Bank Kalsel Charity Ride Tebar Kebaikan – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Kalsel

Bank Kalsel Charity Ride Tebar Kebaikan

Published

on

MARTAPURA, suaraborneo.com – Gubernur Kalsel bergabung dalam kegiatan bersepeda bersama manajemen dan karyawan Bank Kalsel yang bertajuk ‘Bank Kalsel Charity Ride’. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim juga ikut bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diadakan di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru sebagai lokasi start dimana garis finis berada di Kiram Park, Kabupaten Banjar dengan medan yang bervariasi mulai dari tanah liat, aspal dan tanjakan, Sabtu (25/9).

Sesuai dengan namanya, kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Kalsel ini membawa misi amal dengan memberikan bantuan sosial, pendidikan dan keagamaan. Start dimulai sekitar pukul 8 pagi, dimana sebelumnya Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor memberikan sambutan dan pesan kepada para peserta.

Gubenur yang akrab dengan sapaan ‘Paman Birin’ ini memberikan apresiasi kepada Bank Kalsel dan OJK atas kegiatan bersepeda yang membawa misi baik ini dan berpesan agar masyarakat senantiasa rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi Bank Kalsel dan OJK dalam kegiatan bersepeda pada hari ini dimana tidak hanya ajang berolahraga, namun juga membawa misi kebaikan. Saya juga berpesan kepada masyarakat agar rajin berolahraga khususnya di masa pandemi saat ini, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pesannya.

Sahbirin juga menambahkan bahwa berolahraga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan akan menguatkan daya tahan tubuh kita serta keinginannya agar Kalsel memiliki ikon wisata alam yang dikenal secara luas “Mari berolahraga dengan hati riang gembira seperti pagi ini, dengan hati yang riang akan menimbulkan kebahagiaan sehingga kita semua dapat menggapai sehat secara jasmani dan rohani. Kita hari ini bersepeda menuju Kiram Park sebagai bagian dari langkah Pemerintah Provinsi Kalsel membangun dan mengenalkan berbagai tempat wisata alam khas Kalimantan, agar kiranya Kalsel dikenal secara luas memiliki berbagai destinasi alam yang indah,” tambahnya.

I G.K Prasetya selaku Plt. Direktur Utama Bank Kalsel juga memberikan sambutan diantaranya agar olahraga menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan pentingnya menumbuhkan jiwa berbagi bagi setiap insan Bank Kalsel.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Gubernur Kalsel beserta jajaran dan Kepala OJK yang telah berpartisipasi dalam ‘Bank Kalsel Charity Ride’ ini. Tujuan kami hari ini selain memberikan bantuan, juga sebagai upaya manajemen Bank Kalsel menjadikan olahraga sebagai bagian healthy lifestyle kepada para karyawan. Kami juga berharap kegiatan ini membawa nilai positif kepada seluruh insan Bank Kalsel agar memiliki jiwa dermawan dan senang berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” ungkap Prasetya.

Kegiatan yang juga sebagai ajang silaturahmi ini diikuti pula oleh Kepala Bakeuda Prov. Kalsel Agus Dyan Nur, Komisaris Utama Ary Bastari, Komisaris Independen Hatmansyah, Head of Business Group Fachrudin, Head of Supporting Group Mitra Damayanti, seluruh Kepala Divisi, beberapa kepala Cabang, para pegawai Bank Kalsel serta beberapa pegawai di lingkungan Pemprov Kalsel.

Pada ‘Bank Kalsel Charity Ride’ edisi kali ini, Bank Kalsel memberikan bantuan kepada Marbot Masjid Bambu Kiram, Yayasan Rumah Qur’an Martapura dan Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Al Fatih Wal Imdad yang semuanya terletak di Kabupaten Banjar.

Secara simbolis, bantuan diserahkan masing-masing oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kepala OJK Regional IX Kalimantan Riza Aulia Ibrahim dan Komisaris Utama Bank Kalsel Ary Bastari di lapangan Kiram Park.

Adapun bantuan yang diberikan berasal dari dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel yakni dana yang dihimpun dari pemotongan zakat/infak/sedekah dari gaji pegawai Bank Kalsel yang telah disisihkan untuk selanjutnya disalurkan kepada yang membutuhkan.

Dengan kegiatan ini, Bank Kalsel berupaya dalam memberikan kontribusi penuh terhadap pembangunan Kalimantan Selatan di bidang sosial, pendidikan maupun keagamaan. (adv/ad)

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemjab HSS) gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar". (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar” yang digelar di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kab. HSS, Jum’at (13/05).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang diantaranya mengatakan bahwa kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Anak – anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid tetapi sebagai bahan refleksi,” ucap Bupati HSS.

Kemudian, Bupati HSS juga menjelaskan kurikulum merdeka yang diterapkan juga agar guru terus terdorong untuk belajar serta supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Dikesempatan ini, Bupati HSS juga berpesan agar anak-anak sekolah tidak hanya diberi mata pelajaran tetapi juga harus di kawal perilaku anak sesuai dengan norma-norma yang telah di atur.

“Sekolah tidak hanya memberikan mata pelajaran, menuntaskan kurikulum tetapi juga mengawal anak-anak agar menjadi anak yang berakhlak dan bermoral karena mereka adalah penerus di masa yang akan datang, dan apa bila ada perilaku anak yang mencurigakan agar segera di ambil langkah oleh sekolah,” pesannya.

Bupati HSS juga berharap di momentum Hardiknas ini program vaksinasi anak sekolah 6 – 11 tahun kembali di gerakkan agar imunitas individual peserta didik bisa terjaga dengan baik.

“Dengan pemberian vaksin imunitas individual anak-anak kita akan terjaga dengan baik sehingga mereka menjadi generasi yang sehat dan dapat belajar dengan maksimal,” tutur Bupati HSS.

Upacara peringatan Hardiknas juga turut di hadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP MA dan jajaran Forkopimda serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab HSS. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Disdikbud HSS Gelar Lokakarya 7 Calon Guru Penggerak Angkatan Ke-3

Published

on

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan Ke 3. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak Angkatan Ke 3 Kabupaten Hulu Sungai Selatan bertempat di Aula Sehati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. HSS, Jum’at (13/05/2022)

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi dan Pendampingan

Untuk Kab. HSS Pendidikan Guru Penggerak di Kab. HSS akan dimulai pada tanggal 07 Agustus 2021 dan akan berakhir pada bulan Juni 2022.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Umar dani, M. Pd menyampaikan di Kab. HSS pendaftaran calon guru penggerak angkatan 3 dapat dilaksanakan pada bulan Januari 2021 s. d 15 Maret 2021.

“Untuk menjadi guru penggerak, gurus harus lulus seleksi yakni tahap 1 mengisi curriculum vitae dan menjawab esai, tahap 2 simulasi dan wawancara serta mengikuti pendidikan guru penggerak selama 9 bulan,” ungkapnya

Lebih lanjut beliau menyampaikan setelah melalui tahapan seleksi 1 dan 2, sebanyak 8 orang guru dinyatakan lolos sebagai calon guru penggerak.

“8 calon guru penggerak tersebut terdiri dari jenjang TK sebanyak 1 orang, SD sebanyak 1 orang, SMP sebanyak 3 orang dan SMA sebanyak 3 orang,” tuturnya

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Hulu Sungai Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. HSS Drs. Kamidi, M.IP berharap semua calon penggerak dapat menjadi pioner, inspirator, motivator dan kreator di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan, kreatif, mandiri sesuai dengan profil belajar pancasila yaitu pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri, inovatif, kreatif dan bergotong royong di Kabupaten kita tercinta ini,” harapnya

Dalam kegiatan ini juga turut berhadir tim dari STIPA Bandung, perwakilan pengawas TK,SD, SMP dan SMA, Kepala Sekolah dari calon guru penggerak, Ketua PBSI Kab. HSS yang diwakili oleh Sekretaris, para guru penggerak dan pengajar praktik, perwakilan Dewan Pendidikan dan Himpaudi, para guru perwakilan MGMP, serta calon guru penggerak dan pengajar praktik. [adv-hss]

Continue Reading

Banjarmasin

Kodim 1007/Bjm Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat

Published

on

Kodim 1007/Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup lakukan jumat bersih di sepanjang Sungai Martapura. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya yang dilakukan oleh Kodim 1007/Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup lakukan jumat bersih di sepanjang Sungai Martapura jumat,(13/5/22).

Dalam jumat bersih ini, Kodim 1007/Banjarmasin melalui Koramil jajaranya melaksanakan bersih – bersih di enam titik lokasi yang berbeda yaitu Kelurahan Sungai Lulut, Kelurahan Benua Anyar, Kelurahan Pasar Lama, Kelurah Kelayan Luar Kelurahan Kelayan Barat, dan Kelurahan Mantuil.

Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si. melalui Pasiter Kapten Inf Kurmanto mengatakan lingkungan yang sehat dan bersih adalah keinginan semua orang.

“Untuk menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sangatlah mudah dan gampang, seperti contoh kita dapat melakukan kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan kita sendiri yaitu dirumah, tidak membuang sampah sekecil apapun dengan sembarang tempat, gunakan penampungan sampah atau menguburnya bukan malah dibuang ke aliran sungai,” ucapnya.

Kegiatan jumat bersih ini melibatkan masyarakat setempat, Duta Lingkungan, unsur TNI dan POLRI, Satgas kebersihan, serta komunitas peduli lingkungan. [ad/ism]

Continue Reading

Banjarmasin

Pastikan Distribusi Terjaga Baik, Pemkot – Pertamina Sidak Pangkalan di Banjarmasin

Published

on

Sidak dilakukan secara langsung oleh Asisten 2 Perekonomian Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, bersama dengan seluruh tim bagian perekonomian, Disperindagkop, dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin serta Sales Branch Manager Rayon I Kalselteng (Kalimantan Selatan dan Tengah), Handy Tri Husodo. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sesuai dengan SK Gubernur Kalimantan Selatan No 188.44/0385/kum/2022 tentang Penetapan HET Tertentu LPG 3 Kg, sejak 19 April 2022, saat ini HET LPG 3 Kg telah mengalami kenaikan menjadi Rp 18.500 per tabungnya. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan tersebut, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan sidak hingga ke pangkalan, hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga pasokan distribusi pasca kenaikan HET.

Kegiatan sidak dilakukan secara langsung oleh Asisten 2 Perekonomian Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, bersama dengan seluruh tim bagian perekonomian, Disperindagkop, dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin serta Sales Branch Manager Rayon I Kalselteng (Kalimantan Selatan dan Tengah), Handy Tri Husodo pada Kamis (12/5).

Asisten 2 Perekonomian Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi menyampaikan apresiasi atas kelancaran pasokan stock LPG 3 kg selama Satgas Idul Fitri 1443 H di Kota Banjarmasin. “Satgas Rafi kemarin berjalan dengan baik dan lancar, saat ini tugas kita untuk memastikan penyaluran tetap berjalan denga aman pasca kenaikan harga ini”, katanya.

Pada kesempatan tersebut, Doyo juga memberikan edukasi secara langsung kepada pemilik pangkalan untuk sistematika penggunaan kartu kendali. “Harus diedukasi agar pemilik kartu kendali menjadi prioritas, supaya LPG subsidi tepat sasaran digunakan bagi masyarakat miskin”, tegas Doyo.

Sales Area Manager Pertamina Kalselteng, Jalu Tarwoco mengungkapkan Pertamina akan bekerjasama dan patuh terhadap keputusan yang ditetapkan pemerintah. “Pertamina berkomitmen menyalurkan LPG 3 Kg untuk masyarakat sesuai dengan peruntukkannya dimana LPG 3 Kg merupakan komoditas bersubsidi yang harus dijaga bersama distribusinya”, tutur Jalu.

Jalu menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan bahan bakar sesuai dengan kategori dan bijak terhadap penggunaan LPG Subsidi ini dengan mengikuti alur distribusi yang ditetapkan serta tidak meniagakan kembali LPG 3 Kg ini. “Kami himbau kepada masyarakat mampu menggunakan bahan bakar minimal Bright Gas 5,5 Kg, agar LPG subsidi dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya”, tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan pelayanan dari Pertamina, dapat menghubungi kontak Pertamina di135 atau mengakses website resmi di www.pertamina.com. [ad/rls]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Hadiri Haul Datuk Daha/Surgi Tuan Syekh H.M Thahir

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP Bersama Wakil Bupati hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, mengikuti kegiatan haulan Datuk Daha/Surgi Tuan Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Usai melaksanakan haulan di pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP Bersama Wakil Bupati hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP,MA langsung menuju Nagara/ Daha tepatnya di desa Taluk Haur Kecamatan daha Utara. Selasa (10/05/22)

Adapun keberangkatan beliau pada malam hari ini yaitu guna mengikuti kegiatan haulan Datuk Daha/Surgi Tuan Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin sekaligus ingin bertemu kembali dengan Abah Guru KH. Asmuni/ Guru Danau.

Kegiatan haulan yang di isi dengan pembacaaan Doa, Dzikir Bersama dan tausyiah Agama yang dilaksanakan serta dipimpin langsung oleh KH. Asmuni/ guru Danau.

Sebelum memulai tausyiah agama yang di sampaikan oleh abah guru sebelumnya Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP di berikan kesempatan oleh Abah Guru meyampaikan sambutan sebelum memulai tausyiah agama.

Dalam sambutan bupati pada malam hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP memanjatkan Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT karena bisa berkumpul kembali dengan Abah Guru KH. Asmuni atau lebih dikenal dengan Guru Danau dan masyarakat.

“Alhamdulillah malam ini bisa berkumpul Bersama Abah Guru dan masyarakat dalam mengisi rangkaian haul Datuk Daha/Surgi Tuan Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin dan tentunya ulun bersyukur abah guru dalam keadaan sehat sehingga bisa memimpin doa Bersama dalam kegiatan malam hari ini,” ucap Bupati.

Bupati juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesarnya karena kedatangannya pada malam ini terlambat sehingga setelah tiba di tempat haulan, abah guru sudah tiba terlebih dahulu.

Beliau juga terus mengucapkan rasa syukur karena semenjak menjadi camat dan sampai sekarang menjadi bupati masih bisa diberikan kesempatan berhadir dalam haulan ini dan kembali bertemu dengan Abah Guru.

“Ulun juga bersyukur semenjak ulun manjadi camat ulun bisa berhadir dan atas ijin Allah jua lah malam ini ulun juga bisa berhadir sekaligus berjumpa kembali dengan abah guru di haulan Datuk Daha/ Surgi Tuan Syekh H.M Thahir bin H. Syahbuddin dan Mudahan-mudahan kita bisa mengambil manfaat dan keberkahan di dalam kegiatan malam hari ini,” ujar Bupati.

Selain itu Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP berharap abah guru terus membimbing kami sebagai murid dan akan selalu di berikan kesehatan dan kekuatan agar bisa selalu Bersama kami.

“Kita juga tentu sangat berharap abah guru kita terus diberikan ALLAH SWT kesehatan karena beliau sangat kita harapkan untuk terus bisa membimbing umat serta doa dan petuah beliau bisa menjadikan cahaya bagi kita yang mana disaat kita berada di tengah-tengah beliau merasa sejuk merasa nyaman dan tentunya juga kita sebagai murid akan terus mendoakan beliau agar terus di berikan ALLAH SWT kekuatan dan kesehatan untuk terus bisa bersama kita,” harapnya.

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP juga mengucapkan Kepada panitia terima kasih yang sebesarnya atas kerja kerasnya yang mudah-mudahan acara pada malam hari ini yang sudah dimulai dengan Doa dan Dzikir Bersama yang Alhamdulillah bisa berjalan dengan tertib dan lancar. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Ziarah Tokoh Besar HSS, Bupati: Harap Warga Tidak Melupakan Mereka

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP mengunjungi 3 tempat dengan diawali ziarah makam Ir. H. Muhammad Said (8 September 1936 – 16 Februari 2022) beliau adalah Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Melaksanakan ziarah ke makam Pahlawan dan para tokoh-tokoh besar HSS.

Ziarah di pimpim oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP mengunjungi 3 tempat dengan diawali ziarah makam Ir. H. Muhammad Said (8 September 1936 – 16 Februari 2022) beliau adalah Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan yang menjabat dari tahun 1984 sampai 1995 dan dilanjutkan ke makam Prof Drs. HM Kustan Basri, Rektor Universitas Lambung Mangkurat periode 1979-1987 yang juga merupakan salah satu tokoh berkontribusi dalam membangun universitas tertua di Kalimantan.
Dan yang terakhir bupati Bersama rombongan menuju makam Pahlawan Nasional Brigjend H Hasan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru.

Bupati menyampaikan bahwa ziarah ini untuk mendoakan para almarhum yang sudah berjuang dalam membangun hulu sungai selatan dan bisa memberikan semangat bagi kami.

“Ini merupakan semangat kami menghargai para leluhur. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik disisi-Nya. Dilapangkan kuburnya dan diberikan pahala yang berlipat ganda atas jasa-jasa beliau untuk membangun Hulu Sungai Selatan,” ungkap Bupati

Selain itu juga bupati berharap kegiatan ini bisa meningkatkan penyemangat diri untuk berjuang terus menigkatkan pembangunan di daerah khusunya Kabupaten Hulu Sungai Selatan, terlebih ia juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan oleh para generasi penerus yang akan datang.

Dalam kesempatan ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry,M.AP mengingatkan kepada semua untuk bisa menghargai para pendahulu yang berjuang demi hulu sungai selatan.

“Hargai para pendahulu kita, kita tidak bisa maju seperti ini apabila kita tidak dirintis oleh para pendahulu kita,” pesan Bupati

Ziarah kali ini di ikuti oleh TGH Muchyar Dahri. BA, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, M.A, Sekretaris Daerah Kab. HSS, Drs. H. M. Noor, M.AP, Kepala Perangkat Daerah HSS, Kepala Bagian Sekretaris Daerah HSS, Camat Se HSS, Ketua DMI HSS. [adv/HSS]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Gelar Rakor Bulan Mei 2022

Published

on

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bulanan yang rutin dilaksanakan disetiap awal bulan. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Cottage Tanuhi Gunung Kantawan, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bulanan yang rutin dilaksanakan disetiap awal bulan. Dimana pada awal bulan Mei ini rapat dilaksanakan pada hari Rabu (11/05/2022).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dan Sekretaris Daerah HSS Drs. H.M Noor, M.AP. Sedangkan peserta rapat sendiri terdiri dari para Asisten, Staf Ahli, Kepala Bagian Setda Kab. HSS, Kepala Perangkat Daerah, serta Camat se-Kab. HSS.

Rapat koordinasi ini terlaksana guna menindaklanjuti segala bentuk kegiatan yang akan dilakukan bulan ini dan memastikan semua kegiatan terakomodir sehigga dapat selesai sesuai dengan apa yang diharapkan, sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya baik itu urusan pemerintahan, pembangunan, hingga kemasyarakatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan lagi koordinasi antara lembaga Pemerintahan se-Kab. HSS.

Pada pembukaannya, Bupati HSS menjelaskan digelarnya rapat di alam tebuka ini bertujuan memberikan suasana baru sembari memanjakan mata dengan panorama alam serta menebarkan pandangan sambil menikmati semilir angin perbukitan Loksado.

Lebih lanjut Beliau menjelaskan diselengarakannya rapat rutin ini agar jajaran Pemerintahan Daerah Kab. HSS dapat bersinergi satu sama lain dalam upaya meningkatkan kinerja Pemerintah sesuai bidang tugas, fungsi dan kewenangannya masing-masing. Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik serta semangat kerja yang tinggi mudah-mudahan kita dapat mencapai hasil kerja yang memuaskan.

Dalam arahannya Bupati HSS juga menyampaikan kepada seluruh perangkat daerah lingkup Pemkab HSS agar mulai mempersiapkan peringatan Proklamasi Tanggal 17 Mei 1949 yang selalu diperingati sebagai momentum bersejarah bagi Rakyat Kalimantan, Khususnya Kalimantan Selatan. Diantaranya memasang banner /umbul-umbul dilingkungan unit kerjanya masing-masing.

Rapat dilakssnakan dalam dua sesi, dimana pada sesi pertama pimpiman rapat memberikan kesempatan kepada sejumlah media / wartawan yang bertugas di Kab. HSS untuk berkomunikasi baik bertanya atau memberi saran kepada Pemkab HSS yang akan ditanggapi langsung baik oleh Bupati HSS atau SKPD terkait.

Kemudian pada sesi kedua, Rapat Koordinasi Bulanan tersebut dilaksanakan secara internal yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. [adv-hss]

Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Bupati Achmad Fikri Dan Keluarga Peringati Haul Pertama H Zainal Mukhlisin

Published

on

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, memperingati haul pertama kakak kandung beliau Almarhum Drs. H. Zainal Mukhlisin bin H. Darham Hidayat. (Foto: Ist) 

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Tak terasa sudah 1 tahun, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, telah ditinggalkan kakak kandung beliau Almarhum Drs. H. Zainal Mukhlisin bin H. Darham Hidayat untuk selama-lamanya. Almarhum wafat pada hari Kamis,20 Mei 2021 silam dan dikebumikan di Pemakaman Alkah Keluarga Darham Hidayat, Muara Banta, Kandangan. Dan tadi malam dilaksanakan Peringatan Haul pertama, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati HSS. Selasa (10/05)

Acara Haul ini ihadiri oleh para ulama dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten HSS, dalam rangkaian kegiatan yang diawali dengan Sholat Maghrib Berjamaah, Pembacaan Yaasiin, Tahlil, Tausyiah dan ditutup dengan Sholat Isya Berjamaah.
Secara bergantian para alim ulama memimpin beberapa kegiatan ini. Untuk sholat maghrib diimami oleh Ustadz H. Abdul Wahab. Kemudian pembacaan Surah Yaasiin dipimpin oleh Ustadz H. Zaki Mubarrak, Lc sedangkan, Tahlil dipimpin oleh Ketua MUI HSS, TGH. Jamhari Muhdin dan do’a haulnya dibacakan oleh TGH. Mochyar Dahri,BA.

Sesaat sebelum tausyiah, Bupati H. Achmad Fikry dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para alim ulama dan undangan yang telah berhadir memenuhi hajat keluarga.
“Kami atas nama seluruh keluarga besar H. Darham Hidayat mengharapkan do’a dari para alim ulama dan hadirin semua, semoga almarhum kakak kami mendapatkan kelapangan di alam kuburnya. Serta andai ada terdapat kesalahan ataupun kekhilafan almarhum semasa hidupnya agar bisa dimaafkan” ungkapnya.

Sementara itu, dalam tausyiah singkatnya yang disampaikan, TGH. Asnawi Shihabuddin, Lc menyampaikan gambaran tentang alam kubur.

“Orang yang sudah berada di alam kubur, kondisinya tergantung dari amal dan perbuatannya, dan sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Untuk itu mereka hanya bisa mengharapkan do’a dari kita semua yang masih hidup. Jadi kepedulian, kiriman do’a dan pahala dari para keluarga di dunia memang sangat diharapkan, sebagai bentuk kiriman yang masih bisa disampaikan, dengan harapan semoga Allah menambah nikmat kuburnya,” tuturnya.

Acara ditutup dengan Sholat Isya’ berjamaah yang diimami oleh Ustadz Iliansyah. Turut hadir dalam.kegiatan ini Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Sekretaris Daerah Drs. H.M. Noor, M.AP, Jajaran Pengurus MUI HSS, para Kepala Perangkat Daerah termasuk para Camat, Tokoh Ulama dan Keluarga Besar H. Darham Hidayat. Acara diakhiri dengan santap malam bersama, namun karena ada jadwal kegiatan serupa di Nagara bersama Guru Danau, Bupati & Wakil Bupati tidak bisa ikut dalam jamuan ini dan langsung meluncur ke Kubah Dingin, Teluk Haur, Daha Utara. [adv-hss]

Continue Reading

Kalsel

TMMD Ke-113 Resmi Dibuka, Jangkau 3 Wilayah Desa di Kabupaten Banjar

Published

on

Pemkab Banjar bersama Korem 101/Antasari menggelar pembukaan kegiatan TMMD ke-113 TA 2022 bertempat di Gedung Mahligai Sultan Adam, Kabupaten Banjar. (Foto: Ist) 

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan suatu program terpadu antara TNI khususnya TNI AD dan pemerintah daerah, yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah, dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejarah telah membuktikan kemanunggalan TNI-Rakyat menghasilkan prestasi gemilang baik dalam mempertahankan kedaulatan negara, maupun dalam peran serta menjalankan roda pembangunan.

Pada era tahun 1980, program ini dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD), kemudian pada saat reformasi namanya berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kegiatan TMMD sebagai salah satu bentuk dari bela negara yang dilaksanakan oleh TNI dimasa damai, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Korem 101/Antasari, hari ini menggelar pembukaan kegiatan TMMD ke-113 TA 2022 bertempat di Gedung Mahligai Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Rabu (11/5/2022).

Tema TMMD tahun ini adalah “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri”, digelar selama 30 hari dari tanggal 11 Mei s.d. 9 Juni 2022, yang dilaksanakan oleh Kodim 1006/Banjar dengan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, di Desa Banua Riam, yang juga menghubungkan Desa Artain dan Desa Apuai, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Transformasi digital juga sudah menyentuh pelaksanaan TMMD ini melalui aplikasi MBT (Mitra Babinsa Tangguh). Melalui aplikasi tersebut, pelaporan kemajuan dapat dipantau secara terkini dan transparan, sehingga pihak Pemerintah Daerah atau Desa dapat memantau perkembangan kemajuan fisik dan non fisik melalui aplikasi tersebut.

Sasaran fisik pelaksanaan TMMD ini adalah pembukaan badan jalan sepanjang 4000 x 6 meter, perkerasan jalan sepanjang 4000 x 3,5 meter, pembuatan 2 jembatan kayu kelas 1, renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), renovasi Pos Kamling, pembuatan 3 sarana MCK, dan pembuatan Lapangan Voli.

Sedangkan sasaran non fisik pelaksanaan TMMD tersebut adalah penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan KB (keluarga berencana) dan stunting, penyuluhan kehutanan (karhutla), penyuluhan hukum, penyuluham budi daya ikan air tawar, penyuluhan bencana, dan penyuluhan air bersih.

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, S.I.Kom. yang diwakili oleh Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al-Habsyie, menyatakan “Program TMMD ke-113 ini merupakan kolaborasi antara TNI/Polri, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten Banjar yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Wabup.

“Kepada Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa di Kecamatan Aranio, saya ingin menyampaikan selamat dan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya demi kelancaran program TMMD ini. Semoga kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” jelas Wabup.

“Mari kita Optimalkan program TMMD ini untuk Kabupaten Banjar yang semakin baik dan saya ingin desa-desa di Kabupaten Banjar ini semakin makmur dan sejahtera sehingga bisa terwujud Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri, dan Agamis,” tambah Wabup.

“Saya yakin, TMMD ini dapat menjadi wahana mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, dan membantu percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang akan sangat menunjang visi misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Banjar,” pungkas Wabup.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E., yang diwakili oleh Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.I.P. menyatakan “dalam pelaksanaan TMMD ke-113 ini ada sasaran fisik dan non fisik untuk mencapai kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga rakyat bisa menjadi komponen pendukung dalam menjaga stabilitas nasional. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Banjar, Pemerintah Daerah, Ketua DPRD Kalsel, Polda Kalsel, Lanal Banjarmasin, Lanud Syamsudin Noor, dan instansi lain yang sudah mendukung kegiatan TMMD ini, dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi pada masa pemulihan pasca Pandemi Covid-19,” ungkap Kasrem.

Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom, S.I.P. selaku Dansatgas TMMD ke-113 Kabupaten Banjar menyatakan “sasaran fisik TMMD ini adalah untuk mempermudah akses jalan khususnya menuju sekolah dengan menghungkan 3 desa yaitu Desa Banua Riam, Desa Artain, Desa Apuai, serta menambah instalasi listrik dan internet di wilayah desa tersebut. Kemudian untuk sasaran non fisik juga untuk membangun kualitas manusia melalui berbagai penyuluhan yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Dandim.

Pembukaan TMMD ini dihadiri secara langsung oleh Dir Samapta Polda Kalsel, Kasrem 101/Antasari, Wakil Bupati Kabupaten Banjar, Dandim 1006/Banjar, Bappeda Prov. Kalsel, Kasi Log Kasrem 101/Ant, Kadis PUPR Prov. Kalsel, Waka Polres Banjar, Ketua DPRD Kabupaten Banjar, Kadis Lingkungan Hidup Prov. Kalsel, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudin Noor, Kajari Kabupaten Banjar, Danyonif 623/BWU, Kadis PUPR Kab. Banjar, Kadis Bunak Kab. Banjar, Kadis PMD Kabupaten Banjar, Bappeda Kabupaten Banjar, Ka Balai Perikanan Air Tawar, dan Pasi Bakti TNI Korem 101/Ant. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer