Permintaan Solar Subsidi Meningkat, Pertamina Pastikan Pasokan dan Distribusi Aman – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Banjarmasin

Permintaan Solar Subsidi Meningkat, Pertamina Pastikan Pasokan dan Distribusi Aman

Published

on

Petugas SPBU melayani pelanggan saat membeli solar bersubsidi. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina (Persero) terus berupaya agar penyaluran BBM Solar Subsidi (Biosolar) berjalan lancar dan tepat sasaran ke masyarakat di tengah permintaan yang meningkat. Pertamina pun memastikan stok ketersediaan biosolar saat ini dalam kondisi aman, bahkan Pertamina melakukan penambahan pasokan di SPBU meski telah melebihi kuota yang ditetapkan demi kelancaran distribusi ke masyarakat.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sampai dengan Februari 2022 ini penyaluran Solar Subsidi telah dipenuhi Pertamina hingga mengalami kenaikan sekitar 10%. Pertamina dan Pemerintah bersepakat untuk dilakukannya relaksasi penyaluran kuota, khususnya untuk daerah yang sudah over kuota sehingga dilakukan upaya normalisasi dengan penambahan pasokan Solar Subsidi sesuai permintaan (demand) di wilayah yang mengalami antrean, Rabu (30/3/2022).

Pertamina menegaskan ketahanan stok nasional BBM jenis Solar dalam kondisi aman. Saat ini pasokan nasional untuk solar sebanyak lebih dari 1,9 juta kilo liter per hari atau mencakup kebutuhan 23 hari. Angka ini terus dijaga dan ditingkatkan setiap harinya melalui proses bisnis yang berjalan baik di Pertamina mulai dari produksi minyak mentah di hulu, pengolahan BBM di kilang-kilang Pertamina, sampai memastikan kelancaran dan keamanan distribusi secara nasional.

Distribusi produk BBM ini dilakukan Pertamina baik melalui darat, laut dan udara. Sebanyak 95 kapal yang dioperasikan Pertamina melalui Pertamina International Shipping didedikasikan untuk mendistribusikan produk Pertamina ke seluruh Indonesia. Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga juga mengerahkan lebih dari 4.000 truk pengangkut BBM hingga ke pelosok negeri.

Selain itu, lanjut Nicke, upaya lain yang dilakukan Pertamina adalah melakukan koordinasi dengan aparat untuk pengamanan penyaluran solar subsidi dan penindakan penyelewengan solar subsidi.

“Kami sudah bekerja sama untuk berkoordinasi dengan Intelijen Keamanan Kepolisian Republik Indonesia di seluruh wilayah distribusi atau penyaluran Pertamina,” ujar Nicke.

Nicke menambahkan, Pertamina juga melakukan koordinasi dan menyampaikan informasi ke pemerintah daerah terkait keterbatasan penetapan kuota Solar Subsidi dan dukungan regulasi untuk mengatur penyaluran Solar Subsidi, serta usulan penambahan kuota kepada BPH Migas. “Kami juga memastikan ketersediaan Solar Nonsubsidi dan mendorong konsumen untuk membeli Solar Nonsubsidi,” kata Nicke.

Saat ini, konsumsi Solar Subsidi mencapai 93% dari total penjualan produk solar Pertamina. Sedangkan sisanya yang 7% adalah konsumsi Solar Nonsubsidi yang lebih berkualitas seperti Dexlite dan Pertamina Dex.

Nicke mengatakan, upaya yang dilakukan Pertamina tersebut perlu didukung oleh berbagai pihak untuk menghindari kekurangan kuota Solar Subsidi yang sudah ditentukan Pemerintah. Di antaranya untuk penyaluran Solar Subsidi tepat sasaran diperlukannya ketentuan yang lebih detail terkait segmen konsumen yang berhak. Mengingat kuota retail Solar Subsidi tahun 2022 yang ditetapkan untuk disalurkan Pertamina hanya sebesar 14,05 juta kilo liter atau turun lebih dari 5 persen dibandingkan kuota di tahun 2021 yang sebesar 14,85 juta kilo liter.

Selanjutnya, kata Nicke, perlu dilakukan evaluasi formula harga dasar Solar Subsidi dan besaran subsidi tetap, serta evaluasi volume kuota solar subsidi tahun 2022 yang sesuai dengan real demand dan berdasarkan pertumbuhan ekonomi serta kondisi konsumsi saat ini. Selain itu, perlu adanya standarisasi tarif angkutan barang kepada Industri agar tidak terjadi perang tarif, yang berakibat pengusaha truk membeli Solar Subsidi.

“Perlu ketentuan yang lebih tegas agar angkutan industri menggunakan Solar Nonsubsidi. Pemerintah daerah merekomendasikan kepada pengusaha-pengusaha daerah bahwa dalam pengadaan transportasi industri wajib menggunakan Solar Nonsubsidi,” ucap Nicke. [ad/rls]

Banjarmasin

Gubernur Kukuhkan Hatmansyah Sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel

Published

on

Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos.,M.H. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sejalan dengan upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemegang peran sentral dan strategis pembangunan daerah, Bank Kalsel kembali memperkuat strukturnya dengan dipenuhinya posisi Komisaris Utama. Setelah beberapa bulan posisi ini belum definitif, maka dengan lahirnya Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-15/D.03/2023, tanggal 26 Januari 2023, tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan, Dr. Hatmansyah, ME dinyatakan lulus sebagai Selaku Calon Komisaris Utama Independen PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan. Hal ini diperkuat Kembali dengan hasil RUPS Luar Biasa sebagaimana termuat dalam Akta Pernyataan Pemegang Saham PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 6 tanggal 8 Februari 2023, yang menyetujui dan mengesahkan pengangkatan yang bersangkutan sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel yang pelantikannya berlangsung hari ini.

Setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Kalsel dalam kurun waktu 14 November 2016 hingga 7 Februari 2023, pada hari ini, Rabu 8 Februari 2023, Hatmansyah melakukan prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, efektif sejak tanggal 8 Februari 2023 sampai dengan tanggal 7
Februari 2028. Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR (HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos.,M.H dengan disaksikan Bupati/Wali Kota Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, Jajaran FORKOMPINDA Kalsel, Kepala Dinas Prov. Kalsel, Jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Group Head, Direktur UPZ, Kepala Divisi maupun Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel, serta para tamu undangan baik dari kalangan BUMN/D, Media, dan instansi lainnya, di Ruang Callamus Rattan Inn Hotel, Banjarmasin, Rabu (8/2/2023).

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas jabatan Komisaris Utama Independen yang disematkan kepada Hatmansyah, sekaligus berharap yang bersangkutan mampu bekerja dengan baik, bekerja dengan cepat, demi kemajuan bank kalsel yang lebih baik lagi selaras dengan perkembangan zaman.

“Saya berharap Komisaris Utama Independen Bank Kalsel yang baru dikukuhkan, mampu membuktikan diri sebagai individu yang profesional, inovatif dan gesit dalam berkontribusi untuk Bank Kalsel yang lebih baik dan memiliki daya saing yang kuat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut berharap seluruh Dewan Komisaris Bank Kalsel untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mendorong bank Kalsel untuk lebih maju dan berkembang.

“Saya ingin, seluruh Komisaris Bank Kalsel bekerja secara cerdas, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas pengawasan, sehingga keberadaan Komisaris Bank Kalsel dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah, dan sekaligus mendorong Bank Kalsel untuk lebih maju dan berkembang. Saya berharap, suatu saat Bank Kalsel menjadi salah satu bank terbesar, terbaik dan terkuat, di industri perbankan nasional” harap Birin.

Selanjutnya, Hatmansyah yang telah resmi menjabat sebagai Komisaris Utama Independen Bank Kalsel, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemegang Saham dan berkomitmen untuk menjaga kepercayaan dengan sebaik-baiknya sebagaimana fungsi tugas yang diemban.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang telah disematkan kepada Saya oleh Seluruh Pemegang Saham, untuk mengemban tugas Komisaris Utama Independen Bank Kalsel. Saya berkomitmen menjaga amanah yang diberikan, melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan fungsi pengawasan kepada Bank Kalsel sebagai perpanjangan tangan dari Pemegang Saham,” tutur Hatman.

Lebih lanjut, Hatman menyampaikan pentingnya kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel guna mewujudkan visi misi Bank Kalsel untuk menjadi bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi sebagai pengerak dan pendorong ekonomi daerah.

“Tentunya dalam menjalankan amanah ini, Saya tidak dapat bekerja sendiri. Perlu kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bagi kemajuan Bank Kalsel kita tercinta bisa terwujud. Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada seluruh Insan Bank Kalsel, agar senantiasa menjaga kekompakan serta menjalankan setiap tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

BI Kalsel Terus Kampanyekan CBP Rupiah Kepada Guru Dan Siswa 

Published

on

Bank Indonesia terus mendorong kampanye CBP Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi guru dan siswa di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Raut semringah tampak merekah dari ratusan paras siswa SD Negeri Sungai Andai 3, Banjarmasin. Didampingi para guru dan wali kelas, mereka terhentak dengan keseruan sosialiasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah yang dibawakan oleh Rizki Rahmatullah dan Ahmad Zainudin dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (8/2/2023).

Edukasi keuangan, termasuk mengenali mata uang Rupiah, memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Sebagai pemegang tampuk masa depan bangsa, pengetahuan tentang Rupiah yang merupakan identitas dan simbol negara, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Oleh sebab itulah, Bank Indonesia terus mendorong kampanye CBP Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi guru dan siswa di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Ada tiga aspek yang ditekankan Bank Indonesia pada setiap sosialisasi CBP Rupiah.

_Pertama_, aspek cinta. Yakni menekankan pentingnya mengenali keaslian uang Rupiah. Termasuk bagaimana merawat dan menjaga uang Rupiah secara tepat demi mengindari risiko dari kejahatan uang palsu.

_Kedua_, aspek bangga. “Yakni meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap uang Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, simbol kedaulatan NKRI, serta alat pemersatu bangsa,” jelas Rizki.

_Terakhir_, aspek paham. Yaitu mengakselerasi pemahaman masyarakat tentang posisi Rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan alat penyimpan nilai kekayaan. “Termasuk di dalamnya bagaimana cara menggunakan Rupiah untuk bertransaksi, berbelanja, dan ajakan untuk menerapkan gaya hidup hemat,” tutur Ahmad.

Turut melengkapi rangkaian sosialisasi CBP Rupiah, hadir pula pegiat literasi Kampung Dongeng Intan Kalsel, Bunda Enik. Ia membacakan cerita anak dan dongeng bertema CBP Rupiah, agar mudah diterima oleh peserta sosialisasi.

“Supaya penyampaian CBP Rupiah dapat lebih mudah diterima di hati dan pikiran para murid,” ujar Bunda Enik.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus bersinergi dengan seluruh pihak demi meningkatkan pemahaman soal uang Rupiah kepada seluruh lapisan masyarakat. [ad/bi]

Continue Reading

Banjarmasin

High Level Meeting TPID Kalsel, Gubernur Kukuhkan Rencana Aksi Pengendalian Inflasi

Published

on

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pengendalian inflasi memerlukan langkah konkret dalam wujud rencana aksi agar pelaksanaannya lebih terencana, terukur, dan tepat sasaran. Kesimpulan itu mengemuka dari High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Calamus Ballroom Rattan Inn, Banjarmasin, Selasa (7/2/2023).

Berbeda dari biasanya, HLM TPID kali ini mengangkat tema “Rencana Aksi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dalam kerangka Peta Jalan Pengendalian Inflasi di Provinsi Kalimantan Selatan”. Fokus utama rapat koordinasi tingkat tinggi TPID kali ini adalah mengesahkan rencana aksi pengendalian inflasi di Kalsel.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin dalam sambutannya menegaskan inflasi telah menjadi perhatian nasional dan karenanya perlu dikendalikan guna menjaga daya beli dan kesejahteraan masyarakat Kalsel.

“Oleh karena itu, pada hari ini TPID Provinsi Kalsel bersama TPID Kabupaten dan Kota se-Kalsel menyepakati Rencana Aksi Pengendalian Inflasi Tahun 2023, supaya menjadi pedoman bagi seluruh pihak dalam upaya pengendalian inflasi di Kalsel,” sebut Paman Birin.

Secara khusus Paman Birin juga mengapresiasi upaya Bank Indonesia yang telah menyumbangkan pemikiran dan menginisiasi seluruh rangkaian proses penyusunan rencana aksi.

Dalam paparannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Wahyu Pratomo menyampaikan rencana aksi ini sejalan dengan kebutuhan dan kesimpulan yang mengemuka dari rangkaian rapat koordinasi TPID yang telah dilaksanakan sepanjang bulan Januari 2023.

“Tentunya, rencana aksi ini dilandasi dengan kerangka 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif, serta menjadi bagian dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang telah bergulir sejak 2022,” tutur Wahyu.

Wahyu juga menyebut sinergi TPID yang terus diperkuat mulai membuahkan hasil. Berdasarkan data BPS, tingkat inflasi Kalsel pada Januari 2023 tercatat sebesar 0,15% (month-to-month), lebih rendah dibandingkan Desember 2022 maupun rata-rata historis tiga tahun terakhir.

“Dengan upaya ekstra dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, Bank Indonesia memperkirakan inflasi Kalsel pada tahun 2023 dan 2024 akan mengalami perlambatan dan berada pada kisaran sasaran yang ditetapkan,” kata Wahyu.

Sebagai tanda sepakat dan kesiapan implementasi, rencana aksi tersebut kemudian ditandatangani oleh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, yakni Biro Perekonomian, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Prosesi penandatanganan kesepakatan rencana aksi tersebut disaksikan secara langsung oleh Paman Birin dan Wahyu Pratomo, serta dihadiri oleh TPID di 11 kabupaten dan 2 kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi degan Pemerintah Daerah dalam kerangka TPID dan GNPIP, guna memastikan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023. [ad/bi]

Continue Reading

Banjarmasin

Syarat Terpenuhi, Sofwat Hadi Yakin Lolos Jadi Calon Anggota DPD RI

Published

on

Sofwat Hadi , Bakal Calon Anggota DPD RI Utusan Kalimantan Selatan. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – KPU Kalimantan Selatan melaksanakan rekapitulasi hasil verifikasi administrasi perbaikan kesatu dan penentuan sampel verifikasi faktual kesatu, dukungan pemilih pencalonan perseorangan peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Utusan Kalimantan Selatan, yang dihadiri oleh KPU kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan. Sofwat Hadi , Bakal Calon Anggota DPD RI Utusan Kalimantan Selatan, juga berhadir dalam kegiatan ini.

Dari hasil verifikasi dukungan awal, ada beberapa perbaikan dan Sofwat Hadi telah menyerahkan perbaikan dan penambahan jumlah dukungan masyarakat, yang dibuktikan dengan menyerahkan berupa fotocopy KTP. Kemudian diinput ke Aplikasi Pencalonan (Silon) KPU.

“Dari hasil Verifikasi Administrasi kesatu, jumlah dukungan untuk saya maju sebagai Calon Anggota DPD RI yang memenuhi syarat sejumlah 3.408 dukungan. Saya yakin bahwa nanti setelah Verifikasi Faktual dilaksanakan, dukungan minimal akan terpenuhi,” ungkap Sofwat, selesai mengikuti kegiatan, Sabtu (4/2/2023).

Sehingga kata Sofwat, dirinya nanti akan ditetapkan pada Bulan November 2023 menjadi Salah Satu Calon Anggota DPD RI Utusan Kalimantan Selatan, pada pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada masyarakat Kalimantan Selatan yang telah memberikan dukungan dengan bukti menyerahkan fotocopy KTP , dalam rangka memperjuangkan aspirasi Masyarakat Daerah Kalimantan Selatan dan mensukseskan program semua Pemerintah daerah se Kalimantan Selatan, sehingga mendapat dukungan kebijakan Pemerintah Pusat,” Sofwat menegaskan.

Sofwat Hadi berharap, tahapan Pemilu ini berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan KPU. Semuanya berjalan dengan aman dan lancar. [ad-sb]

Continue Reading

Banjarmasin

Sofwat Hadi Siap Hadiri Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi Calon Anggota DPD Utusan Kalsel

Published

on

Calon Anggota DPD RI Utusan Kalimantan Selatan, Drs. H. Mohammad Sofwat Hadi, SH. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi Perbaikan Kesatu Dukungan Minimal Pemilih Bakal Calon Anggota DPD, Sabtu (4/2/2023) bertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin (ruang Barito Ballroom).

Salah satu Calon Anggota DPD RI Utusan Kalimantan Selatan, Drs. H. Mohammad Sofwat Hadi, SH., sebelumnya sudah menyerahkan perbaikan dukungan ke KPU Kalimantan Selatan pada Minggu (22/1/2023). Dalam perbaikan syarat dukungan Belum Memenuhi Syarat (BMS) Tim beliau memperbaiki 273 dukungan KTP, bukan hanya melakukan perbaikan juga melakukan tambahan dukungan KTPsehingga total dukungan untuk Sofwat Hadi sebanyak 3.494 dukungan yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Kalimantan Selatan.

“Dengan adanya undangan ini kami saya siap melaksanakan apa yang diberitahukan oleh KPU Provinsi Kalsel,” ungkap Sofwat Hadi.

KPU Kalsel menyampaikan Berdasarkan ketentuan Pasal 90 dan Pasal 96 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daeran sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 tahun 2023 tentang Perubahan Atas. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Perorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah.

KPU Provinsi Kalsel akan melaksanakan Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi Perbaikan Kesatu dan Penentuan Sampel Kesatu. Dukungan Minimal Pemilih Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan dengan mengundang Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah(DPD) Provinsi Kalimantan Selatan dengan menyertakan 1 (satu) orang Admin dan 1 (satu) orang Petugas Penghubung. [ad-sb]

Continue Reading

Banjarmasin

SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin Dapat Hadiah Jutaan Rupiah Dari Bank Kalsel

Published

on

Penyerahan Simbolis Hadiah, Assisten Manager Corporate & Marketing Communication Divisi Sekretaris Perusahaan, Septian Reiswandy. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk kepedulian dunia Pendidikan, khususnya terkait pengembangan kompetensi bakat & kreativitas generasi muda, Bank Kalsel dukung kegiatan seleksi peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Sekolah di SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin, yang digelar pada tanggal 2 Februari 2023.

Tercatat 10 lomba yang digelar meliputi Matematika, IPA, Menari, Pantomim, Cipta Pantun, Mendongeng, Menyanyi, Membatik, menganyam hingga menggambar. Dukungan diberikan dalam bentuk hadiah pembinaan berupa tabungan Bank Kalsel bagi para pemenang.

Sekolah yang baru-baru ini diguyur apresiasi sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tersebut, acap kali menghasilkan siswa-siswi berprestasi, baik secara akademis maupun non-akademis. Atas hal itu, Bank Kalsel memiliki dukungan yang diberikan diharapkan mampu menjadi pelecut semangat bagi para siswa untuk semakin meningkatkan potensi dirinya agara mampu memberikan yang terbaik tidak hanya bagi dirinya dan keluarga dan juga bagi Sekolah serta mengharumkan nama Daerah.

Pada Seremonial Penyerahan Simbolis Hadiah, Assisten Manager Corporate & Marketing Communication Divisi Sekretaris Perusahaan, Septian Reiswandy menyampaikan dukungan setiap peserta maupun para siswa untuk terus mengasah diri, tidak cepat puas atas prestasi yang dicapai serta jangan juga rendah diri atas kegagalan.

“Kepada para pemenang teruslah asah potensi yang ada pada diri kalian, terus belajar dan jangan cepat puas atas apa yang telah dicapai. Sedangkan bagi yang belum berhasil, jangan berkecil hati, terus berusaha, karena kegagalan hari ini hanyalah keberhasilan yang tertunda,” tutur Septian.

Lebih lanjut, Septian menyampaikan harapannya bagi seluruh pemenang agar bijak dalam memanfaatkan hadiah yang diperoleh.

“Para pemenang akan memperoleh hadiah pembinaan berupa Tabungan dari Bank Kalsel. Saya harap kalian bijak dalam menggunakannya. Kelola keuangan kalian dengan rajin menabung dan budayakan hidup hemat. Karena dengan pengelola keuangan yang baik, Insyaallah di masa akan datang dapat bermanfaat bagi kalian untuk mengembangkan kompetensi, bakat & kreativitasnya yang kalian miliki,” pungkasnya.

Acarapun Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis hadiah Tabungan berikut piala dan sertifikat kepada para pemenang lomba. Penyerahan secara bergantian dilakukan oleh Bank Kalsel beserta perwakilan Guru SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Indonesia Best BUMD Awards 2023

Published

on

Assisten Manager Corporate & Marketing Communication Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Septian Reiswandy mewakili Direktur Utama Bank Kalsel secara daring via Zoom Meeting. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel raih prestasi membanggakan pada ajang Indonesia Best BUMD Awards 2023 oleh Warta Ekonomi. Penghargaan ini diberikan atas kontribusi Bank Kalsel dalam pengembangan daerah, inovasi perusahaan, dan pelayanan masyarakat yang sangat baik. Indikator penilaian yang digunakan dalam Penghargaan Best BUMD Awards 2023, yaitu Perkembangan Kinerja Perusahaan, Publikasi, Inovasi, dan Layanan Masyarakat.

Penghargaan tersebut diterima oleh Septian Reiswandy selaku Assisten Manager Corporate & Marketing Communication Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, mewakili Direktur Utama Bank Kalsel secara daring via Zoom Meeting, Selasa (31/01).

Sesuai dengan tema yang diusung dalam gelaran tersebut yaitu Improving Regional Accessibilty Towards a Suistanable Economy, Bank Kalsel meraih penghargaan tersebut atas komitmen Bank Kalsel sebagai BUMD yang menjadi garda terdepan di daerah yang berperan aktif dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Septian menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas apresiasi yang diberikan kepada Bank Kalsel.

“Mewakili Direktur Utama Bank Kalsel, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas apresiasi yang diberikan oleh Warta Ekonomi sebagai Best BUMD Awards 2023 as Indonesia Best BUMD Awards 2023 in Providing Reliable Banking Services Kategori BPD. Penghargaan ini sangat membanggakan bagi kami, karena dinilai berhasil memberikan layanan terbaik, sekaligus berperan dalam mendukung pembangunan daerah maupun nasional khususnya upaya pemulihan ekonomi nasional,” ucap Septian.

Lebih lanjut, Septian berharap penghargaan ini dapat menjadi pelecut semangat untuk semakin mengoptimalkan kinerja dan layanan perusahaan, sebagaimana tagline Bank Kalsel ‘Setia Melayani, Melaju Bersama’.

“Semua raihan ini merupakan buah dari kerja keras seluruh insan Bank Kalsel, maupun dukungan serta kepercayaan dari seluruh Pemegang Saham dan nasabah setia Bank Kalsel. Semoga penghargaan ini menjadi pelecut semangat perusahaan untuk terus meningkatkan corporate brand awareness, menjaga brand image dan kinerja perusahaan, serta dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi daerah,” pungkasnya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bantu Pelaku UMKM, Bank Kalsel Beri Bantuan Satu Unit Rombong Barakah

Published

on

Bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi didampingi oleh Sekretaris, Junaidi dan Staf. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel dengan Program Rombong Barakah yang merupakan bantuan untuk para Mustahik dalam memulai usaha (Wirausaha) baru atau yang sudah ada namun tidak memiliki wadah atau tempat berjualan dan yang sudah tidak layak untuk wadah tempat jualan bagi pelaku UMKM.

Untuk merealisasikan Program Rombong Barakah dimaksud Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel telah memberikan bantuan 1 (satu) unit rombong dan tambahan modal usaha kepada UMKM binaan Bank Kalsel Bapak Anang Suriansyah, Senin (30/1/2023).

Anang Suriansyah seorang penjual buah kupas yang beralamat di JI. Sungai Miai RT. 008 RW. 001 Kota Banjarmasin.

Buah yang dijual Anang Suriansyah terdiri dari bengkuang, semangka, dan nanas yang telah dipotong-potong sehingga siap santap.

Anang Suriansyah memiliki gerobak jualan yang sudah tidak layak untuk digunakan, berdasarkan hal tersebut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan 1 (satu) unit Rombong Barakah kepada Anang Suriansyah.

Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, H. M. Fajri Muhtadi kepada Anang Suriansyah. Adapun dalam penyerahan didampingi oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi dan Staf UPZ Bank Kalsel.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anang Suriansyah dalam berjualan,” pesan Fajri Muhtadi. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Bentuk Karakter Kuat Dan Tangguh Berbasis Spiritual, Divisi UMK Bank Kalsel Gelar Bootcamp

Published

on

Kegiatan Bootcamp Bank Kalsel yang diadakan di Kiram Park. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai upaya untuk membentuk karakter kuat dan tangguh berbasis spiritual, enterpreneur dan leadership, Divisi UMK Bank Kalsel menggelar Bootcamp yang digelar pada tanggal 20 hingga 21 Januari 2023 di Kiram Park.

Kegiatan yang diikuti 130 orang peserta yang terdiri dari pegawai Bank Kalsel pada Divisi UMK di Kantor Pusat dan Cabang serta pegawai di Bagian Pembiayaan UMK Unit Usaha Syariah Bank Kalsel berlangsung seru dan menarik.

Acara Bootcamp Divisi UMK Bank Kalsel ini dibuka secara langsung oleh Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya dan ditutup Direktur Bisnis Bank Kalsel Fachrudin.

Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya menjelaskan, kegiatan Bootcamp Divisi UMK ini merupakan salah satu strategi manajemen Bank Kalsel dalam rangka meningkatkan militansi, menjalin kebersamaan, dan menjaga kekompakan tim serta peningkatan kompetensi pegawainya melalui materi-materi yang diberikan saat pelaksanaan Bootcamp.

“Saya berharap kegiatan ini bisa semakin memacu kinerja untuk lebih baik lagi,” harapnya.

Pada rangkaian acara Bootcamp ini telah diberikan penghargaan kepada pemasar dan koordinator pemasar Divisi UMK dengan pencapaian kinerja terbaik di tahun 2022.

Materi yang diberikan pada Bootcamp kali ini antara lain terkait rencana Manajemen Bank Kalsel untuk merealisasikan AO Farmer pada Unit Bisnis Divisi UMK.

Dimana kehadiran AO farmer ini diharapkan mampu menjadi pendamping, pengawal, pengawas dan pengaman dari kredit yang disalurkan kepada masyarakat khususnya kepada para pelaku usaha mikro dan kecil.

AO Farmer akan memiliki tanggung jawab untuk menjadi “agent of change” mewujudkan dunia Perbankan yang terpercaya dan teruji kehadirannya. Dengan AO Farmer diharapkan bank bukan hanya mampu menyalurkan kredit, namun juga mampu mengamankan kredit yang telah diberikan.

Materi terkait AO Farmer ini disampaikan oleh Entang Sastraatmadja yang ahli di bidang penyuluhan pertanian.

Pada acara bootcamp ini juga diberikan pembekalan materi berupa tahapan aktivitas penjualan berikut strategi marketing yang mesti diterapkan oleh pemasar-pemasar di Divisi UMK pada tahun 2023.
Kemudian materi Leadership Entrepreneur berbasis Spiritual dan materi Etos Kerja juga diberikan pada rangkaian acara Bootcamp ini yang disampaikan oleh Ustadz Komarudin Chalil.

Selain pemberian materi, kegiatan juga dibarengi dengan kegiatan shalat fardhu dan shalat tahajud berjamaah, pemberian tausiyah, senam bersama juga kegiatan games dan lomba yel yel Divisi UMK turut menjadi rangkaian acara pada Bootcamp kali ini. [adv/ad]

Continue Reading

Umum

Populer