Rakerda LPTQ, Gubernur Tekankan Peran Krusial Jelang MTQ Nasional Kalsel ke-35 – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Daerah

Rakerda LPTQ, Gubernur Tekankan Peran Krusial Jelang MTQ Nasional Kalsel ke-35

Published

on

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kalsel di Pendopo Galuh Bastari Rantau. (Foto/Adpim)

TAPIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menekankan peran krusial LPTQ, tidak hanya sebagai wadah pengembangan Tilawatil Qur’an, tetapi juga sebagai sarana syiar agama Islam dan pembinaan mental spiritual umat.

Hal itu tersebut disampaikan Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalsel di Pendopo Galuh Bastari Rantau, Kamis (18/4) pagi.

“Eksistensi LPTQ sejatinya bukan sekadar wadah pengembangan Tilawatil Qur’an, LPTQ juga merupakan sarana yang sangat potensial untuk mensyi’arkan agama Islam dan membina mental spiritual umat,” ujar Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin menjelaskan bahwa di era modern seperti sekarang ini, tantangan pengembangan Tilawatil Qur’an semakin berat. Oleh karena itu, tanggung jawab pengurus LPTQ tidak hanya bertumpu pada penyelenggaraan kompetisi atau pun melahirkan SDM-SDM yang cakap dalam Al-Qur’an.

“Pengurus LPTQ harus bekerja cepat, profesional, dan mandiri, serta memegang teguh prinsip keikhlasan dan kebersamaan, selain itu, LPTQ juga harus melakukan penataan kelembagaan dan peningkatan kualitas pengurus setiap tahunnya,” tegasnya.

Selain itu, Paman Birin juga menyampaikan harapannya kepada LPTQ Kalsel untuk terus meningkatkan pembinaan dan kualitas para kadernya, khususnya dalam menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-35 Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tapin.

“Melalui event bergengsi ini, akan lahir SDM-SDM hebat dan berkualitas untuk menjadi delegasi Kalsel pada MTQ Nasional yang akan dilaksanakan di Kaltim dan IKN September mendatang,” tuturnya.

Paman Birin pun memberikan apresiasi kepada pengurus LPTQ Kalsel atas dedikasinya dalam menyiapkan kader-kader terbaik serta menegaskan komitmen pemerintah Kalsel untuk terus mendukung LPTQ.

“Pemerintah dalam hal ini akan terus berupaya memberikan dukungan sesuai dengan sumber daya yang tersedia agar memberikan hasil yang maksimal nantinya,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris LPTQ Kalsel, Ahmad Bugdadi, dalam sambutannya memaparkan beberapa program kerja yang akan dibahas dalam rangka mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Kalsel ke-35 di Kabupaten Tapin.

Rakerda yang dihadiri oleh 123 utusan pengurus LPTQ provinsi, Kabupaten/Kota se-Kalsel serta Kementerian Agama ini, membahas berbagai materi terkait penguatan kader dan kebijakan Kementerian Agama dalam mendukung penyelenggaraan MTQ.

Bugdadi menyampaikan bahwa MTQ ke-35 tingkat Provinsi Kalsel akan diselenggarakan pada tanggal 24 April hingga 2 Mei 2024 mendatang, Sebanyak 11 cabang lomba akan diperlombakan dalam MTQ tersebut.

Lebih lanjut, Bugdadi menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalsel yang telah memberikan perhatian penuh dan bimbingan sehingga menjadikan Provinsi Kalsel menjadi peringkat ke-3 nasional dari sebelumnya menduduki peringkat ke-24.

“Perhatian dan bimbingan dari Paman Birin sangat penting bagi kemajuan LPTQ di Kalsel,” ujar Bugdadi.

Diharapkan dengan Rakerda ini, LPTQ Kalsel dapat memperkuat koordinasi dan sinergi antar pengurus LPTQ di seluruh Kalsel, sehingga dapat mendukung pelaksanaan MTQ Nasional ke-35 di Tapin dengan sebaik-baiknya.

Pada pembukaan Rakerda LPTQ Kalsel tersebut tampak hadir PJ. Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, pengurus LPTQ Provinsi Kalsel serta Pengurus LPTQ Kabupaten/Kota se- Kalsel. [ad/adpim]

Bagikan ke

Daerah

Sulit Dapat BBM, Nelayan di Kotabaru Beli Solar Dengan Harga Mahal

Published

on

Nelayan tradisional desa Rampa Lama banyak tidak bisa melaut BBM solar mahal. (Foto/Ist)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Nelayan Kotabaru khususnya nelayan yang tinggal di desa Rampa Lama, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).

Masyarakat Desa Rampa Lama, yang mayoritas penduduknya adalah nelayan tradisional terhambat saat melakukan aktivitas melaut atau mencari ikan karena hal tersebut.

Informasi dihimpun, dari salah satu nelayan H.Burhan (70) mengatakan, nelayan sangat kesulitan mendapatkan BBM Solar yang bersubsidi, mereka mendapatkan BBM Solar dengan harga yang mahal di pengecer.

“BBM pun tak bisa dengan mudah di dapat, salah satunya BBM jenis solar,” ujar H.Burhan.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, para nelayan hanya mendapat jatah 100 liter sampai 150 liter per bulan oleh pangkalan minyak milik AKR dengan harga 6. 800 perliter di pelabuhan pelelangan ikan.

“Itu tidak mencukupi para nelayan untuk melaut selama sebulan, untuk mencukupi selama sebulan terpaksa kami beli ke pengencer dengan harga yang mahal sekitar 12 ribu perliter,” terangnya.

Senada dengan itu, Jailani seorang nelayan (45) mengatakan, para nelayan terpaksa membeli solar di eceran dengan harga yang mahal, dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah untuk dapat menyediakan pangkalan BBM di Desa Rampa Lama.

“Kami para nelayan berharap kepada pemerintah daerah bisa menyediakan pangkalan BBM (solar) di desa Rampa Lama khusus para nelayan,jadi kami mudah mendapatkannya untuk melaut, solar ini tidak langka tapi mahal harganya di pedagang bervariasi. Kita tidak bisa tentukan, karena di setiap pedagang harganya beda-beda,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Penarikan Undian PHS 2024, Nasabah BRI BO Kisaran Raih Grandprize Honda BR-V

Published

on

Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) 2024. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) 2024. Acara ditandai dengan konvoi hadiah utama PHS 2024 dari titik awal kantor BRI Branch Office Kisaran menuju lokasi Hotel Grand Mulia Kisaran, Sabtu (5/5/2024).

Hadir dalam acara penarikan undian ini, di antaranya Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran Fajrul Haq, para nasabah, rekanan BRI serta pekerja BRI.

Hadir pula tiga saksi, Notaris Siti Aminah, SH, Aiptu M. Juliyadi dari Polres Asahan dan Kawalta Ginting dari Dinas Sosial Kabupaten Asahan, serta Ketua Panitia Undian PHS 2024, Fadlan.

Dalam undian Panen Hadiah ini, BRI Branch Office Kisaran menyiapkan tiga kategori hadiah, yakni Grandprize berupa satu mobil All New Honda BR-V, kategori hadiah utama berupa 6 (enam) unit sepeda motor Suzuki, dan kategori hadiah biasa yang jumlahnya belasan hadiah barang elektronik.

Pada penarikan undian yang disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir, pemenang Grandprize Mobil All New Honda BR-V diraih oleh Risnawati, nasabah BRI BO Kisaran. Penyerahan hadiah grandprize ditandai dengan penyerahan kunci mobil kepada Ketua Panitia, Fadlan selaku mewakili pemenang hadiah grandprize.

Branh Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq dalam sambutannya mengemukakan undian dimaksud sebagai salah satu bentuk apresiasi dari BRI kepada nasabah setia BRI yang gemar dan selalu menabung di BRI, khususnya melalui tabungan Simpedes.

“Undian yang BRI gelar ini sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi kepada nasabah yang selalu setia menabung di BRI,” katanya.

Fajrul Haq menjelaskan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, selain memaksimalkan keberadaan BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya, BRI juga telah bekerja sama dengan agen BRILink yang tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Asahan, Batubara dan Tanjungbalai dengan tujuan memberikan layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

“Agen BRILink ini melayani masyarakat seperti layaknya BRI Unit. BRILink menerima angsuran simpanan, transfer uang atau kirim ke anak sekolah, beli tiket pesawat dan sebagainya. Semuanya bisa dilakukan di agen BRILink,” paparnya.

Selain itu ada layanan e-Banking melalui ATM, serta BRImo yang merupakan aplikasi keuangan Digital BRI berbasis Data Internet.
“BRImo memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi perbankan dengan biaya lebih hemat, lebih cepat dan aman,” jelas Fajrul Haq.

Acara penarikan panen hadiah simpedes 2024 ini berlangsung sangat meriah. Kemeriahan ditandai dengan kemasan acara hiburan yang disiapkan secara baik yang dipandu Master of Ceremony (MC) kocak dari Medan, hiburan tarian, stand UMKM, serta pembagian hadiah door prize bagi undangan yang beruntung.(^)

Photo : Bank BRI Branch Office Kisaran menggelar penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes 2024 di Hotel Grand Mulia Kisaran, Sabtu (5/5/2024). (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Pendekatan Sosiologis Peduli Pelajar Guna Pastikan Keamanan Kondusif, Polsek Kotarih Edukasi Pelajar

Published

on

Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan 'Jumat peduli'. (Foto/Ist)

KOTARIH SERGAI, SuaraBorneo.com – Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan ‘Jumat peduli’ memberikan imbauan dan edukasi kepada pelajar yang ‘nongkrong’ di jalan utama Kotarih, Jumat (03/05).

Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH di Polsek Kotarih, membenarkan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat guna pastikan kamtibmas kondusif khususnya generasi muda pelajar.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi agar anak-anak kita pelajar langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak nongkrong menggunakan pakaian seragam sekolah,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan awalnya Personel melihat adanya kerumunan anak-anak muda yang tidak biasa dengan berseragam sekolah dan yang sudah berpakaian bebas dipinggir jalan kemudian diberikan imbauan dan edukasi untuk antisipasi kenakalan remaja pada jam bubaran anak sekolah.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi guna menekan potensi tawuran pelajar dan geng motor, juga mentaati peraturan berlalu lintas saat berkendara di jalan.” tegasnya.

Polsek Kotarih melakukan upaya pembinaan kepada anak-anak sekolah dengan harapan menciptakan generasi muda yang disiplin, berprestasi dan peduli kepada diri, lingkungan serta alam semesta.

Reno selaku warga mengapresasi respon Polsek Kotarih yang peduli situasi dilingkungannya agar anak-anak sekolah bisa langsung pulang ke rumah sehingga orangtua tidak was-was khawatir.

“Kita bersyukur kepedulian Polsek Kotarih agar anak-anak kita tidak ikut tawuran dan geng motor yang sedang ramai di daerah lain.” ujarnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Riski Ramadhan Ambil Formulir Pendaftaran Bacalon Wakil Walikota Tebing Tinggi ke PPP dan Nasdem

Published

on

dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota Tebing Tinggi. (Foto/Ist)

TEBING TINGGI, SuaraBorneo.com – dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wakil Walikota Tebing Tinggi ke DPC PPP dan Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi, Kamis (2/5) sore.

Pengambilan formulir ini diwakili oleh anggotanya, Yusnar Al-Banjari, S.Pd.I didampingi Tim Riski Center, Riki Irawan, Roni Yahya, dan Syaiful Anwar.

Diketahui, dr. Riski Ramadhan Hasibuan merupakan seorang politisi muda, pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sergai dan sekarang sebagai anggota DPRD Sergai Periode 2019-2024.

Riski Ramadhan juga seorang pengusaha muda dan pimpinan perusahaan di bidang kesehatan, pendidikan, penyiaran, dan media online.

Beliau juga saat ini aktif di organisasi diantaranya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sergai dan PD Al-Washliyah Sergai.

Kedatangan Tim Riski Center dipimpin Yusnar Al-Banjari untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi diterima langsung Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi Abdul Firman, S.Pd, M.Si di Kantor DPC DPP Kota Tebing Tinggi Jalan H. Ahmad Bilal No.7 Kecamatan Padang Hilir.

Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi Abdul Firman kepada wartawan mengatakan dalam enam hari pembukaan pendaftaran calon kepala daerah, mereka telah menerima berkas dari enam bakal calon. Firman mengatakan bahwa meskipun PPP hanya mendapatkan satu kursi dalam pemilihan legislatif kemarin.

“Alhamdulillah, di hari ke enam pembukaan pendaftaran, kita sudah menerima berkas dari enam calon kepala daerah dengan berbagai latar belakang profesi yang berbeda. Informasinya ini akan terus bertambah sesuai dengan yang sudah mengkonfirmasi kita melalui telepon,” ujar Abdul Firman.

Firman berharap calon yang mereka rekomendasikan dapat membantu mempercepat pembangunan dan mengatasi kelemahan-kelemahan di Kota Tebing Tinggi. Meskipun hanya mendapatkan satu kursi dalam pemilihan sebelumnya, Firman mengungkapkan bahwa atensi terhadap Partai PPP cukup tinggi pada Pilkada 2024.

Terkait sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan, Abdul Firman menyebut sosok beliau memiliki potensi untuk menjadi kepala daerah di Kota Tebing Tinggi meskipun berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai.

“Pandangan saya tentang sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan secara pribadi saya sangat mengenal beliau karena memiliki sumber daya yang cukup untuk menjadi kepala daerah khususnya di Kota Tebing Tinggi,”katanya.

Firman menambahkan, meskipun beliau berkarir politik di Kabupaten Serdang Bedagai, tapi kami melihat, mendengar bahwa atensi beliau di Tebing Tinggi, punya niat dan hajat untuk mengabdikan dirinya di kota Tebing Tinggi.

“Karena beliau punya modal yang cukup, apalagi dia ada di dalam partai politik yang cukup besar di Kota Tebing Tinggi ini,” tutupnya.

Pengambilan berkas pendaftaran di Kantor DPC PPP Kota Tebing Tinggi ini dihadiri oleh, Ketua Tim Penjaringan Bahrum Syah, Sekretaris Aulia Hendri, Anggota DPRD PPP terpilih H. Sulaiman Nasution dan jajaran pengurus lainnya.

Selanjutnya Tim Riski Center datang ke Kantor Sekretariat Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi di Jalan D.I Panjaitan No.45 dengan tujuan yang sama sebelumnya, untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal Calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi dan diterima Ketua Tim Penjaringan Asnawi Mangkualam, S.HI.

Asnawi Mangkualam, S.HI, kepada wartawan menyampaikan bahwa pihaknya telah membuka penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota mulai tanggal 1 hingga 7 Mei 2024. Penjaringan ini dilakukan atas perintah dari DPP Partai Nasdem dengan tujuan untuk memanggil putra dan putri terbaik yang siap membangun Kota Tebing Tinggi.

“Hingga hari kedua penjaringan, sudah ada delapan perwakilan yang datang ke kami untuk mengambil formulir pendaftaran. Dari mereka, enam orang siap maju sebagai bakal Calon Walikota, dan dua orang siap maju sebagai bakal calon Wakil Walikota,”ungkap Asnawi Mangkualam.

Asnawi juga menambahkan beberapa nama yang mendaftar akan dilaporkan kepada DPW Nasdem Provinsi Sumatera Utara sebelum tanggal 7 Mei 2024 untuk selanjutnya dikirim ke DPP Nasdem.

Terkait sosok dr. Riski Ramadhan Hasibuan yang akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Tebing Tinggi Priode 2024-2029, Asnawi mengatakan bahwa mereka melihat dr. Riski sudah cukup berpengalaman, memiliki kapasitas, integritas, dan komitmen yang dibutuhkan.

“Kami dari Partai Nasdem hanya akan mendukung dan mendoakan yang terbaik baginya. Semoga niat dan hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT,” pungkas Asnawi.

Terpisah, Politisi muda, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan saat dikonfirmasi wartawan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus DPC PPP dan Partai Nasdem Kota Tebing Tinggi yang hari ini telah menerima kedatangan Tim Riski Center dalam rangka pengambilan formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wakil Walikota Tebing Tinggi pada Pilkada 2024.

“Alhamdulillah, saya tahun ini mencoba untuk mengikuti kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 khususnya dalam berkontribusi untuk pembangunan Kota Tebing Tinggi.

“Hari ini Kamis (2/5/2024) saya mengambil formulir untuk bakal calon Wakil Wali Kota Tebing Tinggi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasdem. Tentunya mudah mudahan ini bisa menjadi pintu masuk, yang insya Allah diridhoi oleh Allah SWT untuk bisa bersama sama memajukan Kota Tebing Tinggi khususnya bersama PPP dan Nasdem,”paparnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Momentum Harjad HSU, Gubernur dan Acil Odah Berbagi Kebahagiaan Berikan Hadiah Umroh

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah hadiri Hari Jadi Kabupaten HSU ke-72. (Foto/Adpim) 

AMUNTAI, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah berbagi kebahagian dengan memberikan hadiah umrah kepada warga di acara puncak Hari Jadi Kabupaten HSU ke-72 pada Kamis (2/5/2024).

Sebanyak 6 orang menerima Hadiah Umroh dari Paman Birin dan Acil Odah di Lapangan Pahlawan, Kota Amuntai, Kabupaten HSU.

Awal mulanya, momentun itu setelah Paman Birin memanggil dua orang pembakal atau Kepala Desa (Kades) setempat yang siapa cepat datang menemui orang nomor 1 di Kalimantan Selatan tersebut.

“Sebelah sini siapa pembakal. Silahkan maju cepat, siapa datang bedahulu itu yang dapat. Ayo, pembakal sini,” kata Paman Birin.

Di atas podium itu, satu per satu diberikan pertanyaan soal jumlah ikan di Kota Bertaqwa, kemudian membuat pantun secara spontan hingga pertanyaan lainnya. Ada 3 sosok pembakal yang maju disamping Gubernur Kalsel itu, kemudian pingsut di antara keduanya maka terpilihlah dua orang yang menerima umroh.

Tak lama, Paman Birin kembali memanggil dua warga di pojok panggung dan salah satunya merupakan pembina pramuka sekolah. Hal itu berkat pilihan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah berdiri menunjuk langsung seseorang tersebut. Dimana, Acil Odah sendiri adalah Ketua Kwarda Pramuka Kalsel.

“Ulun panggil acil nang dipojok itu. Sini Cil, datangi maju kalaunya handak hadiah,” ungkap Paman Birin, tegas.

Ternyata nama acil itu bernama Anita (43), warga asal Desa Kandang Halang, Amuntai Tengah. Dengan cepat, Paman Birin menanyakan soal bahan kuliner lokal yaitu Gangan Waluh.

“Baik. Perhatikan sama-sama, pertanyaannya bahwa sebutkan bahan-bahan gasan membuat Gangan Waluh?” tanya Paman Birin, tegas.

“Bayam, waluh, labu siam, kacang, uyah dan gula. Ditumpahkan air hingga mendidih,” jawab Acil Anita, tegang.

Secara langsung Paman Birin mengucapkan, selamat Acil Anita menerima hadiah umroh. Sorak suara warga bergemuruh dan bertepuk tangan dengan meriah.

Selepas itu, Anita disambut bahagia oleh rekan kerjanya di Komunitas Gabungan Emergency (KGE) Kabupaten HSU. Berkat dorongan teman-temannya, ia yakin maju saat dipanggil oleh Gubernur Kalsel.

Mata Acil Anita berkaca-kaca, dirinya masih kaget dengan bahagia menerima kabar baik tersebut. Tak ada mimpi apa-apa, ia merasa senang sekali dapat terpanggil ke Tanah Suci Mekkah.

“Belum pernah umroh. Ini kesempatan mahal yang ulun terima, Alhamdulillah sekali ya Allah,” ungkap dia lagi penuh gembira.

Dikesempatan itu, Acil Anita juga tak menyangka bahwa isteri Gubernur Kalsel yakni Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah merupakan kelahiran Alabio, Kabupaten HSU.

“Baru tau bahwa sidin (Acil Odah) warga asli sini. Ternyata beliau adalah orang nomor satu di Kalsel, tak lain urang Amuntai sendiri,” imbuhnya.

Perempuan kedua yang dipilih Paman Birin adalah penari asal Sanggar Air Mata bernama Seri Maulida (20), warga asal Desa Lampihong. Berbusana gaun kuning, ia tak menyangka juga dapat dipanggil langsung oleh Paman Birin.

Sebagai bentuk apresiasi Paman Birin, maka dirinya perwakilan sanggar untuk maju. Maulida mengaku spechless (tidak bisa berkata-kata) lagi.

“Dikira pertanyaannya sulit banget gitu. Ternyata tidak, Paman Birin baik sekali. Dihadapan beliau, cuma terbengong aja saat disebut ulun menerima umroh itu,” ucap Maulida.

“Kayak gak mungkin ya kita bisa umroh. Lagian sekarang itu mahal, ternyata Alhamdulillah diberi rezeki ini dimomentum Harjad HSU,” katanya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Bank Kalsel Beri Bantuan Korban Kebakaran di Kecamatan Paringin

Published

on

Bantuan secara simbolis diserahkan Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin dan didampingi Kepala Cabang Paringin Fitri Hernadi. (Foto/Ist) 

BALANGAN, SuaraBorneo.com – Pada hari Sabtu, 27 April 2024 pukul 13:50 WITA di Komp. Maritam, Kel. Paringin Timur, Kec. Paringin, Kab. Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan telah terjadi musibah kebakaran.

Akibat kebakaran tersebut telah menghanguskan 12 buah rumah dan sebanyak 27 Kepala Keluarga menjadi korban akibat dari musibah kebakaran tersebut.

Sebagai wujud kepedulian Bank Kalsel atas musibah yang menimpa, melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel serta mewakili Manajemen Bank Kalsel menyampaikan turut berduka cita atas musibah kebakaran yang dialami oleh warga setempat dan sekaligus memberikan bantuan uang tunai kepada Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban musibah kebakaran di Komp. Maritam, Kel. Paringin Timur, Kec. Paringin, Kab. Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin dan didampingi Kepala Cabang Paringin Fitri Hernadi kepada perwakilan warga yang terdampak musibah kebakaran dan disaksikan oleh ketua RT. 01 Kabupaten Balangan.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” pesan Fachrudin. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Jalan Longsor Segera Diperbaiki Minta Legislator Balangan

Published

on

Anggota DPRD Balangan Elly Satriana. (Foto/Ist)

PARINGIN, SuaraBorneo.com – Anggota komisi III DPRD Balangan Elly Satriana meminta kepada pemerintah daerah secepatnya melaporkan adanya jalan longsor milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel yang ada di desa kusumbi hulu kecamatan Lampihong.

“Karena ini jalan milik Pemprov, pemkab Balangan melalui PUPR setempat secepatnya melaporkan ke PUPR Kalsel untuk segera melakukan penanganan perbaikan” ujarnya saat di hubungi via whattshap, Kamis (18/4/24) .

Kemudian, untuk penanganan sementara mengantisipasi terjadinya korban akibat jalan longsor, kepada PUPR dan Dishub untuk segera melakukan pemberian tanda dan penerangan pada malam hari.

“Mungkin perlu dipasang tanda adanya jalan longsor dan diberikan penerangan untuk malam hari,” tegasnya.

“Kami berharap kepada PUPR Balangan segera melaporkan jalan longsor tersebut dan kita harapkan bersama Pemprov Kalsel dalam hal itu PUPR Kalsel dapat segera melakukan perbaikan,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

BRI Kisaran Salurkan Bingkisan Lebaran ke Panti Asuhan Muhammadiyah Asahan

Published

on

Bentuk kepedulian terhadap sesama, Bank BRI Branch Office Kisaran mengunjungi Panti Asuhan Muhammadiyah Asahan. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Sebagai wujud kesyukuran di Hari Kemenangan Idul Fitri 1445 H serta bentuk kepedulian terhadap sesama, Bank BRI Branch Office Kisaran mengunjungi Panti Asuhan Muhammadiyah Asahan di Kelurahan Selawan Kota Kisaran Timur, Kisaran, Kamis (18/4/2024).

Dalam kunjungan ini, Bank BRI Branch Office Kisaran menyalurkan sebanyak 15 paket sembako kepada 15 orang anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Asahan tersebut.

Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian BRI kepada masyarakat di suasana Lebaran yang penuh suka cita. Terlebih bagi BRI sendiri, peran masyarakat merupakan poin yang sangat penting dalam kesuksesan BRI selama ini.

‘’Alhamdulillah di bulan kemenangan Idul Fitri ini BRI bisa melaksanakan bagian dalam kegiatan BRI Peduli. Ini salah satu wujud kepedulian BRI kepada masyarakat, sebagai bagian yang sangat penting bagi kesuksesan BRI selama ini,’’ ungkap Fajrul Haq.

Dikatakannya lagi, momen ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk memberikan manfaat kepada Panti Asuhan serta masyarakat dan juga sebagai komitmen bahwa BRI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Selain itu dirinya berharap ini dapat menjadi berkah untuk semua pihak yang terlibat.

‘’Semoga yang kami lakukan di momen lebaran ini bisa menjadi berkah untuk BRI dan juga yang menerima. Kami terus berkomitmen untuk selalu berada bersama masyarakat,’’ jelas Fajrul Haq.

Sebagai bentuk rasa bahagia dan dengan kegiatan tersebut, Fajrul Haq mengatakan pemberian paket sembako ini bisa menjadi kebahagiaan terutama saat ini masyarakat masih dalam suasana Idul Fitri.

‘’Kegiatan ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kami di BRI Kisaran. Tidak hanya soal perbankan, BRI juga mengambil peran di sosial kemasyarakatan,’’ katanya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan santunan kepada panti asuhan Muhammadiyah Asahan hari ini.

‘’Terima kasih atas penyambutan yang sangat baik dari seluruh pengurus dan anak-anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Asahan, semoga ke depannya kegiatan yang penuh berkah ini bisa terus berlanjut dan dapat membantu masyarakat yang memerlukan,’’ pungkas Fajrul Haq mengakhiri.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran didampingi beberapa pekerja, Pengurus serta anak-anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Asahan. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Truk Batu Bara Terbalik di Jalan Lingkar Tol Kapar-Walangsi Barabai

Published

on

Satu Unit Truk Batu Bara Terbalik. (Foto/Ist)

BARABAI, SuaraBorneo – Satu unit truk bermuatan batu bara kembali terbalik di Barabai tepatnya di Jalan Lingkar Tol Kapar-Walangsi pada Jumat (05/04) sekitar pukul 18.25 WITA.

Insiden ini menggegerkan warga sekitar karena kejadian itu terjadi di jalan provinsi yang cukup Rame Arus lalu lintasnya.

Hingga saat ini, truk batubara yang terbalik masih berada di badan jalan dan batu bara yang dimuat tumpah di bahu jalan, menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Walangsi-Kapar mengalami kemacetan.

Pengakuan dari warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan bahwa mereka kaget mendengar suara benturan keras, tetapi tidak mengetahui penyebab pasti kejadian tersebut.

“Tidak tahu persis, hanya mendengar bunyi benturan cukup keras,” ujar saksi mata (warga).

Warga juga menyatakan bahwa saat truk tersebut terbalik, sopirnya berada di dalam truk, tetapi saat ini tidak terlihat lagi. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
‘Mobilnya dari arah Tanjung menuju ke arah Banjarmasin, tapi tidak tahu pasti kemana,” ungkap seorang warga (nama tidak mau disebutkan).

Hingga berita ini diturunkan, unit truk tersebut masih belum dievakuasi, dan penyebab pasti terjadinya kecelakaan tersebut belum diketahui. Pihak berwenang sedang melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengungkap kejadian ini. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer