Peringati Haul ke-218, Gubernur Kalsel : Bersyukurnya Banua Memiliki Datu Kalampayan – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Kalsel

Peringati Haul ke-218, Gubernur Kalsel : Bersyukurnya Banua Memiliki Datu Kalampayan

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin saat menghadiri Haul Datu Pelampayan ke-218. (Foto/Adpim)

MARTAPURA, SuaraBorneo.com – Sejak pagi, hujan mengguyur sebagian Kabupaten Banjar, termasuk lokasi acara peringatan haul ke 218 Datu Kalampayan di Desa Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

Lautan masyarakat dari berbagai pelosok Banua dan luar Kalimantan Selatan bahkan luar negeri seperti Brunei Darussalam dan Malaysia, sudah berdatangan menuju masjid Jami Tuhfaturragibin, Senin (15/4) pagi.

Tiba di lokasi haul, para jamaah memenuhi tenda duduk bersila di kawasan luar  Masjid Jami Tuhfaturragibin di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur.

Tak hanya para jamaah, para tamu undangan juga nampak hadir di masjid tersebut, seperti Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, Habib Ali Bin Abdullah Alaydrus, Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al-Qur’an Martapura KH. Wildan Salman, Pengasuh Ribath Nouraniyah Hasyimiyah Buya Arrazy Hasyim, Wakil Ketua Umum PBNU KH. Zulfa Mustofa, Para Zurriyat Datu Kelpayan, Para Alim Ulama dan banyak lagi yang lainnya.

Acara dimulai dengan pembacaan sholawat, kalam ilahi, sambutan-sambutan, manaqib Datu Kalampayan hingga doa.

“Alhamdulillah, selamat datang di bumi Lambung Mangkurat, tanah yang batuah tanah kelahiran Datu Kalampayan,” ucap Paman Birin saat memberikan sambutan.

Menurutnya, kalimat “Sinarnya Banua telah membuat Banua bersinar” yang sering ia gaungkan, memiliki makna yakni cahaya ilmu para ulama akan memancarkan ke seluruh Banua.

“Bersyukurlah kita hidup di Banua, di mana di bumi ini pernah hadir ulama, sesuai di zaman beliau, beliau belajar ke Makkah, menuntut ilmu berpuluh tahun kemudian kembali ke Banua dan kitab beliau Sabilal Muhtadin menjadi rujukan, kemudian juga menjadi nama masjid kebanggaan Kalsel di Banjarmasin,” pungkasnya.

Paman Birin juga menyampaikan, bahwa seiring dengan perpindahan ibu kota provinsi, dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru menjadi momentum bagi pemerintah, untuk turut berpartisipasi dalam menggaungkan ulama Banua, yakni pembangunan masjid yang namanya berkaitan dengan Datu Kalampayan.

“Insya Allah di tahun 2024 ini akan kita resmikan masjid raya di Banjarbaru, nama masjidnya yakni Syekh Muhammad Arsyad Al Banjar,” tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Ketua Umum PBNU KH. Zulfa Mustofa, selain menceritakan sejarah singkat kehidupan Datu Kalampayan, ia juga menceritakan bahwa Manuskrip kitab Sabilul Muhtadin Fittafaquh Biamriddin, ditemukan oleh Dr. Ginanjar seorang filolog NU di koleksi Perpustakaan Universitas King Saud Riyad KSA dengan nomor kode 2318.

“Dalam data identitasnya disebutkan jika naskah ini adalah tulisan tangan sang pengarang, yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari pada hari Ahad 27 rabiul akhir 1196 H atau bertepatan dengan 22 April 1781 M (244 tahun silam),” ungkapnya.

Artinya, menurut KH. Zulfa Mustofa, jika saat ini masyarakat memperingati haul Datu Kalampayam ke-218 itu artinya kitab tersebut ditulis dalam manuskrip ini 26 tahun sebelum Syekh Arsyad wafat.

“Religius dan agamisnya penduduk Banjar dan Kalimantan yang kita saksikan hari ini terlebih haul seperti ini, menurut saya adalah buah kuatnya kerjasama ulama dan umara sejak zaman Datu Kelampayan sampai sekarang,” bebernya.

Ia juga menceritakan bagaimana sejarah serta kaitan Datu Kalampayan dengan para wali-wali di Nusantara.

“Jadi, sungguh beruntung masyarakat Banjar memiliki wali Allah seperti beliau,” tutupnya. [ad/adpim]

Bagikan ke

Hulu Sungai Selatan

Purnawirawan Polri Mendaftar ke Demokrat Bakal Calon Bupati HSS 2024-2029

Published

on

Purnawirawan Polri, H. Hendarta Supraja menyerahkan berkas bakal calon Bupati HSS ke Ketua Demokrat HSS Muhazzerahman. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Ketua Demokrat HSS Muhazzerahman menerima berkas pendaftaran bakal calon Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) 2024-2029 dari H. Hendarta Suprajat beserta Tim Pemenangan, Sabtu (18/5/2024).

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerima berkas pendaftaran H. Hendarta Suprajat sebagai bakal calon di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024-2029.

Berkas pendaftaran diserahkan H. Hendarta Suprajat, yang diterima Ketua DPC Demokrat HSS Muhazzerahman beserta pengurusnya di Banua Hanyar kelurahan Jambu Hilir.

“Pilkada 2024 di HSS sebagai Bupati siap membangun untuk kemajuan di kabupaten ini baik disegala bidang, semoga tercapai, mohon doa dan dukungan,” ungkap Hendarta Suprajat.

Purnawirawan Polri, H. Hendarta Suprajat menantu Habib Sulaiman Bahasyim yang juga diketahui pernah bertugas di HSS merupakan Kader Partai Golongan Karya (Golkar)

H. Hendarta Suprajat yang terakhir menjabat sebagai Kasi Propam Polres Tanah Bumbu 2021-2023 itu, meraih tanda kehormatan Bintang Nararaya dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2017. (azifa)

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Meriahkan HUT Proklamasi ALRI, Gubernur Kalsel Lepas Peserta Kibar Merah Putih

Published

on

Menggunakan bendera hitam putih, Paman Birin resmi melepas rombongan peserta. (Foto/Ist)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin melepas peserta Kibar Merah Putih dalam rangka HUT Proklamasi Gubernur Tentara Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pertahanan Kalimantan ke-75 Tahun 2024 di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Hulu Sungai Selatan pada Jum’at (17/5) siang.

Menggunakan bendera hitam putih, Paman Birin resmi melepas rombongan peserta Kibar Merah Putih di halaman depan Monumen Proklamasi 17 Mei 1949.

Start dari tempat upacara, peserta berjalan kaki menuju Desa Telaga Langsat yang diangkut ke Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung. Sebanyak 250 peserta dari berbagai daerah se-Kalsel.

Acara itu dimeriahkan oleh sejumlah kelompok organisasi masyarakat, baik itu pelajar, mahasiswa, pramuka, taruna, hingga pemuda Dayak. Beragam penampilan mereka terlihat menggunakan baju ala tentara, ulama dan petani.

Sebelum pelepasan kibar bendera itu, Paman Birin saat apel Peringatan HUT Proklamasi ALRI mengajak masyarakat agar merefleksikan sejarah perjuangan para pejuang terdahulu yang kuat solidaritasnya. Ia menegaskan, semangat itu mengajarkan pantang menyerah tanpa gerak ruang terbatas apapun.

“Kerjasama dan solidaritas yang harus kita bangun bersama untuk masyarakat Kalimantan Selatan. Dibingkai dalam rasa cinta tanah air,” ungkap Paman Birin.

Untuk menciptakan kemerdekaan sejati, Paman Birin ingin seluruh komponen harus merasakan nilai sejarah tersebut. Ditengah sambutannya itu, sang Gubernur sempat menitikan air mata mengingat perjuangan itu terasa haru dan sakral.

“Sebagaimana Brigjen (TNI) Hasan Basry berdiri di sini. Membacakan teks Proklamasi 17 Mei 1949 sebagai Gubernur Tentara ALRI Komisi VI Pertahanan Kalimantan, kita harus senantiasa mengenangnya. Jasa-jasa pejuang terdahulu,” tutur gubernur dua periode itu.

Sementara itu, Ahmad Norhalis (19), seorang anak pramuka dari Saka Bakti Husada dalam naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Dinkes HSS). Sebagai peserta kirab, ia ingin merasakan nilai perjuangan itu melalui jalan kaki.

“Sebagai anak muda, kita jangan sampai melupakan nilai-nilai juang itu. Jangan melupakan sejarah,” ujarnya.

Karena, Norhalis memandang bahwa perjuangan para veteran terdahulu yang kini dirasakan oleh generasi zaman sekarang. Sehingga, menurutnya perlu sekali anak muda turut berperan dalam merayakan HUT Proklamasi Gubernur Tentara Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan ke-75.

“Apalagi budaya-budaya luar sudah masuk, ditambah lagi majunya teknologi. Harusnya lebih mudah mengakses informasi dan menggali sejarah itu,” pungkasnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Hulu Sungai Selatan

Kobarkan Semangat Pejuang, Gubernur Kalsel Peringatan Proklasi Kemerdekaan Gubernur ALRI di Monumen 17 Mei Kandangan

Published

on

Monumen Proklamasi 17 Mei 1949. (Foto/Adpim)

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pertahanan Kalimantan Tahun 2024 dengan khidmat di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Jum’at (17/5) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Paman Birin memimpin di prosesi upacara.

Tampak hadir dalam upacara itu Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Penjabat Bupati HSS Hermansyah, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel dan Pemkab HSS.

Disamping itu juga upacara juga diikuti anggota TNI/Polri, ASN, ulama, organisasi kemasyarakat, perwakilan pemuda, pelajar, Pramuka, Mapala serta masyarakat.

Upacara peringatan juga dilakukan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri prlajar M Rezki Rahim, Muhammad Faisal dan Siti Ruwaida.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu pembacaan teks Pancasila, teks pembukaan Undang-undang (UU) 1945 dan teks Proklamasi 17 Mei 1949 tentang perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Divisi IV (A) Pertahanan Kalimantan Selatan yang dibacakan oleh Penjabat Bupati HSS, Hermansyah.

Gubernur Paman Birin dalam sambutannya kembali mengobarkan semangat perjuangan dan kemerdekaan yang telah diraih para pejuang.

“Merdeka, momentum bersejarah ini rasa syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Khususan di Banua kita, persatuan NKRI yang ditegaskan oleh Gubernur Tentara ALRI Divisi VI Kalimantan, Brigjen (TNI) Hasan Basry di Kandangan,” ucap Paman Birin

Selama 75 tahun silam, Paman Birin mengingatkan pejuang-pejuang gerilya tentara Kalimantan Selatan. Menurutnya, sejarah ini tidak akan pernah lekang oleh zaman.

Tokoh banua seperti Brigjend (TNI) Hasan Basry, ungkap Paman Birin adalah orang yang tidak pernah menyerah dalam memperjuangkan tanah di Banua.

“HUT Proklamasi 17 Mei 1949 ini, tentara ALRI sebagai pengingat dari aksi heroik para pejuang,” tegasnya.

Monumen ini menyimpan cerita perjuangan rakyat Kalimantan Selatan bersama dengan Brigjen H. Hasan Basry, seorang Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Di tempat inilah, Hasan Basry membacakan naskah proklamasi yang menyatakan bahwa rakyat Kalimantan Selatan bergabung dengan Indonesia sebagai bagian dari NKRI.

Diakhir peringatan HUT Proklamasi Tentara ALRI ini diisi dengan penampilan Sanggar Seni Karamunting yang menampilkan Tari Langkah Mambunga dengan inspirasi dari Kuntau.

Berseragam seni berwarna kuning, sebanyak 40 penari yang terdiri dari laki-laki dan perempuan tampil memukau menghibur warga. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Pendidikan di Ma’had AI Aydrus, Yaman kepada Imam Rosyadi Noor

Published

on

Imam Rosyadi Noor merupakan salah satu pelajar Indonesia yang berasal dari Kota Banjarmasin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Imam Rosyadi Noor merupakan salah satu pelajar Indonesia yang berasal dari Kota Banjarmasin dan sedang menimba ilmu di Ma’had Al Aydrus, Yaman.

Imam Rosyadi Noor saat ini terkendala kekurangan dana dikarenakan dana yang telah diberikan oleh orang tua masih belum mencukupi untuk biaya hidup dan biaya kebutuhan lainnya.

Berdasarkan hal tersebut Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memberikan bantuan dana pendidikan kepada Imam Rosyadi Noor.agar dapat meringankan biaya.hidup dan biaya kebutuhan lainnya untuk menuntut ilmu di Mahad Al Aydrus, Yaman.

“Semoga bantuan tersebut dapat meringankan biaya pendidikan selama menimba ilmu di Ma’had Al Aydrus,
Yaman kepada Imam Rosyadi Noor,” ungkap UPZ Bank Kalsel.

Bagi donatur dan Sahabat Akselenials yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel.

Rekening zakat, Infak dan Sedekah Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan Sedekah) A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ
Bank Kalsel: 0811505153

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

190.707 Kepala Keluarga Berisiko Stunting di Kalsel

Published

on

BKKBN Kalsel gelar diseminasi hasil pemutakhiran pendataan keluarga dan data keluarga beresiko stunting tahun 2023 di Banjarmasin. (MC Kalsel/Jml)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Selatan atau BKKBN Provinsi Kalsel mengadakan diseminasi hasil pemutakhiran pendataan keluarga dan data keluarga beresiko stunting tahun 2023.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel diwakili Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Lasma Uli Lumbantoruan mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar data keluarga yang telah diverifikasi selama tahun 2023 lalu bisa dimanfaatkan oleh instansi terkait dalam melakukan intervensi percepatan penurunan stunting di Kalsel.

“Berdasarkan verifikasi dan validasi (verval) 2023 kemarin ada sebanyaki 190.707 kepala keluarga yang beresiko stunting di seluruh Provinsi Kalsel,” kata Lasma di Banjarmasin, Selasa (7/5/2024).

Dia menuturkan, berdasarkan hasil peninjauan kembali di semester I 2023 jumlah tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan hasil verval pada semester II.

“Berdasarkan peninjauan kembali hasil semester I dengan semester II kita mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 200.000 sekian menjadi 190.707 kepala keluarga, yang didominasi oleh Kabupaten Barito Kuala,” jelasnya.

Adapun yang menjadi penyebab stunting di Kalsel, lanjutnya, yakni pernikahan usia muda yang masih tinggi dan juga pola asuh yang tidak benar.

Untuk itu pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan edukasi pernikahan usia dini kepada remaja di Kalsel dan edukasi pola asuh kepada pasangan subur yang mempunyai anak balita dan batita.

Hal ini agar pola asuh dan pola pemberian makanan, khususnya makanan tambahan bisa lebih baik dari sebelumnya, dimana dalam pemberian makanan tambahan diatas enam bulan itu harus memperhatikan kecukupan protein pada anak agar bisa mencegah stunting pada anak.

“Selain pola asuh, faktor ekonomi juga menjadi penyebab stunting di Kalsel. Meskipun begitu penyebab paling signifikan tetap pola asuh , karena yang punya kemampuan belum tentu bebas dari stunting jika pola asuhnya kurang baik,” jelasnya.

Lebih jauh, Lasma mengatakan, melihat hal tersebut pihak BKKBN pusat pun telah mengadakan pertemuan dengan setiap BKKBN regional terkait dengan peningkatan akselerasi cakupan penimbangan balita di posyandu agar cakupan elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) bisa mencapai diatas 85 persen.

“Dengan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) yang terupdate adanya kenaikan 0,1 persen maka pusat melakukan pertemuan untuk menyusun upaya akselerasi cakupan penimbangan balita di posyandu agar e-PPGBM nya mencapai diatas 85 persen dan bisa dibandingkan dengan hasil SKI terbaru,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Seminggu Harga Beras di Kalsel Naik 9,23%

Published

on

Data perkembangan harga beras di Kalsel. (Foto/Data boks)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Harga beras di Kalimantan Selatan dijual dengan harga Rp 14.200 rupiah per kg pada Jumat, 3 Mei 2024. Dibandingkan wilayah lain, perubahan harga di wilayah ini merupakan yang tertinggi dalam sepekan terakhir.

Menurut pantauan data harian komoditas bahan pokok dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga beras di Kalimantan Selatan mulai bergerak naik 9,23% dalam sepekan.

Sementara bila dilihat perubahan harga dibandingkan 30 hari sebelumnya, harga beras di wilayah ini telah mengalami kenaikan 4,41%.

Meski demikian, untuk rentang data setahun terakhir, harga jual beras di pasar modern Kalimantan Selatan sebetulnya telah mengalami penurunan. Rekor tertinggi sebelumnya, sempat menyentuh harga Rp 14.500 rupiah per kg.

Untuk periode Januari-Mei 2024, harga beras di pasar modern terus bergerak naik, bergerak 4,41% dibandingkan kondisi sebulan yang lalu.

Harga beras sempat berada di titik terendah Rp 13.000 rupiah per kg pada Rabu, 27 Maret 2024. Kemudian untuk harga tertinggi pada tahun ini yang pernah dicapai yakni di kisaran Rp 14.200 rupiah per kg .

Data di tingkat nasional, harga beras mulai bergerak naik mendekati akhir tahun 2021. Rata-rata harga beras di pasar modern dijual Rp 15.727,94 rupiah per kg, naik 0,12% dibandingkan posisi akhir pekan lalu. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalsel

Stand Deskrasnada Kalsel Dikunjungi Ibu Iriana Jokowi, Hj. Raudatul Jannah Promosikan Produk UMKM Banua

Published

on

Ibu negara Iriana Jokowi disambut langsung oleh Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah,Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan. (Foto/Adpim)

SURAKARTA, SuaraBorneo.com – Ibu negara Iriana Jokowi mengunjungi stand Deskrasnada Kalsel pada Expo Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo Kamis (16/5).

Kehadiran istri Presiden Jokowi ini pun disambut langsung oleh Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah,Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan.

Begitu masuk stand Deskrasnada Kalsel, Ibu Iriana Jokowi tampak memperhatikan aneka produk-produk kerajinan Banua.

Pada kesempatan itu pula, Acil Odah mempromosikan berbagai macam hasil kerajinan yang saat ini menjadi primadona.

Hasil kerajinan tersebut diantaranya adalah beragam kain sasirangan serta ragam olahannya, ragam tas tangan berbahan dasar purun, perhiasan dari batu-batu mulia, dan kerajinan khas Kalsel lainnya.

Keakraban Ibu Iriana Jokowi dan Acil Odah pun terlihat ketika mendengarkan langsung penjelasan dari istri Gubernur Kalsel.

“Alhamdulilah. Terimakasih Ibu Iriana. Semua kerajinan yang kami tampilkan adalah produk UMKM. Kita selalu mendukung penuh pengrajin untuk menghasilkan produk-produk yang bernilai dan berdaya saing,’ ungkap Acil Odah.

Setelah melihat langsung dan mendengarkan penjelasan, Ibu Iriana Jokowi pun terkesan dan menyampaikan apresiasi serta urut mendukung produk UMKM asal Kalsel dibawah binaan Deskrasnada terus berkembang.

Sebelum kedatangan Ibu Iriana Jokowi, Acil Odah sejak pagi sudah tiba di stand expo Kalsel untuk meninjau dan sebagai bentuk dukungan penuh kepada para pengrajin Banua.

Memasuki hari ke-3 kunjungannya ke kota Solo ini, Acil Odah selaku Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel tampak masih menunjukkan semangatnya dalam mengikuti rangkaian HUT Dekranas RI ke-44 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52.

Diketahui sebelumnya, untuk kegiatan puncak HUT Dekranas sendiri sudah dilaksanakan di hari Rabu kemarin, sedangkan expo akan terus berlanjut hingga tanggal 18 Mei 2024.

Adapun HKG PKK ke-52 akan memasuki puncaknya pada Kamis (5/16) malam ini, bertempat di Taman Balekambang.

Dalam menyambut HKG PKK ke-52 ini, dilaksanakan ragam lomba yang diikuti TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Lomba tersebut diantaranya, paduan suara, memasak menu pangan, senam kreasi, parade budaya nusantara, kreasi jingle “Galeri Pelangi” serta cerdas cermat PKK. (ad/adpim)

Bagikan ke
Continue Reading

Jawa Timur

Dihadiri Ribuan Warga Banjar di Jatim Halalbihalal Bersama Gubernur Kalsel

Published

on

Gubernur Kalsel sekaligus Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sadunia, H Sahbirin Noor menghadiri Halalbihalal 1445 H Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur. (Foto/Adpim)

SURABAYA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel sekaligus Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sadunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri Halalbihalal 1445 H Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur di Gedung Islamic Center (ISC) Surabaya, Minggu (12/5) pagi.

Diiringi Sinoman Hadrah setibanya di lokasi acara Paman Birin dan rombongan disambut meriah oleh para tamu undangan dan ribuan warga Banjar yang hadir.

Warga Banjar yang hadir dari berbagai pelosok kabupaten/kota se- Jawa Timur. Jumlah warga Banjar yang hadir mencapai lebih dari 2.000 warga.

Kemeriahan pun terlihat dalam gedung sesaat sebelum acara dimulai hingga acara selesai.

Dalam sambutannya Paman Birin mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada warga Banjar yang ada di Jawa Timur khususnya yang hadir diacara halalbihalal tersebut.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel dan masyarakat Banua, ulun mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” kata Paman Birin.

Paman Birin menuturkan pertemuan hari ini merupakan kebahagian bagi semua masyarakat Banjar di Jatim.

“Kekerabatan antara Banjar dan Jatim itu sangat dekat, buktinya masyarakat Banjar banyak di Jatim begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, tetap jaga kerukunan dimanapun berada, dimana bumi di pijak disitu langit di junjung,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga mengajak para perantau Banjar untuk terus mencintai negeri dan banua mereka, Kalimantan Selatan.

“Jangan sampai kada ingat lawan kampung halaman, kita harus terus menjaga dan melestarikannya. Dengan terselenggaranya KBB ini, diharapkan dapat terus menambah kecintaan kita kepada negeri dan banua kita Kalsel,” pungkas Paman Birin.

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengucapkan apresiasi atas kekompakkan masyarakat Banjar di Jatim.

“Jatim merupakan rumah yang nyaman bagi semua etnis dan agama,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, siapa saja mempunyai hak yang sama di Jatim, tak terkecuali masyarakat Banjar.

“Kemajuan ekonomi di Jatim juga tidak luput dari peran dan kontribusi masyarakat Banjar di Jatim. Sungguh beruntung masyarakat Banjar mempunyai Presiden KBB seperti Paman Birin, beliau adalah Gubernur panutan, Gubernur senior di Indonesia yang banyak prestasi dan terkenal dekat dengan rakyatnya,” ungkap Adhy.

Sementara itu, Ketua Umum KBB Jawa Timur, H Noor Alamsyah mengucapkan terimakasih atas kehadiran serta dukungan Paman Birin terhadap KBB Jawa Timur selama ini.

“Terus melestarikan budaya Banjar serta menjaga kerukunan antar sesama perantauan merupakan dukungan yang selalu beliau berikan kepada KBB Jatim,” ujarnya.

Ia menambahkan, KBB Jatim mempunyai program yaitu ibadah qurban, fitrah dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin membawakan oleh-oleh dari Kalsel kepada masyarakat yang hadir pada acara Halalbihalal tersebut berupa kue bingka serta menyumbang 4 ekor sapi untuk KBB Jatim pada saat hari raya Idul Adha nanti.

Halalbihalal KBB Jatim ini selain dihadiri Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, tampak hadir juga mantan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Walikota Banjarmasin, Wakil Bupati HST, Guru Sufian Al Banjari, Sekjen KBB Sadunia Taufik Arbain, Ketua Umum dan Kordinator Kerukunanan Bebuhan Banjar (KBB) sepulau Jawa, sejumlah kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel, para alim ulama serta tokoh masyarakat. (nrl/adpim)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Ajak KB-PII Menjadi Mitra Pemerintah yang Solid

Published

on

Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan gelar diskusi panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua” dan pelantikan pengurus wilayah setempat periode 2022-2026. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan menyelanggarakan diskusi panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua” dan pelantikan pengurus wilayah setempat periode 2022 – 2026, dalam rangka Refleksi Hari Bangkit PII ke 77, Ahad (12/05/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Diskusi diisi dengan paparan Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor atau Acil Odah sebagai salah satu nara sumber, dengan materi terkait kepemimpinan perempuan era sekarang.

Acara dihadiri Staf Ahli Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj Husnul Khatimah sekaligus menyampaikan sambutan tertulisnya.

Paman Birin berharap pengurus baru KB PII Kalsel menjadi mitra Pemerintah Provinsi Kalsel yang solid dalam upaya membina dan mewujudkan generasi di Banua yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya saing.

Diharapkan juga, para pengurus dapat mengemban amanah dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, sehingga dapat terus mempertahankan eksistensi dan memajukan organisasi ini.

Disebutkan, PII merupakan satu organisasi yang memilki sejarah panjang, dimana PII berdiri dua tahun setelah kemerdekaan Negara Republik Indonesia atau tahun 1947.

Dari fakta sejarah ini, bisa dikatakan PII menjadi saksi atau bahkan turut memiliki andil dalam mempertahankan kemerdekaan. Secara khusus, PII memiliki peran penting dalam kemajuan pendidikan, kepemudaan, dan da’wah Islamiyah di Indonesia.

Paman Birin yakin, KB PII memiliki semangat dan tekad yang kuat, untuk berperan aktif dalam memajukan bangsa dan Banua Kalsel tercinta ini, serta mewujudkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa Indonesia.

Disebutkan lagi, dalam membangun bangsa dan Banua yang besar ini, tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah atau pengusaha saja, tetapi harus ada kolaborasi dan sinergitas dari tiga elemen utama pembangunan yakni pemerintah, pengusaha, dan para alim ulama beserta masyarakat, termasuk di dalamnya KB PII.

Kolaborasi dan sinergi ini merupakan hal yang mutlak, dalam mewujudkan kesuksesan pembangunan, terlebih dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Seiring perkembangan zaman, beda pula tantangan yang dihadapi.

Menghadapi situasi ini, harus terus semangat dan memiliki keinginan yang kuat, untuk berkarya dan berinovasi, serta beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi.
Prosesi pelantikan pengurus KB PII Wilayah Kalsel yang diketuai H Didy Ariyadi ini diawali dengan pengucapan ikrar atau narasi yang dipimpin Ketum PP KB PII Nasrullah Larada. Kemudian, dilakukan penandatanganan berita acara bersama Ketum dan Wakil Ketum PP KB PII As’ad Nugroho serta pengurus lain, H Muhammad Sofwat Hadi SH dan Ustadz H Khairani Idris.

Ketua PW KB PII Kalsel, H Didy Ariady menyebut, keberadaan jajarannya sebagai mitra Pemerintah, mendukung sepenuhnya komitmen Paman Birin menjadikan Kalsel Babussalam.
“Sebagai pengurus baru kami berkomitmen melanjutkan perjuangan, memperluas solidaritas dan bersinergi lebih luas dengan segala pihak,” ujarnya. (ad/adpim)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer