Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Hulu Sungai Selatan

Wabup Syamsuri Arsyad Ikuti Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Kwarda Kalsel

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin, hari ini dilaksanakan Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Selatan. Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus baru bisa dilaksanakan oleh Kwarda Kalsel, karena bertepatan dengan pergantian Gubernur & Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2021. Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, SAP, MA yang sekaligus juga sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten HSS ikut menghadiri langsung kegiatan ini. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor beserta Ny. Hj. Raudhatul Jannah Sahbirin Noor selaku Ketua Kwarda Kalsel. Acara ini juga diikuti oleh seluruh anggota kwartir gerakan pramuka yang ada di kabupaten/ kota secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. (Senin, 13/09).

Dari laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan disampaikan bahwa dalam peringatan Hari Pramuka Tahun 2021 ini Kwarda Kalsel mengambil tema “Berbakti Tanpa Henti”, dan diisi beberapa kegiatan bakti masyarakat seperti Vaksinasi Massal Covid-19, Donor Darah, Tabur Bunga di Makam Pahlawan dan Pemberian Sembako Untuk Anak Panti Asuhan.

Gubernur Kalsel, H Syahbirin Noor atau yang biasa disapa Paman Birin, mengharapkan agar para anggota pramuka dari baik Siaga, Penggalang sampai Penegak bisa terus memacu kreatifitas dan disiplin diri melalui pramuka.

“Laksanakan terus berbagai kegiatan pramuka dengan baik, jangan berhenti, tapi dengan satu catatan, yakni selalu menerapkan protokol kesehatan” ungkapnya bersemangat. Dirinya juga mengatakan bisa menjadi gubernur karena pernah mengenyam didikan semasa menjadi anggota pramuka.

Pada Peringatan seremonial ini juga diberikan penghargaan kepada Anggota Dewasa Gerakan Pramuka serta Penghargaan Pramuka Garuda. Diserahkan pula hadiah dan piala untuk para pemenang lomba-lomba dalam Kegiatan Peringatan Hari Pramuka tahun ini, yang telah dilaksanakan secara virtual beberapa waktu sebelumnya.
Dalam satu sesi turut diserahkan bantuan berupa perahu karet kepada seluruh Kwarcab Kabupaten, yang dimana diwakili oleh 3 Ketua Kwarcab, salah satunya adalah Wabup Syamsuri Arsyad, ditandai dengan penyerahan dayung oleh Gubernur.
“Ini adalah sebagai apresiasi bahwa yang namanya pramuka itu, tidak pernah lepas dari kegiatan sosial di tengah masyarakat, salah satunya berkenaan dengan Penanggulangan Bencana. Kita berterima kasih atas bantuan perahu karet yang telah diberikan ini. Ini sangat bermanfaat dan nantinya akan kita gunakan untuk sarana latihan bagi adik-adik anggota pramuka di HSS, melalui Gerakan Pramuka Peduli, setiap Jumat, Sabtu & Minggu bertempat di Loksado. Untuk ini kita akan bekerjasama dengan para relawan yang sudah berpengalaman di bidang Penanggulangan Bencana” ungkap pria yang sering dipanggil Kak Cho’ei oleh para anggota pramuka ini.

Sebagai rasa hormatnya, sesaat setelah acara usai, Syamsuri Arsyad ternyata tak lupa menyambangi para anggota-anggota senior pramuka yang kebetulan ada disana. Disisi lain dirinya juga sempat menyapa para anggota muda pramuka yang ternyata begitu menghormatinya, sesuai adab dan norma yang diajarkan dalam jiwa pramuka. (ari-hss)

 49 kali dilihat

Umum

Populer