dalam pelaksanaan TMMD ke 114 yang diselenggarakan oleh Kodim 1007/Banjarmasin.

Program TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, khususnya untuk daerah tertinggal, terpencil, maupun terisolir,” ucapnya.

Dengan dilaksanakanya TMMD yang dilakukan Kodim 1007/Banjarmasin ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan daerah,” harap Dandim. [ad/pendim]

Continue Reading

Banjarmasin

UPZ Bank Kalsel Ajak Tunaikan Zakat, Infaq Dan Sedekah

Published

on

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam harta kita tidak sepenuhnya milik kita, tentunya ada hak orang lain, oleh karenanya bentengi dan jagalah harta kalian dengan memenuhi kewajiban membayar zakat.

Sebagaimana Ustadz H. IlIham Humaidi diantara Tausyiahnya :

– Dosa besar yang kelima yaitu mau berzakat. karena meninggalkan zakat adalah termasuk dosa yang besar.

– Seandainya kita ingin harta kita di pelihara oleh Allah taala, jika kita ingin harta kita di jauhkan dari kebinasaan dan kemusnahan maka bentengi lah harta kita dengan zakat.

– Nabi Muhammad SAW beliau bersabda, bentengi lah, jagalah harta harta yang kalian miliki itu dengan cara kalian keluarkan zakatnya. Dan obati lah orang yang sakit diantara kalian dengan cara kalian mengeluarkan sedekah.

– Nabi Muhammad Saw beliau bersabda, ada tiga golongan, yang paling pertama tiga golongan ini masuk ke dalam neraka.

– Pertama, Seorang pemimpin yang mana dia adalah pemimpin yang dzolim. Setiap pemimpin yang dzolim dia bakal masuk neraka dan masuk ke nerakanya adalah orang yang paling pertama.
– Kedua, Orang yang memiliki harta banyak akan tetapi kekayaannya tersebut tidak mengantarkannya meraih keridhoan Allah. Karena dia tidak menunaikan hak Allah dari harta kekayaan yang dia miliki.
– Ketiga, Orang fakir, orang miskin akan tetapi sombong.

“Bagi donatur yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Rekening Infak dan Sedekah:
Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infaq dan sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel 0811505153

#UPZBankKalsel #bankkalsel #bankkalselsyariah

Continue Reading

Banjarmasin

Kembangkan Dunia Olahraga Banua, Bank Kalsel Dukung Mahadaya Feniks

Published

on

Pemain Mahadaya Feniks saat bertanding di kompetisi Festival Paman Birin pada bulan Mei lalu. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dukungan Bank Kalsel terhadap pengembangan dunia olahraga telah dibuktikan, khususnya pada cabang olahraga basket di Kalimantan Selatan (Banua). Dukungan diberikan, salah satunya kepada klub Mahadaya Feniks yang akan mendapat bantuan berupa baju latihan dari Bank Kalsel.

“Dukungan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Kalsel terhadap pengembangan dunia olahraga, khususnya pada cabang basket di Kalsel,” ujar Staff Corporate & Marketing Communication Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel Nurul Dayanti, Selasa (28/6).

Mahadaya Feniks sendiri dalam waktu dekat akan mengikuti Turnamen Bola Basket Kapolresta Cup, yang akan diadakan pada bulan Juli tahun 2022.

Menurut Nurul, dengan adanya kompetisi seperti Kapolresta Cup nantinya, merupakan hal yang bagus karena dapat melahirkan atlet berprestasi, dan mempunyai jiwa sportif, jujur serta disiplin.

Ia berharap, ke depannya dunia olahraga basket dapat terus berkembang menjadi lebih baik di Kota Banjarmasin.

Sebelumnya, Bank Kalsel juga pernah memberi dukungan berupa baju tanding sebanyak 2 set kepada Klub Mahadaya Feniks. [adv/nrl]

Continue Reading

Banjarmasin

Banjarmasin Menjadi Wilayah Uji Coba, Transaksi Pertalite dan Solar Bagi Pengguna Terdaftar

Published

on

Aplikasi My Pertamina. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, merupakan salah satu amanah yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) dalam rangka memenuhi kebutuhan energi yang terjangkau bagi masyarakat. Sebagai BBM bersubdisi, penyaluran Solar dan Pertalite penugasan ini diatur oleh regulasi, antara lain Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas Nomor 4/P3JBT/BPH Migas/2020.

“Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya. Saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas. Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” jelas Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, Selasa (28/6/2022).

Saat ini masih terjadi di lapangan adanya konsumen yang tidak berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar dan jika tidak diatur, besar potensinya kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi. Untuk memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran, maka Pertamina Patra Niaga berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina.

“Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” lanjut Alfian.

Banjarmasin Menjadi Wilayah Uji Coba

Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan mengungkapkan, untuk di Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin terpilih sebagai lokasi uji coba tahap pertama. Untuk membantu masyarakat melakukan pendaftaran, Pertamina akan membuka klinik helpdesk di SPBU yang ada di Kota Banjarmasin. “Nantinya masyarakat yang ingin bertanya terkait pendaftaran bisa langsung menuju ke klinik helpdesk yang ada di SPBU di Kota Banjarmasin. Kami siapkan juga Posko Utama helpdesk di SPBU 6470107,” tuturnya.

Lebih lanjut Satria menjelaskan bahwa tahapan ini adalah bertujuan untuk mendaftarkan kendaraan yang akan bertransaksi Solar dan Pertalite.

Masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/ Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

“Ketika sudah terdaftar, masyarakat memiliki banyak opsi untuk pembayaran, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya. Pembayaran tidak terbatas hanya pakai MyPertamina,” jelas Satria.

Pihaknya menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu penyaluran BBM Subsidi agar tepat sasaran karena tercatat dengan lebih baik dan transparan. “Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar subsidi dan tentunya melindungi masyarakat yang memang berhak mengonsumsinya,” katanya.

Satria menjelaskan untuk tata cara pendaftaran adalah sebagai berikut :
1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan (KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen lainnya)
2. Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/
3. Klik daftar sekarang
4. Ikuti instruksi dalam website
5. Tunggu verifikasi selama 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
6. Apabila sudah terverifikasi, unduh atau download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran Pertalite dan Solar subsidi menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Wow Mantap, Pertamina Raih CSR dan PDB Awards 2022

Published

on

Pertamina Patra Niaga melalui Integrated Terminal (IT) Banjarmasin berhasil meraih penghargaan kategori Silver di ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pertamina Patra Niaga melalui Integrated Terminal (IT) Banjarmasin berhasil meraih penghargaan kategori Silver di ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022 pada melalui program CSR Ekowisata Mangrove Rambai Center. CSR dan PDB Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerjasama dengan Indonesian Social Sustainability Forum yang bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan maupun perseorangan untuk memberikan motivasi dan penyebarluasan program pembinaan kepada BUMN/Swasta lainnya.

CSR dan PDB Awards ini merupakan ajang perdana yang diselenggarakan oleh Kementrian Desa dan PDTT. Acara penganugerahan CSR dan PDB Award 2022 dilakukan di JS Luwansa Hotel & Convention Center Jakarta pada hari Kamis (23/06) yang lalu. Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar kepada Cendekia Raihan Albairuni yang mewakili Pertamina.

Turut dihadiri dalam acara ini Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, Menteri Desa dan PDTT Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar dan perwakilan perusahaan yang mendapatkan penghargaan serta beberapa tamu undangan lain.

Dalam sambutannya, Menteri Kemendesa PDTT Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar, menekankan bahwa pembangunan Desa merupakan tujuan kita bersama.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, pada sambutannya mengucapkan “Selamat kepada penerima penghargaan, semoga penghargaan ini bisa menjadi pemantik inspirasi bagi pengembangan desa wisata yang lain, CSR Korporasi diharapkan mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa yang selanjutnya dapat mewujudkan struktur perkenomian yang kokoh dan berkeadilan”.

Program Ekowisata Mangrove Rambai Center merupakan Program CSR Pertamina IT Banjarmasin yang dilatarbelakangi oleh masalah kondisi ekosistem bekantan yang sudah terancam dikarenakan adanya aktivitas penebangan liar mangrove dan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta kondisi Desa Anjir Serapat Muara yang berada pada kondisi tertinggal. Hal yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah ini dengan dengan memanfaatkan bentang alam yang dimiliki oleh desa dengan menggandeng berbagai unsur stakeholder mulai dari pemerintah setempat, perguruan tinggi dan NGO serta masyarakat setempat.

Lewat Program Ekowisata Mangrove Rambai Center, dilakukan penanaman/restorasi mangrove rambai, penataan Kawasan dengan membangun fasilitas penunjang seperti titian jalan, gazebo, maupun penataan Kawasan taman. Dampak positif yang ditimbulkan dengan adanya program ini, eksosistemn mangrove rambai menjadi habitat bekantan dan menambah populasi bekantan, dapat menggerakan roda perekonomian warga dengan adanya kelompok usaha keripik seluang dan menjadi guide keeper.

Di tempat terpisah IT Manager Banjarmasin Titon Srihardian mengungkapkan, “Komitmen Pertamina dalam mendukung pembangunan masyarakat Desa kami implementasikan melalui Program Ekowisata Mangrove Rambai Center, yang diinisiasi sejak tahun 2015 melalui kegiatan konservasi bekantan dan restorasi mangrove rambai saat ini telah berkembangan menjadi pariwisata yang berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai guide wisata, pengelola klotok wisata, membantu menjaga habitat bekantan, pembuatan produk ikan seluang crisphy dan kegiatan lainnya”.

Selain itu, Area Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Susanto August Satria menambahkan, program Ekowisata Mangrove Rambai Center yang diimplementasikan oleh Pertamina Integrated Terminal Banjarmasin menargetkan pemberdayaan masyarakat desa, penciptaan lapangan pekerjaan serta tetap menjaga lingkungan kawasan mangrove rambai melalui kegiatan wisata yang mendukung pencapaian pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Poin 1 Desa Tanpa Kemiskinan; Poin 8 Pertumbungan Ekonomi Desa; Poin 13 Desa Tanggap Perubahan Iklim dan SDGs Desa Poin 15 Desa Peduli Lingkungan Darat. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer