Sosialisasi Aplikasi Simponi Desaku Digelar di Tarakan – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kaltara

Sosialisasi Aplikasi Simponi Desaku Digelar di Tarakan

Published

on

Launching aplikasi Simponi Desaku. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Utara melakukan sosialisasi aplikasi Simponi Desaku (Sistem Informasi Manajemen Pengolahan Data dan Pelatihan Terintegritasi Bagi Aparatur Desa di Kalimantan Utara) di Ruang Pertemuan lantai 4 SMAN 1 Tarakan, Kamis (22/2).

Launching aplikasi Simponi Desaku telah dilaksanakan pada 8 November 2023 lalu serta telah disosialisasikan dibeberapa tempat daerah di Kaltara untuk memaparkan aplikasi updating data dan pembelajaran secara daring (online) yang diperuntukkan aparatur desa yang ada di Kaltara.

Mewakili Gubernur Kaltara, Dr (HC). H. Zainal A Paliwang, M.Hum., Asisten bidang perekonomian dan Pembangunan Setprov Kaltara, Dr. Bustan, SE, M.Si, menyampaikan bahwa di Provinsi Kaltara terdapat 477 pemerintahan desa dengan jumlah aparatur desa sebanyak 3.296 orang dan hingga saat ini aparatur desa yang telah dibina oleh DPMD Provinsi Kaltara dalam peningkatan kapasitasnya pada kurun waktu 5 tahun terakhir sejak 2019 berjumlah 787 aparatur.

“Tentu jumlah ini masih sangat jauh dari target, oleh karenanya dengan adanya aplikasi Simponi Desaku diharapkan proses pembelajaran dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan pembinaan secara intensif,” ucapnya saat membacakan sambutan gubernur.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih atas antusiasme para peserta sosialisasi aplikasi Simponi Desaku yang terdiri dari 109 orang kepala desa/perangkat desa dan 15 orang camat dari Kabupaten Malinau, serta 32 orang kepala desa/perangkat desa dan 5 orang camatvdari Kabupaten Tana Tidung.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta kegiatan ini, untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujarnya. (mddkisp)

Bagikan ke

Kaltara

Pertemuan Pj Wali Kota Tarakan dengan 28 Guru Negeri Non ASN Untuk Mencari Solusi

Published

on

- Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., lakukan pertemuan dengan 28 guru negeri non ASN pada Sabtu, 11 Mei 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBirneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., lakukan pertemuan dengan 28 guru negeri non ASN pada Sabtu, 11 Mei 2024. Pada pertemuan yang berlangsung di ruang Imbaya Kantor Wali Kota ini, Pemkot Tarakan melalui Dinas Pendidikan memberikan solusi jangka pendek dan jangka panjang bagi 28 guru negeri non ASN.

Solusi jangka pendek yang diusulkan adalah tidak mengeluarkan guru-guru tersebut dari dapodik, menggantikan guru pensiun secara bertahap, dan mengisi sekolah dasar yang melakukan penambahan rombel pada tahun ajaran baru.

Sementara itu, untuk solusi jangka panjang, Pemkot Tarakan akan memberikan dukungan penuh kepada para guru untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka untuk lolos seleksi PPPK di masa yang akan datang. Pj. Wali Kota juga menegaskan kerja sama akan dijalin dengan Universitas Borneo Tarakan dalam penyelenggaraan PPG.

Pj. Wali Kota dalam kesempatan ini menegaskan komitmen Pemkot Tarakan untuk terus mencari solusi terbaik bagi 28 guru negeri non ASN, dengan mengikuti dan mematuhi perkembangan regulasi pusat yang berlaku.

Sementara itu berdasarkan UU No.20 Tahun 2023 tentang ASN, pegawai non ASN atau nama lainnya wajib diselesaikan penataannya paling lambat Desember 2024 dan semenjak uu ini mulai berlaku instansi pemerintah dilarang mengangkat pegawai non ASN. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Halal Bihalal Bubuhan Banjar di Gedung FKUB Kota Tarakan

Published

on

Dr. Bustan, S.E., M.Si., selaku Wali Kota Tarakan, menghadiri Halal Bihalal. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Dr. Bustan, S.E., M.Si., selaku Wali Kota Tarakan, menghadiri Halal Bihalal di Gedung FKUB Kota Tarakan bersama warga Banjar Tarakan dan Organisasi Kalimantan pada Kamis (9/5/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa tokoh seperti Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltara dan Ketua Organisasi Kalimantan. Dalam sambutannya, Dr. Bustan menyampaikan ucapan syukur atas kesempatan berkumpul dalam acara yang diberkahi ini, sambil menyertakan doa untuk keberkahan bagi Nabi Muhammad SAW.

Halal Bihalal bukan sekadar ritual, melainkan juga sebagai simbol persatuan, persaudaraan, dan saling maaf-memaafkan di antara seluruh peserta. Keberagaman warga Banjar Tarakan dan Organisasi Kalimantan di Kota Tarakan menjadi kekuatan untuk terus bersatu dan berkontribusi dalam memajukan kota. Di tengah-tengah keberagaman ini, terdapat kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan bagi kemajuan Kota Tarakan.

Dr. Bustan, S.E., M.Si., mendorong untuk terus memperkuat kerjasama lintas suku, agama, dan etnis dalam pembangunan kota. Ia juga menekankan pentingnya menjaga harmoni dan kedamaian di antara warga serta meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembangunan. Dengan semangat kerjasama dan tolong-menolong, diharapkan bersama-sama dapat mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh Kota Tarakan.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelaksanaan Pengadaan Langsung Elektronik Membuka Era Baru Efisiensi di Kota Tarakan

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memberikan arahan pada acara Pelaksanaan Pengadaan Langsung Elektronik. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memberikan arahan pada acara Pelaksanaan Pengadaan Langsung Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tarakan pada Rabu (8/5/2024).

Acara tersebut, yang diinisiasi oleh Bagian Pembangunan, bertujuan untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa dengan beralih dari metode manual ke elektronik.

Menurut Dr. Bustan, pengadaan elektronik ini didasari oleh ketentuan yang tercantum dalam Pasal 69 ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah, yang menekankan pentingnya menggunakan sistem informasi elektronik. Hal ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang mendorong percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

“Pergeseran ke pengadaan elektronik tidak hanya tentang efisiensi, tetapi juga tentang mendukung perekonomian lokal,” ujar Dr. Bustan. “Dengan menggunakan sistem elektronik, proses kontrak barang dan jasa dapat dilakukan dengan lebih efisien, serta memudahkan dalam memantau pelaksanaan dan tender.”

Lebih lanjut, Dr. Bustan menegaskan pentingnya melaksanakan proses pengadaan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk menghindari pelanggaran di masa mendatang. Dia juga menekankan bahwa kepala asisten memiliki tanggung jawab untuk menindaklanjuti paket-paket yang perlu dialihkan dari manual ke elektronik dalam waktu enam bulan.

“Kami juga sadar akan pentingnya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik, oleh karena itu kami menyambut baik jika terdapat temuan dari BPK terkait dengan pengadaan barang dan jasa,” tambah Dr. Bustan.

Dengan demikian, langkah-langkah menuju pengadaan elektronik ini diharapkan tidak hanya memberikan efisiensi dalam proses, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya publik di Kota Tarakan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Calon Jemaah Haji, Resmi Dilepas Sekda Tarakan Minggu 5 Mei 2024

Published

on

Sekretaris Pemerintah Kota Tarakan, Ir. Jamaludin, secara resmi melepas 150 calon jemaah haji Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pada hari Minggu 5 Mei 2024. Sekretaris Pemerintah Kota Tarakan, Ir. Jamaludin, secara resmi melepas 150 calon jemaah haji Kota Tarakan bertempat di Gedung Serbaguna pada Minggu, 5 Mei 2024.

Para calon jemaah haji ini dijadwalkan akan diberangkatkan menuju tanah suci pada tanggal 20 dan 21 Mei 2024.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tarakan, serta para pejabat terkait lainnya seperti Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, dan Panitia Penyelenggara Haji Tarakan.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Tarakan Ir. Jamaluddin berpesan agar para Jama’ah Calhaj untuk menjaga kekompakan ketika melakukan ibadah di tanah suci.

Ia juga menyampaikan hal tersebut demi kelancaran rangakaian ibadah haji sehingga semua rukun haji dapat dilalui tanpa halangan.

“Jaga kekompakan antara jamaah dari agar semua rangkaian ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan berpesan agar para Jama’ah Calhaj dari Kota Tarakan menjaga nama baik Kota Tarakan saat melakukan rangkaian ibadah haji.

Budaya bangsa Indonesia harus ditunjukkan di tanah suci seperti menjaga emosi, pemaaf dan jangan menunjukan arogansi. Jaga emosi, jadilah pemaaf dan jangan sampai menunjukkan arogansi,” tuturnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Menyelesaikan Lahan Tanah Sengketa Antara Masyarakàt

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., dan Gubernur Kalimantan Utara DR. (HC). H. Zainal A Paliwang, M.Hum., hadir langsung mengikuti rakor penyelesaian masalah lahan antara masyarakat Tarakan dan TNI AL. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Upaya penyelesaian sengketa lahan, Pj Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., dan Gubernur Kalimantan Utara DR. (HC). H. Zainal A Paliwang, M.Hum., hadir langsung mengikuti rakor penyelesaian masalah lahan antara masyarakat Tarakan dan TNI AL, yang berlangsung pada Kamis (2/5/2024).

Rakor ini dilaksanakan di Ruang Rapat Nakula, Kemenko Polhukam, Jakarta, dan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. Turut hadir dalam rakor tersebut Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Dalam rakor tersebut, Kemenko Polhukam mengemukakan beberapa usulan terkait sengketa lahan di Kelurahan Karang Anyar dan Pantai Amal.

Salah satunya adalah penyusunan perjanjian pemanfaatan SHPL TNI AL untuk digunakan masyarakat dengan menerbitkan SHGB atas nama masyarakat dengan didampingi JPN. Selain itu, TNI AL akan menentukan beberapa titik area pertahanan, dimana area tersebut akan diterapkan ketentuan sesuai dengan aturan yang berlaku. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Zainal Arifin Paliwang Kembalikan Formulir ke PKB/PKS

Published

on

Andi Zainal Arifin Paliwang kembalikan formulir membuktikan bahwa keseriusannya diusung partai politik PKB bersama PKS. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Andi Zainal Arifin Paliwang kembalikan formulir membuktikan bahwa keseriusannya diusung partai politik PKB bersama PKS dengan langsung formulir yang diambil.

Bersama kurang lebih 5 ratus orang relawannya, bakal calon Gubernur Kaltara itu mendampingi mengembalikan formulir di Sekretariat Tim Penjaringan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kaltara di Tarakan, Selasa (30/4/2024).

Dilanjutkan dengan mengembalikan formulir di Desk Pilkada DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kaltara, juga di Tarakan.

Zainal bahkan menegaskan siap menjalani semua tahapan yang berlaku di setiap partai.

“Semua kita harus jalani. Apa yang disyaratkan harus kita laksanakan,” tegas Zainal saat diwawancarai datri media usai kembalikan formulir ke PKB.

Diantara tahapan yang akan dilalui, Zainal mengaku akan menghadiri undangan halal bihalal DPP PKB di Jakarta pada 2 Mei.

“Insya Allah saya akan hadir di acara itu memenuhi undangan di PKB,” tutur pria yang juga kader Partai Gerindra tersebut.

Zainal juga mengaku telah menyiapkan visi dan misinya melalui timnya. Di mana tidak jauh berbeda dengan visi misi saat memimpin Kaltara pada periode 2021-2026.

Zainal berharap baik PKS maupun PKB dapat memberikan rekomendasi kepada dirinya untuk diusung sebagai Calon Gubernur Kaltara. (mandu)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pj Wali Kota Tarakan Lakukan Silahturahmi dengan Dinas Pendidikan Terkait PPDB

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hari ini melaksanakan kunjungan silahturahmi ke Dinas Pendidikan Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hari ini melaksanakan kunjungan silahturahmi ke Dinas Pendidikan Kota Tarakan. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat TK, SD, dan SMP yang akan dilaksanakan pada awal bulan Mei 2024.

Salah satu perhatian utama dalam pertemuan ini adalah masalah permasalahan zona yang mengakibatkan beberapa peserta didik tidak dapat diterima di zona sekolah di seluruh wilayah Kota Tarakan. Dr. Bustan menyampaikan harapannya agar tidak ada lagi warga yang menitipkan Kartu Keluarga (KK) di dekat zona, dan telah mengkoordinasikan hal ini dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Senin (22/4/2024).

Dalam upaya meningkatkan kolaborasi antara berbagai pihak dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Tarakan, Dr. Bustan mendorong agar masukan dari semua pihak disampaikan secara terbuka. Hal ini diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih baik dalam mengatasi berbagai tantangan pendidikan di daerah tersebut.

Selain itu, perhatian juga diberikan terhadap siswa yang memiliki kelainan perilaku. Dr. Bustan menegaskan pentingnya penanganan cepat terhadap kenakalan remaja dengan mengedepankan upaya identifikasi dan intervensi yang tepat.

Di samping itu, Dr. Bustan juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan, baik di dalam kantor maupun lingkungan luar. Hal ini sejalan dengan motto kota, yaitu BAIS, yang menekankan pentingnya kebersihan untuk kesejahteraan bersama.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Pemerintah Kota Tarakan dan Dinas Pendidikan serta melahirkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat kota ini. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Silahturahmi KORPRI Kota Tarakan Menguatkan Komitmen untuk Pelayanan Publik yang Berkualitas

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hadir dalam acara Silahturahmi KORPRI Kota Tarakan. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., hadir dalam acara Silahturahmi KORPRI Kota Tarakan 1445 H/2024 M di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Rabu (17/4/2024).

Dalam acara yang bertema “Sucikan Hati Kuatkan Silahturahmi Tingkatkan Kinerja”, turut hadir para pejabat tinggi diantaranya Sekda, para Asisten serta sejumlah kepala perangkat daerah dan staf ahli.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jajaran KORPRI Kota Tarakan atas peran aktif mereka dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Ia menekankan bahwa KORPRI bukan hanya sekadar organisasi, tetapi merupakan garda terdepan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan merata bagi semua lapisan masyarakat.

“Acara silaturahmi ini juga menjadi momen penting untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota KORPRI. Pj. Wali Kota menegaskan bahwa silaturahmi adalah pondasi utama dalam membangun kebersamaan, solidaritas, dan kerjasama yang harmonis demi terwujudnya Kota Tarakan yang lebih baik,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota KORPRI yang telah hadir dalam acara silahturahmi ini. Beliau berharap agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ritual formalitas semata, tetapi juga menjadi titik awal untuk memperkokoh komitmen dalam menjalankan tugas dan amanah dengan integritas, profesionalisme, dan keikhlasan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pawai Takbiran 1445 H/2024 M Dihadiri Kepala Perwakilan Kementerian Dan Lembaga Negara

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara pelepasan peserta Pawai Takbiran 1445 H/2024 M. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara pelepasan peserta Pawai Takbiran 1445 H/2024 M di Masjid Baitul Izzah Tarakan pada Selasa (9/4/2024).

Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kementerian, Badan, Lembaga Negara, serta Komandan Satuan TNI/POLRI tingkat Provinsi Kalimantan Utara di Kota Tarakan. Hadir pula Ketua DPRD Kota Tarakan beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kota Tarakan, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan, serta tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi Islam.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Tarakan menyampaikan ucapan selamat memasuki hari kemenangan yang penuh kesucian bagi umat Islam. Ia berharap agar puasa yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan dapat membentuk insan yang bertakwa.

“Acara Pawai Takbiran tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Idul Fitri, dengan tujuan mempererat silaturahmi dan menyediakan hiburan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pj Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara acara, mitra, dan pendukung yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan yang dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri di Kota Tarakan. Selain itu, ia juga mengingatkan kepada para peserta untuk menjaga ketertiban dan patuh terhadap semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana.

“Dengan demikian, diharapkan Pawai Takbiran Idul Fitri 1445 H/2024 M ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta menjadi momen yang berkesan bagi seluruh masyarakat Kota Tarakan,” pungkasnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer