Dinsos Kapuas Gelar Orkes Gathering Dan Bagi Takjil – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kalteng

Dinsos Kapuas Gelar Orkes Gathering Dan Bagi Takjil

Published

on

Kadisos Kab. Kapuas Budi Kurniawan S.Sos, M.Si. (Foto: Ist)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka meramaikan bulan Suci Ramadhan, silaturahmi dankepedulian terhadap masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Event Orkes Gathering sekaligus bagi-bagi takjil kepada masyarakat untuk berbuka puasa.

Kegiatan berlangsung di area Pasar Ramadhan di Jalan Maluku Kuala Kapuas bersama komponen PSKS diantaranya,
PKH, Tagana, TKSK, dan PSM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, S.Sos M.Si mengatakan, Event Orkes Gathering sebagai ajang silaturahmi bersama komponen PSKS sekaligus membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas di kawasan Pasar Ramadhan.

“Event orkes gathering yang merupakan ajang silaturahmi antara komponen pekerja sosial yang berada di bawa Kementrian Sosial yang tergabung di Dinas Sosial,”katanya kepada media, Senin (18/4/2022).

Dikatakannya, semua kebutuhan takjil untuk berbuka puasa yang dibagikan kepada masyarakat dibeli dari lapak pedagang yang berjualan di Pasar Ramadan.

“Ini juga salah satu upaya kita membantu mereka dan meramaikan pasar ramadan dengan penampilan band membawakan lagu-lagu religi bernuansa islamik, “ungkap Kadisos.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi dan memupuk rasa persaudaraan diantara pekerja sosial dan memberdayakan UMKM yang berjualan di Pasar Ramadan,” pungkasnya. [ujang/ery-SB]

Bagikan ke

Kalteng

Pj Bupati : Pemkab Kapuas Akan Selalu Mendukung Kegiatan Keharmonisan Umat Beragama

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada kegiatan halal bihalal gabungan yang diselenggarakan PHBI. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas akan selalu mendukung kegiatan positif yang dapat menjadi bentuk dan cikal bakal terwujudnya keharmonisasian didalam umat beragama.

Hal ini disampaikan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya saat menghadiri Halal Bihalal gabungan ASN TNI Polri Ormas mahasiswa pelajar dan santri yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas, Senin (29/4/2024).

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan masyarakat tersebut menghadirkan salah satu penceramah kondang Indonesia dari Jakarta yakni Ustadz Dr H Ahmad Wijayanto. Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas Ahmad M Saribi sejumlah Kepala OPD dan Tokoh Agama setempat.

Melalui momen Halal Bihalal yang digelar ini Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengajak masyarakat yang hadir untuk menjalin silaturahmi dan saling bertegur sapa sehingga terciptanya keharmonisan yang ada didalam kehidupan umat beragama di Kabupaten Kapuas.

“Ini merupakan langkah kita kedepannya untuk bagaimana berbagai kegiatan yang dilaksanakan PHBI ini selalu bisa menyatukan umat Islam di Kabupaten Kapuas,” ungkap Erlin.

Pj Bupati Kapuas pun mengharapkan dengan besarnya kerukunan umat diwilayah ini yang mana memiliki berbagai suku budaya dan agama agar selalu menjaga dan mempertahankan hubungan silaturahmi didalam berbangsa dan bernegara.

“Kita saling asah asih dan asuh sehingga kehidupan kita menjadi lebih indah dan menjadikan wilayah yang kita cintai ini selalu damai dan tentram,” ucapnya.

Kegiatan pun berlanjut dengan ceramah oleh Ustadz Dr H Ahmad Wijayanto yang menjelaskan mengenai makna dibalik kata Halal Bihalal. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Saksikan Pagelaran Pentas Seni Kuda Lumping dan Musik Campur Sari

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi pada acara Pagelaran Seni Kuda Lumping dan Musik Campur Sari. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi saksikan Pentas Pagelaran Seni Kuda Lumping dan Musik Campur Sari yang mana pergelaran kesenian tersebut masih dalam rangka memeriahkan acara Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 dan Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 bertempat di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas, Minggu (28/4/2024) malam.

Erlin Hardi mengatakan mendukung sepenuhnya pagelaran seni budaya Jawa kuda lumping sebagai hiburan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Ya malam ini khusus di pengisian acara pentas seni budaya kuda lumping dalam rangkaian hari jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemkab Kapuas ke 73. Ada persembahan dari saudara kita dari warga suku jawa yang sudah menjadi bagian dari Kabupaten Kapuas,” kata Erlin Hardi.

Lebih lanjut dikatakan kesenian yang disajikan tersebut merupakan bentuk kebragaman di Kabupaten Kapuas yang mana menjadi tontonan yang menarik bagi warga Kapuas yang berkunjung ke expo terbukti dengan antusiasnya masyarakat yang menonton secara langsung kesenian tersebut.

“Kita harapkan kesenian-kesenian yang ditampilkan ini juga merupakan bentuk keragaman kita yang juga bisa menghibur untuk warga masyarakat kita khususnya warga-warga kita yang ada di jawa dan ini juga merupakan hiburan untuk warga kita yang non jawa artinya inilah bentuk dari pada keragaman harmonisasi dan sebuah kondisi pembauran untuk bisa berkembang di Kabupaten Kapuas,” pungkas Erlin. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Ikuti Ritual Adat Ngarunya Rangkaian Peringati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas 218 dan HUT Pemkab 73

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika mengikuti ritual adat Balian Ngarunya bertempat di depan rumah jabatan Bupati Kapuas. (foto/istimewa).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ritual adat Balian Ngarunya menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas yang digelar di depan rumah jabatan Bupati Kapuas, Senin (29/4/2024).

Sebelumnya telah melaksanakan Festival Adat Dayak Laluhan yang berpusat di Pelabuhan Danau Mare Kuala Kapuas.

Kegiatan ini diikuti langsung Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Sri Rejeki Sekda Septedy Forkopimda Kepala OPD serta konten kreator dan Youtuber ternama Bobon Santoso.

“Ritual adat dayak Balian Ngarunya merupakan permohonan kepada Ranying Hatala Langit berupa doa yang dipanjatkan oleh tetua adat setempat,” kata tetua adat.

Ritual adat tersebut bertujuan agar pemimpin daerah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan arif dan bijaksana sehingga masyarakat dapat hidup makmur sejahtera.

Setelah diadakan ritual adat tersebut, Pj Bupati beserta tamu undangan melakukan pemotongan tumpeng atau yang biasa disebut Panginan Sukup Simpan yang merupakan makanan khas daerah suku dayak. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pemecahan Rekor MURI Masak Besar Ikan Gabus Bersama Bobon Santoso Meriahkan Harjad Kota Kuala Kapuas 218 dan HUT Pemkab Kapuas 73

Published

on

Bobon Santoso dalam event kegiatan masak besar Ikan Gabus pemecahan rekor MURI di Kapuas. (foto/istimewa).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Momen rangkaian Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 tahun 2024 panitia menggelar masak besar Ikan Gabus bertempat di lokasi Kapuas Expo Lapangan Bukit Ngalangkang Senin (29/4/2024).

Kali ini kegiatan masak besar ikan gabus bersama Bobon Santoso youtuber/konten creator dengan jumlah terbanyak berupa masak merah.

Secara langsung Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua PKK Kapuas Agustina Erlin bergabung dalam masak besar ikan gabus tersebut disaksikan forkopimda DPRD OPD lingkup Pemkab Kapuas serta masyarakat.

Masak besar ikan gabus salah satu pemecahan rekor MURI selain ritual adat laluhan dan menganyam purun. Sehingga Kapuas berdasar penilaian MURI pecahkan rekor dunia.

“Tentu Kabupaten Kapuas bangga dengan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Harjad Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemkab Kapuas ke 73,” kata Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi.

Oleh karena itu lanjut Erlin Hardi menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Kapuas sebagai wujud kebersamaan peringatan momen Harjad Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Resmi Menutup Kegiatan Expo Kapuas 2024

Published

on

Pj Bupati Kapuss Erlin Hardi pada penutupan Kapuas Expo 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang Senin malam (29/4/2024). (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi resmi menutup Expo Kapuas 2024 rangkaian Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 bertempat di Lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas Senin (29/4/2024) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri forkopimda DPRD BUMN/BUMD Sekda Kapuas Septedy OPD lingkup Pemkab Kapuas serta undangan lainnya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 29 April.

“Oleh karena itu tentunya menjadi sangat penting melalui momen ini. Kita dapat memperkenalkan potensi Kapuas dalam expo ini baik lokal nasional dan internasional,” katanya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Kapuas menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan panitia yang telah bekerja dengan untuk suksesnya kegiatan ini.

Lebih daripada itu Pj Bupati Kapuas juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Air Kuala Kapuas yang sudah menjaga Kapuas dengan baik.

“Sinergi kolaborasi menjadi hal penting. Ini merupakan kebersamaan kita semua demi kemajuan Kabupaten Kapuas sehingga kedepannya semakin maju dan berkembang sejajar dengan daerah lainnya,” ucap Pj Bupati.

Pada penutupan itu Pj Bupati juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba diantaranya Festival Tentang Menteng Panunjung Tarung (FTMP) Karnaval Budaya rangkaian Harjad Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemkab ke 73.

Tak ketinggalan pula Pj Bupati Kapuas bersama forkopimda OPD serta masyarakat nobar Piala U23 Asia Indonesia VS Uzbekistan. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Halal Bihalal Gabungan Digelar di Kapuas Diisi Ustadz Wijayanto

Published

on

Kegiatan Halal Bihalal yang Digelar PHBI Kapuas di Hall Rujab Bupati pada Senin sore 29 April 2024. (Foto: Dodi)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Halal Bihalal Gabungan ASN TNI Polri Ormas Mahasiswa pelajar dan santri digelar di Kabupaten Kapuas bertempat di Hall Rujab Bupati pada Senin (29/4/2024).

Kegiatan yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas dan didukung Pemkab Kapuas ini juga diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Wijayanto dari Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi para kepala SOPD Ketua Umum PHBI Kapuas H Nabchan tokoh agama ulama dan undangan lainnya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Halal Bihalal yang digelar PHBI Kapuas ini, sebagai wadah memperkuat jalinan tali silaturahmi.

Dikatakan Pj Bupati melalui kegiatan ini diharapkan terjalin komunikasi dan keharmonisan. “Khususnya yang ada di dalam kehidupan umat Islam di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Ketua Harian PHBI Kapuas Tommy Saputra mengatakan dalam Halal Bihalal gabungan ini mendatangkan Ustadz Wijayanto dirinya bersyukur antusias sangat luar biasa pada kegiatan ini.

Pada kesempatan itu dirinya menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah terkhusus bapak Pj Bupati Kapuas yang selalu mendukung kegiatan PHBI Kapuas.

“Harapan kita kegiatan ini akan terus berlanjut dari tahun ke tahun dan menjadi agenda rutin,” harap Tommy.

Lebih lanjut dikatakan rangkaian kegiatan hari ini masih akan berlanjut yang mana pada malam ini pukul 19.00 WIB dilaksanakan Tabligh Akbar bersama Ustadz Wijayanto di Masjid Jami At Taqwa Kapuas.

“Kita mengambil tempat di Masjid Jami At Taqwa karena ini merupakan masjid tertua di Kuala Kapuas. Oleh karena itu kita ingin mengenalkan itu,” ujarnya.

Sementara itu Ustadz Wijayanto menyampaikan makna dari kegiatan Halal Bihalal kepada para hadirin.

“Halal Bihalal ini juga bermakna mengurai yang kusut sehingga diharapkannya dari kegiatan ini dapat terus memperkuat jalinan tali silaturahmi,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini PHBI Kapuas juga menyerahkan piala dan penghargaan kepada para juara Pawai Gebyar Takbir Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas : Pengembangan Kearifan Lokal Berbasis Kebudayaan Berkelanjutan, Kita Perkenalkan ke Nasional dan Internasional

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Sekda Kapuas Septedy dan Ketua Panitia Aswan. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pengembangan Kearifan lokal berbasis kebudayaan berkelanjutan terus kita lakukan pengembangan baik lokal nasional maupun internasional.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi usai kegiatan ritual adat laluhan dan mangarunya yang digelar Pemkab Kapuas rangkaian Harjad Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemkab ke 73 tahun 2024.

“Pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam seminggu ini. Oleh karena itu ini menjadi sangat penting kita sampaikan kepada masyarakat lokal nasional juga internasional,” kata Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi kepada media di Rujab Bupati Senin (29/4/2024).

Dikatakannya dengan adanya kegiatan itu pengembangan tersebut diharapkan dapat tumbuh dan berkembang kedepannya di Kota Air Kuala Kapuas Bumi Tingang Menteng Panunjung wujud dari huma betang.

Lebih Pj Bupati Kapuas mengatakan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki potensi luar biasa terutama terkait pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sehingga ini menambah kemajuan untuk Kabupaten Kapuas,” ujar Erlin Hardi. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Ritual Adat Laluhan Belangsung Meriah

Published

on

Ritual adat laluhan berlangsung di Pelabuhan Danau Mare Kuala Kapuas Senin (29/4/2024). (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ritual adat laluhan bagian dari budaya dayak salah satu yang ditunggu-tunggu masyarakat digelar Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya laluhan menambah kemeriahkan pada Harri Jadi Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 tahun 2024.

Laluhan berlangsung di Pelabuhan Danau Mare Kuala Kapuas disaksikan ribuan masyarakat Kota Air Kuala Kapuas Senin (29/4/2024).

Kali ini laluhan tercatat dalam pemecahan rekor MURI dengan menggunakan kapal terbanyak yang menyusuri DAS Kapuas.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi bersama forkopimda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas masyarakat nampak saling melemparkan batang suli ketika barisan kapal-kapal dengan berjalan pelan menyusuri DAS Kapuas di kawasan Pelabuhan Danau Mare.

Pada kesempatan itu pihak MURI menyerahkan piagam penghargaan kepada Pj Bupati Kapuas disaksikan seluruh undangan serta masyarakat.

“Kami serahkan piagam penghargaan MURI kepada Pj Bupati Kapuas Bapak Erlin Hardi acara adat laluhan ini,” kata pihak MURI.

Secara harfiah laluhan dalam bahasa Dayak Ngaju artinya persembahan atau hadiah yang merupakan upacara ritual adat dan budaya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Tiga Event Besar, Laluhan Menganyam Purun Masak Besar Ikan Gabus, Kapuas Pecahkan Rekor MURI Dunia

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Pj Ketua PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi menerima piagam penghargaan dan medali dari pihak MURI bersama forkopimda serta OPD. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Suatu kebanggaan. Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) memecahkan rekor MURI dunia dalam event besar ritual adat laluhan menjawet (menganyam purun) serta masak besar ikan gabus rangkaian dari Harjad Kota Kuala Kapuas ke 218 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 tahun 2024.

Hal ini disampaikan pihak MURI di hadapan jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas forkopimda dan masyarakat.

“Kapuas pecahkan rekor MURI dunia tiga sekaligus dalam kegiatan event besar yakni ritual adat laluhan manjawet (menganyam) serta masak besar ikan gabus,” kata pihak MURI di panggung arena Kapuas Expo Lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas Senin (29/4/2024).

Pada kesempatan itu pihak MURI menyerahkan tiga piagam serta medali kepada Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Ketua Pj PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi disaksikan forkopimda Sekda Kapuas Septedy OPD serta masyarakat.

Pj Bupati Kapuas Erlin Erlin Hardi menyampaikan terima kasih atas penghargaan dari MURI.

‘Terima kasih dan sekaligus dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Kapuas yang selalu bersinergi bersama-sama memajukan Kapuas,” ujar Erlin Hardi. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer