Evaluasi Kinerja Pj Bupati Kapuas Triwulan II Mendapat Apresiasi Itjen Kemendagri – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kalteng

Evaluasi Kinerja Pj Bupati Kapuas Triwulan II Mendapat Apresiasi Itjen Kemendagri

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama jajaran Pemkab Kapuas pada kegiatan penyampaian evaluasi kinerja triwulan II di Kemendagri. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menjalani Evaluasi Kinerja selaku Pj Bupati Kapuas untuk triwulan II di hadapan para pejabat utama Inspektorat Jenderal (itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia bertempat di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri lt 8 Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat Jumat (5/4/2024).

Hadir mendampingi Pj Bupati Kapuas Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy Kepala Inspektorat Kapuas Heribowo dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kapuas.

Seperti diketahui evaluasi kinerja yang dilaksanakan oleh Kemendagri kepada Penjabat Kepala Daerah merupakan penilaian dan evaluasi atas pelaksanaan dan capaian kinerja yang telah dilaksanakan oleh Penjabat Kepala Daerah.

Penilaian yang dilakukan mencakup beberapa aspek yakni pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan yang sesuai dengan 10 program prioritas sesuai arahan Presiden Republik Indonesia seperti stunting kesehatan pendidikan dan pembangunan prioritas lainnya.

Pj Bupati Kapuas menjelaskan upaya yang telah dilakukan dan upaya yang akan dilakukan pihaknya yang mencakup dalam 10 program prioritas tersebut salah satunya adalah Kegiatan Unggulan yang mana menjadi penekanan bagi pihaknya.

“Beberapa aspek yang menjadi penekanan kami adalah Kegiatan Unggulan yaitu Gema Eka Asi (Gerakan Bersama Menujua Kapuas Bebas Stunting) karena kami melihat menjadi sebuah investasi jangka panjang yang perlu kami lakukan, ” kata Pj Bupati.

Dalam penilaian evaluasi tersebut laporan kinerja yang disampaikan Pj Bupati Kapuas bersama tim OPD Kabupaten Kapuas mendapat apresiasi.

Tim evaluasi menilai paparan kinerja yang dilaporkan Pj Bupati Kapuas sudah komprehensif karena telah melakukan capaian kinerja yang baik serta sesuai arahan dan evaluasi pada saat Rapat Asistensi beberapa waktu lalu. (Ujg/SB).

Bagikan ke

Kalteng

Wiyatno Daftarkan Diri Sebagai Bakal Calon Bupati ke Partai Demokrat Kapuas

Published

on

Wiyatno ketika serahkan berkas pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati ke DPC Partai Demokrat Kapuas. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Setelah sebelumnya mendaftarkan diri ke sejumlah partai politik Ketua DPRD Provinsi Kalteng bendahara DPD PDIP yang juga caleg terpilih dapil V Kapuas Pulpis dengan raihan suara terbanyak hasil Plieg 2024 Wiyatno resmi mendaftarkan diri maju sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 ke Partai Demokrat Kapuas, Jumat (17/5/2024).

Kedatangan Wiyatno bersama kader PDIP Thosiba Limin dan Franco B Dehen anggota DPRD Kapuas PDIP serta tim ke Kantor Partai Demokrat Jalan Pemuda diterima Ketua DPC Partai Demokrat Kapuas Parij Ismeth Rinjani didampingi sejumlah pengurus.

Ketua DPC Partai Demokrat Kapuas Parij Ismeth Rinjani menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk pendaftaran itu.
“Berkas kami terima dan dinyatakan lengkap,” katanya.

Sementara itu Wiyatno mengatakan motivasi mendaftarkan diri maju sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas pada Pilkada serentak tahun 2024 tujuannya semakin maju dan berkembang segi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ikhlas mewakafkan diri dengan niat baik karena sangat mengenal Kapuas sejak dari dulu dan berasal dari daerah ini,” katanya.

Dikatakan dengan latar belakang sarjana pertanian salah program yang sangat penting untuk pengembangan pembangunan di Kabupaten Kapuas adalah pertanian.

“Ini menjadi perhatian saya karena Kapuas sejak dulu geografis adalah daerah pertanian sehingga ke depan tentu terus ditingkatkan selain saat ini sudah berjalan program nasional food estate itu,” katanya.

Oleh karena itu lanjutnya harapannya kedepan Kabupaten Kapuas semakin bertambah maju dan masyarakatnya sejahtera. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

43 CHJ Kapuas Tiba di Embarkasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru

Published

on

Jajaran Pemkab Kapuas yang mengantarkan keberangkatan CJH ke Embakasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sebanyak 43 calon Jemaah haji asal Kabupaten Kapuas tiba dengan selamat di Embarkasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Kamis (16/05/2024) malam.

Mereka berangkat menggunakan dua buah bus yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan pengawalan dari Polres Kapuas, Dishub Kapuas dan personil dari Kemenag Kapuas serta ambulan dari Dinas Kesehatan Kapuas.

Sebelum berangkat ke embarkasi haji Banjarmasin para jamaah berkumpul di Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai dan melaksanakan solat asar berjamaah. Setelah itu para jamaah dengan tertib memasuki bus dengan diiringi isak tangis para keluarga yang mengantar. Sebelumnya mereka mendapat arahan langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H Hamidhan yang memandu para Jemaah.

Sebelum tiba di embarkasi Banjarmasin, rombongan para jamaah calon haji Kabupaten Kapuas singgah terlebih dahulu di Masjid Al Fattah Kabupaten Barito Kuala untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju embarkasi Banjarmasin.

Menurut Kabag Kesra Setda Kapuas Mujiono yang ikut serta mengantar jamaah menuturkan seluruh calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 5 telah tiba dengan selamat. Seluruh jamaah akan diinapkan di asrama haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga para jamaah tiba dengan selamat di embarkasi haji,” kata mantan Camat Mandau Talawang dan Basarang ini.

Rencananya calon jemaah Kapuas yang tergabung dalam kloter 5 bersama calon Jemaah asal Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Kobar dengan total 320 orang termasuk petugas haji. Sesuai jadwal keberangkatan ke tanah suci hari Sabtu Tanggal 18 Mei 2024 pukul 02.10 WITA.

Selanjutnya untuk kloter 6 nantinya diisi 105 calon jemaah haji yang akan berangkat pada Sabtu subuh tanggal 18 Mei 2024 dengan empat buah armada bus menuju embarkasi haji Banjarmasin. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Asisten III Setda Kapuas Buka Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan PWI Kapuas

Published

on

Asisten III Setda Kapuas Ahmad M Saribi pada kegiatan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan PWI Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Kapuas Ahmad M Saribi menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas yang bertema Bersama PWI Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas Informasi di Era Digitalisasi bertempat di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Kamis (16/5/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas Pengurus PWI Provinsi Kalteng Pengurus PWI Kabupaten Kapuas sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Tokoh Adat dan para peserta kegiatan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan.

“Kemajuan teknologi informasi di era digitalisasi ini tentunya harus seiring dan sejalan dengan majunya kualitas SDM kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PWI Kapuas ini tentunya sangat baik untuk bersama kita mampu membantu pemerintah memajukan pembangunan khususnya dalam hal peningkatan kemajuan dan kualitas informasi di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Lebih lanjut Saribi menyampaikan dengan adanya Pelatihan Jurnalistik ini Pemerintah juga berharap agar masyarakat dapat selalu bijak dalam menyampaikan informasi maupun berita baik kepada media massa maupun media sosial.

“Kita menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) pemerintah mengharapkan peran seluruh masyarakat untuk membuat suasana tetap kondusif dan aman melalui penyebarluasan informasi yang baik dan benar. Hendaknya masyarakat dan pers hanya membuat berita atau postingan menyejukan.

Sehingga tercipta rasa aman ditengah masyarakat. Jangan membuat atau menyebarluaskan informasi yang bersifat provokatif yang hanya merugikan kita semua,” tegasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Fadly Setia Rahman dalam laporannya menyampaikan dalam kegiatan pelatihan ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari pelajar Mahasiswa organisasi-organisasi dan humas-humas yang ada di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Kapuas
Sri Hayati menjelaskan tujuan dari kegitan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan yang diadakan oleh PWI Kabupaten Kapuas ini diberikan karena di era digitalisasi saat ini kemajuan teknologi informasi itu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDMnya.

“Sebelum kegiatan ini kami bersama Pemerintah Desa sudah melakukan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan di desa Handiwung dan Desa Pulau Telo Baru.

Karenanya desa-desa di Kabupaten ini sudah merupakan desa cerdas digital dan sudah mempunyai website sendiri
jadi pelatihan ini sudah menembus pelosok desa untuk meningkatkan kemampuan dan penyampaian informasi dari kota sampai pelosok desa,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

FKUB Gencar Lakukan Pembinaan Kerukunan Beragama di Kapuas

Published

on

Kegiatan pembinaan kerukunan beragama oleh FKUB Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendorong Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas gencar melakukan pembinaan kerukunan bergama sebagai rangkaian halal bihalal dipimpin langsung Ketua FKUB Kapuas KH Muchtar Ruslan bertempat di Aula Kantor Camat Pulau Petak, Rabu (15/5/2024).

Dihadapan Camat Tripika tokoh masyarakat agama dan adat setempat Muchtar Ruslan yang didampingi pengurus FKUB mengajak untuk senantiasa menjaga bahkan meningkatkan kerukunan intern dan ekstern umat beragama serta dengan pemerintah.

“Kerukunan umat beragama akan semakin meningkat jika kita memiliki sikap toleransi berupa saling menghargai menghormati
dan menerima perbedaan antara individu atau kelompok dalam hal keyakinan pendapat atau kepercayaan,” jelasnya.

Bahkan dengan gayanya yang kocak dan berbagai akronim pria yang juga dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina beberapa organisasi keagamaan itu memberi kiat-kiat agar Kabupaten Kapuas semakin maju mandiri dan sejahtera.

Sementara itu Wakil Ketua FKUB Suwarno Muriyat yang juga Kepala Disarpustaka Kapuas dalam sambutannya lebih menekankan agar berhati-hati dalam memanfaatkan media digital. Bahkan ia menekankan pentingnya meningkatkan toleransi yang dimulai dari diri sendiri hal kecil serta langsung dimulai.

“Bertebaran berbagai informasi pada media sosial kitalah yang memfilter info itu mangandung kebaikan atau tidak. Jika baik membangun menjaga persatuan dan kesatuan dapat kita sebarluaskan seraya memberi keteladanan pada lingkungan sekitar guna membentuk karakter bangsa,” ujarnya.

Turut pula memberi pembinaan oleh yang mewakili Kepala Badan Kesbangpol dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas yang menekankan tentang perannya dalam membina dan membangun kerukunan umat beragama serta menguraikan peran dan prosedur Pemerintah Kecamatan dalam pembangunan rumah ibadah.

Sebelumnya Camat Pulau Petak Marce didampingi Tripika dan Kepala KUA setempat menyambut gembira atas pelaksanaan kegiatan ini karena melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Saya mewakili unsur tripika dan masyarakat Kecamatan Pulau Petak mengucapkan terima kasih karena dengan kedatangan Pengurus FKUB Kesbangpol dan Kemenag Kapuas semakin bertambah pengetahuan kami dalam menjaga dan meningkatkan tolerensi umat beragama,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Membuka Acara Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ketika menghadiri acara Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Acara Ritual Adat Mamapas Lewu dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi bertempat di Desa Penda Ketapi Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (13/5/2024).

Kegiatan itu dihadiri pula OPD lingkup Pemkab Kapuas unsur kecamatan tokoh agama tokoh Adat dan masyarakat setempat.

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang patut untuk kita terus lestarikan.

Oleh karena itu kita harapkan kedepannya Ritual Adat Mamapas Lewu dan Ngarunya ini bisa kita perkenalkan kepada dunia dunia luar khususnya untuk lokal maupun Internasional.

Dikatakan Mamapas Lewu adalah sebuah ritual tolak bala secara agama Hindu Kaharingan yang dijalankan oleh suku Dayak di Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan atau menyucikan alam dan lingkungan hidup beserta segala isinya dari berbagai marabahaya sial wabah penyakit dan hal buruk lainnya.

“Mamapas Lewu (membersihkan) wilayah atau daerah dari pengaruh – pengaruh atau perbuatan jahat atau buruk baik yang dilakukan oleh manusia maupun oleh roh jahat (gaib) terhadap kehidupan,” katanya.

Lebih lanjut Erlin Hardi mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas akan tetap fokus ke infastruktur dan meminta kepada semua pihak selalu menjaga kebersamaan
tali silaturahim serta ikatan kekeluargaan tanpa membedakan suku agama ras dan golongan. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

M Alfian Mawardi Daftarkan Diri Sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas ke Hanura PKS dan PAN

Published

on

M Alfian Mawardi saat menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal Calon Bupati Kapuas ke Partai Hanura PKS dan PAN Kapuas. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Setelah sebelumnya ke PDIP Gerindra PKB, M Alfian Mawardi resmi mendaftarkan diri ke Hanura PKS dan PAN sebagai bakal calon Bupati Kapuas mengikuti kontestasi Pilkada serentak 27 November, Jumat (17/5/2024).

Kedatangan tokoh muda Ketua DPD KNPI Kalteng yang juga caleg terpilih
Dapil V Kapuas Pupis hasil Plieg 2024 DPRD Provinsi Kalteng dari PDIP bersama tim serta tokoh masyarakat Kapuas Talinting E Toepak diterima Ketua DPC Hanura Kabupaten Kapuas Kanedi di Kantor Jalan Trans Kalimantan Kapuas. “Terima kasih berkas lengkap untuk M Alfian Mawardi,” katanya.

Kemudian mendaftarkan diri ke PKS juga di Jalan Trans Kalimantan diterima Ketua DPD PKS Kabupaten Kapuas Aldhika Kurniawan bersama sejumlah pengurus.

“Kami sampaikan terima kasih sudah mendaftar bakal Calon Bupati Kapuas di DPD PKS Kapuas pada Pilkada 2024 mendatang. Merupakan pendaftar pertama di DPD PKS sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas,” ungkapnya.

Selanjutnya mendaftarkan diri ke DPD PAN Kapuas Jalan Patih Rumbih diterima Ketua DPD PAN Kapuas M Jahidi didampingi sejumlah pengurus.

“Terima kasih berkas kami terima semoga berjalan lancar mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas,” ujarnya.

Sementara itu M Alfian Mawardi menyampaikan terima kasih menyambut baik kedatangannya mendaftarkan diri untuk maju pada Pilkada 2024 sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas.

“Hari ini saya kita daftar ke DPD PKS Kapuas sebelumnya tadi ke DPC Hanura dan selanjutnya akan ke DPD PAN. Harapannya dapat rekomendasi untuk itu,” katanya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan motivasinya ingin bertarung di Pilkada Kapuas 2024 mendatang untuk menyelesaikan apa yang telah dibangun Bupati Kapuas periode 2008 – 2013 yakni Muhammad Mawardi.

“Menyelesaikan apa yang telah dibangun abah saya Mawardi diantaranya pelabuhan Batanjung dan pabrik pupuk. Disamping itu sebagai anak muda tentunya terus berkontribusi kolaborasi dan sinergi dalam rangka kemajuan pembangunan di Kabupaten Kapuas,” pungkasnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Laksanakan Rembuk Percepatan Penurunan Stunting

Published

on

Rembuk stunting Pemkab Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat Bupati Kapuas yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy membuka kegiatan Rembuk Stunting yang didampingi oleh Unsur Forkopimda kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait Kementrian Agama dan Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan yaitu Camat Kepala Desa dan Lurah yang menjadi Lokus Stunting di Tahun 2024.

Kegiatan juga diikuti Kepala UPT Puskesmas Kepala Bkkbn Provinsi Kalimantan Tengah Kepala Bapepelitbang Provinsi Kalimantan Tengah Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalimantan Tengah Satgas Stunting tingkat Provinsi dan Kabupaten yang mengikuti secara daring.

Kegiatan Rembuk Stunting dengan tema Melalui Konvergensi Intervensi di Tingkat Keluarga Mari Kita Tingkatkan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kapuas dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin (13/5/2024).

Dalam sambutan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dibacakan oleh Sekda Kapuas Septedy menyampaikan ada beberapa catatan penting yang harus dilaksanakan bersama di tahun 2024 yaitu perlu ditingkatkan pengawasan implementasi kebijakan hingga ke tingkat Desa dan tingkat keluarga seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait sesuai dengan tugas dan fungsinya di TPPS Kabupaten juga TPPS Kecamatan TPPS Kelurahan dan Desa.

“Semua intervensi spesipik ataupun sensitif harus benar-benar kompenjen tidak bisa sendiri-sendiri melakukan trobosan yang bisa mengubah prilaku masyarakat untuk hidup sehat membawa bayi balita untuk aktif posyandu,” katanya.

Pada kesempatan ini juga beberapa Organisasi Perangkat Daerah terkait menyampaikan paparan terkait inovasi dan aksi yang akan dilaksanakan guna mendukung tercapainya penurunan angka Stunting ditahun 2024 dari Polres Kapuas juga melaksanakan kegiatan Posyandu Presisi dalam rangka mendukung Program Prioritas Pemerintah dalam upaya penurunan angka Stunting. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

169 JCH Kapuas Tiba di Embakasi Haji Banjarmasin Banjarbaru

Published

on

JCH Kapuas yang tiba di embarkasi haji Banjarmasin di Banjarbaru. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sebanyak 169 Jemaah calon haji asal Kabupaten Kapuas tiba dengan selamat di Embarkasi Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa (14/05/2024) pagi.

Mereka berangkat menggunakan enam buah bus yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan pengawalan dari Polres Kapuas dan Dishub Kapuas serta ambulan dari Dinas Kesehatan Kapuas.

Sebelum berangkat ke embarkasi haji Banjarmasin, para jamaah berkumpul di Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai dan melaksanakan solat subuh berjamaah. Setelah itu para jamaah dengan tertib memasuki bus dengan diiringi isak tangis para keluarga yang mengantar.

Menurut Kabag Kesra Setda Kapuas Mujiono yang ikut serta mengantar jamaah menuturkan seluruh calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 3 telah tiba dengan selamat.

Seluruh jamaah akan diinapkan di asrama haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga para jamaah tiba dengan selamat di embarkasi haji,” kata Mujiono.

Rencananya calon jemaah Kapuas yang tergabung dalam kloter 3 bersama calon Jemaah asal Kabupaten Barito Utara dengan total 320 orang termasuk petugas haji. Sesuai jadwal keberangkatan ke tanah suci hari Rabu Tanggal 15 Mei 2024 pukul 11.10 WITA.

Kemudian pada tanggal 16 Mei 2024 akan diberangkatkan dengan 2 bus untuk kloter 5 diisi 43 calon jemaah haji dan terakhir Tanggal 18 Mei 2024 dengan 4 bus untuk kloter 6 diisi 105 calon jemaah haji. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Kabupaten Kapuas Komitmen Turunkan Angka Stunting

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada kegiatan penilaian Konvergensi Penurunan Stunting. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi mengikuti kegiatan Penilaian Kinerja Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2024 Secara Daring bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Kalimantan Tengah dan 6 Kabupaten/Kota Wilayah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di dampingi Pj Ketua TP – PKK Kapuas Agustina Sri Rejeki Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kapuas Perwakilan Kapolres Kapuas Perwakilan Dandim 1011 Kapuas dan Anggota Forkopimda yang tergabung dalam jajaran TPPS serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah Terkait yang bertempat di Aula Kantor Bappelitbangda Kapuas, Selasa (7/5/2024).

Penjabat Bupati Kapuas dalam kesempatan ini memaparkan capaian dan inovasi Kabupaten Kapuas dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting.

Disampaikan Pj Bupati Kapuas bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah akan terus berkomitmen untuk menurunkan angka stunting di kabupaten Kapuas dimana untuk tahun 2023 angka stunting sudah mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2019, pada tahun 2019 angka stunting mencapai 42,37 persen dan menurun pada tahun 2023 menjadi 16,20 persen. Untuk ditahun 2024 target penurunan angka Stunting yang akan di capai yakni 14,29 persen.

“Beberapa aksi dan inovasi terus dilakukan untuk penangan Stunting secara menyeluruh
ada 29 capaian indikator esensial pada tahun 2023 meski kami sadari bahwa tidak semua indikator yang ada itu bisa kami capai secara maksimal, dan inilah nantinya yang menjadi PR kita dalam penangan masalah Stunting, ” katanya.

Penjabat Bupati Kapuas juga menyampaikan beberapa inovasi yang dilakukan Pemkab Kapuas, seperti Program “Gema EkaAsi” (Gerakan Bersama Menuju Kapuas Bebas Stunting) melalui pencanangan percontohan Desa dan Kelurahan Bebas Stunting antara lain bergotong royong menyumbang telur untuk cegah Stunting “Mari hadiahkan Telur Untuk Cegah Stunting”. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer