Percepat Fakultas Kedokteran UBT, Gubernur Akan Temui Mendikbudristek – SuaraBorneo.com
Connect with us
TL-5

Kaltara

Percepat Fakultas Kedokteran UBT, Gubernur Akan Temui Mendikbudristek

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH. M.Hum dijadwalkan akan menemui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudriset) Nadiem Anwar Makarim.

Rencana itu akan dilakukan Gubernur pekan depan atau seusai menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (2/10/2021).

Maksud Gubernur menemui Menteri Nadiem guna membahas penambahan fakultas di Universitas Borneo Tarakan (UBT).

“Kita akan mempercepat proses pembentukan Fakultas Kedokteran di Universitas Borneo Tarakan, sehingga saya jadwalkan akan menemui Menteri Pendidikan di Jakarta setelah acara pembukaan PON Papua nanti,” kata Gubernur sebelum bertokal ke Papua, Kamis (30/9).

Untuk diketahui, saat ini UBT memiliki tujuh fakultas. Yaitu Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Bertambahnya satu fakultas di kampus terbesar di Bumi Benuanta itu dimaksudkan untuk mempermudah putra-putri daerah yang ingin belajar ilmu kedokteran.

“Sehingga tidak perlu lagi anak-anak kita di Kaltara yang ingin belajar ilmu kedokteran jauh-jauh ke luar daerah. Untuk itu, saya akan mempercepatnya di kementerian terkait,” ujarnya.

Pada kunjungan kerjanya di Kemendikbudristek nanti, dipastikan Rektor UBT Prof Dr Adri Patton turut serta mendampingi Gubernur.

Termasuk Wali Kota Tarakan, dr Khairul, M.Kes, dan kepala daerah lainnya di Kaltara secara virtual.

Gubernur menambahkan UBT sudah sepantasnya membuka Fakultas Kedokteran. Apalagi dari pihak UBT menyatakan kesiapannya.

“UBT sudah menyiapkan segala keperluannya, selain itu di Kaltara ini juga sudah ada rumah sakit yang bisa digunakan untuk kepentingan studi bagi mahasiswa yang menempuh ilmu kedokteran,” kata Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga dijadwalkan bertemu Direktur Utama Televisi Republik Indonesia (TVRI), guna membahas pembentukan TVRI Kaltara.

“Bertepatan dengan HUT Kaltara 25 Oktober nanti, TVRI Kaltara sudah bisa mengudara menyampaikan informasi ke pelosok Kaltara langsung dari Kaltara. Kantornya di Tanjung Selor,” tambah dia. (mndd)

Bagikan ke

Kaltara

Kick-Off Penyusunan RAD-PD Provinsi Kaltara, Wujudkan Inklusi dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas

Published

on

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Utara, H. Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Utara, H. Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si., membuka acara Kick-Off Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penyandang Disabilitas (RAD-PD) Provinsi Kalimantan Utara yang berlangsung di Gedung Gadis Lantai 1, Kamis (25/7).

Dalam sambutannya, Datu Iqro menjelaskan pentingnya inklusi dan pemberdayaan penyandang disabilitas sebagai bagian integral dari masyarakat yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga lainnya. Ia menyebutkan bahwa penyandang disabilitas sering hidup dalam kondisi rentan dan miskin akibat berbagai pembatasan dan hambatan.

“Mereka memiliki kedudukan hukum dan hak asasi manusia yang sama sebagai warga negara Indonesia. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemerintah untuk memberikan perlindungan, pemenuhan hak, dan pemberdayaan penyandang disabilitas agar mereka dapat hidup mandiri dan berkontribusi optimal dalam pembangunan bangsa,” jelasnya.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan, perencanaan, dan evaluasi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, terdapat amanat untuk menjalankan Rencana Induk Penyandang Disabilitas (RIPD) sebagai dokumen perencanaan pembangunan inklusif disabilitas untuk 25 tahun ke depan.

“Visi RIPD adalah mewujudkan kesetaraan hak dan kesempatan yang sama di segala bidang bagi penyandang disabilitas,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, dijelaskan bahwa Rencana Aksi Daerah Penyandang Disabilitas (RAD-PD) akan menjadi pedoman bagi provinsi dalam memastikan penyandang disabilitas mendapatkan akses yang sama terhadap layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan tempat tinggal.

“Dalam penyusunan RAD-PD ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah, swasta, maupun organisasi masyarakat sipil, untuk bersinergi dan berkolaborasi. Saya berharap RAD-PD ini dapat menjadi pedoman bagi kita semua dalam mewujudkan Kalimantan Utara yang inklusif dan ramah disabilitas,” tutupnya.(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelantikan KKNTT Dilaksanakan Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., melantik Pengurus Kerukunan Keluarga Nusa Tenggara Timur (KKNTT) Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., melantik Pengurus Kerukunan Keluarga Nusa Tenggara Timur (KKNTT) Kota Tarakan untuk periode 2024/2029 pada Minggu, 7 Juli 2024.

Acara pelantikan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan setelah melewati serangkaian proses dan pemilihan anggota pengurus pada 21 April 2024.

Pj. Wali Kota dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Semoga kepengurusan KKNTT Kota Tarakan yang baru ini dapat menjadi paguyuban yang mewadahi silaturahmi, saling tolong menolong, dan semakin memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengajak warga NTT yang tinggal di Tarakan dan belum terdata sebagai penduduk Tarakan untuk segera mengurus administrasi kependudukan. “Hal ini agar Pemerintah Kota Tarakan dapat memaksimalkan program bagi masyarakat termasuk warga NTT yang membutuhkan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Pj. Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak yang akan datang dengan berpartisipasi aktif memberikan suara serta menjaga kondusifitas Kota Tarakan selama proses Pilkada berlangsung. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tinjau Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran melakukan peninjauan sepanjang Jalan Mulawarman. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., beserta jajaran melakukan peninjauan sepanjang Jalan Mulawarman terkait dengan ketertiban dan kebersihan Kota Tarakan, Jumat (5/7/2024).

Dalam peninjauan ini, Pj. Wali Kota memberikan teguran kepada sejumlah toko, kantor, dan rumah yang kedapatan membuang sampah tidak pada jam yang telah ditentukan, sehingga sampah tidak terangkut.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menginstruksikan kepada Satpol PP untuk menindak tegas warga yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada jam buang sampah yang telah ditentukan, dengan ancaman sanksi tindak pidana ringan.

“Dengan tindakan tegas ini, diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota Tarakan,” ujar Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota juga berencana melakukan penataan taman yang berada di Jalan Mulawarman, tepatnya di seberang jalan depan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelantikan ULD Periode 2024-2029 Bertempat Di Hotel Paradis Tarakan

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri Pelantikan Pengurus Universal Line Dance (ULD) Kota Tarakan Periode 2024-2029. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri Pelantikan Pengurus Universal Line Dance (ULD) Kota Tarakan Periode 2024-2029 di Hotel Paradise Tarakan, Rabu (3/7/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengatakan Universal Line Dance bukan hanya sekadar sebuah kegiatan seni tari, tetapi juga sebuah wadah untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara masyarakat.

Ia menegaskan komitmen Pemerintah Kota Tarakan untuk terus mendukung organisasi atau kelompok yang memiliki visi untuk mengembangkan seni dan budaya di Kota Tarakan.

“Seni dan budaya adalah cerminan dari identitas sebuah kota, dan saya percaya bahwa dengan terus mengembangkan kegiatan seperti ini, kita tidak hanya akan memperkaya pengalaman seni masyarakat, tetapi juga menunjukkan kepada dunia bahwa Kota Tarakan adalah tempat di mana keberagaman seni dan budaya hidup berdampingan dengan harmonis,” tambahnya.

Pelantikan merupakan momentum penting bagi para pengurus yang terpilih serta sebagai wujud kebersamaan dan komitmen dalam mengembangkan seni dan budaya di Kota Tarakan.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Ketua KORMI Provinsi Kaltara, Dewan Penasihat KORMI Kaltara, Ketua KORMI Kota Tarakan, Kepala Disbudparpora dan Pariwisata Kota Tarakan, serta Ketua ULD Kota Kaltara. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menghadiri Rapat Paripurna Di Gedung DPRD

Published

on

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan Tahun Anggaran 2023 resmi disetujui. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan Tahun Anggaran 2023 resmi disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tarakan.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Paripurna XXVIII DPRD Kota Tarakan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023/2024 yang dilaksanakan ruang rapat paripurna DPRD pada Selasa (2/7/2024).

Dalam rapat tersebut, pandangan akhir dari ketujuh fraksi DPRD Kota Tarakan menerima dan menyetujui Raperda tersebut untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Namun, terdapat beberapa masukan perbaikan yang diharapkan dapat diimplementasikan pada masa mendatang.

Pj. Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., yang hadir dalam rapat paripurna tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tarakan atas masukan, saran, serta rekomendasi yang diberikan selama pembahasan Raperda ini.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga meminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk memperhatikan dan menindaklanjuti seluruh masukan dari Pimpinan dan Anggota DPRD. Hal ini bertujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, serta pelayanan kepada masyarakat. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara FGD Diadakan Gedung Serba Guna Pemkot Tarakan

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.S.i., membuka Focus Group Discussion (FGD). (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.S.i., membuka Focus Group Discussion (FGD) mengenai perencanaan penanganan anak putus sekolah dalam Program Swalayan PNF Mantap, Selasa (2/7/2024).

adalah inovasi baru dari Kepala Dinas Pendidikan yang mempermudah pendataan dan pemetaan anak putus sekolah melalui digitalisasi dalam bentuk aplikasi Siaplah.

Dalam sambutannya di Gedung Serbaguna, Pj. Wali Kota menekankan pentingnya pemetaan yang akurat sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan yang tepat dan efektif dalam menangani masalah anak putus sekolah.

“Melalui FGD ini, kita bisa bersama-sama menghasilkan solusi terbaik. Saya mengajak semua pihak yang hadir untuk memberikan masukan yang membangun demi tercapainya tujuan agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah,” ujar Pj. Wali Kota.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Gubernur Lepas Kontingen Kaltara Menuju Utsawa Dharma Gita Nasional XV Tahun 2024

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum. melepas kontingen asal Kaltara. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum. melepas kontingen asal Kaltara untuk mengikuti Utsawa Dharma Gita Nasional (UDG) Nasional XV, Senin (1/7).

Tahun ini merupakan keikutsertaan pertama kali Provinsi Kaltara dalam mengikuti UDG Nasional, yaitu festival atau lomba nyanyian suci agama Hindu yang digelar di Surakarta pada tanggal 8-12 Juli 2024 mendatang.

Ketua Perisda Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kaltara yang sekaligus menjadi ketua kontingen, drg. Ida Bagus Sidharahardja, MPH. menyebutkan sejumlah 9 orang peserta akan mengikuti UDG tingkat nasional tersebut.

“Ada 9 orang peserta akan mengikuti 5 cabang lomba, yaitu membaca sloka pasangan remaja putri, membaca sloka pasangan dewasa putri, membaca sloka pasangan dewasa putra, membca palawakya pasangan dewasa putri, dan dharmawacana tingkat remaja putri,” terang Ida Bagus di Kantor Gubernur Kaltara.

Pada pelepasan tersebut, Gubernur memberikan semangat kepada kontingen Kaltara agar selalu semangat dan menjaga kesehatan serta tampil maksimal dengan membawa nama baik Kaltara.
“Walaupun sedikit (peserta), tapi bisa tampil maksimal dan bersaing dengan daerah lain,” ucap Gubernur Zainal Paliwang.

Selain 9 orang peserta, terdapat 12 orang yang terdiri dari 3 orang pelatih dan 9 orang peninjau yang akan dikirimkan untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan Kaltara mampu mendapat hasil yang terbaik.(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menghadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M. Si. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M. Si., didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tarakan, Meisa Ruslina, S.E., mengikuti Upacara Hari Bhayangkara Ke-78 yang dilaksanakan di Halaman Rumah Jabatan Wali Kota Tarakan, Senin (01/7/2024).

Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona T. P.P Siregar, S.H., S.I.K. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Tarakan, Forkopimda Kota Tarakan, Instansi Vertikal, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama Kota Tarakan.

Peringatan Hari Bhayangkara tahun ini mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”. Tema ini mencerminkan komitmen Polri dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam sambutannya, Kapolres Tarakan membacakan sambutan dari Kapolda Kaltara, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., yang menegaskan bahwa Polri berkomitmen untuk terus meningkatkan profesionalisme dan presisi dalam menjalankan tugasnya guna menciptakan kondisi yang kondusif bagi aktivitas ekonomi.

“Tetap bersatu, bergandengan tangan, dan saling mendukung dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Polri bukanlah hanya milik personel Polda Kaltara semata, namun Polri adalah milik kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat,” Kapolda Kaltara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran Hari Bhayangkara ke-78 dilaksanakan di Polres Tarakan yang turut dihadiri Pj. Wali Kota beserta unsur Forkopimda. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Narkoba Masih Jadi Atensi Serius Pemerintah

Published

on

Gubernur Dr. (H.C). Zainal Arifin Paliwang, M.Hum saat menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Nasional. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Memerangi narkoba tidak hanya memberantas para pelaku, namun penyebarannya harus dicegah apabila permintaan dari pengguna. Perlunya edukasi secara terus menerus mengenai dampak penyalahgunaan narkotika.

Hal ini disampaikan Gubernur Dr. (H.C). Zainal Arifin Paliwang, M.Hum saat menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Nasional di hotel Royal Crown, Rabu (26/06/24).

Ia menegaskan, bahwa pemerintah serius untuk memerangi penyalahgunaan narkoba ini. Mulai dari pelajar hingga dari pekerja profesional karena surat keterangan bebas narkoba menjadi salah satu syarat mengajukan lamaran pekerjaan.

Ia tidak memungkiri, bahwa narkotika adalah salah satu tantangan global saat ini. Sehingga ada langkah-langkah yang dan kolaborasi yang dilakukan baik di tingkat pemerintah hingga masuk kelaipas masyarakat seperti keluarga.

“Tentu ini tidak bisa dilakukan BNNP dan aparat TNI/POLRI saja. Tetapi harus ada kolaborasi dan sinergitas yang tepat dari seluruh unsur terkait dan seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan apapun informasi terkait penyalahgunaan narkotika, masyarakat harus segera menyampaikan kepada pihak yang berwenang agar segera dineri tindakan, bagi pengguna akan direhabilitasi, bagi pengedar akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Makanya kalau dapat informasi tentang penyalahgunaan narkotika jangan diam. Itu tugasnya BNNP ngapain saya urusin. Tidak boleh begitu. Semua kita harus bergerak melawan narkoba,” pungkasnya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer