DPRD Kapuas Minta Pemkab Sampaikan KUA PPAS TA 2023 – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kalteng

DPRD Kapuas Minta Pemkab Sampaikan KUA PPAS TA 2023

Published

on

Ketua dan Waket DPRD Kapuas. (Foto/Suhaili).

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – DPRD Kapuas meminta pihak eksekutif Pemkab Kapuas menyampaikan KUA PPAS APBD Kabupaten Kapuas tahun anggaran (TA) 2023.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kapuas Ardiansah didampingi Waket I DPRD Kapuas kepada wartawan usai rapat Banmus DPRD bersama eksekutif di ruang rapat gabungan Kantor DPRD, Senin (31/10/2022).

“Untuk pembahasan belum kami jadwalkan karena belum disampaikan pihak eksekutif, ”
kata Ardiansah.

Disampaikan legislator Partai Golkar itu karena kendala mungkin terkait sistem input sehingga drafnya belum disampaikan.

“Kalau nanti sudah disampaikan sesuai mekanisme dibahas lebih lanjut bersama pihak dewan, ” imbuhnya.

Dia melanjutkan KUA PPAS APBD Kabupaten Kapuas TA 2023 DPRD Kapuas sebelumnya sudah menyurati Pemkab Kapuas.

“Harapannya mengingat waktu segera disampaikan. Karena sudah mendekati akhir tahun dan besok sudah tanggal 1 November, “jelasnya.

Kepala Bappeda Kapuas M Saribi mengatakan kalau KUA PPAS APBD TA 2023 Kabupaten Kapuas sudah disusun drafnya.

“Sebelum tanggal 10 November sudah kami sampaikan kepada pihak dewan. Paling lambat tanggal 8 November, ” ujar Kepala Bappeda. (ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

Pansus I DPRD Kapuas Kunker ke Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Kota Bandung Jabar

Published

on

Kunker Pansus I DPRD Kapuas di Kota Bandung Jabar. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus I anggota DPRD Kabupaten Kapuas melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Kota Bandung Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Kunker dipimpin Ketua Pansus I Ahmad Zahidi diikuti anggota DPRD Pansus I lainnya beserta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lingkup Pemkab Kapuas.

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Bambang Suhari.

Diketahui kunjungan bertujuan untuk Konsultasi dan Koordinasi terkait dengan Raperda yang sedang dibahas pada saat ini yakni tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung serta Izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sesuai dengan standar teknis Bangunan Gedung.

“Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pelaksanaan pembangunan gedung yang tepat sasaran,” kata Ketua Pansus I DPRD Kapuas Ahmad Zahidi.

Dikatakan terkait ini artinya sesuai dengan standar teknis bangunan gedung sebagaimana banyaknya informasi yang di dapat pada saat ini sehingga nantinya akan di implementasikan di Kabupaten Kapuas. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Hadiri Pertemuan Lintas Sektor di Palangka Raya

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat menghadiri acara Pertemuan Akbar Lintas Sektor Provinsi Kalimatan Tengah bertempat di GOR Indoor Serba Guna Jalan Tjilik Riwut KM 5 Palangka Raya. (Foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri acara Pertemuan Akbar Lintas Sektor Provinsi Kalimatan Tengah bertempat di GOR Indoor Serba Guna Jalan Tjilik Riwut Km Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Kegiatan pertemuan akbar lintas sektor ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan juga HUT Provinsi Kalteng yang akan berusia 67 tahun pada tanggal 23 Mei mendatang.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berharap hendaknya momen tersebut dapat dijadikan untuk memperkuat semangat persatuan, bekerja keras bersama seuai bidang masing – masing menggerakan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Gubernur mengatakan sangat penting untuk Kalimatan Tengah kedepan agar memiliki pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalteng yang unggul dan dapat berdaya saing sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang semakin berat.

“Agenda prioritas pembangunan di Provinsi Kalteng ini masih tetap sama yaitu bidang pendidikan kesehatan infrastruktur dan juga perekonomian terutama hilirisasi dan pengembangan sentra produksi pangan,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan stunting harus ditangani secara terpadu mulai dari tingkat desa kecamatan kabupaten atau kota provinsi hingga pusat yang mana peran semua unsur desa tentu sangat penting baik dari Kepala Desa Kader Posyandu Babinsa Babinkamtibmas dan juga lainnya.

“Revitalisasi Posyandu di wilayah desa perlu dilakukan sebagai garda terdepan pencegahan stunting,” katanya.

Pada kegiatan tersebut juga Gubernur menyerahkan bantuan Operasional (BOP) tenaga pendamping profesional program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Pemdes) se Kalteng tahun 2024. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Penguatan Raperda KLA Pansus III DPRD Kapuas Gali Infromasi ke DP3APPKB Kota Surabaya

Published

on

Kunker penguatan dan kaji tiru Raperda Kota Layak Anak Pansus III DPRD Kapuas ke DP3APPKB Kota Surabaya. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pansus III DPRD Kapuas terus menggali informasi terkait pemberlakuan Raperda Kota Layak Anak Kabupaten Kapuas.

Ketua Pansus III DPRD Kapuas Lawin seperti disampaikan dalam rilis humas DPRD Selasa (21/5/2024) ketika melakukan kunjungan kerja ke DP3APPKB Kota Surabaya memgatakan semua jajaran harus saling sinergi untuk perumusan Raperda Kota Layak Anak itu.

“Raperda yang disahkan nantinya harus benar-benar bermanfaat untuk keberlangsungan penyelenggaraan Perda Kota Layak Anak,” katanya.

Kemudian atas Raperda KLA melalui informasi yang didapat point pentingnya adalah PAD sebagai penguatan untuk kemudian menjadi fokus bersama.

Kepala Bidang Pengarusutamaan Gender dan Pengarusutamaan Hak Anak DP3APPKB Kota Surabaya Relita Wulandari mengatakan adanya desk yang konsisten. “Dalam hal ini antara pemerintah daerah dan OPD,” katanya.

Dikatakan terkait pembentukan Perda ini harus bersama – sama komitmen dalam rangka mengevaluasi hal – hal yang menjadi fokus.

“Sehingga kebijakan yang sudah kita telaah termasuk materi sehubungan Perda ini fokusnya adalah pencegahan diantaranya terjadinya bullying KDRT,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan pentingya sosialisasi yang intens sebelum disahkannya Perda dimaksud..Oleh karena itu setiap OPD wajib memberikan inovasi terkait Perda KLA ini.

“Diharapkan Perda ini mampu memberikan atau menjamin keselamatan para perempuan dan anak,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim PHA Wike Widyawati mengatakan untuk penguatan Perda KLA pentingnya desk sinergi kolaborasi sehingga membuahkan hasil maksimal dari persiapan yang maksimal pula. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Sebanyak 104 Santriwati Melaksanakan Khatam Quran

Published

on

Kegiatan Khatam Quran Santriwati Ponpes Alquran Al-Muhajirin Antang. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sebanyak 104 santriwati kelas akhir tahun pelajaran 2023/2024 Pondok Pesantren Alquran Muhajirin Antang melaksanakan Khatam Quran berlangsung di Aula Rujab Bupati Kapuas, Minggu (19/5/2024).

Dalam kegiatan pelepasan itu dihadiri Kadis Pendidikan Aswan mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Pimpinan Pondok Pesantren perwakilan dari Kementrian Agama Kabupaten Kapuas Kapolsek Selat Ustad dan Ustadzah serta para wali murid Santriwati.

Santriwati yang mengikuti kegiatan Pelepasan Kelas Akhir Pondok Pesantren Alquran Al-Muhajirin Antang Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 104 Santriwati yang terdiri dari MI angkatan Ke V MTs angkatan Ke XXI dan MA angkatan Ke XV.

Sebelumnya juga pada Sabtu (18/5/2024) telah dilaksanakan pelepasan para Santri Kelas Akhir Pondok Pesantren Alquran Al-Muhajirin Antang Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai dari Tingkat MI MTS dan MA yang berjumlah 103 santri.

Dalam sambutannya Pimpinan Ponpes Al-Muhajirin Antang, Ustadz Hasannudin menyampaikan rasa bangganya terhadap anak-anak didik di Ponpes Al-Muhajirin Antang.

“Harapannya Pemerintah Kabupaten Kapuas dapat memberikan bantuan beasiswa kepada santri dan santriwati yang berprestasi melanjutkan pendidikan sehingga nantinya dapat berkontribusi bagi Kabupaten Kapuas, ” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Aswan yang mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengapresiasi atas kegiatan Pelepasan Santri dan Santriwati Ponpes Alquran Al-Muhajirin Antang yang berlangsung setiap tahun.

“Saya berharap santri dan santriwati ini nantinya bisa menjadi kafilah mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan menjadi pelatih agar nanti kita tidak mencari pelatih lagi dari luar daerah, ” katanya.

Lebih lanjut dikatakan terkait maraknya perundungan dilingkungan satuan pendidik melalui kesempatan ini Aswan juga mengajak santri dan santriwati bersama-sama untuk memerangi perundungan dalam satuan pendidikan. (Ujg-SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Ikuti Rakor Netralitas ASN Pilkada Serentak 2024 Secara Virtual

Published

on

VIRTUAL : Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi mengikuti rapat koordinasi via zoom terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi mengikuti rapat koordinasi via zoom terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 bertempat di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Jumat (17/5/2024).

Acara yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut diikuti para Kepala Daerah/Penjabat (Pj) Gubernur Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Sekjen Kemendagri Dalam Negeri Komjen Pol Tomsi Tohir membuka rapat lalu menyampaikan penjelasan tentang keputusan bersama yang dikeluarkan Kemen PANRB, Kemendagri BKN KASN dan Bawaslu pada 2022.

Dikatakan keputusan ini mengatur pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

“Oleh karena itu setiap pelanggaran kode etik dan pelanggaran disiplin oleh ASN akan mendapatkan sanksi atau hukuman yang sesuai. Peraturannya sudah jelas dan harus diikuti dengan ketat untuk menjaga integritas dan netralitas dalam pilkada, ” kata Tomsi Tohir.

Selanjutnya rapat menyoroti pentingnya mematuhi ketentuan Pasal 7 Ayat (2) Huruf q Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Didalamnya menyatakan calon Gubernur Wakil Gubernur Bupati Wakil Bupati Wali Kota dan Wakil Wali Kota harus bebas dari status sebagai Pj saat mencalonkan diri.

Keseriusan isu ini ditandai dengan langkah konkret di akhir rapat di mana para penjabat kepala daerah yang berniat maju dalam Pilkada Serentak 2024 diminta untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri. Ini merupakan langkah preventif untuk menghindari konflik kepentingan dan memastikan pemilihan yang adil dan transparan.

Rapat ini menandai komitmen kuat dari pemerintah dan semua pihak terkait guna memastikan penyelenggaraan pilkada yang bersih dari pengaruh dan tekanan. Selain itu menjaga agar ASN dapat bertugas secara profesional dan netral sesuai mandat yang diberikan UU.

Hadir dari Kuala Kapuas mendampingi Pj Bupati Kapuas melalui Via Zoom Meeting, Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Ahmad M Saribi dan beberapa perwakilan Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

DKPP Gelar TWG Pengelolaan Perairan Darat di Kapuas

Published

on

Kegiatan Technical Working Group (TWG) pengelolaan perairan darat di Kabupaten Kapuas pada Selasa (21/5/2024). (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalteng melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) menggelar Technical Working Group (TWG) pengelolaan perairan darat di Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Hotel Fovere, Selasa (21/5/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili Staf Ahli Bupati Raison didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kapuas Kusmiatie.

Dihadiri dan diikuti sejumlah Kepala OPD Kecamatan Timpah Pemdes Aruk tokoh adat tim dari Sucofindo Tim IFish KPHL koordinator penyuluh perikanan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Raison mengatakan kegiatan ini dapat terselenggara atas kerjasama FAO Indonesia dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui proyek ifish atau pengarusutamaan konservasi keanekaaragaman hayati dan pemanfaatan berkelanjutan dalam praktik perikanan darat pada area bernilai konservasi tinggi pada ekosistem perairan darat.

Dikatakan kerjasama ini dilaksanakan di lima lokasi di wilayah Indonesia termasuk di kapuas sejak 2018. Pertemuan ini bertujuan mensosialisasikan pengelolaan perairan darat Kabupaten Kapuas kepada para stakeholder terkait.

“Perairan darat berperan penting sebagai sumber protein dan ketahanan pangan sumber ekonomi masyarakat sumber lapangan kerja sumber devisa dan pendapatan asli daerah
serta obyek wisata alam (ecoturism), ” katanya.

Lebih lanjut dikataian perairan darat yang terabaikan akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya keanekaragaman jenis ikan produksi ikan kesempatan dan peluang kerja (peningkatan pengangguran) pendapatan asli daerah dan fungsi estetika.

“Untuk mencapai tujuan itu Pemerintah Kabupaten Kapuas menggandeng ifish dan Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan perairan darat secara bersama – sama mewujudkan pengelolaan perikanan darat yang lebih baik sebagai rancangan kerja Pemerintah Kabupaten Kapuas baik,” katanya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Kunker ke Desa Tumbang Mangkutup Mantangai

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat kunker ke Desa Tumbang Mangkutup Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Tumbang Mangkutup Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, Sabtu (18/5/2024).

Bertempat di halaman Kantor Desa Tumbang Mangkutup Kunjungan Kerja Pj Bupati Kapuas beserta jajaran disambut antusias oleh para tokoh masyarakat Camat Kepala Desa dan warga desa setempat.

Kehadiran Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi yang merupakan putra daerah asli Kecamatan Mantangai, disambut hangat oleh masyarakat desa dan dalam kunjungannya Erlin Hardi menyerahkan santunan kematian dari program BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp 42.000.000 kepada Ibu Diana
ahli waris penerima manfaat.

Pj Bupati Kapuas mengungkapkan sangat berbahagia atas sambutan yang dilakukan oleh warga masyarakat Desa Tumbang Mangkutup.

Pada kegiatan yang sama dilanjutkan dengan penyerahan 2 Unit Pom Mini kepada Direktur BUMDES Tumbang Mangkutup.

Apa yang telah dilakukan oleh Kepala Desa merupakan cikal bakal bagaimana pengembangan dari ketahanan pangan kedepan dan mengembangkan
usaha – usaha kerajinan keahlian yang nantinya bisa dikembangkan di dalam desa tersebut, ” katanya.

Selanjutnya di tempat yang sama
Kepala Desa Tumbang Mangkutup Suriato menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Terima kasih telah hadir bersama-sama pada acara Kunjungan Kerja Bapak Pj Bupati Kapuas yang kita banggakan dan saya ucapkan selamat datang Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi beserta Kepala OPD yang berkenan hadir ke acara ini,” ucap Suriato. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Raperda KLA Pansus III DPRD Kapuas Korelasi Literatur ke DPRD Kota Surabaya

Published

on

Pansus III DPRD Kapuas di DPRD Kota Surabaya. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka melengkapi Raperda Kabupaten Kapuas tentang Kabupaten Layak Anak dan pencabutan Perda Kabupaten Kapuas nomor 10 tahun 2007 tentang lembaga kemasyarakatan Pansus III DPRD Kapuas korelasikan literatur yang ada di DPRD Kota Surabaya.

Mengingat Perda sebagai payung hukum memiliki legalitas sehingga harus maksimal digunakan untuk mendukung Pemerintah Kabupaten sebagai daerah otonom.

Ketua Pansus III DPRD Kapuas Lawin mengharapkan agar Raperda yang dikaji ini difokuskan kiranya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dan swasta.

“Dalam hal ini saling bahu membahu setelah lahirnya Perda tersebut,” katanya dalam rilis yang disampaikan DPRD Kapuas Senin (20/5/2024).

Oleh karena itu lanjut Lawin terkait penyelenggaraan dan penerapan juga harus maksimal dan bermanfaat dalam rangka pelaksanaan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu staf ahli DPRD Kota Surabaya Imam Maruf mengatakan terkait Raperda Kota Layak Anak atau Raperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak bertujuan salah satunya pengembangan untuk meningkatkan infrastruktur.

Dikatakan Raperda KLA tertuju kepada penyelenggaraan pendekatan ibu dan anak pemanfaatan lahan yang berupa fasilitas umum kemudian pengembangan lahan bermain dan peningkatan pada lingkup RT RW.

Kemudian juga termasuk adanya beasiswa untuk anak anak yang memang dianggarkan khusus pada ABPD Kota Surabaya

“Termasuk dalam kepatuhan sektor swasta yang ikut membantu pada penyelenggaraan Perda ini,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

105 CJH Kapuas Kalteng Tiba di Embarkasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru

Published

on

Rombongan 105 CJH Kapuas terakhir di embarkasi haji Banjarmasin di Banjarbaru. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sedikitnya 105 Calon Jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Kapuas tiba dengan selamat di Embarkasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru Sabtu (18/5/2024).

Rombongan ini merupakan rombongan terakhir dari Kabupaten Kapuas Kalteng.

Mereka berangkat menggunakan empat buah bus yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan pengawalan dari Polres Kapuas Dishub Kapuas dan personil dari Kemenag Kapuas serta ambulan dari Dinas Kesehatan Kapuas.

Sebelum berangkat ke embarkasi haji Banjarmasin para jamaah berkumpul di Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai dan melaksanakan solat subuh berjamaah. Setelah itu para jamaah dengan tertib memasuki bus dengan diiringi isak tangis para keluarga yang mengantar.

Sebelumnya mereka mendapat arahan langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Hamidhan yang memandu para Jemaah.

Menurut Kabag Kesra Setda Kabupaten Kapuas Kapuas Mujiono menjelaskan seluruh calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 6 telah tiba dengan selamat. Seluruh jamaah akan diinapkan di asrama haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga para jamaah tiba dengan selamat di embarkasi haji. Kami doakan seluruh jamaah semoga menjadi haji mabrur, “kata mantan Camat Mandau Talawang dan Basarang ini.

Rencananya calon jemaah Kapuas yang tergabung dalam kloter 6 bersama calon Jemaah asal Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotim dengan total 320 orang termasuk petugas haji. Sesuai jadwal keberangkatan ke tanah suci hari Minggu Tanggal 19 Mei 2024 pukul 09.10 WITA.
(Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer