Memiliki Banyak Keunggulan, Sawit Indonesia Ternyata Sudah Sustainable – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Jakarta

Memiliki Banyak Keunggulan, Sawit Indonesia Ternyata Sudah Sustainable

Published

on

Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI), Tofan Mahdi dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan komunitas Generasi Sawit Indonesia pada Talkshow GenSawit Corner Eps. 5. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Hingga tahun 2021, sawit masih menjadi komoditas ekspor strategis Indonesia dengan sumbangan devisa ekspor mencapai USD 35 miliar atau lebih dari Rp530 triliun, yang memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah industri minyak sawit Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Tofan Mahdi, Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan komunitas Generasi Sawit Indonesia pada Talkshow GenSawit Corner Eps. 5 yang bertajuk ‘Kenali Keutamaan dan Aspek Sustainability Minyak Sawit untuk Consumer Goods’ di Aloft Hotel, Jakarta pada (31/10/2022).

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yang diikuti lebih dari 100 orang Mahasiswa/i yang berasal dari beberapa universitas di DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain mengikuti kegiatan talkshow tersebut, peserta kegiatan yang notabene merupakan Mahasiswa/i antusias dan aktif untuk bergabung menjadi anggota komunitas Generasi Sawit sebagai garda pemuda pembela sawit di Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan Tofan, selain sebagai penyumbang devisa negara terbesar, sawit juga disebut sebagai industri yang mampu meningkatkan sektor tenaga kerja. Bahkan, jumlah tenaga kerja langsung dan tidak langsung yang bergantung hidup kepada sektor industri sawit mencapai lebih dari 17 juta orang.

“Ketika dalam kurun 15-20 tahun terakhir dalam pasar minyak nabati dunia, pangsa pasar sawit menjadi nomor satu mengalahkan komoditas minyak nabati yang dihasilkan oleh negara-negara di benua Amerika maupun Eropa. Selama minyak sawit masih menjadi nomor satu dalam persaingan pasar minyak nabati global, tudingan bahwa minyak sawit merusak lingkungan dan lain sebagainya itu akan selalu ada,” kata Tofan.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh pemerintah maupun berbagai pihak dalam memastikan standar keberlanjutan dari industri sawit. Menurut Tofan, hal itu diupayakan untuk menjaga standar dari tingkat produksi maupun memperkuat pernyataan bahwa seluruh perusahaan sawit memiliki sertifikasi dalam menjaga mutu perusahaannya.

“Indonesia punya satu kebijakan yang sifatnya mandatori, yaitu Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) Certification dan itu bukan satu-satunya sertifikasi keberlanjutan. Banyak perusahaan yang menggunakan standar sertifikasi keberlanjutan yang sifatnya volunteery, misalnya ada RSPO dan lain sebagainya. Saya yakin salah satu tujuannya itu adalah mengurangi dampak yang ditimbulkan dengan proses yang bersifat pembangunan dan pemberdayaan di lingkungan yang ditanami kebun sawit,” katanya.

Sementara itu, Dr. Darmono Taniwiryono, Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) menyampaikan, sawit sebagai sumber minyak nabati paling sustainable baik dari segi ekonomi, yang dibuktikan dengan produktivitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan minyak nabati lainnya. Tidak hanya itu, dari segi lingkungan ungkap Dr. Darmono, kebun sawit paling adaptif terhadap keanekaragaman hayati.

“Saya contohkan, tidak akan ada harimau, gajah, buaya, ular yang hidup nyaman di bawah pohon kedelai, jagung, kanola atau bunga matahari, tetapi berbanding terbalik dengan di kebun sawit,” tegas Dr. Darmono.

Lebih lanjut dikatakan Dr. Darmono, dari satu hektar kebun sawit, tidak hanya menghasilkan minyak, tetapi juga menghasilkan biomassa lignoselulosa sebesar 28 kali dibandingkan biomassa kedelai. Terkait kampanye negatif yang dibuat oleh Uni Eropa, hal tersebut bertujuan untuk dua kepentingan ekonomi global yakni persaingan pasar minyak nabati dan upaya menadapatkan kredit karbon yang tinggi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Abdul Aziz, Wakil Pemimpin Redaksi Investor Daily yang menyampaikan bahwa kampanye negatif yang dilakukan Uni Eropa dan gencar disebarkan di media, baik dari aspek lingkungan maupun kesehatan harus di-counter dengan kegiatan sosialisasi yang masif.

“Kami melihat di media, sosialisasi dan counter terhadap isu negatif sawit harus terus dilakukan. Sehingga lambat laun, masyarakat internasional juga akan sadar bahwa sawit ternyata tidak seperti yang dituduhkan,” pungkas Aziz. [ad/rls]

Bagikan ke

Jakarta

Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia Deklarasikan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Published

on

Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Komunitas Driver Online baik roda dua maupun roda empat yang tergabung dalam Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia mendeklarasikan Pemilu damai. Dalam pernyataan sikapnya, PAS Indonesia juga menyatakan menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi.

Deklarasi Pemilu Aman dan Damai ini dibacakan oleh ketua umum PAS Indonesia Wiwit Sudarsono di RM Teras Doevoet Duret Sawit Jakarta Timur, Senin (12/2/2024) . Deklarasi ini berisi lima poin sebagai bentuk dukungan driver online untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Poin-poinnya adalah mengajak semua komponen untuk melaksanakan pemilu damai, menolak provokasi, dan menangkal hoaks,” kata ketua PAS Indonesia Wiwit Sudarsono kepada wartawan, sebelum deklarasi dilakukan.

Secara lengkap isi deklarasi ini adalah mengajak segenap lapisan masyarakat menyukseskan Pilpres dan Pileg 2024 yang aman dan damai. Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi. Di samping itu, bersama-sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Adapun poin keempat, Bersama-sama berkomitmen menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan tertib berlalulintas. Poin terakhir adalah mendukung pemulihan perekonomian nasional melalui sektor transportasi online.

“Situasi Kamtibmas yang kondusif tersebut sebagai bagian dari jaminan kelancaran transportasi yang manfaatnya akan dirasakan oleh teman-teman driver online dan dapat membantu memulihkan maupun meningkatan perekonomian Nasional,” ungkap Wiwit.

Wiwit berharap kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih nantinya dapat memberikan perhatian lebih kepada para mitra aplikasi transportasi berbasis daring tersebut khususnya mengenai payung hukum bagi mereka sehingga ada kepastian hukum terhadap kesejahteraan driver online.

“Harapan kami pemerintah yang akan datang lebih memperhatikan nasib kami dari segi regulasi karena selama ini perlindungan hukum untuk pelaku usaha transportasi berbasis aplikasi sangat minim sekali, setidaknya kami mengharapkan percepatan pembahasan RUU transportasi daring,” pungkas Wiwit. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Entertainment

KOONGWORLD’ Menggelar Acara Mendengarkan Musik Gratis

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Platform perdagangan langsung musik global ‘KOONGWORLD’ akan mengadakan acara mendengarkan musik gratis untuk layanan musik seperti K-POP, OST K-Drama, dan K-BGM.

Platform berbagi musik asal Korea Selatan, Koong World, berfokus pada penggunaan tokenisai, alias NFT (token non-fungible), untuk perlindungan hak cipta dari musik di dalamnya.

Dengan tokenisasi ini, para musisi tidak perlu khawatir lagi untuk memasang karya mereka di platform karena pelanggaran hak cipta akan benar-benar dijauhi dari platform ini.

KoongWorld pun telah menjadi andalan para musisi di negeri K-Pop tersebut sejak tahun 2021, dengan membagikan 80 persen royalti secara bersih ke musisi yang menggunakan platform.

Selama acara gratis ini, “KOONGWORLD” mengumumkan bahwa mereka akan membayar layaann streaming yang akan memberikan hak untuk menikmati musik gratis kepada semua pengguna di seluruh dunia.

KOONGWORLD adalah platform musik baru yang menampilkan ‘cara langsung’ di mana pengguna mengunggah musik mereka dan menggunakan penjualan langsung.

Mendengarkan K-POP gratis pada acara tersebut tersedia untuk siapa saja di halaman resmi ‘KOONGWORLD’ (https://koong.world).(Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Berbagi Kasih Lewat Angpao Ci Akim Tradisi Turun Menurun dari Para Leluhurnya

Published

on

Keluarga Akim Oei atau biasa akrab disapa Ci Akim. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Berbagi angpao tiap Imlek,merupakqn bagian dari tali kasih yg sudah menjadi bagian dari para leluhur dan turun-menurun dilakukan oleh keluarga Akim Oei atau biasa akrab disapa Ci Akim. Bukan hanya dicontohkan ibu-bapaknya, tapi juga sudah dilakukan oleh kakek-neneknya. Tradisi berbagi tersebut sudah mendarah-daging dalam kehidupannya, bahkan hingga ia sudah bercucu.

Niat untuk berbagi rezeki tiap Perayaan Imlek, menjadi salah satu motivasi baginya dalam menjalankan bisnis. Semakin sukses bisnis, tentu semakin banyak pula angpao yang bisa dibagikan, serta semakin banyak pihak yang menerima angpao.

Seperti yang dilakukan pada hari Sabtu , 10 Februari 2024 Ci Akim merayakan Imlek di rumahnya yang asri dikawasan Bekasi, Jawa Barat. Keluarga, kerabat, sahabat, teman, dan para undangan lainnya memenuhi rumah megah Ci Akim.

Dengan penuh suka cita, Ci Akim membagikan angpao ke tiap tamu yang hadir. Penerima angpao tentu saja menyambutnya dengan senyum sumringah. “Semua ini merupakan bagian dari rasa syukur saya, tiap Imlek. Saya percaya, tradisi berbagi rezeki yang diturunkan ibu-bapak saya, berperan besar bagi kelancaran bisnis yang saya jalankan,” ungkap Ci Akim dengan rendah hati

Imlek menjadi momen suka cita, keberkahan dan berbagi kebahagiaan. Tak hanya berbagi angpao, beragam menu sajian makanan dan minuman pun tersedia untuk dinikmati pengunjung yang hadir di acara open house imlek yang digelar Ci Akim. Bahkan Ci Akim pun larut dalam kegembiraan dengan ikut bernyanyi di panggung hiburan yang khusus disediakan guna menyemarakan suasana imlek yang penuh keberkahan. Tak hanya Ci Akim yang menebar kebahagiaan, beberapa artis dan penyanyi seperti Vonny Sumlang,Tessa Kaunang dan yang lain turut hadir ikut bernyanyi dan menari hingga turut menyemarakan kemeriahan suasana Imlek di kediaman Ci Akim.

Siapa sesungguhnya Ci Akim? Ia adalah sosok perempuan pekerja keras, yang tanpa sengaja masuk ke bisnis besi tua. Ia memulai bisnis tersebut benar-benar dari posisi tanpa tahu sama sekali tentang usaha besi tua. Pada awalnya, Ci Akim adalah pelaku usaha kuliner, spesialis nasi liwet khas Solo, Jawa Tengah.

Pada tahun 2007, seorang pelanggan kulinernya minta Ci Akim menawarkan produk aluminium ke suatu perusahaan. Sesuatu yang sangat jauh berbeda dengan bidang kuliner yang ditekuninya. Ci Akim menyambut kesempatan tersebut sebagai peluang. Orang yang ditemui Ci Akim di perusahaan tersebut, menolak tawarannya.

Akim Oei / Ci Akim
Ci Akim berkali-kali merevisi proposal penawaran, tapi yang bersangkutan selalu menolak, dengan alasan proposal itu tidak fisibel. Tertutup kah peluang? Tidak. Ternyata, kegigihan Ci Akim, justru mendatangkan peluang baru. Pihak yang “selalu menolak” itu, kemudian berbalik menawarkan peluang baru kepada Ci Akim.

Singkat cerita, Ci Akim diminta untuk menawar besi tua milik seseorang di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, rupanya peluang itu mengantarkan Ci Akim ke satu situasi di luar dugaannya. Ia harus menghadapi orang Jepang yang ada di Dawuan, yang ternyata memiliki banyak besi tua.

Dalam bisnis perbesian, besi tua kerap disebut Scrab. Kegigihan Ci Akim kembali diuji dan kali ini ia berhasil. Momen tersebut menjadi titik terang bagi perjalanan bisnis Ci Akim. “Itu pertama kali saya main besi, dan bisa ngangkat 3000 ton. Bos saya kaget dengan hasil kerja saya, saya pun tidak menyangka, berkat keberhasilan tersebut, saya dikasih mobil,” ungkap Ci Akim, bangga.

Bos yang dimaksud Ci Akim adalah pihak yang “selalu menolak” proposalnya sebelumnya. Akhirnya, Ci Akim  mendirikan perusahaan sendiri, yang fokus sebagai supplier Scrab. Dalam hal ini, ia menjadi CEO PT. Asri Jaya Mandiri (AJM), yang berkantor di kawasan Narogong, Bekasi Selatan.

Dalam konteks berbagi rezeki tiap Perayaan Imlek, rasa syukur atas keberhasilan bisnis itulah yang melandasi Ci Akim ikhlas membagi-bagikan angpao. Ia yakin, di balik tiap kesulitan, pasti ada peluang yang menjanjikan. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan Di Seluruh Lini Bisnis, Pendapatan dan EBITDA Tumbuh Dua Digit di Tahun 2023

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perusahaan”) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023, termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023, Rabu (7/1/2024).

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.”

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di Region Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa). Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Kalisumapa mencapai 11,6 juta pelanggan, di mana sekitar 77 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet dengan total trafik data sebesar 1.889 Petabyte (PB). Selain itu, sepanjang 2023 jumlah BTS 4G di region Kalisumapa meningkat 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 menjadi sekitar 27 ribu sites.

*Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo*

Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB). Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Bacaleg Dapil 3 DKI Jakarta Dr Togar Situmorang Gelar Jum’at Berkah, Bagi Makanan Gratis Kepada Masyarakat Kp Sungai Begog

Published

on

Bacaleg dapil 3 Dki Jakarta dari Partai Demokrat ,Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Bacaleg Dapil 3 DKI Jakarta dari Partai Demokrat ,Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA. Kembali berbagi, dengan melakukan kegiatan Jumat berkah, di Kp. Suangi Begog, Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing , Jum’at (02/02/2024).

Dalam kegiatan Jumat Berkah ini,  Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA.Membagikan nasi kotak pada warga di wilayah Kp. Sungai Begog Pembagian nasi kotak ini disambut antusias warga sekitar.

“Semoga dengan paket makan siang ini, bisa sedikit mengurangi beban warga,” ucap Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA.

Lebih lanjut, Artis Clara Gopa menyampaikan, ini adalah salah satu bentuk kepedulian bapak Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA.kepada masyarakat, dengan cara membagikan Nasi Box kepada Warga Kp. Sungai Begog

“Kami ingin keberadaan kami bisa berguna dan bermanfaat untuk warga, dan semoga apa yang menjadi Hajat Pak Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.MED, CLA. dapat dikobul, ammin yra,” pungkasnya. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Togar Situmorang, Berharap Artis Raffi Ahmad Segera Melaporkan Harta Kekayaannya pada PPATK

Published

on

Advokat dan Bacaleg DPR RI Dapil 3 DKI Jakarta dari Partai Demokrat Dr. Togar Situmorang. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Advokat dan Bacaleg DPR RI Dapil 3 DKI Jakarta dari Partai Demokrat Dr. Togar Situmorang sangat menyayangkan prilaku yang telah dilakukan oleh Hanifa Sutrisna yang mendesak KPK dan pihak berwajib baik itu Kejagung RI serta Bareskrim Polri untuk memeriksa aliran transaksi uang Artis Nasional Raffi Ahmad.

“Apalagi dikatakan ada dugaan tindak pidana pencucian uang dan penerimaan gratifikasi oleh pejabat-pejabat negara yang menitipkan kekayaan atau dana pada oknum pemilik RANS ini,” ungkap Dr. Togar Situmorang.

Advokat dan Bacaleg DPR RI dari Partai Demokrat Menjelaskan Unsur Unsur tindak pidana pencucian uang dalam ketentuan yang termuat di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) secara umum terdiri atas upaya menyembunyikan dan menyamarkan harta kekayaan atau aset hasil tindak pidana.

Advokat dan Bacaleg DPR RI Partai Demokrat ini menyarankan agar Raffi Ahmad untuk segera menyampaikan laporan transaksi keuangan yang dimilki kepada PPATK.

“Raffi Akhmad tidak perlu khawatir atas pelaporan yang disampaikan kepada PPATK karena dalam Pasal 29 UU TPPU mengatur ketentuan bahwa Pihak Pelapor tidak dapat dituntut secara perdata maupun pidana karena akan sangat membantu menjaga dari risiko reputasi dan risiko hukum bagi Raffi Akhmad,” tutup Dr. Togar Situmorang, SH,MH,MAP, CMED,CLA,CRA. (Azs)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Caleg DPRD Partai PKN Dapil 10 No Urut 1 Siap Memenangkan

Published

on

Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Caleg DPRD penyampaian visi misi politiknya dihadapan warga. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Caleg DPRD penyampaian visi misi politiknya dihadapan warga jika Tuhan Yang Maha Kuasa merestuinya menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, dia siap kembali pada rakyat dan Gajih anggota DPRD untuk membantu masyarakat. Artinya, seorang wakil rakyat itu bukan menjadi penguasa. Namun pelayan rakyat dan harus mengabdi untuk kepentingan masyarakat luas.

Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI mempertegas maju bertarung menjadi caleg di Dapil 10 Jakarta Barat bukan latar belakang sifat ambisius. Namun dia terpanggil ingin menjadi wakil rakyat di Jakarta, karena ingin memperjuangkan rakyat.

“Padahal APBD DKI Jakarta itu paling tertinggi di Indonesia, namun hak, khususnya rakyat miskin masih banyak yang belum terpenuhi dari Pemprov DKI Jakarta,” ucap Taem Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI

Karena itulah, Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI menyampaikan program program Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI kepada warga jika dirinya dipercaya menjadi anggota DPRD Dki

1. Fasilitasi *Aksi Tanggap Darurat:* kami sediakan Mobil Operasional Layanan Masyarakat untuk mengatasi dan melayanani masyarakat agar lebih cepat & efektif dalam menangani situasi Tanggap Darurat.

2. Fasilitasi *AKSI MODAL BERGULIR UMKM* Pengembangan UMKM melalui dana bergulir, dapat mendukung program-program seperti ;

– Pelatihan kewirausahaan
– Pendampingan usaha
– Pengembangan produk
– Peningkatan kualitas produksi, dan
– Peningkatan akses pasar untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usahanya.

*- Bimbingan produk knowledge dan Personal Branding*

*- Bimbingan untuk Digital Marketer Online*

3. *Fasilitasi Program Pendampingan Akses Kesehatan dan Pendidikan* agar masyarakat lebih mudah mendapatkan penanganan dengan adanya pendampingan serta ruang pengaduan terkait kesejahteraan dengan kartu *STRIP*

4. *Fasilitasi Bantuan Hukum untuk masyarakat Jakarta Barat* dengan adanya pendampingan dan pengaduan kami sediakan fasilitas tersebut agar masyarakat mendapatkan ketetapan hukum dan hak yang pasti dengan adanya Sinergi Advokat & Law Office yang Legalitas yang kami miliki, masyarakat Jakarta Barat mendapatkan Hak Hukum yang Pasti.

5. *Fasilitasi Subsidi Bergulir Murah Sembako ( Minyak Goreng, Beras dll )* sarana dan prasarana dengan adanya Sinergi dengan Petani, Agen, Koperasi Kesejahteraan Jakarta Barat Dapil 10 lebih fokus dan spesifik dalam menangani pengadaan Sembako Murah.

6. *Fasilitasi Yatim Piatu & Dhuafa Bergulir setiap Kecamatan Jakarta Barat* program sosial ini kami adakan agar selalu tercipta keberkahan dan tercipta orang orang baik di Jakarta Barat Dapil 10 tanpa melihat status sosial, agama, maupun budaya.

7. *Bonus Track GABRUK* PROGRAM TERUJI & TERBUKTI ; Kami memiliki TEAM AHLI Profesional dalam Observasi, Riset dan Cepat Tanggap di Bidangnya !! Mungkin Belum ada di CALEG lain yang berani memutuskan untuk pengabdian kepada Masyarakat Jakarta Barat Dapil 10 dengan bukti yaitu *GABRUK ( GAJI BUAT RAKYAT UNTUK KESEJAHTERAAN )*

Kemudian, Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI mengatakan dia siap melakukan kontrak politik diatas materai kepada warga apabila rakyat memilihnya menjadi wakil rakyat. Artinya, kalau dia terpilih namun mengingkari janji politiknya, maka rakyat berhak melakukan gugatan politik. Dengan cara membawa berkas perjanjian kontrak politik tersebut ke DPP Partai PKN

“Sehingga saya bisa mendapatkan sanksi keras dari partai saya atau bisa sampai pemecatan saya menjadi wakil rakyat,” tegasnya Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI

“Team Tri Prasetyo Utomo, SH, SKM, M.SI Meninta warga agar siap mendukung dirinya di Pemilu 2024. Serta berharap, kalau dia terpilih menjadi wakil rakyat supaya tetap berkomitmen dengan janji politiknya untuk membela kepentingan orang miskin,” tutupnya. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Entertainment

Intimate Concert Bunga Bunga Rindu : Dian Piesesha Sukses, Megah dan Meriah Penuh Nostalgia

Published

on

Penyanyi legendaris era 80an, Dian Piesesha, menggelar konser bernama “Intimate Concert Bunga Bunga, 45 Years Bunga Bunga Rindu”. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Penyanyi legendaris era 80an, Dian Piesesha, menggelar konser bernama “Intimate Concert Bunga Bunga, 45 Years Bunga Bunga Rindu” di Ballroom Hotel Acacia Jakarta pada Sabtu, 27 Januari 2024. Acara ini menjadi momen spesial yang mempertemukan penggemar dengan nuansa nostalgia musik Indonesia.

Konser yang digelar Dian Piesesha turut dimeriahkan oleh penyanyi senior seperti Obie Messakh, Eva Solina, dan Wahyu OS, serta diiringi oleh penampilan band Devian Zikri dan Friends, dengan Penyelenggara Konser “HENRY & YOU CHANNEL – KASET80AN”

Acara dimulai pukul 20.00 WIB dengan pembukaan yang khusyuk, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pemain saxophone dan band Devian Zikri yang membawakan beberapa lagu hits milik Dian Piesesha.

Penyanyi Obbie Messakh tampil memukau dengan membawakan lagu-lagu populer seperti “Kau Tercipta Bukan Untukku,” “Lebih Baik Sakit Gigi,” dan “Kisah Kasih Di Sekolah.” Penampilannya sukses membangkitkan kenangan dan melibatkan penonton dalam suasana bernostalgia.

Dian Piesesha menggelar Intimate Concert Bunga Bunga, 45 Years Bunga Bunga Rindu

Tidak hanya itu, Obbie Messakh juga berduet dengan penyanyi era 80an, Eva Solina. Mereka membawakan lagu-lagu keemasan seperti “Memory Yang Indah” dan “Melody Memory,” membawa suasana kembali ke era 80an dengan tembang lawas yang menghadirkan kenangan indah.

Sebelum Dian Piesesha tampil, penyanyi Wahyu OS juga memberikan penampilan memukau dengan lagu-lagu populer pada masanya seperti “Senandung Doa” dan “Ingin Memiliki.”

Setelah penampilan ketiga penyanyi senior, suasana konser sempat hening sejenak sebelum muncul video cuplikan perjalanan karir Dian Piesesha. Penyanyi asal Bandung ini memasuki Ballroom Hotel Acacia Jakarta dengan lagu “Tak Ingin Sendiri,” menyapa penggemar, sahabat, dan tamu khusus yang hadir.

Dian Piesesha, yang berusia 63 tahun, menyampaikan rasa syukur karena masih diberikan kesehatan untuk menggelar konser tersebut. “Saya tidak tahu, lagi ini seperti ada jalan Tuhan. Saya dikenal orang Dian Piesesha, tapi jika Tuhan sudah berkehendak lain, saya akan menjadi Diah Daniar, itu nama asli saya,” ujarnya dengan penuh emosi.

Konser ini membawa suasana kembali ke era 80an, dihadiri oleh penonton dan tamu undangan dengan usia rata-rata di atas 50 tahun. Dian Piesesha memukau dengan membawakan beberapa lagu populer dari tahun 80 hingga 90an, seperti “Permata Hati,” “Kuncup Hati Layu Pasti,” “Satukan Hati Kami,” “Engkau Segalanya Bagiku,” dan tentu saja “Bunga Bunga Rindu.”

“Intimate Concert Bunga Bunga, 45 Years Bunga Bunga Rindu” ditutup dengan penuh semangat, diiringi oleh lagu-lagu hits seperti “Ingin Hidup Sendiri” dan “Cintamu.” Para penonton terlihat tak lelah untuk terus bernyanyi bersama Dian Piesesha, mengukir kenangan indah dari masa kejayaan musik Indonesia era 80an. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Irwan Effendy Caleg DPRD DKI Hadiri Acara Isra Mi’raj di Mushollah Baitul Hasanah

Published

on

Irwan Effendy Caleg DPRD DKI Dapil 9 Jakarta Barat, Nomor Urut 8 dari Parta PAN menghadiri acara Isra Mi'raj 1445 Hijriah di Musholla Baitul Hasanah. (Foto/Ist)

JAKARTA, Suaraborneo.com – Dalam rangka memenuhi undangan dari masyarakat, Irwan Effendy Caleg DPRD DKI Dapil 9 Jakarta Barat, Nomor Urut 8 dari Parta PAN menghadiri acara Isra Mi’raj 1445 Hijriah di Musholla Baitul Hasanah, Jalan Sawah Lio RT. 012/006 Kel. Jembatan Lima, Kec. Tambora, Jakarta Barat, Kamis (25/1/2024) malam.

Pada acara tersebut, Irwan Effendy mendapati sambutan antusias dari warga setempat dan juga jamaah Mushollah Baitul Hasanah sekaligus di iringi marhaban yang di bawakan oleh tim hadroh Risbah Junior pimpinan Ustadz Rojak dan Erwin.

Pengurus Mushollah Baitul Hasanah maupun panitia Isra Mi’raj menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Irwan Effendy Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 9 Jakarta Barat, beserta para rombongan yang sudah meluangkan waktu dibalik kesibukannya.

“Terima Kasih atas kehadiran bapak Irwan Effendy, ini suatu kebanggaan bagi kami masyarakat khususnya jamaah mushollah Baitul Hasanah, yang sudah mau meluangkan waktunya, semoga apa yang diimpikan dapat terwujud dan terlaksana,” ujarnya.

Ditempat sama, Irwan Effendy juga menyampaikan beribu terima kasih kepada warga setempat, khususnya jamaah Mushollah Baitul Hasanah yang sudah memberikan kesempatan pada acara yang sangat spesial ini.

“Alhamdulillah, terimakasih atas undangan warga masyarakat RT. 012 khususnya Jamaah Mushollah Baitul Hasanah atas acara Isra Mi’raj ini, karena acara ini adalah momen bagi kita selain untuk bersilaturahmi tentunya memperkuat ukhuwah islamiyah kita,” pungkasnya. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer