Sinergitas Babin TNI-Polri Pastikan Harga Sembako Stabil di bulan Puasa, Polsek Kotarih dan Koramil Sambangi Pasar Tradisional – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Sergai

Sinergitas Babin TNI-Polri Pastikan Harga Sembako Stabil di bulan Puasa, Polsek Kotarih dan Koramil Sambangi Pasar Tradisional

Published

on

Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) sambangi pasar tradisional bersama Babin. (Foto/Ist)

KOTARIH (SERGAI), suaraborneo.com – Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) sambangi pasar tradisional di Desa Kotarih Pekan pastikan harga sembako stabil dibulan puasa di wilayah hukum Polsek Kotarih, Minggu (17/03).

Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH di Polsek Kotarih, membenarkan kegiatan sinergitas Polsek Kotarih dan Koramil sambangi pasar tradisional.

Dijelaskan dari hasil monitoring yang dilakukan, harga sembako seperti beras, telur dan bumbu dapur relatif stabil dan ketersediaan dipasar tercukupi.

“Harga bahan pokok di bulan puasa di wilayah hukum Polsek Kotarih, seperti beras, telor dan bumbu dapur masih stabil dan ketersediaan dipasar tercukupi, harga ayam potong juga stabil,” ungkapnya.

Tidak hanya memonitor harga Sembako, Pak Babin TNI-Polri juga memberikan imbauan kepada para pedagang untuk tetap menjaga stabilitas harga dan tidak mengambil kesempatan menaikan harga sembako jelang bulan puasa.

“Kita menyampaikan edukasi kamtibmas di bulan puasa ini pasca pemilu dan patut bersyukur sinergisitas bersama para pemangku kepentingan berhasil melaksanakan pengamanan dan penyelenggaraan pemilu 2024 dengan baik beberapa waktu lalu.” pungkasnya.

Dalam kegiatan sambang monitoring pasar tradisional tersebut dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa Koramil, serta Kanit Samapta Polsek Kotarih dan kegiatan aktivitas di pasar berjalan dengan baik dan ramai. (NR/01)

Bagikan ke

Politics

Pilkada 2024, Dimas Triadji Resmi Daftar ke Partai Demokrat

Published

on

Dimas Triadji, S.Ikom mengembalikan berkas pendaftaran Cakada kepada Ketua Tim Penjaringan, Riady, S.Pd di Kantor DPC Partai Demokrat Sergai di Sei Rampah, Minggu (12/5/2024). (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, SuaraBorneo.com – Jumlah pendaftar pada penjaringan Calon Kepala Daerah (Cakada) Periode 2024-2029 yang dibuka oleh DPC Partai Demokrat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus bertambah.

Hari ini, Minggu (12/5/2024), Dimas Triadji, S.Ikom secara resmi mengembalikan berkas formulir pendaftaran Cakada yang diterima langsung Ketua Tim Penjaringan Riady, S.Pd didampingi Sekretaris Indan Prabudi, bertempat di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sergai di Sei Rampah.

“Hari ini secara resmi saya mengembalikan berkas formulir pendaftaran Cakada. Saya siap untuk menjadi opsi mendampingi siapapun yang yang ingin bekerjasama membangun daerah melalui Pilkada 2024, ya, artinya Calon Wakil Bupati (Cawabup). Salah satu bukti keseriusan saya adalah dengan mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC Partai Demokrat pada hari ini,” terang Dimas Triadji kepada wartawan usai penyerahan formulir pendaftaran.

Dimas Triadji menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Partai Demokrat Sergai atas penerimaan serta kerjasama yang baik serta kesiapan mengikuti mekanisme yang ada.

“Kami berterimakasih kepada DPC Partai Demokrat Serdang Bedagai dibawah kepemimpinan Bapak Yunasril beserta jajaran. Langkah ini juga sebagai upaya melanjutkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin antara Partai NasDem dan Demokrat yang tergabung dalam Fraksi Nasional Demokrat di DPRD Kabupaten Sergai. Terkait penjaringan utk Pilkada 2024 apapun nanti mekanisme kami hormati dan siap mengikutinya,” papar anggota DPRD Provinsi Sumut periode 2019-2024 idari Partai NasDem ini.

Dalam hal ini perlu digarisbawahi, lanjut Dimas lagi, niat kami tidak didasarkan pada ambisi, kami realistis, tidak ngoyo, dan membuka diri untuk berkomunikasi dengan siapapun, partai apapun yang berniat baik & memiliki kesamaan pandangan untuk kemajuan Kabupaten kita tercinta ini,” pungkas Dimas Tri Adji.

Sementara Ketua Tim Penjaringan Cakada DPC Partai Demokrat Sergai, Riady, S.Pd menyambut baik pengembalian berkas pendaftaran Cakada oleh Dimas Triadji pada hari ini.

“Kami sangat mengapresiasi pengembalian berkas oleh Dimas Triadji pada hari ini, yang artinya beliau telah resmi mendaftar sebagai Cawabup melalui Partai Demokrat,” ujar Riady.

Riady kemudian menutup pertemuan dengan menyampaikan akan segera menindaklanjuti pengembalian formulir pendaftaran Cakada tersebut.

“Berkas formulir pendaftaran dari Dimas Triadji ini akan segera kami proses dengan melakukan verifikasi dan pengusulan ke tingkat DPD serta DPP sesuai dengan mekanisme yang ada guna mendapat rekomendasi resmi dari Ketum Partai Demokrat,” pungkas Riady. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Hadiri Silatuhrahmi Ulama, Zuama, Tokoh dan, Cendikiawan Muslim, Bupati Sergai Harap Ukhuwah Islamiah Semakin Kuat

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri undangan Seminar dan Silatuhrahmi Ulama, Zuama, Tokoh dan, Cendikiawan Muslim Sergai. (Foto/Ist)

SEI RAMPAH, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri undangan Seminar dan Silatuhrahmi Ulama, Zuama, Tokoh dan, Cendikiawan Muslim Sergai, yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Minggu (12/5/2024).

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan atas nama Pemkab Sergai, dirinya merasa bahagia atas terselenggaranya acara hari ini di mana dalam momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi untuk meningkatkan kebersamaan antara Pemkab, alim ulama, tokoh agama, dan masyarakat Sergai, dan yang paling penting untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan batiniah antara sesama umat Islam di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kegiatan ini dapat membangun kebersamaan dan tali silaturahmi di antara kita bersama. Keharmonisan dan kedamaian di tengah-tengah kemajemukan kita sebagai suatu bangsa. Kami yang saat ini sedang mengemban amanah untuk memimpin Sergai mengajak bapak, saudara-saudara, dan orang tuaku semua yang hadir, untuk selalu bergandengan tangan bersama kami membangun Sergai,” ujar Bupati Sergai.

Sebagai contoh, Bupati Sergai menyebut Rasulullah SAW pada jaman dahulu menghadapi tantangan yang amat berat, tetapi beliau sabar, tegar bersama umat, bersama sahabat, bersama semua yang berjuang di jalan Allah. Ia kemudian mengajak umat Islam harus bisa bersabar dan tegar dalam menghadapi tantangan, walaupun tidak seberat tantangan yang di hadapi Rasulullah SAW.

“Allah SWT tidak akan merubah nasib dan masa depan Kabupaten Sergai, kecuali kita sendiri yang merubahnya, mari kita amalkan firman Allah. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah dalam hidup dan kehidupan kita menuju Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga, Bupati yang akrab dengan panggilan Bang Wiwik ini berharap kebersamaan dan dukungan dari masyarakat Sergai, agar pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dapat berhasil.

“Apabila yang dilaksanakan pemerintah berhasil, Insya Allah dengan rida Allah SWT masa depan kita akan lebih baik dari masa sekarang ini,” yakin Bang Wiwik.

Tak lupa Darma Wijaya mengucapkan syukur berkat nikmat Allah SWT sehingga umat Islam dapat merayakan Idul Fitri 1445 H, hari besar yang membawa kepada kesejatian diri. Sebagaimana biasanya pada bulan Syawal, ia menyebut kegiatan silaturahmi selalu dilaksanakan oleh masyarakat Islam

“Kegiatan ini memberikan peluang bagi kita untuk saling bertatap muka dan melepaskan segala kerinduan serta saling memberi kemaafan dengan berbekal spiritualitas Ramadan yang kita jalani. Mari kita jadikan kegiatan ini untuk menguatkan tekat saling memaafkan, menguatkan niat untuk menebar kasih sayang,” pesan Bupati menutup sambutannya.

Sementara itu Ketua MUI Sergai Drs. H. Hasful Huznain, SH, dalam sambutannya menyebut jika persuadaraan atau Ukhuwah Islamiyah sifanya lebih penting dari sekadar simbol-simbol apa pun, termasuk perbedaan pandangan atau pilihan politik. Baginya, perbedaan adalah sesuatu yang wajar dan diperbolehkan karena itu berdasarkan ijtihad masing-masing. Namun menurutnya perbedaan tersebut jadi tidak benar kalau kemudian sampai memutuskan tali silaturahmi.

“Inilah yang menjadi alasan digelarnya seminar dan Silaturahmi Ulama, Zuama, Tokoh, dan Cendikiawan Muslim. MUI Sergai sebagai Pelayan Umat atau Khadimul Ummah dan mitra Pemerintah atau Shadiiq Hukumah. Persaudaraan ini perlu dikukuhkan kembali di tengah masyarakat apalagi masih dalam suasana tahun Politik,” papar Hasful Huznain.

Acara kali ini dihadiri oleh antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Zulfikar, Kaban Kesbangpol Drs. Nasrul Azis Siregar, unsur MUI se-Kabupaten Sergai, Organisasi Islam Sergai, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para alim ulama.

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Ketua TP-PKK Sergai Hadiri Grand Final Teruna Belia 2024

Published

on

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menghadiri Grand Final Teruna Belia Sergai 2024. (Foto/Ist)

PANTAI CERMIN, SuaraBorneo.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menghadiri Grand Final Teruna Belia Sergai 2024, yang diselenggarakan di Theme Park Pantai Cermin, Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (9/5/2024).

Membuka sambutannya, Ketua TP-PKK Sergai mengucapkan selamat atas berlangsungnya acara pemilihan Teruna Belia Sergai 2024.

Ia melanjutkan, Kabupaten Sergai terkenal dengan keberagaman daya tarik dan potensi wisata yang jika dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu akan menjadi aset dan potensi wisata yang mampu menarik kunjungan para wisatawan.

“Sebagaimana yang tertuang dalam Sapta Dambaan, yaitu wisata maju terus. Seluruh potensi pantai dan sungai akan terus kita kembangkan. Dalam era globalisasi ini, mengharuskan kita untuk mampu menghadapi persaingan di segala bidang, tak terkecuali dalam bidang pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif yang bersifat pelayanan. Peranan sumber daya manusia (SDM) sangat strategis untuk menciptakan kepuasan bagi wisatawan,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Rosmaida, dibutukan strategi melalui persiapan dan pembinaan yang matang dengan meningkatkan kemampuan SDM pelaku wisata, khususnya Teruna Belia Sergai 2024 sebagai Duta Wisata.

Dirinya berpendapat, tujuan pariwisata pada prinsipnya bukan hanya mendatangkan wisatawan, namun mampu menanamkan citra daerah, sehingga pariwisata dan perekonomian bisa seiring sejalan, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ajang pemilihan Teruna Belia Sergai bukan hanya sekadar menampilkan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan semata, namun diharapkan memiliki kecerdasan jiwa sosial berbakat, serta memiliki wawasan tentang kepariwisataan dan kebudayaan. Selain itu, Teruna Belia Sergai hendaknya menjadi teladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata,” tambahnya.

Bagi Rosmaida, menjadi Teruna Belia Sergai tidaklah mudah dan memerlukan proses yang cukup panjang, sehingga mereka yang lolos dari babak seleksi hingga Grand Final ini merupakan yang terbaik yang dimiliki Sergai.

Untuk itu menurutnya penting sekali peranan dalam upaya pengembangan pariwisata berbasis milenial agar bisa sesuai dengan tuntutan zaman, di mana dewasa ini pengguna media sosial tersebar di hampir belahan dunia, sehingga hal tersebut menjadi perhatian dalam mempromosikan pariwisata.

Menutup sambutannya, Ketua TP-PKK menitip pesan kepada para finalis Teruna Belia Sergai 2024 dan yang terpilih menjadi pemenang untuk meyakini jika mereka adalah putra-putri terbaik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di Sergai.

“Tak lupa, saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Sergai yang hadir pada hari ini, untuk bersama-sama mencintai, menghargai, menjaga, mengembangkan, dan mempromosikan potensi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sergai agar semakin lebih dikenal lagi,” tandasnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga (Poraparbud) Sergai sekaligus Ketua Panitia Kegiatan Drs. Amkal, AP, M.Si dalam laporannya menyebut jika kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan untuk menyeleksi putra-putri terbaik Sergai yang akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi dan nasional.

“Putra-putri terbaik yang terpilih akan bertugas selama satu tahun dalam kategori tertentu, seperti Putra-Putri Pariwisata atau Budaya,” terang Akmal.

Adapun peserta Taruna Belia yang keluar sebagai pemenang setelah melewati penilaian selama masa karantina tanggal 5-8 Mei 2024 yaitu untuk kategori Teruna Muhammad Yusril Fajar, kategori Belia Samira Dea Sapana, kategori Bakat Teruna Bayu Restu Anggoro, kategori Bakat Belia Rosma Nadira, Kategori Persahabatan Nirhady Elsinky dan Sabrina Wijaya, dan terakhir kategori Favorit Vote Instagram Rizky Rio Farensy dan Dwi Eka Pratiwi.

Hadir dalam acara ini di antaranya Camat Pantai Cermin Andy Akbar Perdana, S. STP, M.SP., serta panitia lomba Teruna Belia dan undangan lainnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Sambut Pilkada Serentak Tahun 2024, Pemkab Sergai-KPU Gelar Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Zulfikar

SEI RAMPAH, SuaraBorneo.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Zulfikar menghadiri acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai Tahun 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sei Rampah, Rabu (8/5/2024).

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Staf Ahli Bupati Drs Zulfikar menyampaikan bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai tahun 2024 merupakan bagian dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

“Pelaksanaan peluncuran tahapan ini merupakan peran serta kita bersama dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai tahun 2024. Oleh karenanya, ini sangat penting dan melibatkan unsur Forkopimda, pemerintah daerah, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda serta seluruh elemen masyarakat Sergai,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa setiap tahapan ini dapat disampaikan dan disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Tanah Bertuah Negeri Beradat. Tujuannya adalah, lanjutnya lagi, agar masyarakat Sergai mendapatkan informasi yang benar terkait penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024, khususnya mengenai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Zulfikar bahwa dalam pelaksanaan asas Pemilu adalah: langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Hal ini, sebutnya, menunjukkan bahwa setiap warga negara dalam mengikuti pemilihan umum dilindungi, berdasarkan asas tersebut sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakan Bupati jika Pemkab Sergai siap memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

“Pemkab Sergai berkomitmen kuat untuk terus mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024. Dengan ini kami imbau untuk menjaga netralitas bagi para ASN. Menugaskan ASN pada Sekretariat PPK dan Bawaslu, penyediaan sarana & prasarana Sekretariat PPK, Panwaslu dan PPS. Pemberian data penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) kepada KPU yang kemudian diverifikasi oleh KPU menjadi daftar pemilih tetap (DPT),” bebernya.

Selanjutnya memperkuat sinergitas dengan unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat untuk kondusifitas pelaksanaan Pilkada tahun 2024. Kemudian, melaksanakan sosialisasi dan pendidikan. Pendidikan politik kepada masyarakat, pemilih muda/pemula untuk meningkatkan partisipasi politik pada Pilkada tahun 2024. Terakhir, melakukan pemantauan dan pelaporan perkembangan politik di daerah sebagai wadah informasi terpadu dan terpusat terkait pelaksanaan Pilkada tahun 2024 untuk menjaga kondusivitas serta stabilitas politik dan keamanan di Kabupaten Sergai.

“Semoga Pilkada tahun 2024 ini berjalan dengan sukses, kondusif, tertib, aman dan lancar untuk “mewujudkan kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera, dan religius,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Sergai, Ketua MUI Sergai, Ketua FKUB Sergai, Kepala OPD dan yang mewakili, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (NR)

(NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

BRI Kisaran Serahkan Pembayaran Klaim Asuransi Davestera BRILife kepada Ahli Waris Nasabah Tutup Usia

Published

on

Branch Office Head Bank BRI BO Kisaran, Fajrul Haq menyerahkan Pembayaran klaim asuransi Davestera BRILife kepada Ahli Waris yang tutup usia, Selasa (7/5/2024) di Kisaran. (Dok: BRI Kisaran)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Bank BRI Branch Office (BO) Kisaran dan BRILife memenuhi komitmennya dalam melayani nasabah dengan menyerahkan pembayaran klaim kepada ahli waris nasabah yang tutup usia dengan dengan nilai pertanggungan total yang diterima ahli waris sebesar Rp.512.606.194,-.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Branch Office Head Bank BRI BO Kisaran, Fajrul Haq didampingi RM SMe Syahlizar Lubis, RMFT Andika Suhendro beserta Team Brilife yakni Handayani dan Ryan, bertempat di Aula Bank BRI BO Kisaran di Kisaran, Selasa (7/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut Fajrul Haq memberikan langsung pembayaran klaim tersebut kepada Bapak Untung, selaku ahli waris dari tertanggung bernama Dewi, yang nasabahnya tercatat mengikuti Asuransi Davestera BRILife sekitar 2 tahun 3 bulan.

“Nasabah tersebut merupakan Nasabah BRI BO Kisaran, mengikuti Asuransi Davestera Brilife dengan premi Rp 10.000.000,- (bayar premi per tahun) dan polis berjalan baru 2 tahun 3 bulan, namun pembayarannya sudah 3 kali atau 3 tahun, dengan uang pertanggungan atau uang warisan sebesar Rp 512.606.194,” kata Fajrul Haq kepada wartawan.

Branch Office Head Bank BRI BO Kisaran menerangkan bahwa nasabah pemilik polis Davastera ini meninggal dunia karena gagal ginjal. Nasabah semasa hidupnya telah rutin membayar premi asuransinya, oleh sebab itu ahli waris berhak menerima uang pertanggungan sebesar Rp.512.606.194,-.

Untuk diketahui, Asuransi Davestera adalah Asuransi Dana Investasi Sejahtera, merupakan produk asuransi jiwa unit link dari BRILife yang memberikan manfaat proteksi serta investasi yang optimal dengan pembayaran premi secara reguler. Davestera memiliki perlindungan jiwa seumur hidup hingga 100 tahun dan nilai investasi sudah terbentuk sejak tahun pertama Untuk Davestera usia sebagai tertanggung : 1 tahun sampai 60 tahun. Untuk pemegang polis : 21 tahun sampai 55 tahun. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Sergai

Pemkab Sergai Kembali Raih Opini WTP untuk Keenam Kalinya

Published

on

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali mendapat pengakuan prestisius atas capaian kinerjanya. (Foto/Ist)

MEDAN, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali mendapat pengakuan prestisius atas capaian kinerjanya. Kali ini, penghargaan tersebut datang dari Badan Pemeriksa Keungan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) yang mengganjar dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023.

Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD Tahun 2023 tersebut diterima oleh Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan dari Kepala Perwakiln BPK RI Sumut Eydu Oktain Panjaitan, SE, MM, Ak, CA, CSFA, di Kantor Perwakilan BPK RI Sumut, Medan, Senin (6/5/2024).

“Alhamdullilah, Pemkab Sergai kembali meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut. Ini merupakan capaian keenam kalinya secara berturut-turut. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan sekaligus pencapain yang penting atas kinerja keuangan Pemkab Sergai,” ucap Adlin Tambunan.

Ia pun menyebut momen ini bukan hanya sekadar agenda rutin tahunan, tetapi juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam mengelola keuangan daerah secara transparan, akuntabel, dan efisien.

Opini WTP ini, lanjutnya, menandakan bahwa laporan keuangan Pemkab Sergai dinilai memenuhi standar yang ditetapkan, dan memenuhi harapan dalam hal transparansi dan akuntabilitas.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh jajaran Pemkab Sergai, terutama jajaran OPD terkait. Kami juga berterimakasih kepada pihak BPK RI atas masukan dan saran yang telah diberikan yang tentu sangat berharga dalam prosesnya,” tambah Wabup Sergai.

Tidak hanya itu, Adlin Tambunan juga menyebut Pemkab Sergai tercatat sebagai salah satu daerah yang paling cepat dalam melaporkan LKPD tahun 2023 ke BPK RI Perwakilan Sumut. Hal ini, katanya, menunjukkan komitmen Pemkab Sergai dalam kedisiplinan dan ketertiban pengelolaan administrasi keuangan daerah.

“Seluruh prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan keuangan daerah. Dengan opini WTP yang telah diraih secara konsisten, kami berharap Pemkab Sergai dapat menjadi contoh dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik dan bertanggung jawab,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan ini di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Sergai H. Ilham Ritonga, SE, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Inspektur Sergai Drs. Dimas Kurnianto, AP, SH, MM, MSP, Plt Kepala BPKA Sergai, Muhammad Ali Lubis, SE, Sekretaris BPKA Hidayat Urrusyda, SE, M.Si, Ak., CA dan Sekretaris Inspektorat Erfin Fachrurazi, S.STP, M.SP serta jajaran BPK RI Perwakilan Sumut. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Polkam

Sinergitas TNI-Polri Gelar Pengamanan Halal Bihalal Pemkab Sergai Bersama Masyarakat di Tiga Kecamatan

Published

on

Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) bersama-sama Komando Rayon Militer (Koramil) melaksanakan pengamanan sekaligus menghadiri acara halal bihalal. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) bersama-sama Komando Rayon Militer (Koramil) melaksanakan pengamanan sekaligus menghadiri acara halal bihalal Pemkab Sergai di 3(tiga) Kecamatan (Silinda, Kotarih dan Bintang Bayu) sejak Sabtu sampai Minggu (05/05)

Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH, membenarkan kegiatan pengamanan Halal Bihalal Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) di masing-masing kantor Kecamatan.

“Kita turut hadir bersama Forkopimcam sekaligus personel kita melaksanakan pengamanan Halal Bihalal Pemkab Sergai yang digelar diwilayah kita,” terangnya.

Forkopimcam masing-masing Kecamatan menyambut rombongan Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P. dan Ketua TP-PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, bersama-sama Pj.Sekdakab Sergai, Asisten, Staf Ahli, Kepala Bappedalitbang, Kadisperpus, Kadis Kominfo.

Penyambutan rombongan di Kecamatan Silinda oleh Forkopimca dipimpin Camat Budiaman Damanik, SKM, Msi, bersama-sama Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH, Danramil 19/Bangun Purba Kapten Inf. Warsito.

Penyambutan rombongan di Kecamatan Kotarih oleh Forkopimca dipimpin Camat Joni Saragih, SE, bersama-sama Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH, Danramil 17/Kotarih Kapten Inf. K. Malau.

Pamungkas penyambutan rombongan di Kecamatan Bintang Bayu oleh Forkopimca dipimpin Camat Alfian Purba, SE, MM, Sekcam Terang Malem Barus, SH, MH, bersama-sama Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH, Danramil 17/Kotarih Kapten Inf. K. Malau. .

Acara Halal Bihalal di gelar di 3(tiga) Kantor Kecamatan yaitu Silinda, Kotarih dan Bintang Bayu tersebut turut dihadiri Tokoh masyarakat, para Kades, masyarakat, anak-anak dan pegawai instansi terkait.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P. juga menyampaikan rasa syukur dan berterimakasih kepada masyarakat Serdang Bedagai. Acara Halal Bihalal digelar untuk mempererat tali silaturrahmi bertatap muka langsung serta sebagai wadah menyerap aspirasi masyarakat.

“Salam Hormat dari Bapak Bupati Darma Wijaya,
Kita sudah 3 tahun 2 bulan memimpin Sergai, Halalbihalal baru bisa digelar di sini dikarenakan terkendala pandemi Covid-19. Peningkatan pembangunan signifikan, masih ada kekurangan dan pasti belum memuaskan seluruh masyarakat. Atas nama Pemkab Sergai dibulan Sawal ini mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin.” ujarnya.

Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan juga meminta peran serta masyarakat dan stakeholder terkait untuk mendukung pembangunan dengan menciptakan suasana kondusif.

“Suasana kekeluargaan, peran serta masyarakat terciptanya suasana yang kondusif dalam mendukung pembangunan, yang tentunya bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.”pungkasnya.

Dalam suasana hangat tampak masyarakat antusias menyambut dan mengikuti acara halal bihalal bersalaman dan foto bersama. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Pendekatan Sosiologis Peduli Pelajar Guna Pastikan Keamanan Kondusif, Polsek Kotarih Edukasi Pelajar

Published

on

Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan 'Jumat peduli'. (Foto/Ist)

KOTARIH SERGAI, SuaraBorneo.com – Kepolisian Sektor Kotarih Polres Sergai (Sumut) melaksanakan ‘Jumat peduli’ memberikan imbauan dan edukasi kepada pelajar yang ‘nongkrong’ di jalan utama Kotarih, Jumat (03/05).

Kapolsek Kotarih Iptu Mula Purba, SHi, MH didampingi Wakapolsek Ipda Brimen, SH, MH di Polsek Kotarih, membenarkan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat guna pastikan kamtibmas kondusif khususnya generasi muda pelajar.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi agar anak-anak kita pelajar langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak nongkrong menggunakan pakaian seragam sekolah,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan awalnya Personel melihat adanya kerumunan anak-anak muda yang tidak biasa dengan berseragam sekolah dan yang sudah berpakaian bebas dipinggir jalan kemudian diberikan imbauan dan edukasi untuk antisipasi kenakalan remaja pada jam bubaran anak sekolah.

“Kita memberikan imbauan dan edukasi guna menekan potensi tawuran pelajar dan geng motor, juga mentaati peraturan berlalu lintas saat berkendara di jalan.” tegasnya.

Polsek Kotarih melakukan upaya pembinaan kepada anak-anak sekolah dengan harapan menciptakan generasi muda yang disiplin, berprestasi dan peduli kepada diri, lingkungan serta alam semesta.

Reno selaku warga mengapresasi respon Polsek Kotarih yang peduli situasi dilingkungannya agar anak-anak sekolah bisa langsung pulang ke rumah sehingga orangtua tidak was-was khawatir.

“Kita bersyukur kepedulian Polsek Kotarih agar anak-anak kita tidak ikut tawuran dan geng motor yang sedang ramai di daerah lain.” ujarnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Politics

Pasangan DAMBAAN Daftar ke Partai Hanura Sergai

Published

on

Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan mendaftar ke Kantor DPC Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Sergai. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai periode 2024-2029 kembali kompak, Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan mendaftar ke Kantor DPC Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Sergai, Selasa (30/4/2024) sore, di Sei Rampah.

Usai menerima pasangan yang disebut DAMBAAN tersebut, Ketua DPC Hanura Sergai, Defriaty Tamba, S. Pd didampingi Sekretaris DPC, Muhammad Idris, AAJI, mengatakan pada hari ini Darma Wijaya dan Adlin Tambunan mengembalikan formulir pendaftaran sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sergai 2024 di Partai Hanura.

“Berkas keduanya telah kita terima dengan baik karena sudah dari dulu kita berkoalisi, kita berharap pasangan ini tetaplah berada di Serdang Bedagai untuk melanjutkan semua yang telah mereka kerjakan terdahulu tapi kalaupun ada yang meminang Darma Wijaya kitapun rela asalkan ada yang tinggal disini, kemanapun beliau pergi kita dukung,” ujarnya.

Defriaty Tamba juga mengatakan sampai saat ini baru ada 2 sosok yang mendaftar ke Partai Hanura yaitu Darma Wijaya dan Adlin Tambunan.

Terkait kader Partai Hanura yang akan maju di Pilkada Sergai Tahun 2024, Defriaty Tamba menyebutkan untuk kader Partai Hanura rencana ada tapi belum lagi, karena batas akhir penerimaan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai pada tanggal 17 Mei 2024, pungkasnya.

Sementara itu, Darma Wijaya didampingi Adlin Tambunan mengatakan kami datang ke Kantor DPC Partai Hanura Kabupaten Sergai adalah ingin mengembalikan berkas pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai Tahun 2024-2029.

“Disini kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pengurus dari partai Hanura yang selama ini sudah berkoalisi kepada kami baik di legislatif maupun eksekutif, yang selama ini mendukung program kami,” jelasnya.

“berkas kami mohon di terima dan didukung sampai ke puncak DPP. Kami yakin dan percaya bahwa partai Hanura ini komitmen seperti tahun sebelumnya,” tutupnya. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer