Bank Kalsel Charity Ride Tebar Kebaikan – SuaraBorneo.com
Connect with us
TL-5

Kalsel

Bank Kalsel Charity Ride Tebar Kebaikan

Published

on

MARTAPURA, suaraborneo.com – Gubernur Kalsel bergabung dalam kegiatan bersepeda bersama manajemen dan karyawan Bank Kalsel yang bertajuk ‘Bank Kalsel Charity Ride’. Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim juga ikut bergabung dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diadakan di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru sebagai lokasi start dimana garis finis berada di Kiram Park, Kabupaten Banjar dengan medan yang bervariasi mulai dari tanah liat, aspal dan tanjakan, Sabtu (25/9).

Sesuai dengan namanya, kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Kalsel ini membawa misi amal dengan memberikan bantuan sosial, pendidikan dan keagamaan. Start dimulai sekitar pukul 8 pagi, dimana sebelumnya Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor memberikan sambutan dan pesan kepada para peserta.

Gubenur yang akrab dengan sapaan ‘Paman Birin’ ini memberikan apresiasi kepada Bank Kalsel dan OJK atas kegiatan bersepeda yang membawa misi baik ini dan berpesan agar masyarakat senantiasa rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi Bank Kalsel dan OJK dalam kegiatan bersepeda pada hari ini dimana tidak hanya ajang berolahraga, namun juga membawa misi kebaikan. Saya juga berpesan kepada masyarakat agar rajin berolahraga khususnya di masa pandemi saat ini, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pesannya.

Sahbirin juga menambahkan bahwa berolahraga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan akan menguatkan daya tahan tubuh kita serta keinginannya agar Kalsel memiliki ikon wisata alam yang dikenal secara luas “Mari berolahraga dengan hati riang gembira seperti pagi ini, dengan hati yang riang akan menimbulkan kebahagiaan sehingga kita semua dapat menggapai sehat secara jasmani dan rohani. Kita hari ini bersepeda menuju Kiram Park sebagai bagian dari langkah Pemerintah Provinsi Kalsel membangun dan mengenalkan berbagai tempat wisata alam khas Kalimantan, agar kiranya Kalsel dikenal secara luas memiliki berbagai destinasi alam yang indah,” tambahnya.

I G.K Prasetya selaku Plt. Direktur Utama Bank Kalsel juga memberikan sambutan diantaranya agar olahraga menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan pentingnya menumbuhkan jiwa berbagi bagi setiap insan Bank Kalsel.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Gubernur Kalsel beserta jajaran dan Kepala OJK yang telah berpartisipasi dalam ‘Bank Kalsel Charity Ride’ ini. Tujuan kami hari ini selain memberikan bantuan, juga sebagai upaya manajemen Bank Kalsel menjadikan olahraga sebagai bagian healthy lifestyle kepada para karyawan. Kami juga berharap kegiatan ini membawa nilai positif kepada seluruh insan Bank Kalsel agar memiliki jiwa dermawan dan senang berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” ungkap Prasetya.

Kegiatan yang juga sebagai ajang silaturahmi ini diikuti pula oleh Kepala Bakeuda Prov. Kalsel Agus Dyan Nur, Komisaris Utama Ary Bastari, Komisaris Independen Hatmansyah, Head of Business Group Fachrudin, Head of Supporting Group Mitra Damayanti, seluruh Kepala Divisi, beberapa kepala Cabang, para pegawai Bank Kalsel serta beberapa pegawai di lingkungan Pemprov Kalsel.

Pada ‘Bank Kalsel Charity Ride’ edisi kali ini, Bank Kalsel memberikan bantuan kepada Marbot Masjid Bambu Kiram, Yayasan Rumah Qur’an Martapura dan Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Al Fatih Wal Imdad yang semuanya terletak di Kabupaten Banjar.

Secara simbolis, bantuan diserahkan masing-masing oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kepala OJK Regional IX Kalimantan Riza Aulia Ibrahim dan Komisaris Utama Bank Kalsel Ary Bastari di lapangan Kiram Park.

Adapun bantuan yang diberikan berasal dari dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel yakni dana yang dihimpun dari pemotongan zakat/infak/sedekah dari gaji pegawai Bank Kalsel yang telah disisihkan untuk selanjutnya disalurkan kepada yang membutuhkan.

Dengan kegiatan ini, Bank Kalsel berupaya dalam memberikan kontribusi penuh terhadap pembangunan Kalimantan Selatan di bidang sosial, pendidikan maupun keagamaan. (adv/ad)

Bagikan ke

Jakarta

Era Digital Tangkal Berita Hoax, Bank Kalsel Kolaborasi Bersama Insan Media

Published

on

Komisaris Independen Bank Kalsel Dr. Syahrituah Siregar, S.E., MA., Direktur Utama Bank Kalsel Fachtudin, Direktur Utama AJB Bumiputera Dr. Irvandi Gustari, S.E., M.B.A., Koordinator Kanal Cek Fakta Tempo. Inge Klara Safitri serta Komisaris Freeport Indonesia Dr. H. A.M Fachrir. (Foto/Ady)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Menjaga kepercayaan nasabah menjadi modal penting Bank Kalsel untuk terus meningkatkan kinerjanya.

Salah satu upaya Bank Kalsel jalankan adalah dengan berkolaborasi dengan Insan Media untuk menangkal berita hoax dalam gempuran era digital saat ini, di acara sharing session bertempat di meeting room Aone Hotel, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Jum’at (26/7/24).

Kegiatan tahunan yang bertajuk Media Gathering Bank Kalsel 2024 ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kompetensi dan menyaring berita hoax kepada 39 insan media yang hadir.

Turut hadir Komisaris Independen Bank Kalsel Dr. Syahrituah Siregar, S.E., MA., Direktur Utama Bank Kalsel Fachtudin, Direktur Utama AJB Bumiputera Dr. Irvandi Gustari, S.E., M.B.A., Koordinator Kanal Cek Fakta Tempo. Inge Klara Safitri serta Komisaris Freeport Indonesia Dr. H. A.M Fachrir, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Firmansyah, Kepala Cabang Bank Kalsel – Jakarta Agus, Divisi Perencanaan & Kinerja, Divisi Manajemen Resiko & Kepatuhan, Kepala Cabang Bank Kalsel Paringin Fitri Hernadi.

Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan Direktur Utama. Bank Kalsel Fachrudin menyampaikan, bahwa lima calon Direksi Bank Kalsel sudah di siapkan untuk tiga posisi kosong. Mudah-mudahan minggu depan sudah ditetapkan.

“Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi Bank Kalsel bersama insan Media untuk meningkatkan kompetensi menyaring berita hoax dalam gempuran era digital saat ini, dengan hadirnya narasumber yang kompeten insan Media semakin jeli menyaring atau menangkal berita hoax,” pungkasnya. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Luncurkan Event AKSEL Virtual Run 2024, Kampanyekan Gerakan Gaya Hidup Sehat dan Pelestarian Lingkungan

Published

on

Bank Kalsel meluncurkan AKSEL Virtual Run 2024 bertajuk “Sehat Diri Bumi Lestari”. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-74, Bank Kalsel meluncurkan AKSEL Virtual Run 2024 bertajuk “Sehat Diri Bumi Lestari”.

Peluncuran ditandai dengan kegiatan lari bersama komunitas Gubernur Runners, RIOT, Banua Run dan South Borneo Runners yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin dengan start di halaman Kantor Pusat Bank Kalsel, Selasa (23/07/2024).

Sebelum peluncuran dilakukan, pada kesempatan yang berbeda Bank Kalsel juga telah melaksanakan Pra Event, yakni penanaman 8.000 pohon mangrove Bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup pada tanggal 2 Juli 2024 di
Pantai Pagatan, Kab. Tanah Bumbu

Diungkapkan Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin, AKSEL Virtual Run 2024 selain untuk menyemarakan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan, event ini juga merupakan sebuah kampanye gerakan gaya hidup sehat dan pelestarian lingkungan, sesuai dengan tajuk yang digaungkan yakni “Sehat Diri Bumi Lestari”..

“Setiap 1 kilometer yang ditempuh oleh para runners maka akan dikonversi menjadi satu
pohon mangrove untuk ditanam di pesisir wilayah Kalsel. Dimana kami menargetkan 1.000 orang pendaftar, sehingga Bank Kalsel dapat menanam 7.400 pohon mangrove,” jelasnya.

Fachrudin menambahkan, untuk dapat mengikuti event ini tentunya terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

“Jadi sebelum mendaftar, pastikan para runners sudah memiliki rekening Bank Kalsel baik konvensional ataupun syariah dan aktivasi Mobile Banking AKSEL by Bank Kalsel, setelah itu lakukan pendaftaran melalui fitur AKSEL FUN dan cukup membayar Rp74,- (tujuh puluh empat rupiah) sudah bisa mengikuti event ini. Karena sifatnya virtual, larinya bisa kapan saja dan dimana saja, sesuai jarak yang sudah ditentukan yaitu 7,4 km selama periode waktu 24 Juli s/d 14 Agustus 2024 menggunakan aplikasi sport tracking (Strava, Relive, dll), terakhir upload hasilnya di website https://v-run.bankkalsel.co.id,” jelasnya lagi.

Bank Kalsel juga menyediakan total doorprize sebesar Rp30 juta yang akan diundi setelah periode lari selesai dan 74 jersey khusus untuk 74 orang pertama yang menyelesaikan 7,4 km dan meng-upload hasilnya.

“Ayo runners segera daftar dan ikuti AKSEL Virtual Run 2024, mari bergabung bersama kami dalam Gerakan #SehatDiriBumiLestari”, pungkas Fachrudin. (adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Konsumsi Pil Putih Tanpa Merek, Puluhan Orang di Kalsel Mabuk Bukan karena Kecubung

Published

on

Mabuk karena penyalahgunaan obat (Drug Abuse) berbahaya. (Foto/Ilustrasi)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Fakta baru terungkap terkait 49 orang di Kalimantan Selatan yang mabuk hingga perlu dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin.

Penyebab puluhan orang mabuk itu rupanya bukan karena konsumsi kecubung, melainkan akibat pil tanpa merek.

Keterangan itu diungkapkan oleh psikiater konsultan adiksi RSJ Sambang Lihum, Banjarmasin, Dr Fidaus Yamani. Dia menjelaskan bahwa awalnya para pasien itu diduga mabuk kecubung, tapi setelah mereka sadar baru terungkap yang sebenarnya.

“Pada awalnya diduga kecubung karena efeknya mirip seperti mengonsumsi buah kecubung. Setelah wawancara, mereka mengaku minum pil putih tanpa merek,” kata dokter Firdaus dalam konferensi pers virtual bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jumat (19/7/2024).

Belum diketahui asal dari pil putih tersebut. Hanya saja dokter Firdaus menjelaskan bahwa efek samping pil tersebut memang mirip dengan dampak yang dihasilkan bila mengonsumsi buah kecubung.

Saat ini, pil putih itu masih diteliti oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kalau efeknya mirip buah kecubung kemungkinan mengandung ekstrak kecubung, tapi masih diteliti BNN dan polisi,” jelas dokter Firdaus.

Dia menambahkan, pil tersebut merupakan jenis carnophen yang kandungannya mirip seperti efek kecubung. Carnophen tersebut berisi parasetamol, carisoprodol, dan kafein.

Kandungan carisoprodol itu lah yang memberi efek tenang hingga menimbulkan halusinasi.

Dokter Firdaus memastikan kekinian para pasien sudah dalam kondisi baik. Pasien yang jalani rawat inap di RSJ juga hanya sekitar dua orang.

Walau demikian, dokter Firdaus mengingatkan agar masyarakat menghindari konsumsi kecubung. Karena efeknya bisa sangat berbahaya.

“Meskipun ini belum dimasukkan pemerintah sebagai narkotika, karena efeknya ini, apalagi bisa menyebabkan kematian, ini harus dijauhi,” pesannya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Raih Dua Penghargaan, High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR

Published

on

Penghargaan diserahkan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin. (Foto/Rahmi)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR Semester 1 Tahun 2024, pada Selasa (23/7) siang. Selain dihadiri seluruh perwakilan Kementrian Keuangan di Kalimantan Selatan, dan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, sejumlah pimpinan perbankan di Kalsel, juga hadir pada kegiatan ini, termasuk Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin.

Kehadiran pimpinan perbankan ini bukan tanpa alasan. Selain untuk membahas kendala dan solusi terbaik, serta monitoring dan evaluasi, serta perumusan strategi untuk mengakselerasi penyaluran KUR dan implementasi transaksi digital pemerintah di Kalimantan Selatan, pada pertemuan ini juga diberikan beberapa penghargaan kepada perbankan.

Pada kesempatan ini, Bank Kalsel mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Yakni Terbaik I Transaksi Penerimaan Negara Terbanyak Semester I 2024, dan Terbaik II Pelaksanaan Penyaluran KUR Berdasarkan Nominal Semester I Tahun 2024. Penghargaan diserahkan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar kepada Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin.

Fachruddin mengucapkan terima atas penghargaan yang diberikan, dan berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Kalsel

“Untuk transaksi penerimaan terbanyak sama seperti tahun sebelum, dimana Bank Kalsel menjadi pilihan untuk tempat menyetorkan penerimaan daerah dengan ketersediaan kantor cabang dan lainnya di seluruh daerah di Kalsel,” ujarnya.

Sementara untuk penyaluran KUR, menurut Fachrudin terus mengalami pertumbuhan positif, dan memotivasi Bank Kalsel untuk lebih aktif menyalurkan kepada penggiat UMKM Banua, termasuk yang berskema syariah.

“Hingga Juni 2024, Bank Kalsel sudah menyalurkan KUR sebesar 389 miliar rupiah kepada 14.206 debitur. Kami berharap hingga akhir tahun, penyaluran akan terus tumbuh positif,” tutup Fachrudin.

Sementara itu, data Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel menyebutkan,. hingga Juni 2024, total KUR yang telah tersalur mencapai Rp2,82 triliun kepada sekitar 46 ribu debitur di Kalsel. Angka ini tumbuh positif sebesar 33,24% dibanding tahun lalu.

Penyaluran KUR ini dilakukan 10 bank dan 1 Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Penyalur. Plafon target penyaluran KUR tahun 2024 ditetapkan sebesar Rp5,16 triliun yang berarti sampai dengan Juni 2024, capaian penyaluran KUR terhadap target mencapai 54,66%.

Penyaluran KUR di Kalsel didominasi sektor perdagangan, sedangkan skema yang mendominasi yaitu KUR Mikro yaitu kisaran Rp10 juta sampai dengan Rp100 juta per debitur. Kota Banjarmasin masih menjadi kabupaten/kota dengan penyaluran KUR tertinggi sejak Januari dengan capaian Rp653,76 miliar kepada sekitar 8.500 debitur. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Viral! Mabuk Kecubung, DPRD Kalsel Minta Status KLB Ditetapkan

Published

on

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Maraknya warga yang mengonsumsi kecubung turut menjadi perhatian DPRD Kalsel apalagi sudah ada yang dinyatakan meninggal dunia.

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK hingga hari ini Minggu (14/7/2024), mengungkapkan keprihatinannya terhadap pengguna buah kecubung apalagi yang dioplos dengan zenith.

Tentu kata Supian, bahaya ini harus perhatian semua, baik aparat penegak hukum maupun lapisan masyarakat agar kasus tersebut dapat diatasi sehingga tidak menambah korban jiwa.

“Peran orang tua dan lingkungan sekitar juga diperlukan agar mencegah terjebak mengonsumsi kecubung,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin meminta agar status darurat Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap kasus kecubung segera ditetapkan.

Pasalnya, sudah ada dua pasien yang dirawat di RS Sambung Lihum dinyatakan meninggal dunia akibat mabuk usai mengonsumsi kecubung.

“Satu orang saja meninggal dunia sudah bisa ditetapkan KLB, apalagi ini dua. Sehingga penanganannya bisa masif agar korban lainnya mendapat pertolongan lebih baik dan sedini mungkin,” paparnya.

Ia juga meminta kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) mencari okum yang membuat banyak orang bisa mengonsumsi kecubung oplosan tersebut dan menindak pelaku dengan ganjaran yang setimpal. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Ratusan Warga Kemenag HSS, Tolak Rusmadi Sebagai Pimpinan

Published

on

Aksi demo di Halaman Kantor Kemenag Kabupaten HSS, Jalan Jenderal Sudirman Kandangan. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan aksi demo di halaman Kantor, Jalan Jenderal Sudirman, Desa Tibung Raya, Kandangan, Senin (22/7/2024) pagi.

Para ASN sekitar lebih dari 100 orang, datang cukup pagi sejak pukul 06.00 Wita, langsung menggembok pintu gerbang kantor dan rumah dinas Kepala Kantor Kemenag HSS.

Peserta aksi juga membentangkan spanduk dengan tulisan “Kami warga Kemenag Kabupaten HSS mengambil sikap menolak keberadaan H Rusmadi di Bumi Antaludin”.

Lalu ada tulisan “Pimpinan yang arogan, angkuh dengan ucapan, suka menekan, dan mengadu domba warga Kemenag, agar angkat kaki di Bumi Antaludin”.

Sementara Kepala Kantor sempat datang, namun kembali putar arah melihat kantornya sudah ada aksi.

Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten HSS Fathhurrahman SAg mengungkapkan, sebelum aksi, secara administrasi sudah mengirim surat resmi ke Kantor Wilayah Kemenag Kalsel. Surat dikirim juga oleh KUA, Madrasah, Masyarakat, hingga MUI.

Fathurrahman menuturkan, seluruh warga Kemenag di Kabupaten HSS menyatakan sudah tidak bisa menerima sikap pimpinan yang semena-mena.

“Banyak hal dilakukan beliau yang tidak sesuai kebijakan mengenai administrasi dan lainnya, bahkan sering mengucapkan kata-kata yang tidak pantas,” ujarnya, kepada wartawan.

Ia menambahkan, Rusmadi juga dianggap sering menolak tamu yang datang, sehingga diarahkan ke bawahan.

“Tuntutannya, kami menginginkan Rusmadi pindah atau angkat kaki dari Kantor Kemenag Kabupaten HSS,” tegasnya.

Ia berharap, Kemenag Kabupaten HSS ke depan mendapat pimpinan yang bijaksana, bisa menerima aspirasi dan membimbing pihaknya, umat dan masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten HSS Rusmadi, saat ini belum membalas pesan konfirmasi dari wartawan, terkait kabar ini. (azifa/ril)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjar

Gubenur Birin Bagikan Hadiah Umrah Jalan Sehat Islami dan Karnaval Haplah Ponpes Hidayatullah Martapura

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas para santri dan santriwati dalam acara Pelepasan Jalan Sehat Islami & Karnaval dalam rangka Hari Peringatan Lahir (Haplah) Pondok Pesantren Hidayatullah Martapura ke-76. (Foto/Adpim)

BANJAR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas para santri dan santriwati dalam acara Pelepasan Jalan Sehat Islami & Karnaval dalam rangka Hari Peringatan Lahir (Haplah) Pondok Pesantren Hidayatullah Martapura ke-76 di halaman Ponpes Hidayatullah Martapura Lokasi 1, Jl. Pangeran Hidayatullah, Kecamatan Keraton, Martapura pada Minggu (21/7) pagi.

Sederet santri dan santriwati yang tergabung dari anak-anak Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Ponpes Hidayatullah Martapura tampak berjajar dengan kelompoknya masing-masing. Ada yang berpakaian adat Banjar, busana muslim hingga pakaian ala khataman Qur’an.

Event jalan sehat dengan konsep karnaval islami ini menggunakan kelompok drumband untuk menyambut kedatangan Gubernur Kalsel, Paman Birin didampingi Pimpinan Pengasuh Ponpes Hidayatullah Taman Hudaya H. Gusti Wardiansyah bersama Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah, HM Ramlah dan Ketua Panitia Pelaksana, Fauzan Asniah saat tiba di lokasi acara lantunan sholawat pun dikumandangkan serentak.

Pada acara itu, Paman Birin membagikan doorprize dengan hadiah berupa umroh. Dua orang beruntung yakni Rahma, seorang guru atau ustadzah Ponpes Hidayatullah Martapura dan Hendra, seorang pegawai setempat.

Ditambah lagi sebanyak 30 orang menerima doorprize dari Gubernur Paman Birin yang mengundinya secara berkala dan memberikan uang tunai masing-masing senilai satu juta rupiah.

Selain itu, pemberian hadiah juga dari putra Paman Birin yakni Sandi Fitrian Noor yang juga Anggota DPR RI terpilih 2024-2029 dan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah.

“Ini acara Hari Peringatan Lahir (Haplah) Pondok Pesantren Hidayatullah Martapura ke-76, luar biasa saya pikir. Suatu wadah atau kegiatan pendidikan ini menjadi gembira ya, tentu mereka bahagia akan menaikkan imun,” ucap Paman Birin, selepas acara.

Sehingga, Paman Birin meyakini santri dan santriwati yang telah menerima doorprize, maka membuat kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Sang Gubernur Kalsel pun berharap, semakin bertambahnya semangat dan giat dalam pendidikan di pondok.

“Lantas, semakin bertambah semangat. Kalaunya belajarnya bagus, pasti menjadi anak yang cerdas,” ungkap Paman Birin, tegas.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Fauzan Asniah menjelaskan bahwa pihaknya kemarin telah melaksanakan apel atau upacara Haplah Ponpes Hidayatullah Martapura ke-76, kemudian agenda kedua pada hari ini sebagai ajang karnaval islam.

Berbagai rangkaian lain seperti sunnatan massal dan lomba-lomba islami, Fauzan menyebut baik itu internal maupun eksternal dilaksanakan untuk memeriahkan haplah tahunan tersebut.

“Pada malam Kamis ini kita akan gelar Ponpes Hidayatullah Bersholawat. Terbuka untuk umum,” tutupnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Kalsel

Pelantikan KBB Provinsi Bali, Gubenur dan Acil Odah Disambut Antusias Warga Banjar

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melantik 39 pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Bali periode 2024-2028. (Foto/Adpim)

DENPASAR, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar(KBB) Sa’dunia melantik 39 pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Bali periode 2024-2028 pada Sabtu (20/7) siang.

Bertempat di Inna Sindhu Hotel, Sanur Bali, kepengurusan KBB Bali menjadi provinsi ke 18 yang dilantik secara langsung oleh Paman Birin.

Dalam pelantikan itu, Paman Birin didampingi Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, istri yang juga Ketua TP PKK Provinsi Kalsel.

Kehadiran Paman Birin dan Acil Odah pun disambut meriah dan antusias warga Banjar yang ada di Provinsi Bali.

Pada berbagai kesempatan saat kegiatan pelantikan kepengurusan KBB Provinsi Bali, warga Banjar yang hadir selalu berusaha ingin berfoto dengan Paman Birin dan Acil Odah.

Usai melantik kepengurusan KBB Provinsi Bali, Paman Birin tak lupa sampaikan apresiasi kepada pihak Pemerintah Provinsi Bali, atas sambutan dan kerjasamanya sehingga silaturahmi dan pelantikan pengurus KBB di provinsi yang terkenal dengan pariwisatanya ini dapat terlaksana.

“Kami tentunya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pj Gubernur Bali dan semua pihak atas dukungannya hingga acara hari ini bisa berjalan lancar,” sampai Paman Birin.

Paman Birin juga mengungkapkan, bahwa memang bubuhan Banjar ternyata banyak yang berdomisili di Bali.

“Orang Banjar banyak di Bali. Dan sebenarnya, setelah melaksanakan silaturahmi KBB hampir di seluruh Indonesia, bubuhan Banjar tersebar bukan hanya di Indonesia saja, tapi hingga luar negeri,” sampai Paman Birin.

Ditemui usai acara, Paman Birin mengatakan bahwa kunjungannya kali ini tak lain dalam rangka untuk menjalin silaturahmi sesama warga Banjar di perantauan.

“Alhamdulillah, hari ini kita melantik Pengurus KBB Bali. Hal ini tak lain adalah dalam rangka menjalin silaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan. Khususnya sesama warga Banjar yang ada di perantauan,” sampai Paman Birin.

Tak lupa Paman Birin berharap agar masyarakat Banjar selalu menjaga kedamaian dimana pun berada.

“Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Kita selalu berharap dimana pun masyarakat Banjar berada untuk selalu menciptakan suasana yang aman, nyaman dan selalu menjaga kebersamaan,” pesan Paman Birin.

Pada kunjungannya ini, Paman Birin tak henti menerima apresiasi dari perwakilan warga Banjar di Bali.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Bali melalui Kepala Bakesbangpol Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata memberikan apresiasi atas kehadiran Gubernur Paman Birin di Pulau Dewata.

“Kehadiran beliau patut diapresiasi di tengah kesibukan beliau sebagai Gubernur Kalsel. Ini adalah bentuk perhatian yang luar biasa dari beliau. Kunjungan ini menghidupkan teman-teman pelaku ekonomi di Bali,” sampainya.

Tak lupa dirinya sampaikan harapan agar kedepannya, eksistensi KBB dapat membantu bukan hanya para perantau dari tanah Banjar, tapi seluruh masyarakat Bali.

“Semoga keindahan alam Bali bisa memberikan semangat dan vibrasi positif bagi Paman Birin. Dan harapan kami juga kedepannya, KBB tidak hanya membantu warga Banjar yang ada di Bali, tapi juga warga lainnya di Bali,” ujarnya.

Adapun Ketua Pelaksana, Ahdarun Nadi mengatakan, bahwa Paman Birin adalah Gubernur Kalsel pertama yang datang dan melakukan silaturahmi langsung dengan warga Banjar di Bali.

“Ini menjadi sebuah memori yang tidak bisa kami lupakan. Karena sejak kerukunan warga Banjar di Bali terbentuk di tahun 1967, tidak pernah ada satu gubernur pun yang bersilaturahmi langsung. Paman Birin adalah yang pertama,” sampainya yang kemudian mengundang riuh tepuk tangan seluruh undangan.

Surat Keputusan pelantikan 39 pengurus KBB Provinsi Bali dibacakan oleh Sekretaris KBB Sa’dunia Taufik Arbain.

Pada kesempatan itu pula, seperti biasa Paman Birin membagikan sejumlah oleh-oleh khas banjar, seperti kue bingka gambut, kue lam, rimpi pisang dan iwak karing (ikan asin) hingga kain sasirangan. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Rombong Barakah kepada UMKM Penjual Nasi Pundut dan Buras

Published

on

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Direktur UPZ H. Muhammad Fajri Muhtadi. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Saat ini Afriani berjualan nasi pundut dan buras beralamat di KM. 6 samping kantor Samsat Banjarmasin, kondisi tempat usaha sebelumnya hanya menggunakan meja seadanya dan payung.

Adapun usaha berjualan pundut nasi dan buras tersebut pada awalnya dijalankan oleh orang tuanya yakni Hasan Basri dan Ibu Mislamiah. Namun seiring berjalannya waktu kondisi kedua orang tuanya saat ini sudah tidak bisa berjualan lagi disebabkan usia mereka yang sudah lanjut sehingga digantikan oleh anaknya yakni Afriani untuk melanjutkan usaha orang tuanya.

Sebagai wujud kepedulian sosial dan ekonomi, manajemen Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel telah memberikan bantuan untuk Afriani sesuai program UPZ Bank Kalsel dalam pemberdayaan ekonomi Mustahik yang telah diserahkan secara langsung oleh Direktur UPZ H. Muhammad Fajri Muhtadi.

“Semoga bantuan tersebut dapat membantu dalam peningkatan ekonomi UMKM berupa rombong barakah kepada Afriani sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkapnya.

Bagi Donatur dan Sahabat Akselenials yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer