Dandim HSS Hadiri Gebyar Jalan Santai Keluarga Besar Abna Asy- Syairazi – SuaraBorneo.com
Connect with us
TL-5

Hulu Sungai Selatan

Dandim HSS Hadiri Gebyar Jalan Santai Keluarga Besar Abna Asy- Syairazi

Published

on

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Komandan Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M. mengikuti Gebyar Jalan Santai dan Semangat yang dilaksanakan oleh keluarga besar Pondok Pesantren Dalam Pagar Raudathul Ghanna yang dipimpin oleh KH. Ahmad Syairazi.

Gebyar Jalan Santai dan Semangat ini juga dihadiri Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikri, M.AP., Ketua DPRD HSS Ahmad Fahmi, SE., para Dewan Guru Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan, serta seluruh santri dan santriwati yang seluruhnya berjumlah 6000 orang lebih, Minggu (14/8/2022).

Kegiatan yang diawali dengan start dari halaman Pondok Pesantren Dalam Pagar jalan Al Falah dan finish menuju Gedung Olahraga dan Seni Di Jalan Aluh Idut Kandangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie berkesempatan untuk mengambil kartu undian dan menyerahkan hadiah doorprize kepada yang beruntung mendapatkan sepeda mini.

Gebyar Jalan Santai dan Semangat Keluarga Besar Abna Asy Syairazi ditutup dengan penyerahan hadiah utama berupa Sededa Motor Honda Beat dan diakhiri dengan doa yang sampaikan oleh Al Walid KH. Ahmad Syairazi selaku Pembina dalam kegiata tersebut. [ari]

Bagikan ke

Hulu Sungai Selatan

Ratusan Warga Kemenag HSS, Tolak Rusmadi Sebagai Pimpinan

Published

on

Aksi demo di Halaman Kantor Kemenag Kabupaten HSS, Jalan Jenderal Sudirman Kandangan. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan aksi demo di halaman Kantor, Jalan Jenderal Sudirman, Desa Tibung Raya, Kandangan, Senin (22/7/2024) pagi.

Para ASN sekitar lebih dari 100 orang, datang cukup pagi sejak pukul 06.00 Wita, langsung menggembok pintu gerbang kantor dan rumah dinas Kepala Kantor Kemenag HSS.

Peserta aksi juga membentangkan spanduk dengan tulisan “Kami warga Kemenag Kabupaten HSS mengambil sikap menolak keberadaan H Rusmadi di Bumi Antaludin”.

Lalu ada tulisan “Pimpinan yang arogan, angkuh dengan ucapan, suka menekan, dan mengadu domba warga Kemenag, agar angkat kaki di Bumi Antaludin”.

Sementara Kepala Kantor sempat datang, namun kembali putar arah melihat kantornya sudah ada aksi.

Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten HSS Fathhurrahman SAg mengungkapkan, sebelum aksi, secara administrasi sudah mengirim surat resmi ke Kantor Wilayah Kemenag Kalsel. Surat dikirim juga oleh KUA, Madrasah, Masyarakat, hingga MUI.

Fathurrahman menuturkan, seluruh warga Kemenag di Kabupaten HSS menyatakan sudah tidak bisa menerima sikap pimpinan yang semena-mena.

“Banyak hal dilakukan beliau yang tidak sesuai kebijakan mengenai administrasi dan lainnya, bahkan sering mengucapkan kata-kata yang tidak pantas,” ujarnya, kepada wartawan.

Ia menambahkan, Rusmadi juga dianggap sering menolak tamu yang datang, sehingga diarahkan ke bawahan.

“Tuntutannya, kami menginginkan Rusmadi pindah atau angkat kaki dari Kantor Kemenag Kabupaten HSS,” tegasnya.

Ia berharap, Kemenag Kabupaten HSS ke depan mendapat pimpinan yang bijaksana, bisa menerima aspirasi dan membimbing pihaknya, umat dan masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten HSS Rusmadi, saat ini belum membalas pesan konfirmasi dari wartawan, terkait kabar ini. (azifa/ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Beredar Foto Azifa di Medsos, Ternyata Hoax

Published

on

Baleho terpampang di simpang empat. (Foto/Ist)

KANDANGAN, suaraborneo.com – Beredar di dunia maya media sosial (Medsos) spanduk Azifa Kausar calon Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis (13-6-2024) pagi.

Ditemui di kediamannya, kami dapat info dari salah satu grup dan via kawan, ada baleho kami terpasang disimpang empat BRI Durian Sumur.

“Kami beritahukan bahwa sampai saat ini kami tidak ada niat maju sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan, dalam Pilkada HSS, dan baleho terpampang di simpang empat itu, orang yang tidak bertanggung jawab, dan kami selidiki orang yang tidak bertanggung jawab, dan kami laporkan ini ke pihak berwajib atas pencemaran nama baik kami,” ungkap Azifa Kausar.

Diketahui, beredar disemua grup-grup WhatsApp, dan lainnya bahwa Azifa mencalon bupati, dibeberapa tempat di Kandangan, saat ditemui, ternyata bersangkutan tidak ikut calon Bupati atau Wakil Bupati. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Truk Bermuatan Barang Nabrak Warung dan Tiang Listrik

Published

on

Lokasi kejadian satu buah truk menabrak warung dan tiang listrik. (Foto/Ist)

KANDANGAN, suaraborneo.com – Telah terjadi laka lantas, kecelakaan tunggal, di jalan Sudirman desa Tibung Eaya kecamatan Kandangan, Senin (10/6/2024) pagi.

Kecelakaan tersebut satu satu buah mobil truk, menabrak warung mie ayam pak Man, dan tiang listrik, dan mengakibatkan dua orang luka-luka, dilarikan ke rumah sakit haji Hasan Basri Kandangan.

Menurut saksi yang melihat kejadian di TKP, “Bahwa mobil dari arah Kandangan, arah Sungai Raya membawa barang, dan diduga sopirnya hilang kesadaran (ada penyakit maag),” katanya. (nama saksi mata tidak mau disebutkan).

Sampai berita diturunkan, mobil masih berada di tempat kejadian. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Purnawirawan Polri Mendaftar ke Demokrat Bakal Calon Bupati HSS 2024-2029

Published

on

Purnawirawan Polri, H. Hendarta Supraja menyerahkan berkas bakal calon Bupati HSS ke Ketua Demokrat HSS Muhazzerahman. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Ketua Demokrat HSS Muhazzerahman menerima berkas pendaftaran bakal calon Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) 2024-2029 dari H. Hendarta Suprajat beserta Tim Pemenangan, Sabtu (18/5/2024).

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerima berkas pendaftaran H. Hendarta Suprajat sebagai bakal calon di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024-2029.

Berkas pendaftaran diserahkan H. Hendarta Suprajat, yang diterima Ketua DPC Demokrat HSS Muhazzerahman beserta pengurusnya di Banua Hanyar kelurahan Jambu Hilir.

“Pilkada 2024 di HSS sebagai Bupati siap membangun untuk kemajuan di kabupaten ini baik disegala bidang, semoga tercapai, mohon doa dan dukungan,” ungkap Hendarta Suprajat.

Purnawirawan Polri, H. Hendarta Suprajat menantu Habib Sulaiman Bahasyim yang juga diketahui pernah bertugas di HSS merupakan Kader Partai Golongan Karya (Golkar)

H. Hendarta Suprajat yang terakhir menjabat sebagai Kasi Propam Polres Tanah Bumbu 2021-2023 itu, meraih tanda kehormatan Bintang Nararaya dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2017. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Meriahkan HUT Proklamasi ALRI, Gubernur Kalsel Lepas Peserta Kibar Merah Putih

Published

on

Menggunakan bendera hitam putih, Paman Birin resmi melepas rombongan peserta. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas peserta Kibar Merah Putih dalam rangka HUT Proklamasi Gubernur Tentara Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pertahanan Kalimantan ke-75 Tahun 2024 di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Hulu Sungai Selatan pada Jum’at (17/5) siang.

Menggunakan bendera hitam putih, Paman Birin resmi melepas rombongan peserta Kibar Merah Putih di halaman depan Monumen Proklamasi 17 Mei 1949.

Start dari tempat upacara, peserta berjalan kaki menuju Desa Telaga Langsat yang diangkut ke Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung. Sebanyak 250 peserta dari berbagai daerah se-Kalsel.

Acara itu dimeriahkan oleh sejumlah kelompok organisasi masyarakat, baik itu pelajar, mahasiswa, pramuka, taruna, hingga pemuda Dayak. Beragam penampilan mereka terlihat menggunakan baju ala tentara, ulama dan petani.

Sebelum pelepasan kibar bendera itu, Paman Birin saat apel Peringatan HUT Proklamasi ALRI mengajak masyarakat agar merefleksikan sejarah perjuangan para pejuang terdahulu yang kuat solidaritasnya. Ia menegaskan, semangat itu mengajarkan pantang menyerah tanpa gerak ruang terbatas apapun.

“Kerjasama dan solidaritas yang harus kita bangun bersama untuk masyarakat Kalimantan Selatan. Dibingkai dalam rasa cinta tanah air,” ungkap Paman Birin.

Untuk menciptakan kemerdekaan sejati, Paman Birin ingin seluruh komponen harus merasakan nilai sejarah tersebut. Ditengah sambutannya itu, sang Gubernur sempat menitikan air mata mengingat perjuangan itu terasa haru dan sakral.

“Sebagaimana Brigjen (TNI) Hasan Basry berdiri di sini. Membacakan teks Proklamasi 17 Mei 1949 sebagai Gubernur Tentara ALRI Komisi VI Pertahanan Kalimantan, kita harus senantiasa mengenangnya. Jasa-jasa pejuang terdahulu,” tutur gubernur dua periode itu.

Sementara itu, Ahmad Norhalis (19), seorang anak pramuka dari Saka Bakti Husada dalam naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Dinkes HSS). Sebagai peserta kirab, ia ingin merasakan nilai perjuangan itu melalui jalan kaki.

“Sebagai anak muda, kita jangan sampai melupakan nilai-nilai juang itu. Jangan melupakan sejarah,” ujarnya.

Karena, Norhalis memandang bahwa perjuangan para veteran terdahulu yang kini dirasakan oleh generasi zaman sekarang. Sehingga, menurutnya perlu sekali anak muda turut berperan dalam merayakan HUT Proklamasi Gubernur Tentara Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan ke-75.

“Apalagi budaya-budaya luar sudah masuk, ditambah lagi majunya teknologi. Harusnya lebih mudah mengakses informasi dan menggali sejarah itu,” pungkasnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Kobarkan Semangat Pejuang, Gubernur Kalsel Peringatan Proklasi Kemerdekaan Gubernur ALRI di Monumen 17 Mei Kandangan

Published

on

Monumen Proklamasi 17 Mei 1949. (Foto/Adpim)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pertahanan Kalimantan Tahun 2024 dengan khidmat di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Jum’at (17/5) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Paman Birin memimpin di prosesi upacara.

Tampak hadir dalam upacara itu Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Penjabat Bupati HSS Hermansyah, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel dan Pemkab HSS.

Disamping itu juga upacara juga diikuti anggota TNI/Polri, ASN, ulama, organisasi kemasyarakat, perwakilan pemuda, pelajar, Pramuka, Mapala serta masyarakat.

Upacara peringatan juga dilakukan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri prlajar M Rezki Rahim, Muhammad Faisal dan Siti Ruwaida.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu pembacaan teks Pancasila, teks pembukaan Undang-undang (UU) 1945 dan teks Proklamasi 17 Mei 1949 tentang perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Divisi IV (A) Pertahanan Kalimantan Selatan yang dibacakan oleh Penjabat Bupati HSS, Hermansyah.

Gubernur Paman Birin dalam sambutannya kembali mengobarkan semangat perjuangan dan kemerdekaan yang telah diraih para pejuang.

“Merdeka, momentum bersejarah ini rasa syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Khususan di Banua kita, persatuan NKRI yang ditegaskan oleh Gubernur Tentara ALRI Divisi VI Kalimantan, Brigjen (TNI) Hasan Basry di Kandangan,” ucap Paman Birin

Selama 75 tahun silam, Paman Birin mengingatkan pejuang-pejuang gerilya tentara Kalimantan Selatan. Menurutnya, sejarah ini tidak akan pernah lekang oleh zaman.

Tokoh banua seperti Brigjend (TNI) Hasan Basry, ungkap Paman Birin adalah orang yang tidak pernah menyerah dalam memperjuangkan tanah di Banua.

“HUT Proklamasi 17 Mei 1949 ini, tentara ALRI sebagai pengingat dari aksi heroik para pejuang,” tegasnya.

Monumen ini menyimpan cerita perjuangan rakyat Kalimantan Selatan bersama dengan Brigjen H. Hasan Basry, seorang Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Di tempat inilah, Hasan Basry membacakan naskah proklamasi yang menyatakan bahwa rakyat Kalimantan Selatan bergabung dengan Indonesia sebagai bagian dari NKRI.

Diakhir peringatan HUT Proklamasi Tentara ALRI ini diisi dengan penampilan Sanggar Seni Karamunting yang menampilkan Tari Langkah Mambunga dengan inspirasi dari Kuntau.

Berseragam seni berwarna kuning, sebanyak 40 penari yang terdiri dari laki-laki dan perempuan tampil memukau menghibur warga. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Mantan Wakil Bupati Tapin Mendaftarkan Diri Maju Bacalon Bupati HSS 

Published

on

H Syafruddin Nor/H Udin Ansar mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), ke DPW partai Nasdem Kalsel. (Foto/Ist)

KANDANGAN,  suaraborneo.com – H Syafruddin Nor/H Udin Ansar mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), ke DPW partai Nasdem Kalsel, Selasa (6/5/2024) petang,

Kedatangan Syafrudin Nor ini disambut hangat seluruh pengurus DPW Partai Nasdem, “Dia bukan orang lain bagi kami partai Nasdem seperti keluarga sendiri bagi kami pengurus partai Nasdem,” ungkap ketua Bapilu partai Nasdem Kalsel H Kartoyo.

Dalam wawancaranya usai mendaftar ke partai Nasdem, pa haji Udin Ansar ditemui, “Kami mendaftar diri menjadi bakal calon bupati Hulu Sungai Selatan, dengan dorongan seluruh masyarakat kabupaten Hulu Sungai Selatan, kami siap maju sebagai calon bupati HSS pada Pilkada HSS tahun 2024,” ujar H Udin Ansar, setelah pendaftaran.

Diketahui H Syafruddin Nor ini mantan wakil Bupati kabupaten Tapin periode 2018-2023, dan asli orang Kandangan lahir di Balimau. (Azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Kader Partai Golkar, H Hendarta Suprajat Resmi Mendaftarkan Diri Bacalon Bupati HSS 

Published

on

H Hendarta Suprajat menyerahkan berkas ke Partai Golkar HSS. (Foto/Ist)

KANDANGAN, suaraborneo.com – “Berkas telah kami serahkan ke panitia di Sekretariat Golkar HSS, Alhamdulillah berkas sudah diterima dan di verifikasi,” kata Adil Abrari, sekretaris H Hendarta.

“Niat kami memang menyerahkan berkas verifikasi pendaftaran diawal waktu, karena Golkar adalah rumah kami sendiri sekaligus meneguhkan persiapan kami ditahapan selanjutnya,” Sambungnya.

Pendaftaran bakal calon bupati dari partai Golkar dibuka pada hari ini 13 Mei 2024 sampai tanggal 18 Mei 2024. Di hari pertama pendaftaran sudah ada 2 bakal calon yang menyerahkan berkas ke Partai Golkar HSS yaitu H Hendarta Suprajat yang datang langsung bersama rombongan dan Syafrudin Noor yang diwakili oleh tim nya.

Seperti yg diwawancarai tim suaraborneo.com, Pak Hendarta (sapaan beliau) menekankan pembangunan manusia dan ekonomi lewat tagline HSS

“Humanis, Sinergis, Sustainable” dan gagasan besarnya bernama *Tetralogi Pembangunan*. “Gagasan besar kami kami tuangkan lewat *TETRALOGI PEMBANGUNAN*, yaitu 4 aspek besar pembangunan Hulu Sungai Selatan. Tagline kerja kami adalah Humanis, Sinergis, Sustainable disingkat HSS. Semua detail ke visi dan misi sudah kami serahkan ke Partai Golkar,” Jelasnya.

Muhammad Kusasi ketua Partai Golkar HSS mengapresiasi pendaftaran bakal calon bupati dari partainya. “Terimakasih kepada bakal calon yang sudah mendaftar ke partai kami, kami mengapresiasi niat baik dari bakal calon karena memang Golkar dari rakyat dan untuk rakyat,” pungkasnya. (Azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Purnawirawan Polri Mendaftar ke PPP Bakal Calon Bupati HSS 2024-2029

Published

on

Ketua DPC PPP HSS Abadi Rahman menerima berkas pendaftaran bakal calon Bupati HSS 2024-2029 dari H. Hendarta Suprajat beserta Tim Pemenangan. (Foto/Ist)

KANDANGAN, Suaraborneo.com – Ketua DPC PPP HSS Abadi Rahman menerima berkas pendaftaran bakal calon Bupati HSS 2024-2029 dari H. Hendarta Suprajat beserta Tim Pemenangan.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerima berkas pendaftaran H. Hendarta Suprajat sebagai bakal calon di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024-2029

Berkas pendaftaran diserahkan H. Hendarta Suprajat, yang diterima Ketua DPC PPP HSS Abadi Rahman beserta pengurusnya di Sekretariat Tibung Raya.

Purnawirawan Polri, H. Hendarta Suprajat menantu habib Sulaiman Bahasyim yang juga diketahui pernah bertugas di HSS merupakan Kader Partai Golongan Karya (Golkar)

H. Hendarta Suprajat yang terakhir menjabat sebagai Kasi Propam Polres Tanah Bumbu 2021-2023 itu, meraih tanda kehormatan bintang nararaya dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2017. (Adifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer