UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Masyarakat Terdampak Banjir di Kabupaten Banjar – SuaraBorneo.com
Connect with us
TL-5

Daerah

UPZ Bank Kalsel Beri Bantuan Masyarakat Terdampak Banjir di Kabupaten Banjar

Published

on

Simbolis diserahkan langsung oleh Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin kepada Bupati Kabupaten Banjar, H .Saidi Mansyur, di Mahligai Sultan Adam Martapura. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk kepedulian sosial dan kemanusiaan, Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berikan bantuan kepada korban yang terdampak banjir di Kabupaten Banjar, sebesar Rp25 juta. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin kepada Bupati Kabupaten Banjar, H .Saidi Mansyur, di Mahligai Sultan Adam Martapura di Kabupaten Banjar, Jum’at (3/3/2023).

Turut mendampingi Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Suriadi dan Kepala Cabang Martapura, A. Fauzi Noor. Bupati Banjar, H.Saidi Mansyur menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan dan kepedulian Bank Kalsel terhadap musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Banjar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel telah memberikan bantuan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebesar Rp25 juta, yang akan kami salurkan dan didistribusikan bantuan ini melalui Forum Jurnalis Banjar (FJB) yang nantinya akan di serahkan langsung kepada warga yang terdampak aliran banjir di wilayah Kabupaten Banjar,” terang Saidi.

Di kesempatan yang sama juga, Plt Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah banjir dialami masyarakat Kabupaten Banjar.

“Bantuan yang kami berikan merupakan wujud kepedulian Bank Kalsel terhadap masyarakat yang terdampak banjir. Dengan bantuan ini, kami harap dapat meringankan beban masyarakat Kabupaten Banjar, dan semoga musibah ini segera berakhir, sehingga aktifitas masyarakat dapat kembali pulih seperti sedia kala,” pungkas Fachrudin. [adv/ad]

Bagikan ke

Daerah

Bank Kalsel Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran, Akomodasi Jantung Bocor, Kaum Masjid dan Biaya Hidup Lansia Dhuafa di Kabupaten Balangan

Published

on

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Balangan, H. Abdul Hadi kepada penerima bantuan dan didampingi oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin. (Foto/Ist) 

BALANGAN – Dalam rangka kunjungan dan silaturahmi Manajemen Bank Kalsel ke Kediaman Bupati Balangan, dalam kesempatan tersebut sekaligus memberikan bantuan kepada korban musibah kebakaran di Kel. Paringin Barat, Kec. Paringin Kab. Balangan yang terjadi beberapa hari yang lalu dan bantuan akomodasi jantung bocor kepada Muhammad Nazmi Firdaus serta santunan kepada kaum masjid, dan bantuan biaya hidup lansia dhuafa kepada lbu Inar dan lbu Malis.

Adapun bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Balangan, H. Abdul Hadi kepada penerima bantuan dan didampingi oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin; Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, IGK. Prasetya; dan Direktur Operasional Bank Kalsel,  Ahmad Fatrya Putra.

“Bagi Donatur dan Sahabat Bank Kalsel yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak Fachrudin. [adv/ad]

Rekening Infak dan Sedekah:
Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel
Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel: 08115051 53

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Polres Tebing Tinggi Ungkap Kasus Narkoba, Kapolres: 3 Kg Sabu Berhasil Disita

Published

on

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Tampubolon menggelar press release pengungkapan kasus tindak pidana narkotika periode Minggu ke IV Juni 2024. (Foto/Ist)

TEBING TINGGI, SuaraBorneo.com – Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Tampubolon menggelar press release pengungkapan kasus tindak pidana narkotika periode Minggu ke IV Juni 2024 diwilayah hukum Polres Tebing Tinggi bertempat di Aula Kamtibmas Mapolres Tebing Tinggi, Kamis (04/07/24).

Turut hadir dalam kegiatan, Wakapolres Kompol Slamet Riyadi, Kasat Resnarkoba Akp Wisnugraha Paramaartha, Kasi Humas Akp Agus Arianto, Kasi Propam Akp Jamintar Butar Butar dan personel Sat Narkoba.

Dalam paparannya, Kapolres Tebing Tinggi menyebut selama kurun waktu 1 minggu tepatnya Minggu ke IV Juni 2024, Polres Tebing Tinggi telah mengamankan 3 orang pelaku penyalahgunaan narkoba dengan 2 laporan polisi.

“Pengungkapan pertama pada hari Senin (24/06/24), petugas Sat Resnarkoba melakukan undercover buy dengan cara memesan kepada pelaku dan bertemu disebuah Restoran di Kampung Jati Desa Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. Petugas berhasil mengamankan 2 orang pria pelaku berinisial PP (35) dan YS (40), yang keduanya merupakan warga Kota Tebing Tinggi serta menemukan 1 kg sabu dari dalam sebuah kotak sepatu dalam penguasaan kedua pelaku,” sebut Kapolres.

Lanjutnya, berdasarkan penangkapan tersebut, jajaran Polres Tebing Tinggi melakukan pengembangan untuk pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Dalam pengungkapan yang kedua, pada hari Sabtu (29/06/24) petugas Sat Resnarkoba yang dipimpin Kasat Resnarkoba melakukan undercover buy dan berhasil mengamankan 1 orang pria berinisial KN (32), warga Medan dan menemukan 2 kg narkotika jenis sabu dari sebuah kedai kopi di Jalan Yos Sudarso Kota Tebing Tinggi.

“Kami akan terus memburu pelaku kejahatan dan pelaku narkoba sampai ke akar akarnya sesuai dengan program prioritas Bapak Kapolda Sumut,” tegas Kapolres. (NR)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gubernur Kalsel Turdes di HSU, Warga Terimakasih Jalan Mulus Tanpa Hambatan

Published

on

Turun ke Desa (turdes) hari ke-5, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin atau Paman Birin didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyapa warga Alabio. (Foto/Adpim)

HULU SUNGAI SELATAN, SuaraBorneo.com – Turun ke Desa (turdes) hari ke-5, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin atau Paman Birin didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah menyapa warga Alabio saat acara Turun ke Desa (Turdes) Menembus Batas ke-10 bersama jajaran Forkopimda dan pimpinan SKPD di Puskesmas Alabio, Kecamatan Sungai Pandan pada Jum’at (5/7/2024).

Sejak pagi, sejumlah relawan dari Komunikasi Relawan Tatanan Ramah Bakti Kemanusiaan (Komwantara) Kabupaten HSU bersama anggota Dishub HSU dan anggota Polsek Alabio tengah mengatur jalan lalu lintas pengendara dan kedatangan para warga setempat.

Para anggota pramuka berjejer di halaman depan Puskesmas Alabio bersama Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan menunggu kedatangan orang nomor 1 di Kalsel.

Setibanya di lokasi acara, tepukan gendang beserta lantunan sholawat menyambut kedatangan rombongan tim turdes Gubernur Paman Birin dan Acil Odah dengan kesenian sinoman hadrah.

Paman Birin dan Acil Odah langsung melakukan penanaman pohon dan meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Alabio. Dan selepas jajanan warga diborong oleh Paman Birin, warga Alabio sontak bergemuruh dengan soraknya menyerbu jualan wadai khas lokal tersebut.

Pejabat (Pj) Bupati HSU, Zakly Asswan menyampaikan bahwa rakyat Kabupaten HSU yang khususnya di daerah Amuntai dan Alabio ingin sekali bertemu dengan istri orang nomor 1 di Kalsel, Acil Odah.

Karena, menurutnya Acil Odah isteri Paman Birin merupakan warga asli di Kota Bertaqwa ini.

“Asli urang Amuntai, Acil Odah kelahirannya. Selamat datang rombongan turdes ke-10 akhirnya tiba di Kota Alabio,” ucap Zakly.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Zakly juga mengucapkan tanda terimakasih atas perhatian Gubernur Paman Birin beserta jajaran Pemprov Kalsel yang telah memperbaiki jalan di Kabupaten HSU. Sehingga, jalan menjadi mulus tanpa hambatan bagi warga setempat.

Kemudian, Pj Bupati Zakly menjelaskan bahwa pihaknya juga memiliki slogan untuk kabupatennya, yang merupakan singkatan dari HSU (Harus Semangat Usaha). Hal itu tak jauh dari makna istilah Bergerak tersebut.

“Jalan kita kembali mulus, perbaikan infrastruktur jalan terus dilakukan oleh Paman Birin,” ungkap Pj Bupati Zakly.

Gubernur Kalsel Paman Birin menyampaikan dalam sambutannya, tim rombongan turun ke desa (turdes) menembus batas ke-10 ini merupakan langkah untuk dekat dengan warga Banua. Artinya, sang Gubernur beserta rombongan Forkopimda Kalsel dan jajaran SKPD Provinsi Kalsel telah menyambangi sejumlah desa selama itu.

“Turdes itu singkatan dari Turun ke Desa. Menembus batas ke-10, artinya sudah sepuluh kali bersama rombongan melakukan kunjungan atau kujuk-kujuk, kuliling ke Banua di 13 Kabupaten/Kota. Tidak mengenal panas, hujan serta siang dan malam,” jelas Paman Birin ke warga Alabio.

Paman Birin menceritakan, rombongan Alam Roh akhirnya tiba di Kota Alabio karena perjalanan yang cukup panjang. Pada hari itu, Paman Birin bersama rombongan menembus malam hari dari Desa Teluk Aru, wilayah terpencil di Kotabaru yang cuaca hujannya begitu deras mengguyur perjalanan turdes.

Namun, Paman Birin bersyukur bahwa kondisi rombongan tim turdes dapat menjalankan tugasnya hingga hari ini tiba di Kota Alabio. Sebab, menurutnya hal ini demi menyongsong generasi emas di tahun 2045.

“Itu 1 abad Indonesia. Jika dihitung maka 21 tahun lagi kita menyongsong anak-anak bangsa menjadi pemimpin ke depan, dan itu cita-cita serta harapan kita,” tegas Paman Birin di podium.

Lantas, Paman Birin disela itu memanggil sejumlah anak yang maju, mulai dari anak PAUD, SD, SMP hingga 12 santri Pondok Pasantren Al-Karamah Amuntai naik ke atas panggung. Mereka ditanyai oleh Gubernur Paman Birin soal berapa jumlah ikan yang diketahui, kemudian menyebutkan Pancasila hingga membacakan Surah Al Fatihah.

Masing-masing yang maju ke panggung, warga menerima hadiah uang senilai 200 Ribu, 400 Ribu hingga 2 Juta, sesuai dari ukuran pertanyaannya. Mulai dari bapak dan ibu-ibu, kawula muda hingga anak kecil.

Nada Kamilah (17), seorang siswi SMAN 1 Amuntai mengucapkan terima kasih atas pemberian hadiah oleh Gubernur Paman Birin. Uang itu akan digunakannya untuk keperluan sekolah, kebetulan dirinya tengah menyiapkan kelulusan untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.

“Ada 4 pertanyaan, Alhamdulillah tim kami bisa menjawab dan sangat berterima kasih ke Paman Birin, mudahan beliau sehat selalu. Dan uang ini rencana disimpan dulu,” ungkap Nada, perempuan berkerudung putih itu.

Nada menjelaskan, alasannya menabung karena ingin melanjutkan dari kelulusan sekolahnya ke dunia kampus. Ia mengaku, kini sudah menjelang akhir sekolahnya di kelas 12 SMAN 1 Amuntai.

“Ulun doakan Paman Birin dan Acil Odah, sukses dan disehatkan selalu. Rezeki beliau mengalir terus,” tutupnya.

Kegiatan turut dihadiri oleh sejumlah pembakal yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten HSU. Selain itu juga kedatangan Ketua DPRD Provinsi Kalsel Supian HK, Ketua MUI Kabupaten HSU, KH. M. Said Masrawan dan tokoh ulama di Amuntai. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gubernur Kalsel Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Nafis saat Turdes di Tabalong

Published

on

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, menunjukkan rasa takzimnya kepada ulama besar dengan berziarah ke makam Syekh Muhammad Nafis bin Ideris bin Husein. (Foto/Adpim)

TANJUNG, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, menunjukkan rasa takzimnya kepada ulama besar dengan berziarah ke makam Syekh Muhammad Nafis bin Ideris bin Husein di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Kamis (4/7) malam.

Kegiatan ziarah ini dilakukan usai Paman Birin dan rombongan menyelesaikan rangkaian turdes (turun ke desa) dihari keempat di Puskesmas Kecamatan Tanjung.

Syekh Muhammad Nafis adalah penyebar Islam yang sangat berjasa dalam membangun masyarakat agamis.

Penulis kitab terkenal tentang tasawuf berjudul Ad-Durrun Nafis, yang tersebar luas di Nusantara dan Asia Tenggara, Syekh Muhammad Nafis lahir sekitar tahun 1735 di Martapura, Kabupaten Banjar, dan wafat sekitar tahun1812 Masehi di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong pada usia 77 tahun.

Kehadiran orang nomor satu di Kalsel ini menjadi bukti penghormatan dan meneladani kepada Syekh Muhammad Nafis, ulama besar yang telah berjasa dalam menyebarkan ilmu agama di Kalsel dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin mengungkapkan bahwa ziarah ini adalah salah satu bentuk penghormatan kepada para ulama yang telah berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam di daerah tersebut.

“Kita harus selalu mengingat jasa-jasa ulama kita, mereka yang telah membimbing kita dengan ilmu dan kebijaksanaan,” ujar Paman Birin.

Paman Birin pun berharap agar para generasi muda dapat meneladani semangat Syekh Muhammad Nafis dalam menyebarkan ilmu agama dan membangun masyarakat yang berakhlak mulia.

Banyak warga yang ingin bersalaman dan berfoto dengan Paman Birin, mereka mendoakan agar Paman Birin selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Kalsel, tak sedikit pula yang mendoakan agar segala hajatnya terkabul.

Paman Birin sendiri terlihat senang dengan sambutan hangat dari masyarakat. Beliau menyapa dan menyalami warga dengan ramah.

Dalam momen penuh khidmat tersebut, Paman Birin didampingi oleh Guru Supian Al-Banjari dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Kalsel. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gubernur Kalsel Gerakan Penanaman Serentak 237 Ribu Pohon Mangrove dan Penyerahan Bantuan untuk Nelayan di Pulau Laut Sigam Kotabaru

Published

on

Pada Hari ke-2 itu, Paman Birin menggerakkan Penanaman Serentak 237.000 Pohon Mangrove dan Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana Penangkapan Nelayan. (Foto/Adpim)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Hari kedua dalam rangkaian turdes ke-10 Tahun 2024 yang dipimpin oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin terus disambut antusias masyarakat setempat.

Pada Hari ke-2 itu, Paman Birin menggerakkan Penanaman Serentak 237.000 Pohon Mangrove dan Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana Penangkapan Nelayan serta Penyerahan Sertifikat CBIB Pembudidayaan Ikan di Desa Sigam, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Selasa (2/07) siang.

Gubernur Kalsel Paman Birin melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Rusdi Hartono, S.Pi., MP, dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan 2021-2026, pemprov Kalsel telah menetapkan prinsip-prinsip dasar yang harnomi dalam menentukan arah kebijakan pembangunan lingkungan hidup di Kalimantan Selatan.

“Mulai dari keseimbangan, keselarasan, dan keserasian sistem ekologi, sosial, ekonomi dan budaya,” ucap Rusdi membacakan sambutan Paman Birin.

Menurut Rusdi, salah satu program yang digagas Paman Birin yakni Gerakan Revolusi Hijau, dilatarbelakangi masih luasnya lahan kritis dan rendahnya kemampuan untuk kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan.

“Bahwa upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup, melalui kegiatan penanaman pohon tidak hanya dilakukan di darat saja, melainkan dilakukan juga dikawasan pesisir, bahkan di perairan laut,” tambahnya.

Maka dari itu, untuk menjaga kelestarian di kawasan pesisir, Pemprov Kalsel telah memiliki kawasan konservasi perairan dengan luas 179.659,89 hektare yang telah ditetapkan oleh Menteri Kelautan Nomor 69 tahun 2020 (kawasan ini setara dengan kawasan lindung di darat).

Paman Birin berharap, dengan adanya kawasan konservasi tersebut, sumber daya kelautan di Kalsel dapat terlindungi untuk kemudian dimanfaatkan secara keberlanjutan kedepannya.

Menurut Paman Birin, ekosistem mangrove, terumbu karang, dan ekosistem lamun sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Dinamikan perubahan tiga ekosistem tersebut sangat berkaitan erat dengan sumberdaya ikan.

“Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dalam menjaga pelestarian pesisir kita,” harapnya.

Sementara itu, antusias masyarakat tampak terlihat tidak hanya bagi penerima bantuan, tetapi juga terdapat berbagai doorprize yang disediakan panitia dengan membagikan kupon undian kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penanaman mangrove oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Kotabaru, Dinas Perikanan Kotabaru, Dinas Pemuda dan Olahraga Kotabaru, Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, Camat Pulau Laut Sugam, Kepala desa Tirawan, kepala desa Gedambaan, kepala desa Sarang Tiung, kepala desa Sigam, PT. Arutmin Indonesia, PT. Sebuku Coal Group, PT. Wahana Baratama Mining, PT. Borneo Indobara, PT. Sebuku Iron Lateritic Ores dan komunitas pecinta lingkungan hidup. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Turdes Hari ke-2, Gubernur Kalsel Serahkan Paket Sembako dan Berbagai Bantuan Lainnya di Desa Teluk Aru Kotabaru

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi menyerahkan bantuan sembako kepada sejumlah warga. (Foto/Adpim)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi menyerahkan bantuan sembako kepada sejumlah warga dalam rangkaian kegiatan Turdes 2024 “Menembus Batas Ke-10” di Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru pada Selasa (2/7/2024) siang.

Pembukaan acara ini menggunakan marching band oleh anak-anak pemuda Desa Teluk Aru itu tampak piawai memainkan drumband Bu yang disaksikan warga dan rombongan turdes yang dipimpin Paman Birin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Komandan Kodim 1004/Kotabaru, Letkol Inf Deden Ika Drajat, perwakilan anggota Polsek Teluk Aru Syarif dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, R Suria Fadliansyah.

Selanjutnya, secara simbolis Paman Birin menyerahkan bantuan paket sembako dan diterima dengan bahagia oleh warga.

Dan kegiatan turdes hari ke-2 di Teluk Aru, Kotabaru itu, Paman Birin juga menyerahkan bantuan dana BUMDes kepada salah satu perwakilan pemerintah desa setempat.Diketahui bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan telah menganggarkan senilai Rp. 970.932.000 kepada 21 buah bantuan hibah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di 11 kabupaten, termasuk BUMDes Teluk Aru ini. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gubernur Kalsel dan Acil Odah Bagikan Paket Bantuan di Kotabaru

Published

on

Turun ke desa (Turdes) Menembus Batas ke-10 pada hari kedua. (Foto/Adpim)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Turun ke desa (Turdes) Menembus Batas ke-10 pada hari kedua Selasa (2/7), Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah mengunjungi Kabupaten Kotabaru.

Pada kunjungan turdes hari kedua itu, Paman Birin dan Acil Odah menyerahkan berbagai bantuan ke warga Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Paman bersama Acil Odah memulai dengan menyerahkan bola secara simbolis, kemudian ada bantuan paket sekolah dan alat pemadam kebakaran serta 1 kotak bendera merah putih.

Disampaikan Acil Odah, tujuan memberikan bantuan seperangkat alat itu agar kampung di Desa Teluk Aru menjadi wilayah yang berkembang secara maju dan handal.

Selain itu, menurut Acil Odah, warga kampung Desa Teluk Aru mampu menjaga kesehatan badannya agar tetap bugar dan sehat. Sehingga, baginya pemberian sebuah bola itu akan bermanfaat, sebagaimana nantinya jadi ajang perlombaan olahraga di desa tersebut.

“Semoga bermanfaat untuk masyarakat di sini. Kesehatan dan kebugaran dapat meningkat untuk warganya,” ungkap Acil Odah, selepas penyerahan bantuan Turdes ke-10. .

Hal itu sesuai dengan semangat dalam tema bertajuk: Bergerak dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas, Gerakan Cinta Banua.

Dan pemberian bantuan alat sekolah di Desa Teluk Aru, Acil Odah sangat mengharapkan agar adik-adik di sana dapat bertumbuh kembang secara baik dalam mengenyam pendidikan. Sehingga, nantinya menjadi generasi emas di masa akan datang.

“Hal itu juga buat mengatasi permasalahan ekonomi di sana. Jika anak-anak bersekolah dengan baik maka menjadi generasi yang berkualitas dan handal, tentu mereka akan membangun desanya sendiri,” tutur Acil Odah.

Diakhir, Acil Odah menjelaskan bahwa pekerjaan dan penghasilan warga setempat memang dari hasil laut yaitu nelayan. Sehingga, pihaknya juga turut memperhatikan pengelolaan soal industri perikanan yang ada di wilayah ini.

“Kita harapkan kepada masyarakat Desa Teluk Aru menjadi warga yang mandiri dan tangguh dalam menghadapi bencana. Dan nantinya, kita perhatikan soal pendidikan dan infrastruktur di sini,” tutupnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gubernur Kalsel Inginkan Infrastruktur Jalan Menuju Desa Teluk Aru Diperbaiki

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor memperhatikan pembangunan Infrastruktur jalan menuju Desa Teluk Aru Kabupaten Kotabaru. (Foto/MC Kalsel)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta agar Dinas PUPR Kalsel memperhatikan pembangunan Infrastruktur jalan menuju Desa Teluk Aru Kabupaten Kotabaru.

“Saya ingin jalan menuju desa teluk aru agar diperhatikan dan dapat segera diperbaiki untuk kesejahteraan rakyat teluk aru,” kata Sahbirin Noor saat mengunjungi Kabupaten Kotabaru pada kegiatan Turun ke Desa (Turdes) yang ke 10 dengan tema Menuju Indonesia emas Germas Cinta Banua, Selasa (2/7/2024).

Menurutnya, dengan infrastruktur jalan yang memadai akan berdampak bagi kelancaran mobilitas masyarakat sekitar. Apalagi kawasan Desa Teluk Aru memiliki keindahan alam yang menakjubkan seperti pantai dan penggunungan.

“Jadi kalau akses jalan bagus otomatis akan menarik orang ingin berkunjung ke wisata yang ada didesa teluk aru,” ujarnya.

Selain itu juga, Pemprov Kalsel telah membangun jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin dan pada Agustus 2024 akan terhubung.

“Alhamdulillah sebentar lagi jalan bebas hambatan akan terhubung. Dengan adanya jalan ini akan memangkas waktu tempuh menuju Kabupaten Tanah Bumbu,” ucapnya.

Selain jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin, Pemprov juga akan membangun jembatan penghubung antara Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru. Saat ini telah dianggarkan sebesar Rp1 triliun.

“Yang lebih membanggakan lagi, anggaran tersebut terkumpul berkat kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Kalsel serta kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Pada turdes menembus batas ke-10 di Teluk Aru, Pemprov Kalsel memberikan sejumlah bantuan seperti bantuan PMT Balita dan ibu hamil, bantuan Bumdes, bantuan sembako, pembagian bendera merah putih, pemberian produk olahan ikan dan lainnya. [ad/mc kalsel]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Lanjutkan Perjalanan, Gubernur Kalsel dan Rombongan Turdes Ke-10 Kunjungi Kecamatan Pagatan

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor beserta rombongan Turdes menembus batas ke 10 mengunjungi Kecamatan Pagatan. (Foto/MC Kalsel)

TANAH BUMBU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor beserta rombongan Turdes menembus batas ke 10 mengunjungi Kecamatan Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (1/7/2024).

Seperti diketahui turdes kali ini mengusung misi untuk bergerak dengan kekuatan rakyat menuju Indonesia emas Germas Cinta Banua.

Setibanya rombongan Gubernur Kalsel beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Raudatul Jannah langsung melakukan penanaman pohon kemudian dilanjutkan penyerahan STNK kendaraan bermotor dan mengunjungi layanan sunatan massal.

Dikesempatannya, Sahbirin Noor turut membagikan sejumlah kabar gembira untuk masyarakat Kalimantan Selatan. Salah satunya, bahwa jalan bebas hambatan akan segera tersambung pada Agustus 2024.

Selain jalan, salah satu cita-cita Sahbirin Noor sebelum menjabat sebagai gubernur, yaitu membangun jembatan penghubung antara Kotabaru dan Tanah Bumbu, telah berhasil dianggarkan sebesar Rp1 triliun.

“Yang lebih membanggakan lagi, anggaran tersebut terkumpul berkat kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Kalsel serta kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu,” ujarnya.

Selama dua periode kepemimpinannya di Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor telah melakukan beberapa prestasi luar biasa. Di antaranya, kunjungannya ke desa-desa terpencil dan menyelesaikan target menjadi 0 desa tertinggal pada tahun 2024.

“Kita sudah menuntaskan sebanyak 1.438 desa tertinggal mulai tahun 2016 hingga 2024. Berkat kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, usaha yang keras, pada tahun 2024 sudah 0 desa tertinggal,” ungkapnya.

“Ini menunjukkan bahwa tujuan pembangunan di Kalsel sedang terwujud dengan baik. Tidak hanya jalan bebas hambatan dan jembatan penghubung, masih banyak lagi pembangunan-pembangunan lainnya yang akan segera dilakukan untuk mewujudkan Kalimantan Selatan yang lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Pada turdes di Kecamatan pagatan ini, Pemprov Kalsel memberikan sejumlah bantuan seperti bantuan kesiapsiagaan bencana lumbung sosial di kawasan sianga bencana kabupaten tanah bumbu sebesar Rp548.000.000,00 yang terbagi pada 8 lokasi yaitu Kecamatan Satui, Kusan Hulu, Kusan Hilir, Kusan Tengah, Karang Bintang, Mantewe, Batulicin dan Teluk Kepayang. Setiap lokasi mendapatkan bantuan Rp68.500.000,00.

Kemudian bantuan PMT Balita sebanyak 25 paket, bantuan PMT Ibu Hamil 10 paket, pemberian paket sekolah, kegiatan sunatan massal, pemberian bendera Merah Putih, dan bantuan Bumdes. [ad/mc kalsel]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer