Bank Kalsel Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kusan Tengah – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15 PERKOKOH-BANUA-MAJU-page-0001

Daerah

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kusan Tengah

Published

on

TANAH BUMBU, suaraborneo.com – UPZ Bank Kalsel melalui Cabang Batulicin menyalurkan bantuan kepada korban banjirdi Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Tanah Bumbu, terutama di Kecamatan Kusan Tengah mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa daerah.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu UPZ Bank Kalsel melalui Kantor Cabang Batulicin memberikan bantuan berupa makanan, minuman dan obat-obatan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Umum Kantor Cabang Batulicin Gt.M.Reddy Kardian kepada Hendri selaku Camat Kusan Tengah untuk disalurkan kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Kusan Tengah.

“Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban para korban bencana banjir di Kecamatan Kusan Tengah ini,” ungkap Camat Kusan Tengah.

Bagi sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel.

Rekening Infak dan Sedekah
Bank Kalsel Syariah :
901.00.01.00006.1 (Zakat)
901.00.01.00256.5 (lnfak dan sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel: 0811505153

#UPZBankKalsel #bankkalsel #bankkalselsyariah

(adv/ad)

Bagikan ke

Daerah

Di Kotabaru, Hj Raudatul Jannah Berbagi Kebahagiaan Paket Bantuan Safari Ramadhan 1445 H

Published

on

Aksi sosial ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor. (Foto/Adpim)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Bertepatan hari ke-7 Ramadhan 1445 Hijriah, TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan menggelar sunatan massal, pemberian paket sembako, dan bantuan untuk anak remaja dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Safari Ramadhan, Senin (18/03/2024) di Gedung Dojo Lemkari Kodim 1004/KTB di Kotabaru.

Aksi sosial ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalsel.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana dan jajarannya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1004/KTB, dan pejabat terkait lingkup Pemkab Kotabaru.

Hj. Raudatul Jannah menyebutkan, safari ramadhan dijadwalkan berlangsung di 13 kabupaten kota secara bergiliran bersinergi dengan pemerintah kabupaten kota.

Tahun ini, dilakukan pada lima daerah yakni  setelah di Kabupaten Kotabaru, akan berlanjut ke Tabalong Rabu (27/03/2024), Hulu Sungai Selatan Kamis (28/03/2024), Barito Kuala pada Selasa (02/04/2024), dan diakhiri di Tanah Laut, (03/04/2024).

“Kegiatan ini merupakan wujud kasih sayang TP PKK terhadap  masyarakat Kalsel, termasuk masyarakat di Kabupaten Kotabaru,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan berupa paket untuk kader PKK, untuk tumbuh kembang anak dalam rangka mewujudkan provinsi layak anak (provila) dan program kabupaten kota layak anak (KLA), ditambah paket untuk peserta sunatan gratis berupa sarung, peci dan makanan ringan dan susu.

“Terima kasih atas dukungan dinas terkait dan TP PKK Kabupaten Kotabaru yang memfasilitasi kegiatan sehingga bisa terselenggara dengan lancar,” ujar Raudatul Jannah.

Pada kesempatan itu, masyarakat Kotabaru diingatkan juga agar warga waspada DBD, apalagi saat ini tengah musim hujan yang berpotensi meluasnya perkembangan biakan nyamuk penyebab penyakit ini.

Pencegahan ujarnya dapat dilakukan dengan tindakan 3 M plus yakni Menguras tempat penampungan air,  Menutup tempat-tempat penampungan air, dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

“Diperiksa juga jika ada jentik di genangan air, dan melakukan tindakan pencegahan seperti pemberian bubuk abate pada bak mandi dan lainnya,” pesan istri Gubernur Kalsel ini.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana menyampaikan terima kasih, yang menjadikan daerahnya sebagai kegiatan perdana Safari Ramadhan TP PKK Kalsel tahun ini.

Kegiatan yang dilaksanakan ini ujarnya, merupakan wujud nyata kepedulian TP PKK Kalsel  kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru yang membutuhkan perhatian bersama.

Selain itu, kegiatan juga merupakan momentum yang sangat baik untuk menjalin dan mempererat silaturrahmi antara pengurus  TP PKK provinsi dengan kabupaten.

“Tingkatkan terus kebersamaan dan kolaborasi di antara kita, serta untuk dapat memberikan energi positif dan semangat bagi kita dalam menjalankan tugas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat,” ajaknya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Di Ponpes Nurul Hijrah Jorong, Gubernur Kalsel Sahur Bersama Guru Mukri Yunus

Published

on

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong Pimpinan KH. M. Mukri Yunus menyambut hangat kedatangan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor. (Foto/Adpim)

PELAIHARI, SuaraBorneo.com – Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong Pimpinan KH. M. Mukri Yunus menyambut hangat kedatangan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin saat berkunjung ke ponpes pada Kamis (14/3) dinihari.

Kedatangan Paman Birin itu, selain untuk bersilaturahmi sekaligus untuk sahur bersama hari ke-3 Ramadan 1445 H.

Setibanya di kediaman Guru Mukri yang menjadi kesatuan dengan Ponpes Nurul Hijrah, Paman Birin didampingi Sekda Tanah Laut Danial Kifli menuju ke ruang tengah kediaman Guru Mukri.

Sebelum sahur bersama, baik Paman Birin dan Guru Mukri pun berbincang hangat.

Pada kesempatan itu, Paman Birin secara khusus menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dan doa para ulama Banua, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 dan kondisi Kalsel secara umum aman.

“Alhamdulilah, dinihari ini Ulun bisa bersilaturahmi sekaligus sahur bersama Guru Mukri. Ulun sampaikan terimakasih kepada Guru Mukri dan para ulama Banua, atas peran dan doanya, Banua kita terjaga, aman dan tentram,” kata Paman Birin.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin mendoakan kepada warga Banua yang menjalankan ibadah puasa senantiasa diberikan kesehatan dan lancar berpuasa hingga akhir Ramadan.

Mendapat kunjungan dari Paman Birin untuk silaturahmi sekaligus sahur bersama, Guru Mukri juga sampaikan rasa terimakasih.

“Kami sampaikan juga rasa terimakasihbatas kedatangan Bapak Gubernur. Semoga Paman Birin selalu sehat, panjang umur serta terus bisa berbuat baik untuk Banua,” sampai Guru Mukri.

Sahur dengan penuh kesederhanaan itu menyajikan menu lalapan, dengan ikan dan ayam goreng dengan sambal terasi menjadi hidangan sahur Guru Mukri dan Paman Birin. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Panti di Tala Ini Mulai Tertatih Ayomi Anak Yatim

Published

on

Habib Said Jafar Assegaf menunjukkan nomor telepon panti asuhan yang ia kelola. (Foto/Ist)

PELAIHARI, Suaraborneo.com – Sejak berdiri puluhan tahun silam, Panti Asuhan Tuntung Pandang di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tetap survive hingga sekarang.

Namun sejak beberapa tahun terakhir kemampuan finansial lembaga sosial ini terus mengalami penurunan. Pihak pengelola panti itu pun kini mulai tertatih mengayomi anak-anak asuhnya.

Informasi dihimpun Senin (4/3/2024), uang yang mengalir dari donasi dermawan mulai sering tak mampu menutupi biaya operasional.

Pada sisi lain, keperluan tak pernah berkurang. Bahkan cenderung naik seiring bertambahnya usia anak asuh yang juga makin banyak kebutuhannya.

Saat ini tercatat sebanyak 23 anak asuh yang diayomi panti asuhan yang berada di Desa Atuatu, Kecamatan Pelaihari, tersebut.

Tujuh orang anak asuh tinggal di asrama panti. Sedangkan 16 orang lainnya di luar asrama panti atau tinggal di rumah keluarga.

Dari tujuh anak asuh yang tinggal di asrama tersebut, dua di antaranya merupakan anak fakir miskin yang dititipkan oleh orangtua lantaran tak sanggup menghidupi.

“Saat ini memang kondisinya sedang turun. Mudah-mudahan kami masih mampu bertahan mengayomi anak-anak asuh,” ucap Habib Said Jafar Assegaf, pengelola Panti Asuhan Tuntung Pandang.

Ia menuturkan kondisi serupa juga dialami rekannya sesama pengelola panti asuhan di luar Tala. Bahkan kemudian akhirnya tutup karena kian seretnya dana.

Lelaki tua ini menyebutkan kas yang ada saat ini di Panti Asuhan Tuntung Pandang juga bisa dibilang kritis karena cuma tersisa Rp 500 ribu.

Jafar menuturkan dalam sebulan biaya operasional yang diperlukan sebesar Rp 10 juta. Namun kadang donasi yang didapat dari dermawan minim.

Contohnya pada Februari hanya ada donasi senilai Rp 4 juta. Untung masih ada tabungan Rp 7 juta sehingga bisa untuk menutupi kekurangan.

Karena itulah kondisi kas atau keuangan saat ini benar-benar dalam keadaan minim. Namun Jafar meyakini rezeki dari Allah SWT selalu ada yang kadang datang secara tak terduga.

Jafar mengatakan bantuan tersebut cukup bermanfaat. Termasuk buku tulis yang memang diperlukan anak-anak asuhnya.

Dikatakannya, juga telah ada dua perusahaan yang menghubungi dan meminta data jumlah anak asuhnya. Mereka berencana akan memberi bantuan pada bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah nanti.

Satu perusahaan tambang dari wilayah Kintap dan satunya lagi perusahaan dari Banjarmasin. Jafar mengatakan pihak yang sering membantu justru lebih banyak dari luar Tala.

Lebih lanjut Jafar mengatakan luas lahan panti asuhan yang ia kelola lumayan luas yakni hampir empat hektare. Jika ada dana, dirinya ingin kembali berkebun maupun beternak. [*]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

BRI Gunungsitoli, Gelar WORK LIFE BALANCE dengan tema “Energize BRILian Winning Team”

Published

on

Seluruh insan Brilian Branch Office (BO) Gunungsitoli kembali melaksanakan Work Life Balance. (Foto/Ist)

GUNUNGSITOLI, SuaraBorneo.com – Seluruh insan Brilian Branch Office (BO) Gunungsitoli kembali melaksanakan Work Life Balance pada hari Sabtu, 02 Maret 2024 di Halaman kantor BRI BO Gunungsitoli, Nias. Kegiatan ini merupakan bagian dari BIF (Brilian Improvement Forum) yang telah dilaksanakan bulan lalu. Program kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Senam Kesehatan Jasmani.

“Melalui kegiatan ini, para pekerja BRIlian akan terus terjaga semangat dan kekompakannya, meski dengan beratnya tuntutan pekerjaan, dengan kegiatan ini hidup akan menjadi seimbang, sehat jiwa dan raga dan lebih fresh dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah,’ ujar Branch Manager Bank BRI Branch Office Gunungsitoli, Dahlan Hariyadi kepada awak media, Kamis (7/3/2024) di Gunungsitoli, Nias.

Dahlan Hariyadi menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara kegiatan serta seluruh insan BRIlian hingga kegiatan berjalan sukses dan lancar.

“Apresiasi kepada Panitia BIF 2024 yang dikomandoi Wan Iksan Hernanda (Small Business Manager) beserta tim, juga kepada Frans Lewio Duhe Harefa (Supervisor Penunjang Operasional) untuk publikasi kegiatan kita ini, serta kebanggaan kepada seluruh pekerja BRI Gunungsitoli sehingga kegiatan ini berjalan sukses dan lancar, semangat untuk kita semua,” pungkas Dahlan Hariyadi.

Terkait Work-life balance, istilah satu ini mungkin sudah tidak lagi asing di telinga Anda. Apalagi dalam beberapa waktu belakangan, topik ini juga sering dibahas di berbagai media sosial. Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud work-life balance itu? banyak orang mengatakan, work-life balance adalah hal penting yang harus dicapai demi hidup yang lebih berkualitas. Terutama untuk kalangan para pekerja atau karyawan agar tetap bisa menikmati hidup di tengah beratnya tuntutan pekerjaan.

Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai work-life balance dan cara untuk mencapainya. Menyitir BRI What’s New edisi 01 November 2023, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Work-Life Balance dan Manfaatnya?
Work-life balance adalah suatu keadaan di mana seseorang dapat mengatur dan membagi waktu serta energi yang dimiliki dengan seimbang. Baik itu untuk pekerjaan, kehidupan pribadi, keluarga, dan tanggung jawab lainnya.

Intinya, work-life balance adalah ketika anda bisa membagi waktu sesuai porsi dan dapat enjoy menjalankan segala urusan sehingga waktu anda tidak habis hanya untuk bekerja atau santai-santai yang membuat urusan pekerjaan dan pribadi menjadi timpang.

Adapun manfaat dari mencapai work-life balance itu sendiri sangatlah banyak. Salah satu yang paling utama adalah mengurangi stres dan burnout. Selain itu, manfaat lainnya juga akan didapatkan, seperti:
• Lebih sehat secara fisik dan mental
• Meningkatkan performa kerja
• Lebih fokus dalam bekerja
• Hubungan sosial dengan orang-orang sekitar menjadi lebih baik
• Kreativitas meningkat

Cara Mendapatkan Work-Life Balance
Banyak orang terutama pekerja ingin bisa meraih work-life balance. Namun banyak pula dari mereka mengaku kesusahan mewujudkannya. Bahkan tak sedikit juga yang merasa kalau konsep work-life balance itu hanya angan-angan belaka.

Padahal sebenarnya, untuk mendapatkan work-life balance itu tidaklah begitu sulit. Anda bisa mencapainya dengan mengikuti beberapa cara berikut:

1. Atur Kembali Jam Kerja Anda
Untuk mewujudkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, anda harus punya jam kerja yang jelas. Pastikan waktu bekerja anda tidak terlalu sering overtime, jadi urusan lain di luar pekerjaan bisa anda selesaikan. Tak ada salahnya juga menuliskan to-do list setiap harinya agar jam kerja anda lebih teratur.

2. Tolak Hal atau Pekerjaan yang Tidak Perlu
Apabila memungkinkan, tolaklah tugas atau pekerjaan yang di luar job description anda. Jangan asal mengiyakan semua tugas yang diberikan hanya karena sungkan agar anda tidak memiliki beban berlebih sehingga tidak memaksakan diri bekerja hingga mengganggu jam kerja yang telah diatur.

3. Tentukan Prioritas yang Akan Dikerjakan
Cara selanjutnya, tentukan kerjaan mana yang harus anda prioritaskan terutama ketika anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Anda harus bisa memilih mana pekerjaan yang harus diselesaikan cepat dan mana yang bisa nanti yang bertujuan agar anda dapat lebih fokus dan menghindari multitasking.

4. Rapikan Meja Kerja
Hal ini memang tampak sepele, tapi sejatinya kebersihan di tempat kerja itu bisa mempengaruhi work-life balance yang dimiliki oleh pekerja. Lingkungan kerja yang rapi secara tak langsung dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan, jadi usahakan meja kerja anda selalu rapi agar terus semangat bekerja ya!

5. Hindari Membawa Pekerjaan ke Rumah
Tak sedikit orang yang selalu pulang tepat waktu tapi malah membawa pekerjaan ke rumah. Padahal itu jelas menyalahi konsep work-life balance. Sebisa mungkin, selesaikan pekerjaan anda di kantor, kalau pun harus lembur, usahakan jangan terlalu sering. Ingat, anda harus perhatikan jam kerja anda.

6. Tingkatkan Hubungan dengan Orang-Orang Terdekat
Yang dimaksud orang-orang terdekat di sini bukan hanya keluarga tapi juga rekan kerja. Meningkatkan hubungan dengan mereka dapat menciptakan interaksi yang positif sehingga mood pun jadi lebih baik. Jika ada masalah pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan sendiri, anda juga bisa komunikasikan dengan mereka.

7. Luangkan Waktu untuk Me Time
Ada banyak cara untuk me time, dari mulai dari berolahraga, membaca buku, meditasi, menonton film, berbelanja hingga pergi ke spa. Ya, tak ada salahnya memanjakan diri dengan perawatan dan membeli barang-barang yang anda sukai. Hanya saja pastikan anda tidak kalap dan menghabiskan banyak uang untuk me time.

Dengan mencapai work-life balance, anda pasti akan lebih enjoy dan mencintai pekerjaan anda. Tekanan pekerjaan yang tinggi dan ketatnya persaingan tidak akan membuat anda stres. Sebaliknya, anda dapat menjadi lebih produktif. (yusnar)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Dana kepada Korban Musibah Kebakaran di Kecamatan Satui 

Published

on

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kantor Cabang Pembantu Satui, Haris Fadillah. (Foto/Ist) 

TANBU, SuaraBorneo.com – Pada hari Selasa, 6 Februari 2024 sekitar jam 01:16 WITA telah terjadi musibah kebakaran di Desa Berkah Bersama dan Desa Makmur Jaya, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan.

Akibat kebakaran tersebut telah menghanguskan puluhan rumah warga dan menimbulkan 1 korban jiwa, serta puluhan kepala keluarga menjadi korban dari musibah tersebut.

Sebagai wujud kepedulian Bank Kalsel atas musibah yang menimpa, melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel serta mewakili Manajemen Bank Kalsel menyampaikan turut berduka cita atas musibah kebakaran yang dialami oleh warga setempat dan sekaligus memberikan bantuan uang tunai kepada Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban musibah kebakaran di Desa Berkah Bersama dan Desa Makmur Jaya, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kantor Cabang Pembantu Satui, Haris Fadillah kepada perwakilan warga yang terdampak musibah kebakaran dengan disaksikan oleh Dinas Sosial Kab. Tanah Bumbu.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Insentif Kepada Dai Penggerak Daerah Terpencil di HSS

Published

on

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan Pj. Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Hermansyah, MM kepada perwakilan da'i dari MUI Kab. Hulu Sungai Selatan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Pada tahun ini, MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengirimkan da’i untuk memberikan bimbingan ilmu agama Islam kepada muallaf yang berada di daerah terpencil khususnya di wilayah Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rabu (21/2/2024).

Adapun jumlah da’i yang dikirim oleh Majelis Ulama Indonesia Kab. Hulu Sungai Selatan pada tahun 2024 ini sebanyak 31 orang yang.masing-masing ditempatkan di masjid dan musholla mencakup seluruh wilayah terpencil di Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

Berdasarkan hal tersbut UPZ Bank Kalsel memberikan bantuan insentif kepada da’i penggerak daerah terpencil yang khususnya di Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan melalui MUI Kab. Hulu Sungai Selatan.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Pj. Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Hermansyah, MM kepada perwakilan da’i dari MUI Kab. Hulu Sungai Selatan.

“Semoga bantuan tersebut bermanfaat kepada da’i yang bertugas di daerah terpencil khususnya di Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan,” pesannya.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak UPZ Bank Kalsel. [adv/

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Polres Sergai Beri Bantuan Sembako Kepada Korban Terdampak Banjir

Published

on

Polres Serdang Bedagai (Sergai) memberikan bantuan sembako kepada korban yang terdampak banjir akibat luapan sungai Barou dan jebolnya tanggul. (Foto/Ist)

SERGAI, SuaraBorneo.com – Polres Serdang Bedagai (Sergai) memberikan bantuan sembako kepada korban yang terdampak banjir akibat luapan sungai Barou dan jebolnya tanggul di Desa Bukit Cermin, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Bantuan itu diserahkan Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha melalui Kapolsek Dolok Masihul AKP Zulham kepada warga yang terdampak banjir. Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri Kepada korban yang terdampak banjir.

PS Kasi Humas Polres Sergai Iptu Edward Sidauruk mengatakan, Kapolres Sergai sudah mendatangi lokasi banjir guna memberikan bantuan pangan, sekaligus meninjau langsung kondisi tanggul yang jembol.

“Respon cepat Kapolres Sergai dan personel ini langsung ke lokasi yang terdampak banjir dengan membawa bantuan pangan berupa, beras, mie instan, telur dan lainnya. Selain itu juga mendirikan posko di Desa Bukit Cermin,” kata Edward, Rabu (21/2).

Ia mengatakan, Kapolres Sergai turun ke lokasi dengan menyusuri rumah warga yang terdampak banjir demi melihat langsung kondisi korban.

Dalam data kepolisian, rumah warga yang terdampak banjir Dusun I dan Dusun 2, di Desa Bukit Cermin, akibat maluapnya Sungai Barou dan jebolnya tanggul ada sebanyak 123 Kartu Keluarga (KK). Dalam musibah itu tidak ada korban jiwa.

Ia menyebutkan, ketinggian air saat ini  sudah mulai surut, karena tanggul sungai yang jebol sudah mulai diperbaiki.

“Meski demikian anggota kepolisian masih tetap standby di lokasi. Harapan kita banjir kita cepat surut, sehingga warga yang terdampak bisa beraktivitas kembali,” ujarnya.

Diketahui, bencana banjir ini disebabkan tingginya curah hujan di hulu sungai di Wilayah Kabupaten Simalungun, mengakibatkan Sungai Barou meluap sehingga menyebabkan tanggul sungai jebol dan merendam rumah warga yang berada di Desa Bukit Cermin, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). (NR/01)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Dandim 0204/DS Serahkan 110 Motor Bantuan Menhan kepada Babinsa

Published

on

Komandan Kodim 0204/Deliserdang, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi, menyerahkan 110 unit sepeda motor jenis Kawasaki KLX 150cc kepada para Babinsa. (Foto/Ist)

LUBUK PAKAM, SuaraBorneo.com – Komandan Kodim 0204/Deliserdang, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi, menyerahkan 110 unit sepeda motor jenis Kawasaki KLX 150cc kepada para Babinsa di jajarannya, Senin (19/2/2024).

Acara penyerahan motor operasional untuk Babinsa tersebut dilangsungkan di sela pelaksanaan Upacara 17-an yang digelar di Lapangan Upacara Makodim Deliserdang Jl Galang Km 2, Lubuk Pakam.

Dandim menjelaskan, bantuan motor operasional untuk Babinsa ini sebagai wujud perhatian pemerintah dalam mendukung kelancaran tugas-tugas Prajurit di lapangan.

“Dengan motor ini, para Babinsa sebagai ujung tombak dalam menjaga wilayah teritorial sekaligus sebagai sarana agar prajurit lebih dekat dan ada selalu dengan masyarakat,” ucap Letkol Yoga.

Satu hal yang tak kalah penting, Letkol Yoga berpesan kepada para Babinsa agar bisa menjaga dan merawat motor operasional tersebut, sehingga masa pakainya akan lebih lama dan kondisinya tetap awet. (NR/01)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Kementan Melalui BPPSDMP Siap Gandeng Bank Kalsel Sukseskan Program YESS

Published

on

Project Manager Program YESS, Badan PPSDMP, Ineke Kusumawati, saat melakukan kunjungan ke Tanah Bumbu, Kamis (15/02/2024). (Foto-Dok Humas SMK PP Negeri Banjarmasin).

TANAH BUMBU, SuaraBorneo.com – Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) siap menggandeng Bank Kalsel terkait mensukseskan Program YESS. Hal ini berkaitan pengembangan sector pertanian terus dilakukan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) RI dalam upaya regenerasi petani Indonesia.

Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Programme (Program YESS) dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten.

Hal ini diungkapkan Project Program YESS, Badan PPSDMP, Ineke Kusumawati, saat melakukan kunjungan ke Tanah Bumbu, Kamis (15/02/2024)

“Insya Allah Upaya yang dilakukan juga melibatkan perbankan, dengan bekerjasama dengan Bank Kalsel untuk memastikan akses pembiayaan dan mendorong pihak perbankan untuk memberikan akses kredit keuangan,” ujar Inneke.

Inneke optimis kolaborasi ini akan berjalan dengan, mengingat Bank Kalsel sendiri berkomitmen mendukung ketahanan pangan khususnya di bidang pertanian.

Bahkan beberapa saat lalu Bank Kalsel menandatangani MoU Deklarasi Dukungan Bersama dalam rangka Mendukung Permodalan dan Penyediaan Saprodi Pengembangan Tanaman Pangan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Inneke menambahkan, adapun langkah strategis lainnya adalah melakukan pelatihan literasi keuangan yang melibatkan pihak perbankan dan mengundang peserta dari berbagai kalangan.

“Surat edaran yang ditandatangani oleh Bupati juga akan diterbitkan untuk mengintegrasikan dana ketahanan pangan dengan Program YESS, memperkuat sinergi dalam pencapaian tujuan,” jelas Inneke.

Tak hanya itu menurut Inneke, pihaknya juga melakukan pendekatan dengan melibatkan komunitas remaja masjid dan komunitas kepemudaan untuk bergabung sebagai CPM. Selain itu, kerjasama dengan kepala sekolah juga menjadi fokus untuk mensosialisasikan program YESS kepada siswa dan alumni.
Dalam kunjungannya yang didampingi PPIU Kalimantan Selatan yang diwakili Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso dan Project Manajer PPIU Kalsel Angga Tri AP, dirinya berkesempatan bertemu dengan perwakilan Bappedalitbang Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai DCT (District Coordination Team) Program YESS.

“Tujuan kunjungan untuk membahas capaian program YEsS, target dan pencapaian Calon Penerima Manfaat (CPM), akses literasi keuangan di Learning Management System, oleh CPM di Kabupaten Tanah Bumbu, dan strategi pencapaian target yang lebih efektif,” sambungnya.

Terkait itu pula Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanah Bumbu akan aktif berkoordinasi dengan offtaker untuk menjalin kerjasama dengan penerima Hibah Kompetitif (HK), sementara pemetaan dan pelatihan difokuskan pada komoditas telur itik sebagai langkah strategis dalam mendukung sector pertanian.

“Dengan target fasilitator pemuda minimal 20 CPM per hari, serta promosi produk UMKM melalui kerjasama dengan Dinas Perindustrian, diharapkan Program YESS dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu. Pihak terkait, terutama penyuluh pertanian, juga diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal untuk mencapai target-program tersebut,” imbuhnya.

Sementara Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, mengatakan output dari Program YESS ini bertujuan untuk menciptakan pemuda yang siap menjadi Job Creator dan Job Seeker. Hal ini selaras pula dengan program Kementerian yang menginginkan regenerasi petani berkualitas dan muda mendorong peningkatkan pengembangan pertanian. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menegaskan keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan demikian maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik, oleh tenaga yang professional dan berkomitmen tinggi,” tegas Dedi. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer