Memiliki Banyak Keunggulan, Sawit Indonesia Ternyata Sudah Sustainable – SuaraBorneo.com
Connect with us
PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Jakarta

Memiliki Banyak Keunggulan, Sawit Indonesia Ternyata Sudah Sustainable

Published

on

Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI), Tofan Mahdi dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan komunitas Generasi Sawit Indonesia pada Talkshow GenSawit Corner Eps. 5. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Hingga tahun 2021, sawit masih menjadi komoditas ekspor strategis Indonesia dengan sumbangan devisa ekspor mencapai USD 35 miliar atau lebih dari Rp530 triliun, yang memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah industri minyak sawit Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Tofan Mahdi, Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan komunitas Generasi Sawit Indonesia pada Talkshow GenSawit Corner Eps. 5 yang bertajuk ‘Kenali Keutamaan dan Aspek Sustainability Minyak Sawit untuk Consumer Goods’ di Aloft Hotel, Jakarta pada (31/10/2022).

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yang diikuti lebih dari 100 orang Mahasiswa/i yang berasal dari beberapa universitas di DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain mengikuti kegiatan talkshow tersebut, peserta kegiatan yang notabene merupakan Mahasiswa/i antusias dan aktif untuk bergabung menjadi anggota komunitas Generasi Sawit sebagai garda pemuda pembela sawit di Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan Tofan, selain sebagai penyumbang devisa negara terbesar, sawit juga disebut sebagai industri yang mampu meningkatkan sektor tenaga kerja. Bahkan, jumlah tenaga kerja langsung dan tidak langsung yang bergantung hidup kepada sektor industri sawit mencapai lebih dari 17 juta orang.

“Ketika dalam kurun 15-20 tahun terakhir dalam pasar minyak nabati dunia, pangsa pasar sawit menjadi nomor satu mengalahkan komoditas minyak nabati yang dihasilkan oleh negara-negara di benua Amerika maupun Eropa. Selama minyak sawit masih menjadi nomor satu dalam persaingan pasar minyak nabati global, tudingan bahwa minyak sawit merusak lingkungan dan lain sebagainya itu akan selalu ada,” kata Tofan.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh pemerintah maupun berbagai pihak dalam memastikan standar keberlanjutan dari industri sawit. Menurut Tofan, hal itu diupayakan untuk menjaga standar dari tingkat produksi maupun memperkuat pernyataan bahwa seluruh perusahaan sawit memiliki sertifikasi dalam menjaga mutu perusahaannya.

“Indonesia punya satu kebijakan yang sifatnya mandatori, yaitu Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) Certification dan itu bukan satu-satunya sertifikasi keberlanjutan. Banyak perusahaan yang menggunakan standar sertifikasi keberlanjutan yang sifatnya volunteery, misalnya ada RSPO dan lain sebagainya. Saya yakin salah satu tujuannya itu adalah mengurangi dampak yang ditimbulkan dengan proses yang bersifat pembangunan dan pemberdayaan di lingkungan yang ditanami kebun sawit,” katanya.

Sementara itu, Dr. Darmono Taniwiryono, Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) menyampaikan, sawit sebagai sumber minyak nabati paling sustainable baik dari segi ekonomi, yang dibuktikan dengan produktivitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan minyak nabati lainnya. Tidak hanya itu, dari segi lingkungan ungkap Dr. Darmono, kebun sawit paling adaptif terhadap keanekaragaman hayati.

“Saya contohkan, tidak akan ada harimau, gajah, buaya, ular yang hidup nyaman di bawah pohon kedelai, jagung, kanola atau bunga matahari, tetapi berbanding terbalik dengan di kebun sawit,” tegas Dr. Darmono.

Lebih lanjut dikatakan Dr. Darmono, dari satu hektar kebun sawit, tidak hanya menghasilkan minyak, tetapi juga menghasilkan biomassa lignoselulosa sebesar 28 kali dibandingkan biomassa kedelai. Terkait kampanye negatif yang dibuat oleh Uni Eropa, hal tersebut bertujuan untuk dua kepentingan ekonomi global yakni persaingan pasar minyak nabati dan upaya menadapatkan kredit karbon yang tinggi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Abdul Aziz, Wakil Pemimpin Redaksi Investor Daily yang menyampaikan bahwa kampanye negatif yang dilakukan Uni Eropa dan gencar disebarkan di media, baik dari aspek lingkungan maupun kesehatan harus di-counter dengan kegiatan sosialisasi yang masif.

“Kami melihat di media, sosialisasi dan counter terhadap isu negatif sawit harus terus dilakukan. Sehingga lambat laun, masyarakat internasional juga akan sadar bahwa sawit ternyata tidak seperti yang dituduhkan,” pungkas Aziz. [ad/rls]

Bagikan ke

Business

“Kuliner Indonesia Kaya” Ajak Pecinta Kuliner Jelajahi Keragaman Hidangan Di Jawa Timur, Kalimantan dan Lombok

Published

on

Mengulik ragam kuliner di Jawa Timur, Banjarmasin dan juga Lombok yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – www.indonesiakaya.com senantiasa menghadirkan berbagai tayangan menarik bagi para penikmat seni yang dapat diakses dimana saja. Pada bulan Ramadan 2024 ini, www.indonesiakaya.com kembali menyuguhkan web series yang senantiasa mengulik keragaman kuliner khas Nusantara mulai dari filosofi, cara, hingga tips memasak, yaitu Kuliner Indonesia Kaya. Kali ini, tiga episode terbaru dari web series yang hadir dalam format dokumenter ini, mengulik ragam kuliner di Jawa Timur, Banjarmasin dan juga Lombok yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya.

“Setelah sebelumnya kami mengulik keragam kuliner di Kudus, Yogyakarta, Cirebon, Makassar, Solo dan juga Minang, pada Ramadan 2024 ini kami mengangkat keragaman kuliner yang ada di Jawa Timur, Banjarmasin dan Lombok. Melalui web series Kuliner Indonesia Kaya kami ingin mengenalkan dan menambah pengetahuan para pecinta kuliner tentang keragaman masakan di Indonesia yang memiliki kelezatan, citarasa, dan nilai budaya yang berbeda dari tiap daerah. Semoga ketiga episode terbaru dari Kuliner Indonesia Kaya ini dapat menginspirasi, menambah wawasan dan meningkatkan minat para pecinta kuliner dengan keragaman yang ada,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com, Kamis (28/3/2024).

Di episode pertama yang ditayangkan sejak Kamis 21 Maret 2024, Kuliner Indonesia Kaya akan mengajak para pecinta kuliner untuk menyaksikan tiga hidangan khas dari ujung timur pulau Jawa. Bagi masyarakat Jawa Timur, kuliner bukan sekedar hidangan yang diwariskan, tapi budaya yang budaya yang mencerminkan karakter kerukunan keberagaman dan nilai kesantunan, seperti Bebek Songkem, dari Bebek Songkem Pak Salim, di Bangkalan, Madura yang mewakili rasa hormat yang diajarkan secara turun temurun.

Selain menjelaskan tentang filosofi dari Bebek Songkem, Bambang Hermanto, penerus generasi ketiga dari Bebek Songkem Pak Salim juga menceritakan tentang keunikan dari Bebek Songkem, “Keunikan dari Bebek Songkem adalah cara memasaknya. Setelah dibersihkan, bebek akan diberikan bumbu, dan sebelum dibungkus kepala bebek akan ditundukan yang berarti sungkem sebelum di bungkus dengan daun pisang. Selain itu, proses pengukusan Bebek Songkem juga tidak menggunakan air, tapi digantikan dengan uap dari batang pohon pisang yang telah dipanaskan.

Setelah menyaksikan keunikan dari Bebek Songkem, pecinta kuliner diajak untuk menyaksikan proses pembuatan Tajin Sobih dari Ibu Mardiah, seorang pedagang Tajin Sobih di Madura yang mendapatkan resep pembuatan Tajin Sobih dari Ibu Kandungnya. Selanjutkan pecinta kuliner diajak untuk menyaksikan keunikan dari proses pembuatan Pecel Semanggi, dari Bu Kemi seorang pedagang Pecel Semanggi.

Pada episode kedua yang akan ditayangkan mulai hari ini (28/3) pukul 17.00 WIB, para pecinta kuliner diajak untuk mengunjungi ragam kuliner yang ada di kota 1000 sungai, yaitu Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di episode ini, pecinta kuliner diajak untuk melihat kelezatan dan sejarah singkat Ketupat Kandangan yang dipadukan dengan Ikan gabus asap dari Ketupat Kaum Banjarmasin yang sudah didirikan dari tahun 1890. Selanjutnya pecinta kuliner diajak untuk melihat visualisasi menarik dari kuliner yang lahir dari proses akulturasi budaya, yaitu Mie Bancir yang dipadukan dengan suwiran ayam kampung, irisan dari telur bebek, daun seledri, dan bawang goreng dari Mie Bancir Khas Banjar Ala Agus Sasirangan. Di akhir episode, pecinta kuliner diajak untuk melihat sejarah singkat dan proses pembuatan Kue Bingka.

Netty Asistina, selaku generasi kedua dari Bingka Bunda yang telah berdiri dari 1984 mengungkapkan, “Bingka ini dihidangkan untuk acara-acara tertentu saja dan untuk orang-orang kerajaan atau acara adat. Sekarang kita sudah bisa menemukannya setiap hari, bisa kapan saja kita mau makan, sudah ada tersedia. Mudah-mudahan Kue Bingka dapat terus dilestarikan dan tetap menjadi salah satu ciri khas kuliner di Banjarmasin.”

Di pekan depan, tepatnya Kamis (4/4) pukul 17.00 WIB, episode ketiga dari Kuliner Indonesia Kaya akan membawa para pecinta kuliner untuk menyaksikan ragam kuliner yang ada di Lombok. Selama kurang lebih 10 menit, penikmat seni akan menyaksikan sejarah singkat dan proses pembuatan dari Babalung, Sate Rembiga dan Cerorot. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Kado Istimewa Jelang HUT ke-60, Bank Kalsel Boyong 3 Penghargaan di Ajang TOP BUMD Awards 2024

Published

on

Penghargaan diterima langsung Muhammad Amin (Asisten 2 Ekobang Pemprov Kalsel) mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Hatmansyah (Komisaris Utama Independen Bank Kalsel) dan Fachrudin (Direktur Utama Bank Kalsel). (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Tiga penghargaan yang berhasil diboyong pada ajang prestisius TOP BUMD Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business menjadi kado istimewa jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Bank Kalsel dan juga sebagai persembahan Bank Kalsel untuk Banua Kalimantan Selatan.

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan secara obyektif dan independen serta telah melalui proses uji kelayakan dan penjurian yang ketat, penghargaan yang diraih Bank Kalsel pada ajang tersebut adalah:
1. Top Pembina BUMD 2024, Sahbirin Noor – Gubernur Kalimantan Selatan
2. TOP BUMD Awards 2024 BUMD BPD #
Bintang 5, PT BPD Kalsel
3. TOP CEO BUMD 2024, Fachrudin

Prestasi gemilang tersebut diterima langsung oleh Muhammad Amin (Asisten 2 Ekobang
Pemprov Kalsel) mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Hatmansyah (Komisaris Utama Independen Bank Kalsel) dan Fachrudin (Direktur Utama Bank Kalsel) di Hotel Raffles Jakarta, Rabu 20 Maret 2024.

Aspek yang dinilai dalam proses penjurian antara lain implementasi tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), kemampuan manajemen dalam mengelola sumber daya manusia, peningkatan kinerja keuangan dan layanan serta yang paling penting adalah optimisme pemenuhan kecukupan Modal Inti Minimum (MIM) sebesar Rp3 triliun. Dimana tanpa harus menunggu akhir Desember 2024, MIM Bank Kalsel akan terpenuhi pada Bulan Maret 2024.

Fachrudin (Direktur Utama Bank Kalsel) menegaskan bahwa raihan ini merupakan kerja keras dan kerjasama dari seluruh pegawai serta komitmen yang luar biasa dari seluruh pemegang saham.

“Di ulang tahun Bank Kalsel yang ke-60 kami mengambil tema SEMARAK (Selalu Bersama untuk Bergerak) yang sejalan dengan penghargaan ini, dimana Bank Kalsel bersama dengan Pemprov dan seluruh Pemkab/Pemkot telah berkomitmen untuk memenuhi setoran Modal Inti Minimum sebesar Rp3 triliun dan Insya Allah pada hari ulang tahun Bank Kalsel 25 maret 2024 nanti akan tercapai lebih dari Rp3 tiriliun,” ungkapnya.

Senada dengan Fachrudin, Hatmansyah (Komisaris Utama Independen Bank Kalsel) mengaku bersyukur untuk kesekian kalinya Bank Kalsel menerima penghargaan dari Majalah Top Business, ini tentu sebagai kado khusus dan istimewa di ulang tahun Bank Kalsel.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh stakeholder, shareholder, seluruh pegawai, nasabah, mitra kerja dan pihak terkait lainnya, semoga ini menjadi motivasi Bank Kalsel untuk menjadi lebih baik lagi ke depan,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Amin (Asisten 2 Ekobang Pemprov Kalsel) mengucapkan terima kasih kepada Majalah Top Business atas penghargaan yang telah diberikan dan sangat mengapresiasi atas kerja keras dan prestasi yang diraih oleh Bank Kalsel.

“Kami berharap semoga dengan penghargaan yang kita dapatkan ini Bank Kalsel menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan Selatan,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Menurut Budi Satrio Kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Membawa Angin Segar Dunai Usaha Kita, Khususnya Koperasi

Published

on

Budi Satrio, Direktur Kemitraan Tim Ekonomi khusus Inkoppol (Induk Koperasi Kepolisan). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Budi Satrio, Direktur Kemitraan Tim Ekonomi khusus Inkoppol (Induk Koperasi Kepolisan) mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas kemenangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Alhamdulillah, dengan rasa syukur yang mendalam, kami ucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto dan Mas GibranGibran,” ungkapnya.

Rakabuming atas terpilihnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029, Budi Satrio di sela-sela menghadir acara pengumuman KPU di kediaman Prabowo Subianto di kawasan Jalan Kertanegara Keb Baru Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2024.

Menurut Ayah dari 6 putra putri ini,kedatanganya di rumah mantan Danjen Kopassus ini karena diundang secara pribadi oleh keluarga Sang Calon Presiden terpilih.

Menurut Budi Satrio kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,tentu membawa angin segar untuk dunai usaha kita,khususnya Koperasi.

“Koperasi adalah Soko Guru dunia usaha yang mumpuni dari kita untuk kita,sebagai direktur Kemitraan Tim Ekonomi khusus,saya harus aktif memajukan koperasi secara luas dalam menciptakan keuntungan bagi para anggotanya,” tambah Budi Satrio penuh semangat.

Terpilihnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden RI 2024-2029,sangat tepat demi untuk Indonesia Maju dan melanjutkan pembangunan yg sudah dirintis oleh Presiden Jokowi agar terus dilanjutkan, khususnya pembanguan di luar Pulau Jawa.

“Biar pembanguan kedepan tidak hanya di Pulau Jawa saja,tapi juga di Sumatra,Kalimantan,Sulawesi dan Papua,Karana Indonesia bukan hanya di Jawa saja,” ujar Budi Satrio berapi-api.

Sementara itu Calon presiden terpilih, Prabowo Subianto, menyampaikan pidato kemenangan di depan kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyampaikan terima kasih apresiasi kepada berbagai pihak, termasuk partai politik dan relawan.

“Saya Prabowo Subianto sebagai calon presiden bersama calon wakil presiden saudara Gibran Rakabuming Raka yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh ketua umum dan semua kader dari semua partai anggota KIM,” ujarnya.

Dalam acara yang juga dihadiri banyak tokoh-tokoh yang secara spesifik disebut Prabowo dalam pidato kemenangan tadi malam:

Ketua Umum Partai Golongan Karya: Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Amanat Nasional: Zulkifli Hasan
Ketua Umum Partai Demokrat: Agus Harimurti Yudhoyono
Ketua Umum Partai Bulan Bintang: Yusril Ihza Mahendra
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia: Kaesang Pangarep
Ketua TKN Prabowo-Gibran: Rosan Perkasa Roeslani
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran: Nusron Wahid
Ketua Harian Partai Gerindra: Sufmi Dasco Ahmad
Ketua Umum Partai Prima: Agus Jabo
Ketua Projo: Budi Arie Setiadi
Wakil Ketua Umum Partai Gelora: Fahri Hamzah
Sekretaris Jenderal PAN: Eddy Soeparno
Sekretaris Jenderal PSI: Raja Juli Antono
Sekretaris Jenderal Golkar: Lodewijk Paulus
Sekretaris Jenderal Demokrat: Teuku Rifky Harsya
Sekretaris Jenderal PBB: Afriansyah Noor
Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra: Hasim Djojohadikusumo
Wakil Ketua Umum Gerindra: Musa Bangun
Anggota Dewan Pembina Gerindra: Iwan Bule,,,dan masih banyak lagi tokoh tokoh yg lain.

Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada relawan dan para pendukungnya, terutama dari kalangan emak-emak.

“Begitu banyak relawan yang hadir. Terima kasih saudara,” ujar Prabowo.

Tak ketinggalan, Prabowo juga mengucapkan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan kenegarawanannya, beliau telah memberi contoh rekonsiliasi besar. Lawan beliau sekian tahun, 10 tahun ya,” katanya

“Beliau rangkul, bahkan beliau sangat mendorong saya. Sehingga saya hari ini menerima mandat dari rakyat. Jadi saya sampaikan penghargaan,ujarnya.

“Landasan yang kuat yang telah beliau bangun, khususnya bidang ekonomi, akan kita gunakan. Bekerja lebih keras membawa hasil secepat-cepatnya untuk rakyat Republik Indonesia,” kata Prabowo. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Kabar Gembira, Usulan CASN Kaltara Disetujui Menpan-RB

Published

on

Usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Sebanyak 1.468 usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dari Pemprov Kaltara mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dimana rincian usulan tersebut meliputi 1.403 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 65 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Asisten bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P. yang hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 mengungkapkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut sudah mendapat lampu hijau langsung dari Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas.

“Dalam mengusulkan formasi CPNS 2024 dan PPPK oleh Pemprov Kaltara tidak ada kendala teknis, hal ini karena semua pertimbangan tergantung langsung dari kebijakan kepala daerah yakni Gubernur,” kata Pollymaart.

Ia menyebutkan usulan formasi PPPK dan CPNS tersebut merupakan bentuk komitmen Gubernur dalam memperjuangkan Tenaga Non ASN yang telah lama mengabdi dalam perkembangan pembangunan dan kemajuan di Pemprov Kaltara.

Lanjutnya, karena ini menyangkut kebijakan pembiayaan, pertimbangan dan perhatian Gubernur akhirnya disetujui dan tinggal meneruskan ke pemerintah pusat dengan data pendukung, lalu mendapat respon positif yaitu disetujui usulan formasi tersebut.

“Semua komitmen Pak Gubernur dalam menyikapi permasalahan honorer, Pak Gubernur pasti mengusahakan yang terbaik untuk masyarakatnya, khususnya anak – anak Kaltara yang telah membantu pertumbuhan dan kinerja Pemprov Kaltara,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Andi Amriampa menjelaskan usulan tersebut disetujui. “1.468 disetujui semua, sesuai usulan yang disampaikan oleh Bapak Gubernur ke Menpan RB,” katanya melalui pesan Whatsapp, Kamis (14/3) malam.
(mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Entertainment

Artis Pendatang Baru dari Kota Semarang ‘Titto DNR’ Telah Meramaikan Dunia Musik Tanah Air

Published

on

Artis pendatang baru dari Kota Semarang Jawa Tengah telah hadir meramaikan dunia musik Tanah air, adalah Titto DNR. (Foto/Ist)

JAKARTA, Suaraborneo.com – Artis pendatang baru dari Kota Semarang Jawa Tengah telah hadir meramaikan dunia musik Tanah air, adalah Titto DNR, melalui karya karya barunya sudah bisa dinikmati dalam channel YouTube Titto DNR.

Tampil dengan warna yang berbeda, semua lagunya mengisahkan perjalanan cinta sejati yg dialaminya dalam kehidupannya Titto DNR.

Memulai bakat dunia seni bernyanyi dimulai sejak masih muda, ketika masih duduk di Bangku SMP kelas 3 dengan tampil dari panggung ke panggung bersama Viccolus Band dan Band Pemda Semarang sebagai Vokalis, tapi berhenti manggung sejak tahun 1990 karena dilarang sama keluarga khususnya Sang istri tercinta yg juga sangat dikenal sebagai artis film layar lebar Malvin Syahna.

Titto Dnr bercerita banyak panjang lebar tentang kariernya yang sempat berhenti sejak berumah tangga, semata mata karena demi mempertahankan keutuhan dan harmonisasi dalam keluarga agar tidak terjadi kesalah pahaman yg sangat fatal.

“Maklum dunia musik penuh dengan berita berita miring,” katanya penuh canda, lebih lanjut sang Penyanyi ini menuturkan bagaimana mengemas sebuah lagu untuk bisa dinikmati masyarakat secara luas,tentu dengan pengalaman yg telah dimiliki selama ini,menjadikan guru yg terbaik dalam berkarier.

“Sekarang kegiatan saya cukup berkarya dan berkarya,agar pikiran saya tetap fokus dan tidak neko neko,” ujar Titto yg semua usahanya dibidang Perhotelan kini 100% ia serahkan sang istri untuk mengelolanya.

“Ceritanya saya ingin kembali mengukir bakat yang lama terpendam di dunia musik dengan berkarya,lewat karya saya yg berjudul “Hidup Seorang Diri” semoga bisa dinikmati masyarakat secara luas,” ungkap Titto.

“Alhamdulilah sudah 11 ribu subscribe, harapan saya semoga terus banyak yang menonton,” tambah Titto Penuh semangat.

Hingga kini Tak kurang sudah sekitar 35 judul dan sudah 16 Lagu yang sudah dibuat video klip dan 3 lagu sedang proses pembuatan klip semua akan dinyanyikan sendiri, semua lagunya yang diciptakan mengisahkan perjalanan hidupnya dan cintanya kepada keluarga khususnya buat istri tercinta.

“Saat ini ada 3 buah lagu yang sedang di buat Video klip nya dengan judul : Kau yang Pertama,Sesiliana, dan Telah kau dustakan yang sedang dibuat oleh Onepro Production pimpinan Mas Sunarone yang sudah tidak asing lagi di dunia hiburan,khususnya lagu anak-anak sudah banyak artis papan atas yang berhasil dipopulerkan oleh Mas Sunarone,” imbuh Titto DNR.

Lebih Jauh Titto DNR menambahkan kembali ke dunia seni, karena ingin mengembangkan agar tetap kreatif dan tentunya juga mendapat dukungan termasuk istri tercinta Malvin Syahna.

Saya memang mempunyai darah seni dari ibu saya beliau seorang penyanyi Keroncong dari Jogja pada masanya, dan bapak saya dari Pacitan namun saya lahir di Semarang dan hingga saat ini menetap di semarang menutup pembicaraannya dunia musik saat ini, juga mendapat dukungan termasuk istri tercinta Malvin Syahna.

“Saya memang mempunyai darah seni dari ibu saya beliau seorang penyanyi Keroncong dari Jogja pada masanya, dan bapak saya dari pacitan namun saya lahir disemarang dan saat ini menetap di semarang hingga saat ini,” pungkasnya menutup pembicaraan. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia Deklarasikan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Published

on

Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Komunitas Driver Online baik roda dua maupun roda empat yang tergabung dalam Perkumpulan Armada Sewa (PAS) Indonesia mendeklarasikan Pemilu damai. Dalam pernyataan sikapnya, PAS Indonesia juga menyatakan menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi.

Deklarasi Pemilu Aman dan Damai ini dibacakan oleh ketua umum PAS Indonesia Wiwit Sudarsono di RM Teras Doevoet Duret Sawit Jakarta Timur, Senin (12/2/2024) . Deklarasi ini berisi lima poin sebagai bentuk dukungan driver online untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Poin-poinnya adalah mengajak semua komponen untuk melaksanakan pemilu damai, menolak provokasi, dan menangkal hoaks,” kata ketua PAS Indonesia Wiwit Sudarsono kepada wartawan, sebelum deklarasi dilakukan.

Secara lengkap isi deklarasi ini adalah mengajak segenap lapisan masyarakat menyukseskan Pilpres dan Pileg 2024 yang aman dan damai. Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi. Di samping itu, bersama-sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Adapun poin keempat, Bersama-sama berkomitmen menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan tertib berlalulintas. Poin terakhir adalah mendukung pemulihan perekonomian nasional melalui sektor transportasi online.

“Situasi Kamtibmas yang kondusif tersebut sebagai bagian dari jaminan kelancaran transportasi yang manfaatnya akan dirasakan oleh teman-teman driver online dan dapat membantu memulihkan maupun meningkatan perekonomian Nasional,” ungkap Wiwit.

Wiwit berharap kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih nantinya dapat memberikan perhatian lebih kepada para mitra aplikasi transportasi berbasis daring tersebut khususnya mengenai payung hukum bagi mereka sehingga ada kepastian hukum terhadap kesejahteraan driver online.

“Harapan kami pemerintah yang akan datang lebih memperhatikan nasib kami dari segi regulasi karena selama ini perlindungan hukum untuk pelaku usaha transportasi berbasis aplikasi sangat minim sekali, setidaknya kami mengharapkan percepatan pembahasan RUU transportasi daring,” pungkas Wiwit. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Entertainment

KOONGWORLD’ Menggelar Acara Mendengarkan Musik Gratis

Published

on

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Platform perdagangan langsung musik global ‘KOONGWORLD’ akan mengadakan acara mendengarkan musik gratis untuk layanan musik seperti K-POP, OST K-Drama, dan K-BGM.

Platform berbagi musik asal Korea Selatan, Koong World, berfokus pada penggunaan tokenisai, alias NFT (token non-fungible), untuk perlindungan hak cipta dari musik di dalamnya.

Dengan tokenisasi ini, para musisi tidak perlu khawatir lagi untuk memasang karya mereka di platform karena pelanggaran hak cipta akan benar-benar dijauhi dari platform ini.

KoongWorld pun telah menjadi andalan para musisi di negeri K-Pop tersebut sejak tahun 2021, dengan membagikan 80 persen royalti secara bersih ke musisi yang menggunakan platform.

Selama acara gratis ini, “KOONGWORLD” mengumumkan bahwa mereka akan membayar layaann streaming yang akan memberikan hak untuk menikmati musik gratis kepada semua pengguna di seluruh dunia.

KOONGWORLD adalah platform musik baru yang menampilkan ‘cara langsung’ di mana pengguna mengunggah musik mereka dan menggunakan penjualan langsung.

Mendengarkan K-POP gratis pada acara tersebut tersedia untuk siapa saja di halaman resmi ‘KOONGWORLD’ (https://koong.world).(Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Berbagi Kasih Lewat Angpao Ci Akim Tradisi Turun Menurun dari Para Leluhurnya

Published

on

Keluarga Akim Oei atau biasa akrab disapa Ci Akim. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Berbagi angpao tiap Imlek,merupakqn bagian dari tali kasih yg sudah menjadi bagian dari para leluhur dan turun-menurun dilakukan oleh keluarga Akim Oei atau biasa akrab disapa Ci Akim. Bukan hanya dicontohkan ibu-bapaknya, tapi juga sudah dilakukan oleh kakek-neneknya. Tradisi berbagi tersebut sudah mendarah-daging dalam kehidupannya, bahkan hingga ia sudah bercucu.

Niat untuk berbagi rezeki tiap Perayaan Imlek, menjadi salah satu motivasi baginya dalam menjalankan bisnis. Semakin sukses bisnis, tentu semakin banyak pula angpao yang bisa dibagikan, serta semakin banyak pihak yang menerima angpao.

Seperti yang dilakukan pada hari Sabtu , 10 Februari 2024 Ci Akim merayakan Imlek di rumahnya yang asri dikawasan Bekasi, Jawa Barat. Keluarga, kerabat, sahabat, teman, dan para undangan lainnya memenuhi rumah megah Ci Akim.

Dengan penuh suka cita, Ci Akim membagikan angpao ke tiap tamu yang hadir. Penerima angpao tentu saja menyambutnya dengan senyum sumringah. “Semua ini merupakan bagian dari rasa syukur saya, tiap Imlek. Saya percaya, tradisi berbagi rezeki yang diturunkan ibu-bapak saya, berperan besar bagi kelancaran bisnis yang saya jalankan,” ungkap Ci Akim dengan rendah hati

Imlek menjadi momen suka cita, keberkahan dan berbagi kebahagiaan. Tak hanya berbagi angpao, beragam menu sajian makanan dan minuman pun tersedia untuk dinikmati pengunjung yang hadir di acara open house imlek yang digelar Ci Akim. Bahkan Ci Akim pun larut dalam kegembiraan dengan ikut bernyanyi di panggung hiburan yang khusus disediakan guna menyemarakan suasana imlek yang penuh keberkahan. Tak hanya Ci Akim yang menebar kebahagiaan, beberapa artis dan penyanyi seperti Vonny Sumlang,Tessa Kaunang dan yang lain turut hadir ikut bernyanyi dan menari hingga turut menyemarakan kemeriahan suasana Imlek di kediaman Ci Akim.

Siapa sesungguhnya Ci Akim? Ia adalah sosok perempuan pekerja keras, yang tanpa sengaja masuk ke bisnis besi tua. Ia memulai bisnis tersebut benar-benar dari posisi tanpa tahu sama sekali tentang usaha besi tua. Pada awalnya, Ci Akim adalah pelaku usaha kuliner, spesialis nasi liwet khas Solo, Jawa Tengah.

Pada tahun 2007, seorang pelanggan kulinernya minta Ci Akim menawarkan produk aluminium ke suatu perusahaan. Sesuatu yang sangat jauh berbeda dengan bidang kuliner yang ditekuninya. Ci Akim menyambut kesempatan tersebut sebagai peluang. Orang yang ditemui Ci Akim di perusahaan tersebut, menolak tawarannya.

Akim Oei / Ci Akim
Ci Akim berkali-kali merevisi proposal penawaran, tapi yang bersangkutan selalu menolak, dengan alasan proposal itu tidak fisibel. Tertutup kah peluang? Tidak. Ternyata, kegigihan Ci Akim, justru mendatangkan peluang baru. Pihak yang “selalu menolak” itu, kemudian berbalik menawarkan peluang baru kepada Ci Akim.

Singkat cerita, Ci Akim diminta untuk menawar besi tua milik seseorang di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, rupanya peluang itu mengantarkan Ci Akim ke satu situasi di luar dugaannya. Ia harus menghadapi orang Jepang yang ada di Dawuan, yang ternyata memiliki banyak besi tua.

Dalam bisnis perbesian, besi tua kerap disebut Scrab. Kegigihan Ci Akim kembali diuji dan kali ini ia berhasil. Momen tersebut menjadi titik terang bagi perjalanan bisnis Ci Akim. “Itu pertama kali saya main besi, dan bisa ngangkat 3000 ton. Bos saya kaget dengan hasil kerja saya, saya pun tidak menyangka, berkat keberhasilan tersebut, saya dikasih mobil,” ungkap Ci Akim, bangga.

Bos yang dimaksud Ci Akim adalah pihak yang “selalu menolak” proposalnya sebelumnya. Akhirnya, Ci Akim  mendirikan perusahaan sendiri, yang fokus sebagai supplier Scrab. Dalam hal ini, ia menjadi CEO PT. Asri Jaya Mandiri (AJM), yang berkantor di kawasan Narogong, Bekasi Selatan.

Dalam konteks berbagi rezeki tiap Perayaan Imlek, rasa syukur atas keberhasilan bisnis itulah yang melandasi Ci Akim ikhlas membagi-bagikan angpao. Ia yakin, di balik tiap kesulitan, pasti ada peluang yang menjanjikan. (Azis)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan Di Seluruh Lini Bisnis, Pendapatan dan EBITDA Tumbuh Dua Digit di Tahun 2023

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perusahaan”) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023, termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023, Rabu (7/1/2024).

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.”

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di Region Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa). Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Kalisumapa mencapai 11,6 juta pelanggan, di mana sekitar 77 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet dengan total trafik data sebesar 1.889 Petabyte (PB). Selain itu, sepanjang 2023 jumlah BTS 4G di region Kalisumapa meningkat 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 menjadi sekitar 27 ribu sites.

*Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo*

Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB). Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer