Idul Fitri, Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan.Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Business

Idul Fitri, Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan.Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

MAKASSAR, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ untuk memberikan jaminan kelancaran konektivitas pada periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Komitmen ini ditujukan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat mulai dari perjalanan mudik hingga sampai di tujuan. Demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari kemenangan, jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Mewakili seluruh keluarga besar Indosat Ooredoo Hutchison, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin. Untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal, kami telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas. Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam menggunakan layanan kami, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami beroperasi,” Rabu (3/4/2024).

Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024. Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Di wilayah Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa) diperkirakan terjadi peningkatan trafik data hingga 12% dengan lonjakan tertinggi berada di area Banjarmasin, Sampit, Sintang, Gowa, Pare-Pare dan Palu. Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32% lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian. Selain itu, kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Untuk wilayah Kalimantan, Indosat melakukan optimalisasi jaringan diantaranya di jalur tol Samarinda – Balikpapan serta jalur non tol Banjarmasin – Martapura dan Pontianak – Singkawang. Sedangkan di wilayah Sulawesi, optimalisasi jaringan diimplementasikan diantaranya di jalur tol Bandara Hasanuddin – Makassar dan Manado – Bitung serta jalur non tol Bandara Hasanuddin – Maros dan Makassar – Parepare. Lebih lanjut, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.

Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.

*Berdayakan Perekonomian Lokal*
Selain memperkuat infrastruktur jaringan jelang Hari Raya Idulfitri, Indosat juga menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal, sebagai kelanjutan program Indosat Berkah Ramadan, yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi. Menggandeng berbagai lapisan pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, anak usaha, hingga pelanggan, Indosat telah menyalurkan sebanyak 115 Program ‘Gerobak Berkah’ kepada para penjaga masjid atau musholla (marbot) yang diadakan di 57 lokasi di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kalimantan, Indosat memberikan Gerobak Berkah kepada marbot diantaranya di Sambas, Sekadau, dan Samarinda. Sedangkan di wilayah Sulawesi, Gerobak Berkah disalurkan kepada Marbot di Palu, Mamuju, Pangkajene Kepulauan, Makassar, dan Manado. Program ini memberikan dukungan langsung berupa pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan oleh para marbot di berbagai lokasi tersebut.

Sa’Ad Abu Abdillah, marbot asal Makassar mengatakan, “Saya bersyukur dengan bantuan dari Indosat dan pelangganya, karena dengan program ini saya memperoleh tambahan modal usaha serta fasilitas penunjang usaha. Selain kegiatan sehari-hari sebagai marbot, saya juga bisa membuka usaha baru dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan gerobak yang lokasinya berada di area masjid.”

“Seluruh upaya menghadirkan kebahagiaan dan keberkahan di momen Ramadan dan Idulfitri ini merupakan bagian dari komitmen mewujudkan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Vikram. (*)

Bagikan ke

Business

Kementerian BUMN Berkomitmen Tingkatkan Penjualan Produk UMKM Melalui Penempatan 80 Mesin Penjual Otomatis

Published

on

Iin Inawati, Direktur Utama PT Teda Asrega Nusantara. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Tren vending machine telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia, vending machine awalnya hanya muncul di beberapa lokasi terbatas, seperti stasiun dan pusat perbelanjaan, menawarkan produk seperti minuman dan makanan ringan.

Namun, dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya digitalisasi, vending machine kini semakin umum dan beragam dalam penawaran produknya.

Iin Inawati, Direktur Utama PT Teda Asrega Nusantara, menjelaskan bahwa vending machine ini juga membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia.

“Vending machine bukan hal baru di Indonesia, tapi ini sudah masuk generasi ketiga, ada benefit sosial yakni cashless,” ujar Iin kepada awak media di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2024).

Menurut Iin, target pasar pertama mereka adalah desa. “Vending machine ini bisa menjadi dana desa yang bisa diminimalis untuk penyelewengan dana,” lanjutnya.

Salah satu inisiatif terbaru datang dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang berkomitmen untuk meningkatkan penjualan produk UMKM melalui penempatan 80 mesin penjual otomatis di lokasi-lokasi strategis milik BUMN. Tren lainnya dalam penggunaan vending machine adalah penyebaran yang lebih luas dan beragam dalam penawaran produknya.

Direktur Bisnis dan Kemitraan Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol) RI, Budi Satryo, mengatakan bahwa mereka mendukung inovasi vending machine yang telah mulai menjual berbagai produk, termasuk produk lokal seperti makanan dan minuman, serta produk elektronik dan fashion muslimah.

“Kami melihat ada peluang besar, jadi kami berkolaborasi. Inkoppol ingin mengajak untuk berkembang karena negara ini sudah layak dengan teknologinya,” ujarnya.

“Peluang bisnis di Indonesia sangat besar jadi kami mencari investor ke luar negeri dan menyakinkan bahwa Indonesia sangat aman untuk berbisnis,” lanjutnya.

Data perkembangan vending machine di Indonesia diperkirakan akan meningkat sebesar 8,1% pada tahun 2030. Saat ini, jumlah vending machine di Indonesia sekitar 4000 unit yang tersebar untuk melayani kebutuhan minuman warga nasional sekitar 250 juta.

Dengan penyebaran vending machine yang lebih luas dan beragam dalam penawaran produknya, masyarakat dapat memperoleh berbagai pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Selain itu, Dennis NA, selaku Founder and CEO Teda Internasional Group, menjelaskan bahwa vending machine juga telah menjadi lebih canggih dengan fitur-fitur yang memudahkan transaksi, seperti cashless payment dan sistem manajemen data transaksi yang dapat diakses dari jarak jauh.

Hal ini telah meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh vending machine di Indonesia, seperti harga yang lebih mahal daripada supermarket dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang vending machine. Oleh karena itu, edukasi dan penyebaran informasi tentang vending machine sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan perkembangan vending machine di Indonesia.

Dalam beberapa tahun ke depan, diharapkan vending machine akan terus berkembang dan menjadi lebih umum di Indonesia, membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya digitalisasi dan meningkatkan kemudahan dalam membeli produk.

Sebagai upaya untuk menghadirkan wawasan dan solusi terkini terkait transaksi nontunai, perusahaan kami, TEDA Nusantara, bekerja sama dengan TEDA International Group melakukan inovasi vending machine yang berfungsi lebih komprehensif dan eksploratif dengan metode pemasaran yang masif dan edukatif.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kami akan melakukan kerjasama sinergis dengan TEDA International Group dan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara TEDA International Group dan PT. TEDA Asrega Nusantara, juga antara TEDA Asrega Nusantara dengan beberapa mitra strategis dalam negeri yang memiliki komitmen untuk menggunakan vending machine dan meningkatkan penerapan transaksi non-tunai dalam operasional bisnis mereka.

Dengan adanya kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang manfaat dan tantangan dalam menggunakan sistem pembayaran non-tunai serta mendorong kolaborasi yang lebih erat antara berbagai pemangku kepentingan dalam penggunaan vending machine secara komprehensif dan memajukan ekosistem keuangan digital di Indonesia. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Tambah Dua Tanker Gas Raksasa, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

Published

on

Foto bersama Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari dan CEO PIS Yoki Firnandi di depan kapal. (Foto/Ist)

KOREA SELATAN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali memperkuat posisinya sebagai pengangkut LPG ‘top tier’ di Asia Tenggara dengan menambah dua kapal tanker gas raksasa Very Large Gas Carrier (VLGC), yakni Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia, Kamis (9/5).

Dua VLGC baru tersebut akan dioptimalkan untuk mengangkut komoditas LPG dan petrokimia berupa propylene maupun amonia, serta ditujukan untuk perdagangan di rute internasional.

Memiliki panjang sekitar 300 meter atau setara dua kali lapangan bola dan kapasitas sebesar 91.000 m3, VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia diproduksi oleh salah satu galangan kapal terbesar dunia yakni Hanhwa Ocean, Korea Selatan.

Peluncuran VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia berlangsung di galangan kapal Hanhwa – Okpo Shipyard, Korea Selatan.

Turut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, Chargé d’Affaires Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul Zelda Wulan Kartika, Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra, dan Direktur Armada PIS Muhammad Irfan Zainul Fikri.

Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari menyambut hangat kehadiran 2 VLGC terbaru milik PIS ini, yang akan memperkuat peran PIS sebagai urat nadi distribusi energi di Indonesia sekaligus mengharumkan industri maritim Indonesia di kancah global.

“VLGC ini bukan sekedar kapal, tapi testamen kolaborasi internasional, kecanggihan teknologi, dan komitmen tak tergoyahkan dalam mendukung ketahanan energi Indonesia. Kolaborasi internasional ini, kami yakini bisa mendorong kapabilitas PIS , sebagai bagian dari Pertamina, dalam memperkuat infrastruktur energi,” ujarnya, Kamis (9/5).

Kedua kapal ini, lanjutnya, hadir di momen yang tepat dan memainkan peran penting dalam menyalurkan LPG, energi yang lebih ramah lingkungan untuk industri dan rumah tangga.

“Kehadiran VLGC ini juga wujud dedikasi dalam memperkuat industri maritim Indonesia, seiring dengan ekspansi armada yang lebih modern dan terbaru, kita menciptakan peluang baru untuk tenaga kerja yang lebih terampil, dan tentunya menaikkan posisi Indonesia sebagai yang terdepan di industri perkapalan regional,” tambah Rabin.

CEO PIS Yoki Firnandi menyebut penambahan dua armada tanker VLGC menjadikan PIS sebagai salah satu pemilik kapal VLGC terbanyak di Asia Tenggara, dengan total 7 kapal VLGC.

“Semakin bertambahnya armada VLGC yang lebih ramah lingkungan, juga menunjukkan komitmen PIS untuk mendukung transisi energi dan bisnis yang berkelanjutan,” beber CEO PIS Yoki Firnandi.

VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia merupakan kapal tanker gas raksasa terbesar di dunia yang menggunakan teknologi terkini dan ramah lingkungan.

Nama bunga Caspia melambangkan kesuksesan dan kenangan, sementara bunga Dahlia melambangkan kebahagiaan dan penghormatan.

Tanker baru kebanggaan PIS ini juga akan langsung beroperasi di rute internasional, dengan pelayaran pertamanya dari Houston, Amerika Serikat, pada awal Mei 2024.

Saat ini terdapat sebanyak 419 tanker VLGC yang berlayar di seluruh dunia, dengan rata-rata usia kapal di 10,08 tahun. Dengan penambahan 2 armada baru, PIS kini memiliki 7 tanker VLGC dengan rerata usia 3,42 tahun.

“Rerata usia kapal VLGC PIS yang tergolong belia ini menjadi keunggulan tersendiri, terutama dari sisi kualitas operasional kapal yang tentunya lebih andal, memenuhi regulasi terkini, pemanfaatan teknologi baru yang bisa menekan emisi gas buang lebih rendah, serta lebih berdaya saing,” tambahnya.

Deretan VLGC milik PIS yang sudah ada sebelumnya adalah, Pertamina Gas 1, Pertamina Gas 2, Pertamina Gas Amaryllis, Pertamina Gas Tulip, dan Pertamina Gas Bergenia.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso secara terpisah menyampaikan, penambahan dua VLGC ini menjadi bukti bahwa Pertamina melalui subholding Integrated Marine Logistics (IML) terus agresif dan berkomitmen dalam memasuki pasar global dan sejajar dengan perusahaan berkelas dunia lainnya.

“Tidak hanya dari sisi jumlah kapal, namun VLGC Caspia dan Dahlia juga sudah berteknologi dual fuel dan ramah lingkungan, teknologi ini juga sebagai wujud komitmen Pertamina dalam menjalankan bisnis hijau dan sesuai dengan penerapan ESG di Pertamina yg mengutamakan Environmental, Social, and Governance,” tutup Fadjar.

Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia punya beberapa keunggulan seperti, fleksibilitas muatan yang tertinggi di kelasnya hingga 39 kombinasi muatan, dan fasilitas akomodasi anti pembajakan (full accommodation anti-piracy) untuk keamanan dan kenyamanan kru kapal. Bahkan, VLGC Pertamina Gas Dahlia langsung dikelola PIS dan diawaki oleh 100 persen kru Indonesia.

Sejalan dengan komitmen keberlanjutan Pertamina, kedua kapal juga dilengkapi dengan energy saving device dan shaft generator yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi karbon, serta menggunakan teknologi ramah lingkungan Dual Fuel dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk mengurangi polusi hujan asam (NOx).

Total armada kapal milik PIS kini menjadi 102 unit, termasuk Very Large Crude Carrier (VLCC), VLGC, Suezmax dan kapal ukuran lainnya. 60 kapal di antaranya beroperasi di rute internasional.

Tentang Pertamina Internasional Shipping

PT Pertamina International Shipping atau biasa disingkat menjadi PIS, adalah anak usaha Pertamina yang didirikan tahun 2016. Pada tahun 2021, PIS ditunjuk sebagai induk subholding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang menyelenggarakan seluruh usaha pelayaran, jasa kelautan, dan logistik. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Penarikan Undian PHS 2024, Nasabah BRI BO Kisaran Raih Grandprize Honda BR-V

Published

on

Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) 2024. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) 2024. Acara ditandai dengan konvoi hadiah utama PHS 2024 dari titik awal kantor BRI Branch Office Kisaran menuju lokasi Hotel Grand Mulia Kisaran, Sabtu (5/5/2024).

Hadir dalam acara penarikan undian ini, di antaranya Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran Fajrul Haq, para nasabah, rekanan BRI serta pekerja BRI.

Hadir pula tiga saksi, Notaris Siti Aminah, SH, Aiptu M. Juliyadi dari Polres Asahan dan Kawalta Ginting dari Dinas Sosial Kabupaten Asahan, serta Ketua Panitia Undian PHS 2024, Fadlan.

Dalam undian Panen Hadiah ini, BRI Branch Office Kisaran menyiapkan tiga kategori hadiah, yakni Grandprize berupa satu mobil All New Honda BR-V, kategori hadiah utama berupa 6 (enam) unit sepeda motor Suzuki, dan kategori hadiah biasa yang jumlahnya belasan hadiah barang elektronik.

Pada penarikan undian yang disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir, pemenang Grandprize Mobil All New Honda BR-V diraih oleh Risnawati, nasabah BRI BO Kisaran. Penyerahan hadiah grandprize ditandai dengan penyerahan kunci mobil kepada Ketua Panitia, Fadlan selaku mewakili pemenang hadiah grandprize.

Branh Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq dalam sambutannya mengemukakan undian dimaksud sebagai salah satu bentuk apresiasi dari BRI kepada nasabah setia BRI yang gemar dan selalu menabung di BRI, khususnya melalui tabungan Simpedes.

“Undian yang BRI gelar ini sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi kepada nasabah yang selalu setia menabung di BRI,” katanya.

Fajrul Haq menjelaskan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, selain memaksimalkan keberadaan BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya, BRI juga telah bekerja sama dengan agen BRILink yang tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Asahan, Batubara dan Tanjungbalai dengan tujuan memberikan layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

“Agen BRILink ini melayani masyarakat seperti layaknya BRI Unit. BRILink menerima angsuran simpanan, transfer uang atau kirim ke anak sekolah, beli tiket pesawat dan sebagainya. Semuanya bisa dilakukan di agen BRILink,” paparnya.

Selain itu ada layanan e-Banking melalui ATM, serta BRImo yang merupakan aplikasi keuangan Digital BRI berbasis Data Internet.
“BRImo memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi perbankan dengan biaya lebih hemat, lebih cepat dan aman,” jelas Fajrul Haq.

Acara penarikan panen hadiah simpedes 2024 ini berlangsung sangat meriah. Kemeriahan ditandai dengan kemasan acara hiburan yang disiapkan secara baik yang dipandu Master of Ceremony (MC) kocak dari Medan, hiburan tarian, stand UMKM, serta pembagian hadiah door prize bagi undangan yang beruntung.(^)

Photo : Bank BRI Branch Office Kisaran menggelar penarikan Undian Panen Hadiah Simpedes 2024 di Hotel Grand Mulia Kisaran, Sabtu (5/5/2024). (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Cemerlang di Kuartal I 2024, Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT), hari ini mengumumkan hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) tahun 2024. Dengan pertumbuhan positif di semua lini bisnis dan komitmen berkelanjutan untuk mengoptimalkan biaya, Indosat membukukan pencapaian solid dalam kinerja finansial dan operasional.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, Indosat mencatat total pendapatan sebesar Rp13.835 miliar, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, mencapai peningkatan 22,1% YoY menjadi Rp6.509 miliar. Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0% dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, sebesar Rp1.295 miliar, naik 39,4% dari tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia. Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Sementara itu, kami juga meningkatkan keunggulan operasional dan efisiensi kami secara signifikan, yang memungkinkan kami meraih pertumbuhan pendapatan dan terus meningkatkan profitabilitas.”

Pada akhir kuartal pertama tahun 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat 2,3% YoY, mencapai 100,8 juta pelanggan. Pertumbuhan ini berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3% YoY menjadi 3.858 Petabytes (PB). Peningkatan ini terjadi seiring dengan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringannya. Sepanjang kuartal pertama, jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebesar 20,8% YoY menjadi 184 ribu. Hal ini memastikan konektivitas yang lancar dan pengalaman pelanggan yang lebih baik bagi basis pengguna yang berkembang pesat dan berkontribusi pada lonjakan ARPU (Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna) sebesar 13,9% YoY untuk pelanggan seluler, yang mencapai Rp37.500.

Untuk di wilayah Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa), Indosat mencatat peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% di kuartal pertama 2024 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Jumlah pelanggan juga naik menjadi hampir 11,9 juta pengguna. Hal ini sejalan dengan upaya ekspansi jaringan yang dilakukan Indosat di wilayah Timur Indonesia yang mampu menjangkau pelanggan berkualitas.

Sepanjang kuartal pertama 2024, total BTS 4G Indosat di wilayah Kalimantan turut meningkat 31.6% YoY menjadi lebih dari 15 ribu BTS 4G, sedangkan di wilayah Sulawesi Maluku Papua naik 20.9% YoY menjadi lebih dari 13 ribu BTS 4G. Fokus pengembangan jangkauan jaringan 4G yang semakin luas hingga ke pelosok pedesaan diharapkan akan mampu menghadirkan pengalaman mengesankan (marvelous experience) bagi pelanggan Indosat, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

Pada Q1 2024, Indosat mengalami peningkatan Outlook dari “Stabil” menjadi “Positif” oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch, dan mempertahankan peringkat kredit AA+(idn). Perusahaan juga menerima peringkat idAAA (Stabil) dari Pefindo. Dalam beberapa minggu terakhir, ISAT masuk ke dalam Indeks LQ45 sebagai salah satu indeks paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ini mencerminkan kondisi keuangan yang solid dan prospek pertumbuhan yang sangat baik, dengan nilai transaksi tinggi dan frekuensi yang tinggi di pasar modal Indonesia.

*Memimpin Transformasi Indonesia Menjadi Bangsa Digital yang Didukung oleh AI*

Indosat memperkuat posisinya sebagai pionir teknologi di Indonesia dengan mengumumkan kolaborasi revolusioner bersama NVIDIA, sebagai NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di dalam negeri. Melalui kemitraan bersejarah ini, Indosat bersama dengan anak perusahaannya, Lintasarta, bertujuan untuk mendemokratisasi akses ke platform AI terdepan NVIDIA, memberdayakan perusahaan di seluruh region melalui pemanfaatan teknologi Graphic Processing Unit (GPU) terbaik. Dengan memanfaatkan kekuatan transformasional AI dalam ekosistem cloud, Indosat siap mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan memberdayakan ekosistem digital yang semakin berkembang.

Selain itu, Indosat juga memperkuat komitmennya terhadap keamanan siber melalui kolaborasi strategis dengan Cisco dan Mastercard. Kolaborasi dengan Cisco menegaskan kesiapan Indosat dalam menyediakan solusi keamanan siber terkini kepada perusahaan, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), untuk memperkuat ketahanan digital dan keamanan mereka. Sementara itu, pembentukan Cybersecurity Center of Excellence (CoE) Indosat-Mastercard, menegaskan dedikasi perusahaan dalam mendorong pengembangan talenta, mendorong inovasi, serta menjadi kolaborator utama dalam upaya deteksi dan memitigasi keamanan siber.

Seiring dengan upaya Indosat dalam membentuk lanskap digital di Indonesia, perusahaan tetap kokoh dalam komitmennya untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan, memajukan inovasi, dan menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan.

“Kolaborasi kami dengan NVIDIA menandai momen penting dalam perjalanan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang didukung oleh AI. Dengan tekad yang teguh dan visi yang sama untuk mencapai kesuksesan, kami siap membentuk lanskap teknologi di Indonesia. Mari kita terus berinovasi, berkolaborasi, dan menginspirasi untuk menghubungkan serta memberdayakan masyarakat Indonesia menuju bangsa digital.” [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Balikpapan

Idulfitri 1445 H, Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Published

on

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. (Foto/Indosat)

BALIKPAPAN, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pada saat yang sama, Perusahaan juga membuktikan kualitas jaringannya yang telah berhasil melayani pelanggan dan masyarakat selama masa kenaikan trafik telekomunikasi sepanjang Ramadan, Lebaran dan masa libur setelah Lebaran. Lonjakan trafik yang telah diprediksi ini dikontribusikan oleh peningkatan penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga aplikasi mobile gaming, Kamis (25/4/2024).

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Pelayanan yang kami berikan sepanjang periode Hari Raya Idulfitri dan juga musim mudik menjadi bukti komitmen kami untuk terus dapat melayani pelanggan di manapun dan dalam situasi apapun, termasuk saat periode Ramadan dan Lebaran. Komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed atau jaminan pelayanan jaringan yang tak tertandingi, menjadi landasan untuk terus meningkatkan kualitas jaringan, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga diperluas hingga ke wilayah pedesaan di seluruh Indonesia.”

Lebih lanjut, Desmond menegaskan bahwa dengan kualitas jaringan ini, pelanggan dapat menikmati layanan digital kelas dunia mulai dari mengakses media sosial, berbagi pesan, hingga bermain game online tanpa kendala berarti. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan beberapa aplikasi oleh pelanggan, seperti TikTok, Instagram, dan YouTube yang menjadi penyumbang terbesar dalam lonjakan trafik data, dengan rata-rata peningkatan sebesar 24%. Sementara itu, game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mencatat lonjakan trafik data tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar 95%.

Kualitas layanan ini didukung pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasis artificial intelligence/machine learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal. Indosat juga mengantisipasi peningkatan kebutuhan telekomunikasi pelanggan dengan menambah 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Tidak hanya itu, Indosat juga menyiagakan lebih dari dua ribu personel yang bekerja 24 jam 7 hari baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan sebesar 26% untuk IM3 dan 42% untuk Tri dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya.

“Dengan Unparalleled Network Services Guaranteed kami bertekad untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan, menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Hal ini selaras dengan tujuan Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Desmond.

*Area Singkawang Catat Peningkatan Trafik Tertinggi di Kalimantan*

Khusus di wilayah Kalimantan, Indosat mencatat peningkatan trafik data tertinggi di area Singkawang, yakni naik sebesar 29,3% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Di bawah Singkawang, area Banjarbaru dan Sampit memiliki pertumbuhan trafik data tertingi kedua dan ketiga, masing-masing naik sebesar 21,6% dan 18,4% di sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Swandi Tjia, Head of Circle Kalisumapa Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Peningkatan trafik yang tinggi menjadi salah satu bukti dari keberhasilan kami dalam menghadirkan Unparalleled Network Services Guaranteed di berbagai lokasi prioritas dan jalur mudik. Tentunya hal ini juga menjadi motivasi kami untuk terus menghadirkan marvelous experience bagi pelanggan kami di Kalimantan.” [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

“Kuliner Indonesia Kaya” Ajak Pecinta Kuliner Jelajahi Keragaman Hidangan Di Jawa Timur, Kalimantan dan Lombok

Published

on

Mengulik ragam kuliner di Jawa Timur, Banjarmasin dan juga Lombok yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – www.indonesiakaya.com senantiasa menghadirkan berbagai tayangan menarik bagi para penikmat seni yang dapat diakses dimana saja. Pada bulan Ramadan 2024 ini, www.indonesiakaya.com kembali menyuguhkan web series yang senantiasa mengulik keragaman kuliner khas Nusantara mulai dari filosofi, cara, hingga tips memasak, yaitu Kuliner Indonesia Kaya. Kali ini, tiga episode terbaru dari web series yang hadir dalam format dokumenter ini, mengulik ragam kuliner di Jawa Timur, Banjarmasin dan juga Lombok yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya.

“Setelah sebelumnya kami mengulik keragam kuliner di Kudus, Yogyakarta, Cirebon, Makassar, Solo dan juga Minang, pada Ramadan 2024 ini kami mengangkat keragaman kuliner yang ada di Jawa Timur, Banjarmasin dan Lombok. Melalui web series Kuliner Indonesia Kaya kami ingin mengenalkan dan menambah pengetahuan para pecinta kuliner tentang keragaman masakan di Indonesia yang memiliki kelezatan, citarasa, dan nilai budaya yang berbeda dari tiap daerah. Semoga ketiga episode terbaru dari Kuliner Indonesia Kaya ini dapat menginspirasi, menambah wawasan dan meningkatkan minat para pecinta kuliner dengan keragaman yang ada,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com, Kamis (28/3/2024).

Di episode pertama yang ditayangkan sejak Kamis 21 Maret 2024, Kuliner Indonesia Kaya akan mengajak para pecinta kuliner untuk menyaksikan tiga hidangan khas dari ujung timur pulau Jawa. Bagi masyarakat Jawa Timur, kuliner bukan sekedar hidangan yang diwariskan, tapi budaya yang budaya yang mencerminkan karakter kerukunan keberagaman dan nilai kesantunan, seperti Bebek Songkem, dari Bebek Songkem Pak Salim, di Bangkalan, Madura yang mewakili rasa hormat yang diajarkan secara turun temurun.

Selain menjelaskan tentang filosofi dari Bebek Songkem, Bambang Hermanto, penerus generasi ketiga dari Bebek Songkem Pak Salim juga menceritakan tentang keunikan dari Bebek Songkem, “Keunikan dari Bebek Songkem adalah cara memasaknya. Setelah dibersihkan, bebek akan diberikan bumbu, dan sebelum dibungkus kepala bebek akan ditundukan yang berarti sungkem sebelum di bungkus dengan daun pisang. Selain itu, proses pengukusan Bebek Songkem juga tidak menggunakan air, tapi digantikan dengan uap dari batang pohon pisang yang telah dipanaskan.

Setelah menyaksikan keunikan dari Bebek Songkem, pecinta kuliner diajak untuk menyaksikan proses pembuatan Tajin Sobih dari Ibu Mardiah, seorang pedagang Tajin Sobih di Madura yang mendapatkan resep pembuatan Tajin Sobih dari Ibu Kandungnya. Selanjutkan pecinta kuliner diajak untuk menyaksikan keunikan dari proses pembuatan Pecel Semanggi, dari Bu Kemi seorang pedagang Pecel Semanggi.

Pada episode kedua yang akan ditayangkan mulai hari ini (28/3) pukul 17.00 WIB, para pecinta kuliner diajak untuk mengunjungi ragam kuliner yang ada di kota 1000 sungai, yaitu Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di episode ini, pecinta kuliner diajak untuk melihat kelezatan dan sejarah singkat Ketupat Kandangan yang dipadukan dengan Ikan gabus asap dari Ketupat Kaum Banjarmasin yang sudah didirikan dari tahun 1890. Selanjutnya pecinta kuliner diajak untuk melihat visualisasi menarik dari kuliner yang lahir dari proses akulturasi budaya, yaitu Mie Bancir yang dipadukan dengan suwiran ayam kampung, irisan dari telur bebek, daun seledri, dan bawang goreng dari Mie Bancir Khas Banjar Ala Agus Sasirangan. Di akhir episode, pecinta kuliner diajak untuk melihat sejarah singkat dan proses pembuatan Kue Bingka.

Netty Asistina, selaku generasi kedua dari Bingka Bunda yang telah berdiri dari 1984 mengungkapkan, “Bingka ini dihidangkan untuk acara-acara tertentu saja dan untuk orang-orang kerajaan atau acara adat. Sekarang kita sudah bisa menemukannya setiap hari, bisa kapan saja kita mau makan, sudah ada tersedia. Mudah-mudahan Kue Bingka dapat terus dilestarikan dan tetap menjadi salah satu ciri khas kuliner di Banjarmasin.”

Di pekan depan, tepatnya Kamis (4/4) pukul 17.00 WIB, episode ketiga dari Kuliner Indonesia Kaya akan membawa para pecinta kuliner untuk menyaksikan ragam kuliner yang ada di Lombok. Selama kurang lebih 10 menit, penikmat seni akan menyaksikan sejarah singkat dan proses pembuatan dari Babalung, Sate Rembiga dan Cerorot. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Ramadhan 1445 H, Pertamina Optimalkan Distribusi BBM, LPG dan Avtur di Kalsel

Published

on

Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra bersama team. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memastikan ketersediaan energi di Kalimantan Selatan (Kalsel) selama Bulan Ramadhan 1445 H, PT Pertamina Patra Niaga mengoptimalkan distribusi dan memastikan stok bahan bakar yaitu BBM, LPG dan Avtur selalu tersedia di seluruh Depot BBM, Depot Pesawat Udara dan lembaga penyalur seperti SPBU dan pangkalan LPG. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, disela kegiatan buka puasa bersama dengan awak media pada Kamis (14/3).

Menurut Arya, saat ini kondisi stok BBM, LPG dan Avtur di wilayah Kalimantan Selatan dalam keadaan aman. “Untuk BBM dan LPG di Terminal BBM Banjarmasin memiliki ketahanan stok antara 5-8 hari akumulatif, begitu pula dengan bahan bakar pesawat udara yaitu avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor memiliki ketahanan hingga 10 hari akumulatif. Ketahanan stok ini tentu akan terus bertambah seiring dengan dinamika distribusi salah satunya melalui jalur laut menggunakan kapal,” ujar nya.

Saat ini, penyaluran BBM dan LPG di wilayah Kalimantan Selatan dilayani melalui Integrated Terminal Banjarmasin yang mendistribusikan produk ke 205 unit SPBU, 107 unit Pertashop dan lebih dari 5.000 pangkalan LPG.

“Rata-rata normal penyaluran harian produk BBM seperti Pertalite sebanyak 1.531 Kiloliter (KL) per hari, Pertamax 345 KL per hari dan Biosolar sebanyak 611 KL per hari. Sementara untuk LPG subsidi atau PSO penyaluran harian sebanyak 360 Metrik Ton (MT) per hari dan LPG Non Subsidi sebanyak 57 MT per hari,” tambah Arya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H nanti, Pertamina juga akan mengaktifkan posko Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) serta penambahan beberapa titik SPBU Kantong di jalur-jalur wisata atau mudik.

“Untuk pembukaan posko satgas serta penempatan titik-titik SPBU Kantong serta fasilitas lainnya menjelang akan kami akan informasikan kembali kepada masyarakat karena saat ini masih dalam tahap pembahasan mengenai penempatan lokasi SPBU kantong tersebut,” ungkap Arya.

Untuk memastikan informasi kepada masyarakat atau konsumen berjalan optimal, Pertamina membuka jalur komunikasi melalui kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui aplikasi google atau apple. “Kami senantiasa berkomitmen memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat terpenuhi selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 H. Jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui 135 dan aplikasi MyPertamina,” pungkas Arya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Nasabah Makin Gencar dan Nyaman Gunakan Pembayaran Dengan EDC BRI

Published

on

Nasabah semakin gencar dan nyaman menggunakan pembayaran dengan EDC BRI. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Dengan semakin banyaknya bisnis ritel yang tumbuh dan berkembang, EDC Bank BRI yang menyediakan fitur paling lengkap dan mudah untuk semua jenis usaha merchant kini semakin diminati masyarakat dalam melakukan pembayaran di merchant-merchant yang ada di wiilayah kerja Bank BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya.

Demikian disampaikan Branch Manager Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haw kepada awak media, Kamis (7/7/2024) di Kisaran.

“Nasabah semakin gencar dan nyaman menggunakan pembayaran dengan EDC BRI. Hal tersebut ditandai dengan suksesnya Bank BRI Branch Office Kisaran menggelar program Merchant BRI Get Reward 2023 BRI BO Kisaran dengan reward berupa sepeda motor, sepeda listrik hingga smartphone android kepada 5 merchant dengan volume transaksi terbanyak menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) pada merchant EDC kelolaan Bank BRI Branch Office Kisaran,’ papar Fajrul Haq.

Untuk mengapresiasi hal tersebut, Bank BRI Branch Office Kisaran kembali menggelar Program Merchant BRI Get Reward 2024 BRI BO Kisaran dengan hadiah yang lebih menarik.

“Sebagai wujud apresiasi, maka BRI Kisaran kembali menggelar program Merchant BRI Get Reward 2024 BRI BO Kisaran dengan hadiah yang lebih menarik yaitu logam mulia (emas) dengan ketentuan berlaku untuk EDC Merchant kelolaan BRI BO Kisaran, serta minimal transaksi Rp 15 juta per bulan menggunakan EDC BRI,’ ujar pria yang akrab disapa Pak Pinca ini.

Fajrul Haq menambahkan, dengan melakukan pembayaran melalui EDC BRI akan memudahkan nasabah maupun merchant serta akan menambah semangat merchant untuk berusaha mendapatkan volume transaksi sebanyak-banyaknya dengan EDC BRI.

“Kemudahan bagi nasabah yang melakukan pembayaran melalui EDC BRI tentunya transaksi yang aman dan tidak perlu membawa uang tunai serta program reward poin, sementara bagi merchant, selain dapat terhindar dari peredaran uang palsu, dengan EDC Bank BRI ini pemilik merchant tidak perlu menyediakan uang kembalian lagi, jadi lebih mudah dan lebih aman, serta ada hadiahnya bagi merchant dengan volume transaksi tertinggi. Jadi kita harapkan program ini akan menambah semangat merchant untuk mencetak volume transaksi tertinggi,” pungkas Fajrul Haq. (Yusnar/ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

#AksiCantik Kolaborasi Brand Sunsilk, Citra dan Glow & Lovely, Meningkatkan Pemberdayaan Santriwati di Banjarmasin

Published

on

Sandeep Kohli selaku Direktur Beauty dan Wellbeing Unilever Indonesia. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, Suaraborneo.com – Seringkali perempuan dilihat hanya dari segi sebatas kecantikan dan penampilan fisiknya saja. Padahal cantik yang sesungguhnya itu juga terpancar dari kebaikan hati dan tindakan yang berdampak dan berkelanjutan.

Kebaikan dapat lebih berbekas dan abadi daripada kecantikan fisik semata. Maka dari itu #AksiCantik bukan perihal merawat diri saja, tetapi juga tentang merawat aksi kebaikan. Sunsilk, Citra dan Glow & Lovely sangat memahami kondisi yang kini sedang dialami oleh banyak perempuan dan dengan aksi positifnya membantu memberdayakan para perempuan muda terutama perempuan muslimah melalui program #AksiCantik.

Sandeep Kohli selaku Direktur Beauty dan Wellbeing Unilever Indonesia, mengungkapkan sejalan dengan komitmen Unilever untuk selalu mendukung komunitas Muslim di Indonesia. ‘Kami menjalankan banyak program edukasi dan enterpreneurship yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan perempuan Muslim di Indonesia. Semoga kegiatan positif ini dapat menjangkau, menyentuh dan berdampak bagi lebih banyak lagi santriwati-santriwati di seluruh Indonesia,” ucap Sandeep Kohli, dalam keterangannya.

Ia menyebutkan, diikuti oleh 600 Santriwati di Pondok Pesantren Al Hikmah Kelayan, kegiatan aksi ini merupakan ajakan untuk memulai aksi kebaikan melalui pemberdayaan perempuan.

‘Sebagai aksi positif dan wujud nyata #AksiCantik yang berkelanjutan, Sunsilk, Citra dan Glow & Lovely menyelenggarakan serangkaian kegiatan womenpreneur, women education & craftpreneur bagi para perempuan muslimah muda di Banjarmasin’

Selain itu aksi ini pun turut didukung dan dihadiri oleh Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H Ahmad Sawiti, S.Ag., M.H.I dan Kepala PP Al Hikmah Banjarmasin, Ustadz H. Agus Salim, Lc, M.Hi.

Dukungan dan sambutan hangat disampaikan H. Ahmad Sawiti, S.Ag., M.H.I Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya sangat berterima kasih, bersyukur dan mendukung penuh kerja sama antara Kementrian Agama dan Unilever yang sudah terbangun sejak 2021 melalui berbagai kegiatannya sehingga di tahun ini kegiatan #AksiCantik ini dapat terselenggara di PP Al-Hikmah Kelayan. Alhamdulillah melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat terutama dalam hal pendidikan dan berbisnis diharapkan memotivasi para santriwati untuk terus meraih dan mewujudkan cita-citanya. Selain itu saya juga berharap agar program #AksiCantik seperti ini dapat meluas dan menjangkau lebih banyak lagi Pondok Pesantren di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Program dan aksi nyata ini tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya pemberdayaan perempuan sebagai bagian dari aksi kebaikan untuk membangun cantik yang sesungguhnya bagi para perempuan muslimah muda di Banjarmasin,” tutup Ahmad.

Dalam upaya mewujudkan pemberdayaan perempuan, Sunsilk, Citra, dan Glow & Lovely telah mengambil langkah konkret melalui program #AksiCantik yang dirancang untuk membantu perempuan, khususnya perempuan Muslim.

Dengan memberikan wadah dan peluang untuk membangun aksi kebaikan. Beberapa perempuan muda menginspirasi juga dihadirkan sebagai pemateri dalam kegiatan ini, diantaranya Marsha Natika, Content Creator dan Business Woman, dalam sesi talkshow bersama Sunsilk yang mengusung tema tema “Buat Bisnismu Lebih Berkilau di Dunia Digital!”.

Enta Fadila, penerima beasiswa LPDP RI dan Co Founder dari Ourdee.id, dalam sesi kelas dan talk show bersama Glow & Lovely yang membawakan tema “Pendidikan Tinggi untuk Raih Glowingmu dan Wujudkan Cita-citamu”.
Ayu Muniarti, Seniman dan Craftpreneur, dalam sesi kelas dan talk show bersama Citra yang mengusungkan tema “Kembangkan Kreativitas dan Mulai Bisnismu”

Dengan hadirnya ragam aksi positif yang terus memperkuat pemberdayaan santriwati untuk terus melakukan aksi baiknya dalam bidang pendidikan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari.
Mari gaungkan kebaikan sebagai wujud nyata kecantikan lewat #AksiCantik. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer