Ekonomi Kuartal IV 2022 Ditopang Ekspor Hingga Konsumsi – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Ekonomi

Ekonomi Kuartal IV 2022 Ditopang Ekspor Hingga Konsumsi

Published

on

Ilustrasi Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Chief Economist PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Banjaran Surya Indrastomo meramal pertumbuhan ekonomi di kuartal akhir tahun lalu masih menyentuh di angka 5%, yakni sebesar 5,3% secara year on year (YoY).

Angka ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi pada Kuartal III-2022 yang berada di angka 5,72%. Namun, Banjaran bilang, angka tersebut masih mencetak nilai positif lantaran masih didorong oleh ekspor dan konsumsi.

“Surplus neraca perdagangan selama kuartal IV-2022 tercatat sebesar US$ 14,69 miliar, sedikit lebih rendah 1,40% QtQ (quarter to quarter/ kuartalan) dibandingkan surplus dagang kuartal III-2022 sebesar US$ 14,90 miliar,” ujar Banjaran kepada Kontan.co.id, Jumat (3/2).

Sementara dari sisi konsumsi, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) meningkat dari 117,20 pada akhir kuartal III-2022 (September) menjadi 119,90 pada akhir kuartal IV-2022 (Desember 2022).

Kemudian, Banjaran juga mencatat, Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia sedikit menurun dari 53,70 pada akhir kuartal III-2022 menjadi 50,90 pada akhir kuartal IV-2022. Namun, angka tersebut masih berada pada nilai yang positif untuk menunjang perekonomian.

Selain itu, daya beli masyarakat juga semakin membaik setelah mengabsorbsi efek kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada September 2022 lalu, di mana inflasi pada akhir kuartal IV-2022 sebesar 5,51% YoY sudah membaik jika dibandingkan dengan akhir kuartal III-2022 yang sebesar 5,95%.

Selain didorong oleh faktor konsumsi dan ekspor, Banjaran juga menyampaikan bahwa efek musiman seperti perayaan natal dan tahun baru (Nataru) serta cuti dan libur sekolah juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2022.

Ia mengutip dari data Kementerian Perhubungan, terdapat 8,32 juta penumpang angkutan umum yang bepergian pada masa libur natura, yakni dari periode 19 Desember hingga 30 Desember 2022. Angka tersebut meningkat 41,59% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang hanya 4,86 juta penumpang.

“Tetapi perlu diperhatikan bahwa pertumbuhan kuartal IV-2022 juga akan relatif lebih kecil dibandingkan kuartal III karena adanya high base effect dari pertumbuhan pada tahun sebelumnya,” katanya.

Lebih lanjut, Ia memperkirakan Produk Domestik Bruto (PDB) riil untuk kuartal IV-2022 sebesar Rp 2.996,1 triliun, sehingga total PDB 2022 diramal sebesar Rp 11.686,2 triliun, atau meningkat 5,09% dibandingkan Rp 11.118,9 triliun pada 2021. [ad-sb]

Bagikan ke

Balikpapan

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Terpenuhi Jelang Pemilu 2024 di Kalimantan

Published

on

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG Masa Pemilihan Umum 2024. (Foto/Ist)

BALIKPAPAN, SuaraBorneo.com – Menjelang Pemililhan Umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran BBM dan LPG Masa Pemilihan Umum 2024 yang aktif sejak 5 Februari 2024 kemarin dan akan bertugas hingga 18 Februari 2024 mendatang. Tujuan dibentuknya Satgas Pemilu yaitu untuk memonitor penyaluran dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) serta memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG tersedia bagi masyarakat di Kalimantan. Hal tersebut diungkapkan dalam keterangan pers oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, pada Senin (12/2).

“Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan mencatat selama periode 1 Januari hingga 10 Februari 2024, rerata konsumsi BBM di wilayah Kalimantan untuk produk Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) sekitar 7.867 KL/hari, untuk produk Gasoil (Solar dan Dex Series) sekitar 3.134 KL/hari dan rerata konsumsi untuk LPG sekitar 1.564 MT/hari. Sedangkan ketahanan hari akumulatif stok per tanggal 11 Februari 2024 ini untuk BBM jenis Gasoil sekitar 10 hari, Gasoline sekitar 13 hari dan LPG sekitar 6 hari. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi stok mencukupi dan dalam keadaan aman,” ujar Arya.

Selain itu, Arya menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan BBM dan LPG karena Patra Niaga akan selalu memastikan distribusi BBM dan LPG berjalan dengan lancar dan aman. “Pertamina Patra Niaga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti aparat kepolisian, Dishub, BPH Migas, serta Pemerintah Daerah dalam pengamanan kondisi selama Pemilu 2024 ini,” ungkapnya.

Meskipun stok dipastikan dalam keadaan aman, Pertamina Patra Niaga tetap menghimbau masyarakat untuk menggunakan energi dengan bijak yaitu bagi masyarakat yang mampu secara ekonomi tidak menggunakan BBM atau LPG bersubsidi. “Hal ini terus kami gaungkan ke masyarakat agar program subsidi tepat sasaran baik untuk BBM dan LPG berjalan dengan efektif sehingga masyarakat yang memang berhak menikmati subsidi bisa mendapatkannya dengan mudah,“ tambah Arya.

Sebagai sub holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga tentunya akan terus berkomitmen memastikan kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

“Bagi konsumen atau masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait proses bisnis Pertamina Patra Niaga termasuk yang terkait dengan kegiatan Satgas Pemilu dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” tutup Arya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Ekonomi

Jalin Silaturahmi Mempererat Kolaborasi, KPw BI Kalsel Gelar Capacity Building Jurnalis Ekonomi 2024

Published

on

Kepala KPw BI Kalsel Wahyu Pratomo, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Fadjar Majardi , Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern, Robi Ariadi dan Foto Bersama. (Foto/Ist)

DENPASAR, SuaraBorneo.com – Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Wahyu Pratomo hadir sebagai pembukaan Capacity Building Jurnalis Ekonomi BI Kalsel 2024, diikuti oleh 28 media, baik dari elektronik, cetak maupun media online, bertempat di Aula Golden Tulip Hotel, Denpasar, Bali (6/2/2024).

“Ini kali kedua bisa bertemu dengan teman-teman jurnalis Kalsel, dunia yang berubah dengan arus digitalisasi, harus disikapi oleh semua pihak,” ungkapnya.

Wahyu Pratomo menyampaikan, ada satu nilai yang harus dipertahankan yaitu integritas dan stabilitas. “BI menempatkan komunikasi sebagai bagian dari bauran kebijakan, yang bertujuan meningkatkan efektivitas kebijakan bank sentral,” ujarnya.

Kemudian ia mengatakan, Undang-undang (UU) No.4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) memberi amanat kepada BI untuk mencapai 3(tiga) tujuan mulia, yaitu ;
Pertama, mencapai stabilitas nilai rupiah. Kedua, memelihara Sistem Pembayaran dan Ketiga, turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan.

“Di tahun 2024-2025 ada tiga hal yang akan kita perkuat pertama, Transformasi, kedua Digitalisasi dan ketiga Leadership atau kepemimpinan,” katanya.

Moneter dan Keuangan lanjutnya merupakan proses transformasi yang dijalankan oleh Bank Indonesia.

“Untuk mencapai ketiga tujuan tersebut, BI senantiasa menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas dan independensi,” jelas Wahyu.
Salah satu komunikasi yang dilakukan BI adalah pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG).

“BI tidak bisa bergerak sendiri. Disana ada peran serta media yang bertugas untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat luas,” bebernya.

Menurutnya, terkait dengan transformasi ekonomi di Kalsel, masih ektraksi pada sektor tambang dan perkebunan. Sehingga BI mendorong Ekonomi Hijau yang berkelanjutan.

Segenap stakeholder dan juga media di Kalsel bersama-sama direalisasikan di lapangan. Program kebijakan BI ada satu nilai kita yang dimasyarakat. inisiatif hijau sharing oleh para jurnalis

“Kebijakan program dan masukan dari media. Kita adakan lomba penulisan, hal-hal terkait dengan area perhatian bank Indonesia,” tambahnya.

Dengan adanya Forum silaturahmi Jurnalis bisa mempererat, kolaborasi dan kebersamaan dengan jurnalis ekonomi di Kalsel.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sinergi kebijakan Bank Indonesia bisa tersampaikan dengan baik,” pungkas Wahyu. [ad-sb]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan Di Seluruh Lini Bisnis, Pendapatan dan EBITDA Tumbuh Dua Digit di Tahun 2023

Published

on

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perusahaan”) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023, termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023, Rabu (7/1/2024).

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.”

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di Region Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa). Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Kalisumapa mencapai 11,6 juta pelanggan, di mana sekitar 77 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet dengan total trafik data sebesar 1.889 Petabyte (PB). Selain itu, sepanjang 2023 jumlah BTS 4G di region Kalisumapa meningkat 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 menjadi sekitar 27 ribu sites.

*Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo*

Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB). Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Gelar RUPS Tahunan Buku 2023 Dan RUPS LB 2024

Published

on

Acara ini dihadiri oleh para pemegang saham, termasuk Gubernur Provinsi Kalsel, Walikota, Bupati, dan perwakilan dari 13 Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai pertanggungjawaban atas kinerja sepanjang tahun 2023 dan untuk penetapan garis besar kebijakan 2024, Bank Kalsel mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk Tahun Buku 2023 dan RUPS Luar Biasa (LB) Tahun 2024 pada Rabu, 31 Januari 2024, di Hotel Rattan In Banjarmasin.

Acara ini dihadiri oleh para pemegang saham, termasuk Gubernur Provinsi Kalsel, Walikota, Bupati, dan perwakilan dari 13 Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan selaku pemegang saham. Seluruh pemegang saham sepakat menerima Laporan Pengawasan, Laporan Permodalan, dan Pembagian Laba/Hasil Usaha, termasuk dividen, yang disampaikan oleh Dewan Komisaris dan Direksi Bank Kalsel.

Dalam laporan pertanggungjawaban Direksi untuk tahun buku 2023, Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin, mengungkapkan pencapaian kinerja yang gemilang 2023 serta rasa optimisme menghadapi tahun 2024 dengan pencapaian yang lebih baik. Ini sejalan dengan misi Bank Kalsel untuk memperkuat ekonomi daerah di Kalimantan Selatan.

Fachrudin menyatakan, “Pada tahun 2023, Bank Kalsel berhasil mencapai target dan mengalami pertumbuhan bisnis yang sesuai dengan harapan meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan. Tahun ini harus menjadi lebih baik, terutama karena kita memproyeksikan bahwa Bank Kalsel pada tahun 2024 akan mampu mencapai Modal Inti Minimum (MIM) sebesar 3 Triliun Rupiah, sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).”

Bank Kalsel telah menyiapkan skenario pemenuhan MIM, termasuk dengan penyusunan Rencana Bisnis Bank (RBB) yang mencakup penetapan besaran laba dan pembentukan cadangan yang mencukupi. Selain itu, Fachrudin menegaskan, “Kami telah berkoordinasi dengan seluruh Pemerintah Daerah sebagai pemegang saham untuk menambahkan setoran modal. Untuk menjaga pencapaian skenario, kami juga harus memastikan bahwa kinerja tetap baik, memastikan pencapaian laba, dan memenuhi komitmen penambahan modal dari Pemegang Saham sesuai Peraturan Daerah yang telah disusun.”

Dalam RUPS kali ini, Bank Kalsel melaporkan kinerjanya selama tahun 2023. Aset mencapai Rp23,74 Triliun, tumbuh 11,19%, dan mencapai target RBB 2023 sebesar 98,56%. Kredit dan pembiayaan mencapai Rp14,78 Triliun, tumbuh 7,52%, dengan pencapaian target RBB 2023 sebesar 97,75%. Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp17,58 Triliun, tumbuh 3.54%, dengan pencapaian target RBB 2023 sebesar 98,30%. Giro mencapai Rp8,56 Triliun, tumbuh 22,91%, dengan pencapaian target RBB 2023 sebesar 99,68%. Tabungan mencapai Rp5,52 Triliun, tumbuh 18,24%, dengan pencapaian target RBB 2023 sebesar 113,82%. Modal Inti mencapai Rp2,75 Triliun, tumbuh 21,24%, dengan pencapaian target RBB 2023 sebesar 101,58%. Laba (sebelum pajak) mencapai Rp339,73 Miliar, tumbuh 4,76%, dengan pencapaian target RBB 2023 sebesar 93,93%.

Selama tahun 2023, Bank Kalsel berhasil menekan pertumbuhan Rasio Non Performing Loan (NPL) di bawah batas atas yang ditetapkan yaitu 5%, dengan NPL gross tahun 2023 sebesar 3,24%. Kondisi NPL atau kredit macet di Bank Kalsel dinilai masih tetap terjaga hingga saat ini.

Menyangkut kewajiban Bank Kalsel untuk memenuhi ketentuan regulator terkait Modal Inti Minimum (MIM) sebesar Rp3 Triliun, Bank Kalsel berhasil mencatatkan modal inti sebesar Rp2,75 Triliun per Desember 2023. Nilai ini meningkat dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp2,26 Triliun.

Fachrudin lebih jauh sangat optimis bahwa Bank Kalsel pada HUT ke-60 dalam tahun ini akan sudah mampu memenuhi MIM Rp.3 Triliun. Komisaris Utama Bank Kalsel, Hatmansyah, menyampaikan rasa optimis dan dukungan terhadap manajemen Bank Kalsel dalam menghadapi tahun 2024.

“Saya yakin Bank Kalsel siap mencapai target yang telah ditetapkan untuk tahun 2024. Penerapan Tata Kelola yang konsisten dan terarah diharapkan mampu mendorong Bank menjadi lebih baik, Bank Kalsel senantiasa mengembangkan dan meningkatkan budaya perusahaan yang kondusif dalam rangka penguatan atas penerapan Good Corporate Governance (GCG) di lingkungan Bank, mulai dari para Pemegang Saham, jajaran Dewan Komisaris dan Direksi, serta seluruh karyawan, hal ini tercermin dari nilai Tingkat Kesehatan Bank (TKB) Bank Kalsel yang berada diperingkat 2 (dua) selama 3 (tiga) tahun terakhir. Itu semua tentu menjadi faktor kekuatan Bank Kalsel untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih maju lagi,” ungkap Hatmansyah.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, menyampaikan apresiasi terhadap Bank Kalsel sebagai Badan Usaha milik Pemerintah Daerah yang berhasil bertransformasi dan mengharapkan Kepada Dewan Komisaris dan agar melakukan pengawasan dengan cara yang lebih efektif agar Bank Kalsel dalam proses bisnisnya dapat mendukung ekonomi daerah serta Jajaran Direksi agar memperhatikan benar-benar langkah dan strategi untuk mendukung penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor, saya berharap kepada Bank Kalsel terus berinovasi baik dalam pelayanan perbankan maupun manajemen sumber daya manusia. Kedua hal ini sangat menentukan efektivitas proses bisnis, di mana Bank Kalsel memiliki peran sentral dan strategis dalam mendorong pertumbuhan perekonomian dan akselerasi pembangunan di Kalimantan Selatan,” pungkas Sahbirin. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Maju Pesat Usaha Bordir Sasirangan Hingga Mampu Memberi Lapangan Kerja Untuk Warga Sekitar

Published

on

Gerai NDF sasirangan di Sungai Tiung Cempaka dan Admin NDF sasirangan. (Foto/Ist)

BANJARBARU, Suaraborneo.com – Sasirangan adalah kain batik khas dari Kalimantan Selatan yang sudah di turunkan secara turun temurun dan memiliki ciri khas dengan berbagai macam komposisi dan aneka ragam corak yang mengagumkan.

Di era modern ini pembuatan sasirangan masih menggunakan cara manual untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, dari sasirangan yang sudah bermotif akan di padukan dengan bordir untuk menambah kesan eksotis dari kain sasirangan tersebut.

Dari sekian banyak pengrajin bordir sasirangan di wilayah Cempaka Banjarbaru, salah satunya milik Hj Imay, yang terkenal dengan NDF Sasirangan, di Desa Sungai Tiung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Di gerai NDF sasirangan tidak hanya menjual kain tetapi juga pengolahan dari bahan mentah hingga jadi kain sasirangan, dan kelebihan NDF sasirangan juga menyediakan sasirangan dengan motif Limited Edition.

Menurut keterangan dari Admin NDF sasirangan Farida, sebelum membuka gerai NDF sasirangan, pemilik NDF memiliki keterampilan menjahit atau bordir sudah di kuasai sudah sejak lama dan teruskan selalu ikut pelatihan sehingga bisa membuka Usaha Gerai NDF sasirangan yang sudah enam tahun berjalan.

“Dulu sebelum membuka gerai, ibu hobi menjahit Sprey orang perkawinan adat Banjar, dari dulu ibu sudah bisa membordir sebelum orang bisa membordir, setelah itu ibu ikut pelatihan proses bordir sasirangan dari Dinas Koperasi,” ungkapnya kepada awak media, Sabtu (20/1/2024).

Usaha makin maju Gerai NDF sasirangan saat ini memperkerjakan warga sekitar.

“Karyawan yang berkerja di tempat kami dari wilayah sekitar, dan karyawan saat ini berjumlah dua ratus, mereka memiliki tugas masing masing, dari awal membuat desain pola pada kain putih, menjahit menjelujur, memberi warna pada kain, hingga melepas benang ikatan jelujurnya hingga menyetrika,” katanya.

Farida juga menjelaskan harga kainnya bervariasi.

“Kain sasirangan ini harga mulai dari seratus delapan puluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung motif dan bahan kainnya, untuk Limited Edition yang kebanyakan menggunakan katun sutra sehingga harga menjadi mahal hingga mencapai satu juta lima ratus rupiah,” pungkasnya. (ad-sb)

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Wow! Pertamina Borong 8 Penghargaan Indonesia Green Awards 2024

Published

on

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menerima penghargaan di ajang Indonesia Green Awards 2024. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menerima penghargaan di ajang Indonesia Green Awards 2024 oleh Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi di Hotel Kempinski Jakarta. Perusahaan Energi ini menyabet 8 penghargaan di berbagai kategori.

Termasuk 2 unit operasi yang berkokasi di Provinsi Kalimantan Selatan yakni Integrated Terminal Banjarmasin dengan kategori The Promising – Mengembangkan Edukasi Perubahan Iklim dengan Program Masyarakat Siaga Bencana dan DPPU Syamsudin Noor dengan Kategori The Promising – Penanganan Sampah Plastik Program Hiling di Kasturi – Futuristik (Furniture dari Sampah Plastik).

La Tofi mengungkapkan, IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas. “Perusahaan menyisihkan sebagian dari laba perusahaan untuk mengelola kegiatan CSR, sehingga masyarakat mampu merasakan manfaat dari setiap Perusahaan,” jelas La Tofi, Rabu (17/1/2024).

Latar Belakang Program Kampung Siaga Bencana Kuin Cerucuk tidak terlepas dari wilayah ring 1 yang memiliki kerentanan resiko bencana banjir maupun kebakaran. Selain itu, Program Kampung Siaga Bencana (KSB) Kuin Cerucuk juga menjawab isu terkait dengan pengorganiran relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di wilayah Kelurahan Kuin Cerucuk. Program CSR ini merupakan salah satu upaya Pertamina bagi masyarakat melalui pengurangan resiko dan mitigasi bencana.

Selanjutnya, DPPU Syamsudin Noor mencanangkan program CSR bertema Penghijauan dan Pengelolaan Lingkungan (Hiling) dengan mengajak kelompok bank sampah Sumber Rezeki di RT 33 Kasturi, Kelurahan Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, untuk mengolah sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi dan utilitas tinggi. Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru bahwa terdapat 0,68 kg sampah yang dihasilkan perorang setiap harinya. Menjawab isu tersebut, Pertamina mendorong kreativitas masyarakat dalam pengolahan 3R (reduce, reuse dan recycle) sampah plastik.

Arya Yusa Dwicandra selaku Area Manager Comm,Rel & CSR Regional Kalimantan mengungkapkan apresiasinya kepada The La Tofi School of CSR yang telah memberikan penghargaan kepada Pertamina. “Semoga ke depannya kami dapat melakukan kontribusi yang lebih banyak lagi untuk lingkungan dan juga CSR bagi masyarakat,” tuturnya. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Penghargaan Transaksi MPN Terbanyak dari DJPB Provinsi Kalsel

Published

on

Penghargaan atas Jumlah Transaksi MPN G3 terbanyak diberikan langsung Kepala DJPB Provinsi Kalsel, Syafriadi, kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel terus memperkuat upayanya dalam memajukan transaksi keuangan berbasis digital dengan mitra-mitranya. Pada acara terbaru, bank ini mendapat pengakuan dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Kalsel yang memberikan penghargaan Terbaik dalam kategori Jumlah Transaksi Modul Penerimaan Negara (MPN) terbanyak untuk penilaian tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Digital Treasury And Cashless Society Collecting Agent 2024, yang digelar pada Selasa (16/1/2024) di Ruang Rapat KPPN Banjarmasin.

Penghargaan atas Jumlah Transaksi MPN G3 terbanyak diberikan langsung oleh Kepala DJPB Provinsi Kalsel, Syafriadi, kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin, di Ruang Rapat KPPN Banjarmasin, Jalan D.I Panjaitan No.10 Banjarmasin.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh DJPB Provinsi Kalsel kepada Bank Kalsel. Pada tahun 2023, Bank Kalsel berhasil mencatat sekitar 493.301 transaksi dari Pemerintah Daerah yang langsung terkoneksi dengan MPN.

“Penghargaan ini tentu akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan, teknologi, dan sistem, khususnya dalam mendukung Pemerintah Daerah dan mitra kerja lainnya dalam melakukan transaksi keuangan secara digital sesuai dengan arahan dari DJPB Provinsi Kalsel. Selain penghargaan, kami juga berkesempatan memaparkan rencana kerja dan pengembangan bisnis kami untuk tahun 2024,” ungkap Fachrudin.

Kepala DJPB Provinsi Kalsel, Syafriadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Perbankan untuk wilayah Provinsi Kalsel yang berhasil menerapkan MPN kepada nasabahnya. Ia berharap acara tersebut dapat memperkuat kolaborasi antara DJPB Provinsi Kalsel dan perbankan untuk mendukung program digitalisasi pembayaran berbagai program pemerintah yang didukung oleh APBD maupun APBN.

“Kolaborasi dan sinergi ini sangat penting agar kita dapat memastikan pembayaran berbagai program pemerintah yang disokong oleh APBD maupun APBN memiliki akuntabilitas yang semakin baik di masa mendatang” pungkas Syafriadi. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Business

Indosat Ooredoo Hutchison Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024

Published

on

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus berkomitmen memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience dengan menjaga performa jaringannya di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Didukung oleh 172 ribu BTS 4G di seluruh Tanah Air, pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 ini Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8.9% dibandingkan rata-rata periode hari normal.

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan, “Kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi kami. Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta.”

Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 8,4% pada 24 Desember 2023 dan 8.9% pada 31 Desember 2023 dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal. Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal. Sementara, di luar Pulau Jawa, kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi.

Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data. Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.

Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan. Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun 2024.

Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga turut disiagakan. Berbagai penawaran khusus dapat dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id.) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

“Upaya Indosat dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital sepanjang momen special perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Desmond. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Balikpapan

Tahun Baru 2024, Pertamina Kembali Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi

Published

on

Pertamina Patra Niaga kembali menjalankan komitmennya untuk melakukan evaluasi harga jual BBM non subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) secara berkala di awal tahun 2024. (Foto/Ist)

BALIKPAPAN, SuaraBorneo.com – Pertamina Patra Niaga kembali menjalankan komitmennya untuk melakukan evaluasi harga jual BBM non subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) secara berkala di awal tahun 2024. Penyesuaian ini mengikuti tren fluktuasi harga rata-rata publikasi minyak dunia, yakni harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus serta nilai tukar mata uang Rupiah.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra menyampaikan bahwa perubahan berkala menyesuaikan fluktuasi harga pada periode tanggal 25 hingga tanggal 24 pada bulan sebelumnya. Perubahan harga sesuai tren fluktuasi hal wajar dan boleh dilakukan oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi yang berlaku, dalam keterangan persnya pada Senin (01/01).

“Penyesuaian harga wajar mengikuti fluktuasi harga minyak dunia. Saat ini, tren harganya sedang turun, maka harga jual produk BBM non subsidi Pertamina yakni Pertamax Series dan Dex Series kembali turun berlaku 1 Januari 2024, setelah sebelumnya pada Desember lalu juga mengalami penyesuaian turun harga,” ujar Arya.

Untuk harga Pertamax disesuaikan turun harga menjadi Rp 13.500 per liter dari Rp 13.950, Pertamax Turbo menjadi Rp 14.750 dari Rp 15.700 per liter, Dexlite menjadi Rp 14.900 dari Rp 15.900 per liter dan Pertamina Dex menjadi Rp 15.450 dari Rp 16.550 per liter. Harga ini berlaku untuk seluruh provinsi di Kalimantan dengan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar 7,5%.

Penetapan harga baru ini sudah sesuai dengan formula penetapan harga sesuai Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

“Jadi, evaluasi harga sudah mengacu pada tren fluktuasi harga minyak dunia MOPS atau Argus dan perhitungannya sudah mengikuti formulasi harga dalam Kepmen ESDM, memang perubahan berkala harga BBM non subsidi akan selalu terjadi. Ini komitmen kami dalam memberitahu masyarakat bahwa harga produk BBM non subsidi Pertamina transparan terhadap tren minyak dunia,” lanjut Arya.

Arya menambahkan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina Patra Niaga akan senantiasa menjaga harga BBM yang kompetitif dan terjangkau bagi masyarakat hingga ke pelosok negeri, tidak hanya di perkotaan.

“Ini adalah wujud penyaluran dan penyediaan BBM berdasarkan prinsip Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability dan Sustainability, bagaimana kami menetapkan harga yang kompetitif bagi masyarakat sekaligus memastikan distribusi hingga pelosok negeri tetap dapat dilakukan dengan maksimal,” tutup Arya.

Untuk informasi lengkap mengenai seluruh harga produk Pertamina terbaru, masyarakat dapat mengakses website berikut https://mypertamina.id/fuels-harga atau dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer