Bank Kalsel Charity Ride Tebar Kebaikan – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kalsel

Bank Kalsel Charity Ride Tebar Kebaikan

Published

on

MARTAPURA, suaraborneo.com – Gubernur Kalsel bergabung dalam kegiatan bersepeda bersama manajemen dan karyawan Bank Kalsel yang bertajuk ‘Bank Kalsel Charity Ride’. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim juga ikut bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diadakan di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru sebagai lokasi start dimana garis finis berada di Kiram Park, Kabupaten Banjar dengan medan yang bervariasi mulai dari tanah liat, aspal dan tanjakan, Sabtu (25/9).

Sesuai dengan namanya, kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Kalsel ini membawa misi amal dengan memberikan bantuan sosial, pendidikan dan keagamaan. Start dimulai sekitar pukul 8 pagi, dimana sebelumnya Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor memberikan sambutan dan pesan kepada para peserta.

Gubenur yang akrab dengan sapaan ‘Paman Birin’ ini memberikan apresiasi kepada Bank Kalsel dan OJK atas kegiatan bersepeda yang membawa misi baik ini dan berpesan agar masyarakat senantiasa rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi Bank Kalsel dan OJK dalam kegiatan bersepeda pada hari ini dimana tidak hanya ajang berolahraga, namun juga membawa misi kebaikan. Saya juga berpesan kepada masyarakat agar rajin berolahraga khususnya di masa pandemi saat ini, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pesannya.

Sahbirin juga menambahkan bahwa berolahraga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan akan menguatkan daya tahan tubuh kita serta keinginannya agar Kalsel memiliki ikon wisata alam yang dikenal secara luas “Mari berolahraga dengan hati riang gembira seperti pagi ini, dengan hati yang riang akan menimbulkan kebahagiaan sehingga kita semua dapat menggapai sehat secara jasmani dan rohani. Kita hari ini bersepeda menuju Kiram Park sebagai bagian dari langkah Pemerintah Provinsi Kalsel membangun dan mengenalkan berbagai tempat wisata alam khas Kalimantan, agar kiranya Kalsel dikenal secara luas memiliki berbagai destinasi alam yang indah,” tambahnya.

I G.K Prasetya selaku Plt. Direktur Utama Bank Kalsel juga memberikan sambutan diantaranya agar olahraga menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan pentingnya menumbuhkan jiwa berbagi bagi setiap insan Bank Kalsel.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Gubernur Kalsel beserta jajaran dan Kepala OJK yang telah berpartisipasi dalam ‘Bank Kalsel Charity Ride’ ini. Tujuan kami hari ini selain memberikan bantuan, juga sebagai upaya manajemen Bank Kalsel menjadikan olahraga sebagai bagian healthy lifestyle kepada para karyawan. Kami juga berharap kegiatan ini membawa nilai positif kepada seluruh insan Bank Kalsel agar memiliki jiwa dermawan dan senang berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” ungkap Prasetya.

Kegiatan yang juga sebagai ajang silaturahmi ini diikuti pula oleh Kepala Bakeuda Prov. Kalsel Agus Dyan Nur, Komisaris Utama Ary Bastari, Komisaris Independen Hatmansyah, Head of Business Group Fachrudin, Head of Supporting Group Mitra Damayanti, seluruh Kepala Divisi, beberapa kepala Cabang, para pegawai Bank Kalsel serta beberapa pegawai di lingkungan Pemprov Kalsel.

Pada ‘Bank Kalsel Charity Ride’ edisi kali ini, Bank Kalsel memberikan bantuan kepada Marbot Masjid Bambu Kiram, Yayasan Rumah Qur’an Martapura dan Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Al Fatih Wal Imdad yang semuanya terletak di Kabupaten Banjar.

Secara simbolis, bantuan diserahkan masing-masing oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kepala OJK Regional IX Kalimantan Riza Aulia Ibrahim dan Komisaris Utama Bank Kalsel Ary Bastari di lapangan Kiram Park.

Adapun bantuan yang diberikan berasal dari dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel yakni dana yang dihimpun dari pemotongan zakat/infak/sedekah dari gaji pegawai Bank Kalsel yang telah disisihkan untuk selanjutnya disalurkan kepada yang membutuhkan.

Dengan kegiatan ini, Bank Kalsel berupaya dalam memberikan kontribusi penuh terhadap pembangunan Kalimantan Selatan di bidang sosial, pendidikan maupun keagamaan. (adv/ad)

Bagikan ke

Banjarmasin

Bank Kalsel Bersama OJK Kalsel Gebyarkan Pentingnya Menabung kepada Pelajar SLB Negeri 3 Banjarmasin

Published

on

Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalsel dalam rangka mendorong masyarakat banua semakin berminat untuk menabung sejak dini. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kolaborasi nyata kembali dilakukan oleh Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalsel dalam rangka mendorong masyarakat banua semakin berminat untuk menabung sejak dini. Untuk Tahun 2024 ini kita kembali berbeda dengan target pelajar Disabilitas untuk tau dan memahami dan memaksimalkan cara menabung untuk mencapai suatu keinginan baik jangka pendek maupun jangka Panjang, apalagi sebagai asli urang banua, seharusnya menabung di bank daerah, Ketika kita menabung ke Bank Kalsel, hasil yang kita dapat akan kembali menjadi pendapatan asli daerah. Melalui kegiatan KICK OFF Hari Indonesia Menabung Bank Kalsel Bersama Disabilitas dengan hastag #BankKalselInklusifUntukSemua yang diselenggarakan, Jumat (21/6/2024) di Aula Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 3 Banjarmasin.

Turut berhadir, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Firmansyah beserja jajaran; Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan LMS OJK Provinsi Kalsel Andy Rahman Yuliman beserja jajaran dan Kepala Administari Sekolah SLB Negeri 3 Banjarmasin Cecep beserta jajarannya.

Kegiatan berlangsung dengan kegembiraan melalui sosialisasi baik dari OJK Prov Kalsel dan Bank Kalsel dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami oleh Pelajar SLB Negeri 3 Banjarmasin.

Kepala Divisi Sekertaris Perusahaan Bank Kalsel, Firmansyah mengatakan kegiatan yang menggandeng OJK kali ini merupakan kegiatan yang mendukung program Pemerintah Pusat, dimana agar siswa bisa tereduksi sejak dini untuk menabung.

“Selain sosialisasi, kami juga mengeluarkan program Satu Rekening Satu Pelajar Gratis tanpa dipungut biaya dengan menggandeng OJK. Melalui cara ini kita berharap kedepannya siswa dan juga wali murid SLB Negeri 3 Banjarmasin bisa memanfaatkan buku tabungan tersebut untuk mulai menabung sejak dini,” jelas Firmansyah.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan LMS OJK Provinsi Kalsel, Andy Rahman Yuliman menyampaikan kegiatan kali ini dimaksudkan dalam rangka Kick Off untuk memperingati Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap bulan Agustus nanti.

“Di Momen Hari Indonesia Menabung ini, kami akan mendorong dan berkolaborasi dengan Perbankan, khususnya Bank Kalsel, menyelenggarakan rangkaian kegiatan literasi keuangan kepada masyarakat secara masif dan merata. Salah satunya bersama Bank Kalsel, kita menggelar sosialisasi di SLB Negeri 3 Banjarmasin. Berharap melalui ini, dapat mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan untuk masyarakat Banua, termasuk para disabilitas yang punya hak yang sama untuk mengelola keuangannya melalui menabung di Bank,” ungkap Andy.

Dilain pihak, Kepala Administari Sekolah SLB Negeri 3 Banjarmasin, Cecep berterimakasih diberikan kesempatan untuk sekolahnya dijadikan tempat kegiatan Sosialisasi KICK OFF Hari Indonesia Menabung yang digelar oleh Bank Kalsel bersama OJK.

“Kita Menghibau kembali untuk siswa/i dan wali siswa/i untuk pentingnya menabung. Sebagai mana sudah dijelaskan tadi bahwa bijak dalam menabung, karena dikemudian hari tidak tau apa yang akan terjadi. Semoga dengan adanya program ini, Baik dari Bank Kalsel maupun OJK kedepannya bisa berkesinambungan dengan program lainya dalam melibatkan anak didik dan guru-guru baik di SLB Negeri 3 Banjarmasin maupun di SLB tempat lainnya,” pungkas Cecep. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Kalsel

Membludak Warga Rela Antri Daftar Fun Walk Polres HSS

Published

on

Warga kecamatan Kandangan membludak mendaftarkan dirinya ikut fun walk 5-PI (jalan santai) di Polsek Kandangan Kota. (Foto/Ist)

KANDANGAN, suaraborneo.com – Sejak hari Rabu sampai hari Jumat, Warga kecamatan Kandangan membludak mendaftarkan dirinya ikut fun walk 5-PI (jalan santai) di Polsek Kandangan Kota, Jumat (21-6-2024).

Terlihat antusias warga yang mendaftar ikut serta fun walk 5-PI Polres Hulu Sungai Selatan (HSS), rela antri bapanas-panas di depan kantor Polsek Kandangan Kota, jalan tinggiran pada hari ini Jumat 21 Juni 2024.

“Antusias warga sangat banyak, rela mengantri untuk ikut serta fun walk pada hari Minggu ini tanggal 23 Juni 2024, ada berapa kali bolak balik warga datang ke kantor Polsek kota, dengan berpanas-panasan, dan membawa anak-anaknya, untuk mendapatkan kupon berhadiah ikut serta fun walk 5-PI Polres HSS,” ungkap Kapolsek Kota AKP I Putu.

Dalam kesempatan lain juga, Panit Intel Polsek Kota mengatakan, “Bahwa antusias warga membludak untuk mendaftar dan dikupon kami bagikan ke masyarakat, dengan menunjukkan aplikasi LIMAPI Polres HSS,” ujar Panit Intel Polsek Kota. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Pemprov Sinkronkan Rangkaian Agenda Peringatan Harjad ke-74 Provinsi Kalsel

Published

on

Pemerintah Provinsi Kalsel menggelar rapat ke-5 persiapan pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Jadi ke- 74 Provinsi Kalsel Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi Kalsel menggelar rapat ke-5 persiapan pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Jadi ke- 74 Provinsi Kalsel Tahun 2024 pada Kamis (20/06/2024) di ruang rapat H Aberani Sulaiman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Rapat melibatkan para kepala dinas/badan/biro lingkup Pemprov Kalsel, kepolisian dan TNI, PWI Kalsel dan pihak terkait lainnya, tujuannya agar semua kegiatan sinkron.

Sejumlah acara diagendakan sebagai rangkaian peringatan hari jadi ini, termasuk puncak acara di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Bertindak selaku pengarah rapat, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kalsel Heriansyah, Kepala Biro Adpim Setdaprov, Berkatullah.

Penjelasan diawali dari pihak Event Organizer terkait layout panggung utama dan pelaksana festival pasar terapung serta makan gratis di kawasan nol kilometer Banjarmasin.

Dibahas juga persiapan untuk pertunjukan hiburan rakyat yang dimeriahkan raja dangdut Rhoma Irama dan Soneta Group ditambah sejumlah artis lokal.

Selanjutnya dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, disampaikan rencana agenda yakni pencatatan rekor pertunjukan kesenian sinoman hadrah oleh 1.000 pemuda di Kalsel, ditambah Gowes Geopark Meratus yang dimulai dari Kiram Park Kabupaten Banjar.

Adapun pihak Lanud Sjamsuddin Noor, menjelaskan seputar rencana penyelanggaraan kompetisi olahraga paralayang yakni South Borneo IPAC CAT-2 yang diikuti sekitar 80 peserta dari dalam dan luar daerah, termasuk peserta asing. Total hadiah 80 juta untuk juara yang dibagi dalam tiga kategori, perorangan dan beregu.

Turut menyampaikan agenda, PWI Kalsel berupa pekan olahraga wartawan nasional (Porwanas), dalam rangka memeriahkan peringatan hari jadi Kalsel tahun ini.

Pembukaan Porwanas tanggal 20 Agustus itu direncanakan hadir Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Selanjutnya, Ketua Harian BP Geopark Nasional Meratus Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan agenda Geopark Meratus Great Cultur Carnaval, termasuk kirab sasirangan dan pencatatan Rekor MURI untuk pembentangan kain sasirangan sepanjang 3.500 meter.

Sekdaprov Roy dalam arahannya, mengingatkan agar pelaksana kegiatan benar-benar memperhitungkan segala hal, sehingga kegiatan yang disusun lebih baik dari sebelumnya, dengan berkoordinasi pihak lain.

“Jangan seperti biasa-biasa, harus ada yang lebih, hadiahnya, dan sebagainya,” ujar Roy.

Selain rangkaian hari jadi, rapat juga membahas persiapan pelaksanaan program serap aspirasi turun ke desa atau Turdes ke 10 Paman Birin tahun 2024. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Terima Sertifikat Indikasi Geografis Kain Sasirangan dari Kemenkumham RI

Published

on

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin diwakili Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar pada Opening Ceremony Mobile Intelectual Property Clinic 2024. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mendukung perlindungan kekayaan intelektual. Hal tersebut disampaikan gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini melalui sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar pada Opening Ceremony Mobile Intelectual Property Clinic 2024, yang dilaksanakan di G Sign Hotel, Banjarmasin, Rabu (6/19) malam.

Menurut Paman Birin, kekayaan intelektual memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Di era globalisasi ini, kekayaan intelektual merupakan aset yang sangat berharga dan memiliki peran strategis, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi,” sampai Paman Birin.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Paman Birin menyampaikan apresiasinya kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalsel.

Menurut Paman Birin, kegiatan ini menunjukkan sebuah konsistensi usaha dalam rangka peningkatan dan perkembangan kekayaan intelektual kepada pemda dan masyarakat Kalsel.

Paman Birin tak lupa menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan kegiatan Mobile IP Clinic yang sudah terselenggara untuk ketiga kalinya ini.

“Semoga melalui Mobile IP Clinic ini, masyarakat Kalsel akan semakin memahami pentingnya melindungi karya dan inovasi mereka, serta memanfaatkan kekayaan intelektual sebagai alat untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk lokal,” harap Paman Birin.

Pada kesempatan ini, Pemprov Kalsel juga mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis untuk produk kain sasirangan.

Sertifikat ini diterbitkan oleh Dirjen Kekayaan Intelektual, dan pada kegiatan ini diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM RI Bidang Ekonomi yang diterima oleh Sekda Provinsi Kalsel.

Diketahui ini merupakan sertifikat kedua yang diperoleh Kalsel, setelah sebelumnya menerima sertifikat untuk produk cabe hiung. Atas sertifikat ini, Paman Birin menyampaikan agar tidak berpuas diri dan berhenti di sini.

“Pemberian sertifikat Indikasi Geografis ini merupakan pengakuan atas keunikan dan kualitas produk sasirangan asal Kalsel. Saya harap tidak berhenti disini, mengingat Kalsel masih menyimpan banyak potensi yang luar biasa,” ujar Paman Birin.

Pada kegiatan ini, juga diserahkan penghargaan South Borneo Intellectual Property tahun 2024 dengan kategori Jumlah Permohonan Kekayaan Intelektual Terbanyak, Fasilitasi Layanan Kekayaan Intelektual Terbaik kepada enam kabupaten/kota di wilayah Kalsel.

Serta penghargaan untuk Perguruan Tinggi atas kontribusi pembentukan Intellectual Property Corner pertama di Kalsel. Usai menyerahkan penghargaan, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM, Lucky Agung Binarto menyampaikan apresiasi kepada pemda di wilayah Kalsel.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemda di Kalsel, untuk capaian pendaftaran kekayaan intelektual di Kalsel yang sudah mencapai angka 3.790 pada tahun 2023 sampai dengan Mei 2024,” katanya.

Hal ini menurut Lucky, tak terlepas dari sinergitas dan kolaborasi seluruh pemda di Kalsel dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Dirinya juga menyampaikan harapan agar terselenggaranya kegiatan ini mampu mendorong upaya menumbuhkan semangat masyarakat untuk melindungi kekayaan intelektualnya.

“Kekayaan intelektual menunjukkan bahwa setiap kreatitifitas dan inovasi memiliki nilai ekonomi, oleh karena itu penting untuk didaftarkan agar dapat memperoleh perlindungan hukum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrahman, melalui laporan pelaksanaan kegiatan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman seluruh elemen akan pentingnya kekayaan intelektual.

“Kehadiran saudara-saudara sekalian menunjukkan komitmen untuk terwujudnya sustainable development goal, yang merupakan agenda pembangunan global untuk meningkatkan kesejahteraan, melalui implementasi sistem kekayaan intelektual yang komprehensif,” ungkapnya.

Taufiq menyampaikan rangkaian Mobile IP Clinic ini akan diselenggarakan selama tiga hari, pada 19-22 Juni 2024 dengan mengusung tema “Bergerak Memperkuat Identitas Budaya Kalsel di Mata Dunia, melalui Indikasi Geografis”.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh setidaknya 100 orang peserta yang berasal dari berbagai satuan kerja di wilayah Kalsel, perguruan tinggi dan UPTD terkait, serta perkumpulan masyarakat peduli indikasi geografis. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Jakarta

Gubernur Terima Penghargaan dari Institut Kesenian Jakarta, Dedikasi Terhadap Dunia Seni Peran di Kalsel

Published

on

Kepedulian Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dapat anugerah Penghargaan IKJ 3 Tahun 2024. (Foto/Adpim)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Kepedulian Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin terhadap dunia kesenian khususnya seni peran di Banua mendapatkan apresiasi dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Pada anugerah Penghargaan IKJ 3 Tahun 2024 bertajuk Seni untuk Kehidupan yang digelar di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024) malam, Gubenur Paman Birin menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Rektor IKJ, Dr. Indah Tjahjawulan.

Gubernur Paman Birin hadir pada penghargaan IKJ 3 Tahun 2024 didampingi Sandi Fitrian Noor, putra sulungnya yang juga anggota DPR RI terpilih 2024-2029.

Suasana malam itu meriah, terlihat Paman Birin duduk disamping Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana dan tokoh seniman Yadi Muryadi, serta sejumlah pengurus Yayasan Seni Budaya Jakarta (YSBJ).

Begitu diumumkan meraih Anugerah IKJ, Paman Birin diperkenankan naik di atas panggung dan dikelilingi oleh aktor teater sembari membawa microphone

“Selamat malam untuk kita semua, senantiasa diberi kesehatan. Alhamdulillah, saya tak menyangka dan sungguh luar biasa. Sebuah penghargaan yang bergengsi, tentu saya wajib datang pada malam ini,” ucap Paman Birin di atas panggung Teater Besar, TIM.

Paman Birin juga mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap IKJ atas terselenggaranya acara yang ketiga ini. Sehingga, Paman Birin menginginkan eksistensi dunia seni peran terus tumbuh di kalangan masyarakat.

Dalam hal itu, Paman Birin berharap dalam dunia kesenian makin diminati banyak orang, terlebih kalangan mudah yang menjadi generasi akan datang.

“Bidang seni peran sangat berguna di masyarakat. Karena menghibur warga Indonesia maupun daerah,” tutur Paman Birin yang merupakan inisiator Kiram Arts Festival Kalsel 2023 itu.

Dukungan Gubernur Kalsel dalam dunia kesenian, khususnya dunia keaktoran tak lepas dalam mengenalkan kesenian ke kancah internasional.

Pada ajang event bergengsi Kiram Art Festival Kalsel 2023 itu pernah mengundang seniman asal Malaysia, Philipina, Kamboja, Thailand, Jepang, Hongkong, Taiwan, India, Zimbabwe, Ghana, Australia, New Caledonia, New Zealand, Inggris, Swedia, Italia, Jerman, Colombia dan Belanda.

Bagaimana tidak, dengan dukungan itu,Paman Birin sangat peduli terhadap dunia kesenian di Banua. Dalam kesempatan itu, dirinya sangat tersanjung atas penghargaan IKJ terhadap anugerah kesenian dalam kategori pejabat publik tersebut.

“Saya salut dan merasa istimewa pada malam ini. Terimakasih kepada pengurus IKJ dan panitia atas undangannya dan kami akan terus mendorong perfilman di Kalimantan Selatan,” tutup Paman Birin.

Penghargaan itu turut disaksikan dan dihadiri oleh sejumlah aktor, sutradara, pelawak di antaranya yakni Indro Warkop, Prilly Latuconsina, Joko Anwar, serta artis lainnya.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Tenaga Ahli Gubernur Rizal Akbar dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan, Zainal Helmie dan sebagainya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Peduli Pendidikan, Bank Kalsel Berikan Biaya Pendidikan Satriwati Al Falah Puteri Banjarbaru

Published

on

Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al Falah Puteri Kota Banjarbaru, KH. Mukhlis Kaspul Anwar. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam upaya mendukung dunia Pendidikan khususnya di Kalimantan Selatan, Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berikan bantuan biaya Pendidikan kepada Santriwati Al Falah Puteri Banjarbaru dengan total sebesar Rp75.130.000 untuk pelunasan infaq sekolah dan biaya daftar ulang kepada 20 santriwati kurang mampu dan yatim piatu yang tergolong 8 Asnaf di Al Falah Puteri Kota Banjarbaru.

Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Direktur UPZ Bank Kalsel, M. Fajri Muhtadi kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al Falah Puteri Kota Banjarbaru, KH. Mukhlis Kaspul Anwar. Turut mendampingi Kepala Bank Kalsel KCP Landasan Ulin dan Staf UPZ
Bank Kalsel (10/6).

Direktur UPZ Bank Kalsel, M. Fajri Muhtadi menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kali ini berasal dari zakat yang dikumpulkan dari pegawai Bank Kalsel maupun donator yang menyalurkan zakatnya ke UPZ Bank Kalsel.

“Semoga dengan adanya bantuan ini santriwati kurang mampu dan yatim piatu yang ada di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Kota Banjarbaru semakin bersemangat dalam bersekolah dan menjadi anak yang sukses di masa depan,” tegas Fajri.

Pada kesempatan lainnya, Pimpinan Pondok Pesantren Al Falah Puteri Kota Banjarbaru, KH. Mukhlis Kaspul Anwar mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) atas bantuan yang kami terima hari ini, semoga bermanfaat bagi santriwati kedepannya.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk para satriwati yang memang memerlukan untuk meneruskan pendidikan islam di Al Falah Banjarbaru ini. Berharap kedepannya Bank Kalsel terus memberikan manfaat baik dari dunia Pendidikan maupun lainnya,” ungkap Mukhlis.

Sebagai Informasi, Zakat yang dikumpulkan Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) ini kita salurkan kembali kepada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat.

Termasuk yang diberikan dalam kesempatan hari ini. Kalian bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel.

Ada pun untuk Rekening Zakat, Infak dan Sedekah di Bank Kalsel Syariah dengan nomor 6500844928 (Zakat) dan 6500846214 (Infak dan sedekah) atas nama Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel. Untuk konsultasi dan konfirmasi transfer bisa melalui WA Center UPZ Bank Kalsel di nomor 0811505153. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Kalsel

Ratusan Peserta Mendaftar Ikut Jalan Santai Polres HSS, Memperingati Hari Bhayangkara ke-78 

Published

on

Saat warga mendaftar di kantor Polsek kota Kandangan. (Foto/Ist) 

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bertempat di kantor Polsek kota Kandangan, diramaikan warga kecamatan Kandangan ikut serta dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78 tahun, Kamis (20-6-2024) siang.

Dalam wawancaranya, “Sejak hari pertama pendaftaran sampai sekarang udah ratusan warga mendaftar ke kantor kami Polsek kota, dengan menunjukkan aplikasi LIMAPI Polres HSS, bagi warga khusus kecamatan Kandangan, yang mau ikut jalan santai, bisa saja datang langsung ke Polsek kota di tinggiran sebarang sanggar Pramuka,”
ungkap Kapolsek Kota, AKP Putu.

Diketahui kegiatan fun walk 5-PI (jalan santai) ini menyambut hari Bhayangkara ke 78 thn, jajaran Polres Hulu Sungai Selatan, yang Insya Allah dilaksanakan pada hari Minggu 26 Juni 2024 di lapangan MTQ Kandangan.

Ada beberapa hadiah menarik, hadiah utamanya, 11 unit sapeda listrik, 1000 pcs dorprize, 1000 pcs paket sembako. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Di Masjid Sabilal Muhtadin, Gubernur Kalsel dan Acil Odah Serahkan Bantuan Sapi Seberat 816 Kilogram

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi istri Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyerahkan bantuan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi istri Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyerahkan bantuan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini, Senin (17/06/2024) di kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Penyerahan sapi jumbo jenis Brahman berbobot 816 kilogram itu, turut disaksikan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, KH Fikri Haikal Zainuddin, dan Ketua Badan Pengelola (Banlo) Sabilal Muhtadin KH Darul Quthni bersama Sekretaris Banlo Syamsul Rani.

Usai penyerahan itu, Paman Birin berharap daging kurban yang nantinya dibagikan kepada masyarakat, bisa bermanfaat dan berkah.

Kemudian, apa yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha ini mendapatkan ridho Allah SWT dan syafaat oleh nabi Muhammad SAW kelak.

Sementara itu, KH Darul Quthni menyebutkan, pada penyelanggaraan ibadah kurban tahun ini, hewan kurban yang diamanahkan untuk disembelih dan dibagikan kepada pihaknya sekitar 29 ekor, yang berasal dari instansi dan perorangan.

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan, Selasa (18/06/2024) di Rumah Potong Hewan Basirih Kota Banjarmasin.

“Jadi tahun ini berbeda dengan sebelumnya, pemotongan tidak lagi dilakukan di area masjid, demi menjaga kebersihan lingkungan. Pemotongan di RTH Basirih, agar lebih higienis,” ujarnya.

Terkait jumlah kupon yang akan dibagikan, pantai ujarnya sudah menyediakan 2.000 kupon lebih dan masyarakat bisa mengambil daging kurban nantinya mulai pukul 14.30 Wita sampai selesai. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Gubernur Kalsel Sambut Peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4, Berikan Hadiah Rp 40 Juta

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut kehadiran peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 dalam rangka Bakti Sosial Pilkada Damai Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut kehadiran peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 dalam rangka Bakti Sosial Pilkada Damai Tahun 2024 dan HUT ke-78 di Markas Komando Kepolisian Daerah (Mako Polda) Kalimantan Selatan di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel Banjarbaru pada Minggu (16/6/2024) pagi.

Kehadiran Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menggunakan motor offroad saat melintasi garis finish disambut oleh Gubernur Paman Birin bersama Ketua DPRD Kalsel, Supian HK.

Penyambutan itu tampak meriah dengan barisan jajaran Polda Kalsel bertepuk tangan.

Tiba di acara, pembagian hadiah para pemenang untuk peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 dilakukan undian berhadiah oleh Kapolda Kalsel, Gubernur Kalsel dan Ketua DPRD Kalsel, serta jajaran lainnya.

Kegiatan yang mengambil tema : Menuju Indonesia Emas Tranformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” itu dIlaksanakan selama 2 hari, 15-16 Juni 2024.

Untuk Bhayangkara Adventure Offroad 4×4 itu puluhan motor offroad melintasi rute dan lokasi di kawasan perkebunan karet (Bridgestone), sehingga peserta menjelajahi alam liar dengan kondisi medan yang sarat tantangan. Mulanya itu rombongan start di Mapolres Tala dan finish di Kecamatan Bati-bati.

Kegiatan itu didukung penuh oleh himpunan motor offroad yang terdiri dari Indonesia Offroad Federation (IOF) Pengda Kalimantan Selatan dan Banua Bhayangkara JIP Community (BBJC).

Saat pembacaan undian hadiah dari Gubernur Paman Birin yang menghadiahi uang tunai senilai Rp40 juta rupiah terpilih atas nama Ibenk Oto dari tim Polresta Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Paman Birin menyampaikan walau perjalanan offroad terbilang pendek hanya 2 hari saja, tetapi peserta telah menempuh jalur medan yang cukup berat di lintasan hutan Kalsel. Dirinya pun terkesima melihat sederet motor offroad penuh lumpur, serta pakaian para driver yang becek maka artinya mereka telah mampu melewati medan terjal tersebut.

“Luar biasa Bapak Kapolda Kalsel. Tidak hanya mobilnya yang kotor, tetapi bajunya juga kotor. Saya selalu mengingat bahwa apabila baju telah kotor maka dianggap sebagai tanda bekerja,” ucap Paman Birin.

Paman Birin merefleksikan HUT ke-78 Polri yang kian dewasa dalam menapaki lembaganya sebagai institusi kepolisian untuk negara tercinta. Setiap perjalanan yang mengawal bangsa ini, dirinya berharap agar aparat kepolisian dapat menjalankan tugas yang baik, serta menyertai kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya melihat persiapan perlu matang terkait logistik dan peralatan lain, dengan motor yang tangguh ini maka sangat hebat para offroader kita dapat melintasi kawasan hutan. Etape (langkah) yang dilaluinya, tentu luar biasa dalam kondisi sehat dan bugar,” tuturnya.

Paman Birin juga mengapresiasi atas langkah Polda Kalimantan Selatan yang telah melakukan bakti sosial dalam kegiatan ini. Dia menilai, barangkali acara itu bermanfaat sekali dirasakan oleh masyarakat di Banua.

Sementara itu, Ketua IOF Pengda Kalsel, Haryadi menjelaskan tujuan kegiatan ini selain merayakan HUT Bhayangkara Polri ke-78 adalah menyatukan para Offroader Banua dengan jajaran tim aparat Polda Kalsel dengan cara bakti sosial tersebut. Kemudian selama perlintasan di hutan, dirinya mengaku sulit mencari kawasan medan yang berat karena infrastruktur telah diperbaiki oleh Paman Birin.

“Karena teman-teman di gunung merasa jalan dibagusin semua oleh Bapak Gubernur, Paman Birin. Namun hal itu sangat baik, mungkin paman nanti memberikan solusinya ke kami,” sampai Haryadi

Singkatnya, Haryadi sangat berterima kasih atas keterlibatan pihaknya dari IOF Pengda Kalimantan Selatan diikutsertakan dalam giat ini oleh Polda Kalsel.

Adapun pemenang undian, sosok raider offroad asal Banjarmasin yakni Ibenk Oto. Ia merupakan tim Polresta Banjarmasin dibawah komando Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito. Dirinya berhasil karena nomor punggungnya disebutkan oleh Paman Birin adalah 205.

“Alhamdulillah, terima kasih Paman Birin atas pemberian hadiah undian berupa uang tunai Rp40 juta buat kami. Hadiahnya digunakan buat memperbaiki motor yang rusak,” ujarnya.

Lantas, Ibenk merasa bantuan Gubernur Kalimantan Selatan ini sangat bermanfaat bagi timnya untuk melakukan perbaikan motor offroad tersebut. Ia bercerita, trek awalnya motor rekannya yang rusak kemudian disusul timnya dari kelompok Komunitas Club Skin Kalsel dan Team Polresta Banjarmasin yang mengalami kendala tersebut.

“Akhirnya, kita evakuasi dengan Bapak Sabana Atmojo, Om Yuda dan rekan lain. Kemudian saat jalur terjun ke air, para raider offroad mengalami trouble (masalah). Sampai patah kipas radiatornya itu,” terangnya.

Dari Kiram, tim Ibenk Oto akhirnya menarik motor offroad itu bersama rekan lain ke Mako Polda Kalsel. Sekitar 5 kilometer, pihaknya tempuh agar sampai ke garis finish tersebut.

“Yang lepas tadi seperti alat bearingnya dan radiator tadi. Dengan dapatnya hadiah dari Paman Birin ini, kita gunakan buat memperbaiki. Saya ucapkan lagi terimakasih,” ungkap Ibenk, penuh semangat.

Diakhir, Ibenk juga mengucapkan selamat HUT Bhayangkara Polri ke-78 tahun agar kiranya lembaga kepolisian di Kalsel semakin solid dan mencapai prestasi dalam menjaga keamanan daerahnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer